Sebanyak 388 item atau buku ditemukan

KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Adalah benar, bahwa pendidikan dalam pengertian umum selalu diterjemahkan sebagai penyebaran dan internalisasi nilai dari berbagai pengalaman kumulatif, baik berupa keyakinan, sikap, pengetahuan maupun penerapannya yang dinilai positif dan bermanfaat oleh satu generasi ke generasi. Dalam perspektif ini, tidak ada perbedaan antara pendidikan Islam dengan pendidikan lainnya, karena pendidikan pada umumnya, sebagaimana banyak didefinisikan para pakar, merupakan upaya normatif untuk membantu orang lain berkembang ke tingkat yang lebih baik. Sifat yang sesungguhnya dari suatu sistem pendidikan dan perbedaannya dengan sistem-sistem lainnya, hanya dapat dipahami jika konsep dasar pendidikan itu dipelajari dengan seksama. Dalam hal ini, seperti nanti dapat dibaca pada uraian-uraian yang disajikan oleh para penulis pada buku ini, akan terlihat bahwa perbedaan antara pendidikan Islam dengan pendidikan Barat Modern umpamanya ialah, nilai tinggi yang diberikannya pada iman dan kesalehan hidup berdasarkan ajaran Islam sebagai salah satu dari tujuan fundamentalnya. Jika nampak terlihat adanya sebuah paradigma pendidikan yang memberdayakan peserta didik merupakan sebuah keniscayaan.

Adalah benar, bahwa pendidikan dalam pengertian umum selalu diterjemahkan sebagai penyebaran dan internalisasi nilai dari berbagai pengalaman kumulatif, baik berupa keyakinan, sikap, pengetahuan maupun penerapannya yang dinilai positif dan ...

Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi ke-2)

Buku ini berisi Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar edisi ke-2, untuk memenuhi kebutuhan asupan intelektual bagi para guru dan calon guru SD, khususnya bagi mereka yang sedang menempuh studi di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Buku ini berisi Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar edisi ke-2, untuk memenuhi kebutuhan asupan intelektual bagi para guru dan calon guru SD, khususnya bagi mereka yang sedang menempuh studi di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah ...

Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran

Proses pembelajaran yang baik adalah suatu proses yang memungkinkan terjalinnya suatu potensi peserta didik dengan optimal. Kemampuan guru sebagai salah satu usaha meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang secara langsung dan aktif bersinanggungan dengan peserta didik. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan mengajar dengan menerapkan metode dan model pembelajaran yang tepat, efektif dan efesien. Untuk melaksanakan proses pembelajaran, guru perlu memikirkan penggunaan metode maupun model pembelajaran yang tepat. Metode dan model pembelajaran yang digunakan haruslah bervariasi dan sesuai kondisi guna untuk menghindari kejenuhan pada siswa. Dimasa pandemi seperti saat ini, guru sangat diwajibkan memilih metode maupun model pembelajaran daring yang cocok dan sesuai dengan keadaan siswanya. Di buku ini menyajikan 6 metode dan 39 model pembelajaran yang sangat tepat digunakan sebagai panduan para guru. Dari beberapa metode maupun model pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada pembelajaran daring.

Kemampuan guru sebagai salah satu usaha meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang secara langsung dan aktif bersinanggungan dengan peserta didik.

Himpunan laporan hasil pengkajian bidang hukum laut

Daerah hukum suatu Pengadilan Negeri adalah identik dengan wilayah
Pemerintah Daerah , sedangkan laut tidak dibagi - bagi atas daerah - daerah
Pemerintahan Daerah . i ) Pasal 86 Undang Undang Nomor 8 tahun 1981
menetapkan ...

Dinamika kewarganegaraan kelompok sosial di perkotaan

kasus kelompok lansia di Yogyakarta dan Bali

Social aspects of older people in Yogyakarta and Bali Province, Indonesia.

Dinamika kewarganegaraan kelompok sosial di perkotaan

kasus kelompok anak jalanan di Kota Yogyakarta dan Bandung

Social aspects of street children in Yogyakarta and Bandung, Indonesia.

Social aspects of street children in Yogyakarta and Bandung, Indonesia.