Korupsi menghilangkan rasa kepercayaan terhadap pemerintah dan menciptakan citra buruk atas kinerja Pemerintah. Korupsi merupakan tindakan kejahatan luar biasa dan pemberantasannya perlu ekstra luar biasa. Hukuman berat sepertinya tidak menimbulkan efek jera kepada oknum yang ingin melakukan korupsi. Oleh karena itu dunia pendidikan harus mengambil bagian dan berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk korupsi dan upaya pemberantasanya. Buku ini dapat menjadi bahan ajar dan referensi untuk menumbuhkan budaya anti korupsi serta mendorong masyarakat agar berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi. Buku ini terdiri dari sembilan bab yang di uraikan sebagai berikut : Bab 1 Ruang Lingkup Korupsi Bab 2 Jenis, Perilaku dan Ciri Korupsi Bab 3 Penyebab dan Motivasi Korupsi Bab 4 Langkah-Langkah Pemberantasan Korupsi Bab 5 Anti Korupsi, Penyelenggara, Asas, Hak-Kewajiban, dan Peran Masyarakat Bab 6 Peran Fungsi KPK dan Ombudsman Bab 7 Gugatan Perdata – Putusan Verstek Bab 8 Korupsi di Sektor Publik Bab 9 Tindakan Preventif Untuk Mencegah Tipikor
Seseorang filsuf adalah orang yang cinta pada hikmat, dan orang yang cinta pada hikmat akan selalu membela kebenaran dengan menggunakan logikanya secara bijaksana. Seorang ahli filsafat adalah orang yang bijaksana dengan penuh Wisdom. Sebagai gambaran isi buku ini menyangkut sepuluh Bab, dengan bahasan: Bab 1 Pengertian, dan cabang-cabang filsafat Bab 2 Karakteristik filsafat Bab 3 Perbedaan filsafat dengan bidang pengetahuan lainnya (ilmu, seni dan agama). Bab 4 Hubungan filsafat dengan teori pendidikan Bab 5 Hubungan filsafat dengan aspek-aspek Pendidikan Bab 6 Aliran-aliran filsafat Pendidikan Bab 7 Idealisme dan Realisme serta implikasinya Pendidikan Bab 8 Pragmatisme, Eksistensialisme serta implikasinya terhadap Pendidikan Bab 9 Filsafat Pendidikan Pancasila Bab 10 Postmodernisme dan implikasinya terhadap pendidikan
Bab 4 Hubungan filsafat dengan teori pendidikan Bab 5 Hubungan filsafat dengan aspek-aspek Pendidikan Bab 6 Aliran-aliran filsafat Pendidikan Bab 7 Idealisme dan Realisme serta implikasinya Pendidikan Bab 8 Pragmatisme, Eksistensialisme ...
Seperti kita ketahui bahwa komunikasi itu merupakan suatu alat untuk penyamaan persepsi atau pemahaman antar individu atau pun kelompok. Dengan penyamaan persepsi atau cara pandang di antara individu-individu di dalam suatu organxiasi, maka pencapaian tujuan dari organisasi tersebut akan terwujud. Oleh karena itu, ilmu komunikasi sangatlah penting untuk diterapkan di dalam suatu organisasi. Berbagai bentuk pekerjaan di suatu organisasi akan selalu membutuhkan proses komunikasi baik itu berupa tulisan maupun percakapan. Buku Pengantar Komunikasi Organisasi ini akan membahas tentang: Sejarah Perkembangan Komunikasi Organisasi Konsep Dasar Komunikasi Konsep Dasar Organisasi Iklim Komunikasi Organisasi Komunikasi dalam Budaya Organisasi Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan Komunikasi dan Kinerja Komunikasi dan Manajemen Konflik dan Teknologi Informasi dalam Organisasi. Di mana buku ini telah berhasil tersusun atas kerjasama yang sangat baik dilakukan secara kolaborasi yaitu sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi beberapa Dosen dari berbagai Institusi di Indonesia.
Buku Pengantar Komunikasi Organisasi ini akan membahas tentang: Sejarah Perkembangan Komunikasi Organisasi Konsep Dasar Komunikasi Konsep Dasar Organisasi Iklim Komunikasi Organisasi Komunikasi dalam Budaya Organisasi Komunikasi dan Gaya ...
Belajar merupakan proses memperoleh ilmu. Belajar merupakan kegiatan yang menghasilkan adanya perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mampu menjadi mampu. Sedangkan pembelajaran mengacu pada dua konsep, yakni belajar dan mengajar. Pembelajaran merupakan proses yang kompleks dengan menghadirkan kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh siswa serta kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru. Belajar dan pembelajaran merupakan dua kegiatan yang beriringan dan saling terkoneksi satu dengan lainnya. Artinya, proses pembelajaran tidak akan berhasil jika kegiatan belajar tidak hadir. Sebaliknya, jika komponen mengajar pada proses pembelajaran tidak dijalankan dengan baik, maka kegiatan pembelajaran juga akan timpang dan tidak mencapai hasil yang maksimal. Sebagai guru serta calon guru, memahami makna belajar dan pembelajaran sangat penting. Tujuannya hanya satu, mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan. Guru dan calon guru wajib memahami seperti apa teori, konsep dan hakikat belajar itu sendiri, sebelum menerapkannya di kelas pembelajaran yang sebenarnya. Mulai dari perspektif psikologi hingga perspektif sosial, seyogianya menjadi acuan bagi guru dan calon guru sebelum memulai aktivitas belajar mengajar (pembelajaran). Pemberian materi ajar hingga mendesain serta mengembangkan model dan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru serta calon guru. Pengetahuan dan keterampilan terkait tes evaluasi apa yang tepat untuk siswa juga memberikan efek dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Untuk itu, buku Belajar & Pembelajaran hadir sebagai bagian dari transfer keilmuan kepada guru serta calon guru. Buku Belajar & Pembalajaran ini terdiri dari 10 bab, di antaranya: Konsep Belajar & Hakiki Belajar, Hakikat Pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Pengembangan Model Desain Pembelajaran, Pengembangan Media & Sumber Belajar, serta Pengembangan Tes Evaluasi. Dengan adanya buku ini, diharapkan para pendidikan serta calon pendidik dapat mengetahui bagaimana penerapan konsep belajar dan pembelajaran secara tepat baik dipandang dari sisi siswa maupun dipandang dari sisi guru.
... Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII', PPPPTK Matematika, pp. 1–19. Trianto (2013) Desain pengembangan pembelajran tematik bagi anak usia dini TK/RA dan anak kelas ...