Sebanyak 107 item atau buku ditemukan

Strategi, Pendekatan, & Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika

Buku ini merupakan buku referensi. Isi buku ini penulis susun berdasarkan hasil kajian literatur dari berbagai sumber dan hasil penelitian secara empiris berbagai pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif serta contoh bentuk bahan ajarnya. Adapun tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberikan gambaran terkait pengertian, penjelasan tentang konsep dan teori terkait pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif dan contoh bentuk bahan ajar dari setiap pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa, guru, peneliti dan dosen bidang pendidikan matematika dalam penerapan di lapangan.

Buku ini merupakan buku referensi.

Bahasa Indonesia Era Digital : Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum. Mereka lebih mencintai bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi, padahal mereka sendiri belum mahir berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini akan berdampak pada pudarnya nasionalisme bangsa Indonesia, dan hilangnya bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, masyarakat Indonesia umumnya menguasai tiga bahasa di antaranya: bahasa ibu, bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Buku ini berusaha untuk menyegarkan kembali para pembacanya dengan menyuguhkan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, hingga pengaplikasian bahasa Indonesia. Penulis mengharapkan pembaca buku ini, dapat menemukan suatu pengetahuan dalam bahasa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, bahasa Indonesia merupakan wujud kebudayaan masyarakat Indonesia yang diwakili dengan bahasa. Adanya bahasa membuat masyarakat Indonesia memiliki identitas diri yang jelas dan diakui di dunia internasional. Selain itu, buku ini juga berusaha menginformasikan kepada pembacanya aturan dasar dalam bahasa Indonesia yang sering kali diabaikan oleh penggunanya. Aturan tersebut berkaitan dengan penggunaan tanda baca, penulisan huruf kapital, kata baku, dan lain sebagainya. Sebagai pengguna bahasa yang baik, tentu kita harus menaati aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar perlu diimplementasikan sejak dini, supaya pengguna bahasa terbiasa dengan aturan yang baik dan benar.

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai memudar pesonanya di kalangan khalayak umum.

Buku Ajar Keuangan Publik Islam

Sebagai sebuah mata kuliah di program studi ekonomi Islam, keuangan publik Islam sangat menarik untuk dipelajari demi memperoleh pengetahuan tentang bagaimana dahulu warisan keilmuan Rasulullah dan para khalifah mengatur keuangan negara. Buku ini disusun sesuai dengan rencana pembelajaran semester dengan 16 kali tatap muka, termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir. Memuat beberapa contoh soal dan pertanyaan yang memancing mahasiswa untuk kritis, berikut daftar referensi sebagai acuan untuk dipelajari lebih lanjut. Dapat dipergunakan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah ini, dan sebagai pembuka untuk studi lebih lanjut mengenai keuangan publik Islam.

Sebagai sebuah mata kuliah di program studi ekonomi Islam, keuangan publik Islam sangat menarik untuk dipelajari demi memperoleh pengetahuan tentang bagaimana dahulu warisan keilmuan Rasulullah dan para khalifah mengatur keuangan negara.

Paragraf Patah Hati

Aku tidak ingin ditinggalkan, lagi. Maka, sebelum kamu berbalik langkah lebih jauh, biar aku yang pergi. Aku tidak akan menahan, jika satu-satunya keinginanmu adalah meninggalkanku. Karena, yang harus dilakukan ketika seseorang memutuskan untuk pergi, hanyalah membiarkannya pergi. Begitu, kan? Maka, izinkan aku satu kali saja merasakan bagaimana rasanya meninggalkan seseorang. Apakah rasanya sesakit bagaimana selama ini aku ditinggalkan? Tapi ternyata, rasanya menyakitkan, ya? Meninggalkan atau ditinggalkan, rasanya sama-sama menyakitkan bagiku. Jadi, seharusnya bagaimana?

Aku tidak ingin ditinggalkan, lagi.

Kalimat Hujan

Kalimat hujan itu mungkin telah mencapai ujungnya Yang sejatinya itu adalah isi hati kita Yang tak sanggup kita uraikan Kalimat hujan itu laksana tabir yang menjaga kita Membiarkan hati merindu tanpa temu berjudul rindu Hanya temu sebagai kawan yang penuh kepentingan Padahal kepentingan kita hanya tentang urusan hati Kini kalimat hujan itu harus benar-benar diakhir Karena tabir yang menjaga kita telah musnah Seiring kata cinta yang terucap dari bibirmu Kekasih dalam impian seorang gadis penuh ambisi

“Setelah makan aku langsung pulang ya, karena ada rapat bersama teman-teman nanti malam.” Aku menyuap nasi goreng terakhir ku. “Oh, oke.. tapi maaf aku tidak mengantarmu, kamu pulang diantar pak Tomo saja ya.” Damar juga nampak telah ...

Merajut Grahita Kata

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” (Pramoedya Ananta Toer) Sebuah karya yang berhasil selama 3 tahun masa SMK dan 4 tahun masa kuliah. Berisikan berbagai tulisan atas dasar semangat, kesedihan, kegabutan, motivasi, keyakinan dan rasa yang pernah ada. Kebacotan yang selama ini diluapkan dalam sebuah tulisan unfaedah. Sesuai dengan judulnya “Merajut Grahita Kata”. Berada dengan memasuki dan merasakan kumpulan tulisan. Akan ada opini, puisi, cerpen, surat, quotes dan jurnal. Berguna untuk termotivasi, merasa kesendirian serta kebahagiaan. Selamat membaca! Salam hangat penulis.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah.

Kamus istilah ilmiah : dilengkapi kata baku dan tidak baku, unsur serapan, singkatan dan akronim, dan peribahasa

Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd Sarjana Pendidikan dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pelita Bangsa, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Magister Pendidikan (S-2) dari Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. Pernah mengikuti beberapa seminar ilmiah nasional dan internasional Tema: Seminar Nasional Tema Pembangunan masa depan pendidikan Aceh yang bermutu melalui profesionalisme tenaga kependidikan. Dan Muzir, S.Pd., M.A. lahir di Mns. Blang Ara, 1973 menamatkan S-1 /FKIP/ UNIGHA Sigli Tahun .1997 Berijazah, S.2/PPS IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun. 2008 Berijazah dan Sedang Melanjutkan Program Doktor Lingustik pada USU Medan.

Dan Muzir, S.Pd., M.A. lahir di Mns. Blang Ara, 1973 menamatkan S-1 /FKIP/ UNIGHA Sigli Tahun .1997 Berijazah, S.2/PPS IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun. 2008 Berijazah dan Sedang Melanjutkan Program Doktor Lingustik pada USU Medan.

Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi Pembelajaran adalah suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran. Melalui evaluasi pembelajaran, suatu komponen pembelajaran dapat diketahui ketepat-sasaran dan kedaya-gunaannya. Komponen ini diantaranya yaitu, sistem pembelajaran, strategi pembelajaran, dan kurikulum.

peserta didik sehingga terjadi kegiatan atau tindakan belajar. 5. Proses pembelajaran dimaksudkan agar guru dapat mencapai tujuan pembelajaran dan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang telah ditetapkan.

Teori dan Praktik Evaluasi Pembelajaran SD

Kata evaluasi sering digunakan dalam pendidikan. Dalam konteks ini, evaluasi berarti penilaian atau pengukuran. Namun, banyak dari kita yang belum memahami secara tepat arti kata evaluasi, pengukuran, dan penilaian. Bahkan, banyak orang mengartikan ketiganya dengan satu pengertian yang sama. Hal ini karena orang hanya mengidentikkan kegiatan evaluasi sama dengan menilai. Karena biasanya, aktivitas mengukur sudah termasuk di dalamnya. Pengukuran, penilaian, dan evaluasi merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, dan dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara berurutan.

rangsangan kepada peserta didik sehingga terjadi kegiatan atau tindakan belajar. 5. Proses pembelajaran dimaksudkan agar guru dapat mencapai tujuan pembelajaran dan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang telah ditetepkan.

Pembelajaran PJOK Anak Sekolah Dasar

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotorik. Melalui aktivitas jasmani akan memperoleh berbagai macam pengalaman yang berharga untuk kehidupan seperti kecerdasan, emosi, perhatian, kerja sama, keterampilan, dan sebagainya. Pendidikan anak sekolah dasar adalah pendidikan formal dari kelas 1-6. Dasarnya, anak membutuhkan pengetahuan, kesehatan jasmani yang baik, dan tubuh yang sehat. Buku ini cocok untuk yang belum mengetahui berbagai macam materi, strategi, teknik, evaluasi dalam Pembelajaran PJOK Anak Sekolah Dasar.

Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: ar-ruzz media. ... PJOK Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar Kelas 2. Surabaya: Jakad Media Publishing Faruq, M.M. 2006.