Sebanyak 41650 item atau buku ditemukan

Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab

Salah satu aspek yang dapat memengaruhi keberhasilan kurikulum adalah pemberdayaan bidang manajemen atau pengelolaan kurikulum di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Manajemen kurikulum menuntut upaya yang lebih berorientasi pada kebutuhan dengan terlebih dahulu menganalisis lingkungan internal dan eksternal. Hal ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaan kurikulum menghasilkan perubahan-perubahan yang strategis sebagai dampak implementasi kurikulum yang akhirnya menghasilkan suatu outcome yang dapat diukur secara kualitas maupun kuantitas. Keberhasilan seorang manajemen dalam menerapkan kurikulum tidak hanya menjadi tanggung jawab seorang manajemen saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama dalam pengelolaan manajemen kurikulum tersebut. Seperti kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan/tenaga administrasi, masyarakat sekitar, dan tentunya penyelenggara pendidikan tingkat kabupaten/kota atau dinas setempat. Mengingat kurikulum memiliki peranan strategis sekaligus penting dalam sebuah proses pendidikan yang diselenggarakan sekolah maupun pemerintah, maka buku Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab ini disusun sebagai upaya agar proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah dapat berjalan dengan baik dan mendorong guru untuk menyusun dan terus-menerus menyempurnakan strategi pembelajarannya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Mengingat kurikulum memiliki peranan strategis sekaligus penting dalam sebuah proses pendidikan yang diselenggarakan sekolah maupun pemerintah, maka buku Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab ini disusun sebagai upaya agar proses ...

Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam

Judul : Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam Penulis : Suparjo Adi Suwarno, S.Pd.I, M.Pd‎ Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 192 Halaman ISBN : 978-623-68728-4-0 Lembaga pendidikan merupakan organisasi yang komplek dan unik. Komplek akrena dalam orpersionalnya melibatkan berbagai macam ide, pemikiran dan saran. Unik, karena lembaga pendidikan islam meruapak organisasi yang khas yang mampu emnyelenggarakan proses perubahan tingkah laku serta pembudayan tingkah laku baik spriritual, intekektual maupun emosional. Karena kompleks dan unik tersebut dibutuhkan pengelolaan dan pengaturan yang merujuk pada teori - teori dan penelitian serta pengalaman - pengalaman para ahli untuk kemudian diterapkan pada pengelolaan pendidkan Islam. Pengelolaan pendidian yang profesional akan mewujudkan cita - cita besar Bangsa Indoesia yakni terciptanya manusia yang relegius, sehat, produktif, kreatif dan berwawasan global. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pengelolaan pendidikan yang merujuk pada manajemen pendidikan Islam (MPI). Manajemen sebagai salah satu perangkat yang digunakan untuk memperbaiki kondisi lembaga pendidikan islam mauli dari kurikulum, pembelajaran, sarana prasarana, pendidik dan sumber daya manusia serta kepemimipinan pembelajaran. Manajemen juga berfungsi untuk membudayakan kerja yang teratur dan prosedural sehingga nantinya diharapkan semua yang terlibat dalam organisasi pendidikan akan mampu membudayakannya dalam melaksnakan semua beban dan tanggungjawbanya. Dalam kerangka mewujudkan manajemen pendidikan Islam inilah buku ini ditulis. Diawali dengan konsep MPI, manajemen kurikulum, manajemen SDM, manajemen pembiayaan pendidikan, supervisi akademik dan kepemimpinan pembelajaran.

Judul : Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam Penulis : Suparjo Adi Suwarno, S.Pd.I, M.Pd‎ Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 192 Halaman ISBN : 978-623-68728-4-0 Lembaga pendidikan ...

Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah proses pengadaan dan pendayagunaan komponen-komponen yang secara langsung maupun tidak langsung jalannya proses pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan bertugas mengatur dan menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi pada proses pendidikan secara optimal. Kegiatan pengelolaan ini meliputi kegiatan perencanaan, pengadaan, pengawasan, penyimpanan inventarisasi, penghapusan, penggunaan/pemanfaatan dan tanggung jawab. Dalam pengadaan dan menggunakan sarana dan prasarana di sekolah dibutuhkan suatu proses, yaitu mulai dari perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penghapusan. Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan proses perancangan upaya pembelian, penyewaan, peminjaman, penukaran, daur ulang, rekondisi/rehabilitasi, distribusi atau pembuatan peralatan dan pelengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Proses ini sebaiknya melibatkan unsur-unsur penting sekolah, seperti kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, guru, tata usaha, bendahara, serta komite sekolah.

Buku Pengantar manajemen sarana dan prasarana sekolah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Blended

Using Disruptive Innovation to Improve Schools

"Blended is the practical field guide for implementing blended learning techniques in K-12 classrooms. A follow-up to the bestseller Disrupting Class by Clayton M. Christensen, Michael Horn, and Curtis Johnson, this hands-on guide expands upon the blended learning ideas presented in that book to provide practical implementation guidance for educators seeking to incorporate online learning with traditional classroom time. Readers will find a step-by-step framework upon which to build a more student-centered system, along with essential advice that provides the expertise necessary to build the next generation of K-12 learning environments. Leaders, teachers, and other stakeholders will gain valuable insight into the process of using online learning to the greatest benefit of students, while avoiding missteps and potential pitfalls."--Back cover.

Navigate the transition to blended learning with this practical field guide Blended is the practical field guide for implementing blended learning techniques in K-12 classrooms.

Blended learning : suatu panduan

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih daripada itu sebagai elemen dari interaksi sosial.

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat ...

Blended Learning dengan Ragam Gaya Belajar

Buku ini berjudul “ BLENDED LEARNING DENGAN RAGAM GAYA BELAJAR” yang terdiri dari 6 Bab. Bab 1 Menguraikan Teori Belajar sebagai landasan Blended learning, Prinsip-prinsip Belajar dan Mengajar, Bab 2 Membahas Ragam Model Pembelajaran dan Teknologi Pendidikan, Bab 3 Membahas Karakteristik Blended learning, Bab 4 Menguraikan bagaimana merencanakan pembelajaran Blended Learning, Bab 5 Menguraikan implementasi Blended Learning, dan Bab 6 Membahas peran dari Gaya Belajar dalam Pembelajaran.

Buku ini berjudul “ BLENDED LEARNING DENGAN RAGAM GAYA BELAJAR” yang terdiri dari 6 Bab.

BUKU MODEL FLIPPED BLENDED LEARNING

Buku ini mengekplorasi pengembangan model blended learning, jenis-jenis model blended learning yang telah ada sebelumnya, model blended yang dikembangkan, berisikan tentang langkah-langkah atau sintak pembelajaran blended learning yang memuat sintak teridiri dari a). Learning orientation, b) Acess content material and activities, c). Group assignment project, d). Discuss to monitoring project, e). Test the results of the project dan f). Evaluation. Kemudian juga memuat adanya sistem sosial, sistem pendukung, dampak instruksional dan dampak pengiring, konsep Pendidikan Vokasi, revolusi industri 4.0, kompetensi 4C, HOTS, serta dilengkai panduan menggunakn e-learning bagi dosen dan mahasiswa. Model blended learning yang dikembangkan dimana pembelajaran dilakukan secara face to face/tatap muka dan online sehingga memiliki proporsi pola pembelajaran yang jelas. Tejadinya fleksibelitas belajar dimana dan kapan saja dan waktu yang bebas melalui fasilitas komunikasi secara tatap muka, maupun interaksi online menggunakan chat dan forum untuk menggali berfikir kritis melalui diskusi. Memuat pula unsur-unsur mahasiswa untuk berkreatif dan inovasi dalam menghasilkan produk melalui adanya penugasan dan proyek. Serta bahan ajar daring yang dibuat menarik dengan adanya komponen multimedia (teks, gambar, video).

Buku ini mengekplorasi pengembangan model blended learning, jenis-jenis model blended learning yang telah ada sebelumnya, model blended yang dikembangkan, berisikan tentang langkah-langkah atau sintak pembelajaran blended learning yang ...

Blended Language Program Evaluation

Advocating an argument-based approach, Blended Language Program Evaluation presents a framework for planning, conducting, and appraising evaluation of blended language learning across three institutional levels, and demonstrates its utility and application in four case studies carried out in diverse international contexts.

To illustrate the utility, flexibility, and application of the framework for evaluating blended language programs, the book presents four case studies conducted in diverse international contexts.

Kalkulus Diferensial Pendekatan Blended Learning

Buku ajar Kalkulus Diferensial disusun berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus maupun matematika dasar. Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mahasiswa dan memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar mandiri tanpa perlu mendengarkan langsung penjelasan materi dari pengajar atau dosen. Hal tersebut karena dalam buku ini setiap teori dijelaskan dengan sangat terperinci, setiap contoh diberikan tahapan yang detail dengan penjelasan setiap langkah-langkah. Penulis berharap pembaca dapat memahami setiap materi yang diberikan dalam setiap bab dengan belajar mandiri di mana pun mahasiswa berada. Isi buku yang ringan, jelas dan terperinci dimaksudkan penulis karena buku ini dikembangkan untuk pembelajaran online atau blended learning yang mampu menjangkau segala tingkatan kemampuan mahasiswa. Diharapkan buku ini berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menguasai materi diferensial yang sangat berguna baik dalam kehidupan nyata maupun untuk menunjang mata kuliah lainnya yang menerapkan diferensial. Ke depannya penulis akan melanjutkan buku ini untuk kalkulus diferensial jilid 2 yang berisi tentang penerapan diferensial.

Buku ajar Kalkulus Diferensial disusun berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus maupun matematika dasar.

The Blended Course Design Workbook

A Practical Guide

Blended (also called hybrid) classrooms, in which face-to-face interaction is intentionally combined with online activities to aid student learning, are becoming more and more common. Most recently, “flipped” classrooms have become a popular method for teaching because more time for active learning in-class can be gained by moving content delivery such as lecture to outside-of-class homework using technology tools such as video or lecture capture. The blended model is proving to be an environment that provides more self-directed, technology-mediated learning experiences for students who will be incorporating technology more and more into their professional lives post-college. The Blended Course Design Workbook meets the need for a user-friendly resource that provides faculty members and administrators with instructions, activities, tools, templates, and deadlines to guide them through the process of revising their traditional face-to-face course into a blended format. Providing a step-by-step course design process that emphasizes active learning and student engagement, this book will help instructors adapt traditional face-to-face courses to a blended environment by guiding them through the development of course goals and learning objectives, assignments, assessments, and student support mechanisms with technology integration in mind. It will also help instructors choose the right technologies based on an instructor’s comfort level with technology and their specific pedagogical needs. The book will help each instructor who uses the text to develop a unique course by making choices about their course design based on student learning needs for their chosen topic and discipline. Every component of the workbook has been piloted with faculty designing and implementing blended courses and then revised to better meet the needs of faculty across a range of comfort levels with technology use. The Blended Course Design Workbook includes detailed instructions for each stage of course design alongside specific activities that the reader can complete. The book is unique because it facilitates a step-by-step process for blended course design with specific templates and tools that can be used across disciplines. Additional resources and handouts are posted on the book page as well as the author website, a href=http://www.bcdworkbook.comwww.bcdworkbook.com.

Providing a step-by-step course design process that emphasizes active learning and student engagement, this book will help instructors adapt traditional face-to-face courses to a blended environment by guiding them through the development ...