Aku tidak ingin ditinggalkan, lagi. Maka, sebelum kamu berbalik langkah lebih jauh, biar aku yang pergi. Aku tidak akan menahan, jika satu-satunya keinginanmu adalah meninggalkanku. Karena, yang harus dilakukan ketika seseorang memutuskan untuk pergi, hanyalah membiarkannya pergi. Begitu, kan? Maka, izinkan aku satu kali saja merasakan bagaimana rasanya meninggalkan seseorang. Apakah rasanya sesakit bagaimana selama ini aku ditinggalkan? Tapi ternyata, rasanya menyakitkan, ya? Meninggalkan atau ditinggalkan, rasanya sama-sama menyakitkan bagiku. Jadi, seharusnya bagaimana?
Kalimat hujan itu mungkin telah mencapai ujungnya Yang sejatinya itu adalah isi hati kita Yang tak sanggup kita uraikan Kalimat hujan itu laksana tabir yang menjaga kita Membiarkan hati merindu tanpa temu berjudul rindu Hanya temu sebagai kawan yang penuh kepentingan Padahal kepentingan kita hanya tentang urusan hati Kini kalimat hujan itu harus benar-benar diakhir Karena tabir yang menjaga kita telah musnah Seiring kata cinta yang terucap dari bibirmu Kekasih dalam impian seorang gadis penuh ambisi
“Setelah makan aku langsung pulang ya, karena ada rapat bersama teman-teman nanti malam.” Aku menyuap nasi goreng terakhir ku. “Oh, oke.. tapi maaf aku tidak mengantarmu, kamu pulang diantar pak Tomo saja ya.” Damar juga nampak telah ...
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” (Pramoedya Ananta Toer) Sebuah karya yang berhasil selama 3 tahun masa SMK dan 4 tahun masa kuliah. Berisikan berbagai tulisan atas dasar semangat, kesedihan, kegabutan, motivasi, keyakinan dan rasa yang pernah ada. Kebacotan yang selama ini diluapkan dalam sebuah tulisan unfaedah. Sesuai dengan judulnya “Merajut Grahita Kata”. Berada dengan memasuki dan merasakan kumpulan tulisan. Akan ada opini, puisi, cerpen, surat, quotes dan jurnal. Berguna untuk termotivasi, merasa kesendirian serta kebahagiaan. Selamat membaca! Salam hangat penulis.
Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd Sarjana Pendidikan dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pelita Bangsa, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Magister Pendidikan (S-2) dari Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. Pernah mengikuti beberapa seminar ilmiah nasional dan internasional Tema: Seminar Nasional Tema Pembangunan masa depan pendidikan Aceh yang bermutu melalui profesionalisme tenaga kependidikan. Dan Muzir, S.Pd., M.A. lahir di Mns. Blang Ara, 1973 menamatkan S-1 /FKIP/ UNIGHA Sigli Tahun .1997 Berijazah, S.2/PPS IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun. 2008 Berijazah dan Sedang Melanjutkan Program Doktor Lingustik pada USU Medan.
Dan Muzir, S.Pd., M.A. lahir di Mns. Blang Ara, 1973 menamatkan S-1 /FKIP/ UNIGHA Sigli Tahun .1997 Berijazah, S.2/PPS IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun. 2008 Berijazah dan Sedang Melanjutkan Program Doktor Lingustik pada USU Medan.
Evaluasi Pembelajaran adalah suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran. Melalui evaluasi pembelajaran, suatu komponen pembelajaran dapat diketahui ketepat-sasaran dan kedaya-gunaannya. Komponen ini diantaranya yaitu, sistem pembelajaran, strategi pembelajaran, dan kurikulum.
peserta didik sehingga terjadi kegiatan atau tindakan belajar. 5. Proses pembelajaran dimaksudkan agar guru dapat mencapai tujuan pembelajaran dan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang telah ditetapkan.
Kata evaluasi sering digunakan dalam pendidikan. Dalam konteks ini, evaluasi berarti penilaian atau pengukuran. Namun, banyak dari kita yang belum memahami secara tepat arti kata evaluasi, pengukuran, dan penilaian. Bahkan, banyak orang mengartikan ketiganya dengan satu pengertian yang sama. Hal ini karena orang hanya mengidentikkan kegiatan evaluasi sama dengan menilai. Karena biasanya, aktivitas mengukur sudah termasuk di dalamnya. Pengukuran, penilaian, dan evaluasi merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, dan dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara berurutan.
rangsangan kepada peserta didik sehingga terjadi kegiatan atau tindakan belajar. 5. Proses pembelajaran dimaksudkan agar guru dapat mencapai tujuan pembelajaran dan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang telah ditetepkan.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotorik. Melalui aktivitas jasmani akan memperoleh berbagai macam pengalaman yang berharga untuk kehidupan seperti kecerdasan, emosi, perhatian, kerja sama, keterampilan, dan sebagainya. Pendidikan anak sekolah dasar adalah pendidikan formal dari kelas 1-6. Dasarnya, anak membutuhkan pengetahuan, kesehatan jasmani yang baik, dan tubuh yang sehat. Buku ini cocok untuk yang belum mengetahui berbagai macam materi, strategi, teknik, evaluasi dalam Pembelajaran PJOK Anak Sekolah Dasar.
Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: ar-ruzz media. ... PJOK Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar Kelas 2. Surabaya: Jakad Media Publishing Faruq, M.M. 2006.
Ini adalah kumpulan kisah, cerita, curhatan, dan pengalaman kami selama menjalankan Praktikum Prifesi Mikro di Jurusan kami. Kami yang tergabung di kelompok 10 Praktikum Mikro ini membawakan tema tentang Ekonomi Kreatif dan Wisata Religi. Ini adalah goresan kisah kami, kisah yang kelak akan menjadi jejak sejarah kami. Sepenuh hati kami buat untuk kamu para pembaca. Mungkin tidak akan membuat kamu tertawa, atau mungkin termotivasi, tapi setidaknya kamu bisa tahu sepenggal kisah-kisah kami di masa ini.
Islam sebagai sebuah agama yang holistik mengatur setiap sendi-sendi kehidupan baik dalam skala mikro maupun makro. Dalam hal pengelolaan sebuah negara bagi seorang muslim mempergunakan kaidah-kaidah islami adalah sebuah kewajiban, demikian juga ketika diberi kesempatan menjalankan amanah untuk mengelola sektor keuangan publik. Secara umum para pemikir ekonomi Islam terbagi menjadi pihak yang pro dan kontra terhadap keberadaan pajak sebagai instrumen fiskal utama di negara-negara modern masa kini. Oleh karena itu banyak diskursus yang kemudian mengajukan untuk melakukan inovasi terhadap instrumen kebijakan fiskal Islam klasik untuk diolah menjadi lebih modern dan kontemporer yang diharapkan dapat menjawab tantangan zaman sambil tetap berpegang teguh kepada syariat Islam.
Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang mana bisa disebut juga dengan ibadah wajib yang dilaksanakan oleh setiap muslim dengan memberikan sejumlah kadar tertentu dari harta milik sendiri kepada orang yang berhak menerimanya menurut yang ditentukan Islam. Sedangkan wakaf sendiri merupakan penahanan harta yang dapat diambil manfaatnya tanpa musnah untuk kepentingan mubah yang bermanfaat, kepada masyarakat secara umum dan kepada penerima wakaf secara khusus. Buku ini akan mengupas kumpulan makalah mengenai Zakat dan Wakaf yang ditulis oleh Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2018. Bermula dari sebuah tugas Ujian Tengah Semester mata kuliah Perencanaan, Evaluasi Program Penyuluhan yang diampu oleh Bapak Dr. Moh. Taufik Hidayatullah M.Si
Yang tergolong dalam harta yang harus dizakati adalah hewan ternak, emas dan perak (dalam arti logam investasi dan mata uang yang meliputi juga semua sistem investasi dan mata uang, termasuk uang kertas, tabungan, deposito, saham, ...