Sebanyak 258 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PESERTA DIDIK

Buku ini disusun oleh tim dosen dari beberapa perguruan tinggi dengan penulis BAB I dan BAB II oleh Iwan Aprianto, S.Pd.I., M.Pd., BAB III dan BAB IV oleh Muhammad Roihan Alhaddad, S.Pd.I., M.Pd.I, BAB V dan BAB VI oleh Hairul Fauzi, S.Pd.I., M.Pd, VII dan BAB VIII oleh Maisarah Gusvita, S.Pd.I., M.Pd, BAB IX dan BAB X oleh Sahroni, M.Pd.I, BAB XI dan BAB XII oleh Fitri Nasution, S.Pd.I., M.Pd.I, BAB XIII dan BAB XIV oleh Ahmad Sopian, S.Pd.I., M.SI. Buku dengan judul MANAJEMEN PESERTA DIDIK merupakan tema pokok yang mengkaji tentang bagaimana manajemen peserta didik di sekolah, apa saja ruang lingkup manajemen peserta didik. Apa hanya sebatas menjalankan administrasi disekolah dan atau ada aspek yang lebih luas tentang manajemen peserta didik. Buku ini hadir sebagai khazana pengembangan ilmu pengetahuan tentang manajemen peserta didik.

Nusantara Batang Hari PENGALAMAN MENGAJAR Mata Kuliah Program Pendidikan Tahun ... 2018 Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Ahmad Sopian, S.Pd.I., M.Pd.I.

MODUL PRAKTIKUM PENGANTAR AKUNTANSI I

Modul soal-soal pratikum Pengantar Akuntansi 1 ini terdiri dari : latihan soal dan kertas kerja perusahaan jasa. Topiktopik tersebut diuraikan dalam latihan soal dan pratikum kasus pada bagian belakang buku ini. Dengan demikian, diharapkan setelah mengerjakan modul soal-soal pratikum Pengantar Akuntansi 1 ini mahasiswa dapat menerapkan diperusahaan secara nyata.

Modul soal-soal pratikum Pengantar Akuntansi 1 ini terdiri dari : latihan soal dan kertas kerja perusahaan jasa.

Ekonometrika Spasial Terapan dengan R

Ruang lingkup ekonometrika adalah pemodelan yang berdasar pada data cross section, deret waktu atau panel. Posisi relatif satu unit cross section terhadap unit cross section yang lainnya belum dilibatkan. Jika informasi lokasi atau posisi relatif antarunit pengamatan memegang peranan penting untuk menjelaskan fenomena yang diamati, maka asumsi kebebebasan (antargalat) yang diperlukan di dalam regresi klasik tidak lagi terpenuhi. Oleh sebab itu dengan memanfaatkan perkembangan statistika spasial, berkembang pulalah ekonometrika spasial di mana informasi lokasi mulai dilibatkan di dalam pemodelan. Ketergantungan spasial dan heterogenitas spasial adalah sifat utama yang mendasari perlunya dilibatkan unsur lokasi di dalam model. Diperlukan pendefinisian matriks pembobot spasial yang menggambarkan konfigurasi posisi relatif satu unit cross section dengan unit cross section yang lain. Matriks ini dapat dibentuk berdasarkan konsep jarak maupun konsep kontiguitas. Model ekonometrika spasial mengasumsikan bahwa variabel respons tidak hanya dipengaruhi oleh prediktor di lokasi yang sama, akan tetapi dapat saja dipengaruhi oleh respons di lokasi tetangga, variabel prediktor di lokasi tetangga, ataupun oleh faktor-faktor tak terjelaskan yang juga berasal dari lokasi tetangga. Pemodelan yang paling kompleks mengakomodasi ketiga sumber interaksi spasial tersebut, dan di dalamnya bersarang model-model yang lebih sederhana. Semua model menggunakan MLE sebagai metode pendugaan, hanya saja ketika MLE menghadapi masalah komputasi, dapat pula digunakan metode lain (TSLS, FGLS, atau GS2SLS) di dalam pendugaan parameter. Buku ini menggunakan data BPS tahun 2014 mengenai konsumsi bukan makan dan PDRB per kapita pada 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai ilustrasi. Pembentukan peta sederhana dari wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur, pembentukan matriks pembobot spasial, beserta pendugaan parameter model, diilustrasikan dengan menggunakan R.

Format perintah yang diperlukan adalah: moran.test(konsumsi,w_dneg) dengan hasil uji: Moran I test under randomisation data: konsumsi weights: w_dneg Moran 62 | Ekonometrika Spasial Terapan ...

METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN

Buku ini berbeda dengan kebanyakan buku Strategi Pembelajaran lain atau buku yang beredar di pasaran. Bedanya adalah pola buku ini mendekati kebutuhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi kependidikan di Indonesia. Di samping itu, buku ini lebih operasional karena dilengkapi dengan model-model pembelajaran yang siap dioperasionalkan, dan juga dilengkapi dengan temuan-temuan penelitian tentang pembelajaran, persepsi, minat, sikap dan hasil belajar.

Buku ini berbeda dengan kebanyakan buku Strategi Pembelajaran lain atau buku yang beredar di pasaran.

MANAJEMEN STRATEGI HUMAN CAPITAL DALAM PENDIDIKAN

Belakangan ini sudah banyak buku yang membahas tentang manajemen pendidikan tetapi yang membahas khusus tentang manajemen strategi human capital dalam pendidikan tetapi masih ditemukan kekurangan di berbagai sisi. Hampir seluruh buku yang beredar hanya membahas manajemen pada dunia bisnis tetapi belum menyentuh bidang pendidikan, sehingga untuk menguasainya, pembaca harus membeli banyak buku, belum lagi dihadapkan dengan masalah kualitas isi buku, tentunya hal ini merupakan investasi yang sangat mahal. Buku ini hadir sebagai Buku Monograf untuk memberi pemahaman tentang Manajemen Strategi Human Capital dalam pendidikan. Pembahasan yang singkat, padat, jelas, dan disertai berbagai ilustrasi gambar, serta model-model standar mutu. Buku ini ditujukan untuk berbagai kalangan pembaca maupun kalangan umum yang tertarik dengan manajemen strategi pendidikan. Buku ini dapat dijadikan referensi untuk bidang Manajemen Strategi. Secara singkat, buku ini membahas berbagai hal yang terkait dengan Manajemen Strategi Pendidikan Human Capital, seperti konsep Human Capital, strateginya, dan lain-lain.

Belakangan ini sudah banyak buku yang membahas tentang manajemen pendidikan tetapi yang membahas khusus tentang manajemen strategi human capital dalam pendidikan tetapi masih ditemukan kekurangan di berbagai sisi.

HUKUM PIDANA DASAR

Hukum Pidana merupakan mata kuliah dasar yang wajib di ikuti oleh mahasiswa tingkat awal (semester 2) pada setiap fakultas hukum. Hukum Pidana merupakan mata kuliah dasar karena hukum pidana berfungsi memberikan pemahaman yang mendalam mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan definisi hukum pidana, hakekat hukum pidana materiil baik asas-asas hukum pidana, teori maupun ketentuan -ketentuan hukum pidana dalam KUHP termasuk juga penegakan hukumnya yang digunakan sebagai dasar untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hukum pidana yang timbul di masyarakat. Buku ini disusun dengan penyesuaian berdasarkan RPKPS (Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester) yang berlaku di Fakultas Hukum. Terlepas dari semua itu, Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya.

Hukum Pidana merupakan mata kuliah dasar yang wajib di ikuti oleh mahasiswa tingkat awal (semester 2) pada setiap fakultas hukum.

PANDUAN LENGKAP MENGAJAR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN Berdasarkan Kurikulum Yayasan Syamil Qur’an Nunukan

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan ikhtiar penulis dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan taman-taman pendidikan al-Qur’an yang membutuhkan sistematisasi pembelajaran bagi para santrinya. Berdasarkan pengamatan penulis selama menjadi pengajar di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA/TPQ) sejak tahun 2004 sampai sekarang, belum ada satu buku pegangan para asatidz/asatidzah (guru/pengajar) dan santri yang praktis dan sistematis untuk materi yang diberikan, maka hadirnya buku ini diniatkan penulis dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut sekaligus mengamalkan hadits Nabi: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.” (H.R. Bukhari). Buku ini terdiri atas 4 jilid. Setiap jilid berisi 1 tahun pembelajaran, yang di bagi atas 2 semester. Pembahasan dalam buku ini meliputi: taharah, bacaan salat, bacaan surah pendek, hafalan doa harian, akidah, akhlak, mahfuzhat, kisah Islami dan lain-lain. Setiap bab mulai dari buku jilid satu dan seterusnya telah disesuaikan mulai dari materi yang paling dasar hingga menuju level materi yang lebih tinggi secara bertahap, sehingga akan mempermudah para pengajar dalam memberikan materi kepada para santri. Walau demikian karena buku ini tiap bagian pembahasannya dibuat secara ringkas, perlu kiranya para guru/pengajar untuk mengembangkan materi yang singkat tersebut, tentu dalam hal ini para pengajar harus mempersiapkan diri dengan memperkaya referensi materi dan metode mengajar yang inovatif sehingga pembelajaran yang diajarkan lebih menarik bagi para santri. Terakhir, semoga buku ini bermanfaat, kritik dan saran yang kontruksif dari pembaca untuk perbaikan buku ini sangat dinantikan.

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan ikhtiar penulis dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan taman-taman pendidikan al-Qur’an yang membutuhkan sistematisasi pembelajaran bagi para santrinya.

Buku Petunjuk Guru:Mari Bermain

Beri motivasi anak untuk menceritakan kepada temantemannya , guru , dan
orang tua . Kegiatan apresiasi ini merupakan refleksi dari terlaksananya aktivitas
anak dalam menyelesaikan judul . 2. Lembar yang disediakan pada buku siswa
 ...

Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan

Belajar merupakan proses memperoleh ilmu. Belajar merupakan kegiatan yang menghasilkan adanya perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mampu menjadi mampu. Sedangkan pembelajaran mengacu pada dua konsep, yakni belajar dan mengajar. Pembelajaran merupakan proses yang kompleks dengan menghadirkan kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh siswa serta kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru. Belajar dan pembelajaran merupakan dua kegiatan yang beriringan dan saling terkoneksi satu dengan lainnya. Artinya, proses pembelajaran tidak akan berhasil jika kegiatan belajar tidak hadir. Sebaliknya, jika komponen mengajar pada proses pembelajaran tidak dijalankan dengan baik, maka kegiatan pembelajaran juga akan timpang dan tidak mencapai hasil yang maksimal. Sebagai guru serta calon guru, memahami makna belajar dan pembelajaran sangat penting. Tujuannya hanya satu, mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan. Guru dan calon guru wajib memahami seperti apa teori, konsep dan hakikat belajar itu sendiri, sebelum menerapkannya di kelas pembelajaran yang sebenarnya. Mulai dari perspektif psikologi hingga perspektif sosial, seyogianya menjadi acuan bagi guru dan calon guru sebelum memulai aktivitas belajar mengajar (pembelajaran). Pemberian materi ajar hingga mendesain serta mengembangkan model dan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru serta calon guru. Pengetahuan dan keterampilan terkait tes evaluasi apa yang tepat untuk siswa juga memberikan efek dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Untuk itu, buku Belajar & Pembelajaran hadir sebagai bagian dari transfer keilmuan kepada guru serta calon guru. Buku Belajar & Pembalajaran ini terdiri dari 10 bab, di antaranya: Konsep Belajar & Hakiki Belajar, Hakikat Pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Pengembangan Model Desain Pembelajaran, Pengembangan Media & Sumber Belajar, serta Pengembangan Tes Evaluasi. Dengan adanya buku ini, diharapkan para pendidikan serta calon pendidik dapat mengetahui bagaimana penerapan konsep belajar dan pembelajaran secara tepat baik dipandang dari sisi siswa maupun dipandang dari sisi guru.

... Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII', PPPPTK Matematika, pp. 1–19. Trianto (2013) Desain pengembangan pembelajran tematik bagi anak usia dini TK/RA dan anak kelas ...