Sebanyak 400 item atau buku ditemukan

Memulai BISNIS DARI NOL, Belajar dari Entrepreneur Top Dunia

Smart in Entrepreneurship

Buku Memulai Bisnis dari Nol: Belajar dari Entrepreneur Top Dunia ini memberikan gambaran bagaimana memulai bisnis dari nol di era Industri 4.0 dengan modal kecil, tetapi mampu melambungkan bisnis kelas dunia, misalnya Apple, Amazon, Walt Disney, Microsoft, Google, Facebook, General Electric, IBM, BMW, Dell Computer, Sony, Wallmart, Coca-Cola, Chrysler, Canon, NEC, Bloomberg, Federal Express, Curve, Charles Schwab, CNN, Gillette, Subaru, Honda, Toyota, Hewlett Packard, Adidas, dan pengalaman saya dalam mengembangkan bisnis.

Buku Memulai Bisnis dari Nol: Belajar dari Entrepreneur Top Dunia ini memberikan gambaran bagaimana memulai bisnis dari nol di era Industri 4.0 dengan modal kecil, tetapi mampu melambungkan bisnis kelas dunia, misalnya Apple, Amazon, Walt ...

PENYELESAIAN MASALAH BISNIS DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK ( E-COMMERCE )

BAB I Bisnis Toko Online Dalam Transaksi E- Commerce, yaitu (1) OLX Indonesia (https://www.olx.co.id/); (2) Bukalapak (https://www.bukalapak.com/); (3) Tokopedia (https://www.tokopedia.com/); (4) Zalora (https:// www.zalora.co.id/). BAB II Sengketa Dalam Transaksi Elektronik (E-Commerce), yaitu : (1) Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen; (2) Penegakan Hukum Konsumen: (a) Konsekuensi Yuridis terhadap Pelanggaran Perundang-undangan tentang Perlindungan Konsumen; (b) Konsekuensi Non yuridis terhadap Pelanggaran Perundang-Undangan tentang Perlindungan Konsumen; (c) Badan Perlindungan Konsumen Nasional; (d) Penerapan Sanksi-sanksi; (e) Hukum yang Berlaku dalam Penyelesaian Sengketa Transaksi E- commerce. BAB III Penyelesaian Sengketa Bisnis Dalam Transaksi Elektronik (E-Commerce), yaitu (1) Analisa perlindungan hukum bagi pelaku kontrak elektronik dalam Pasal 18 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008; (2) Prospek pengaturan alternatif penyelesaian sengketa online; (3) Penyelesaian Sengketa Di Beberapa Toko Online di Indonesia: (a) Penyelesaian sengketa OLX Indonesia; (b) Penyelesaian Sengketa Bukalapak; (c) Penyelesaian sengketa Tokopedia; (d) Penyelesaian Sengketa Zalora; (4) Implementasi Pasal 38 dan Pasal 39 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Dalam Penyelesaian Sengketa Online.

BAB I Bisnis Toko Online Dalam Transaksi E- Commerce, yaitu (1) OLX Indonesia (https://www.olx.co.id/); (2) Bukalapak (https://www.bukalapak.com/); (3) Tokopedia (https://www.tokopedia.com/); (4) Zalora (https:// www.zalora.co.id/).

Dasar Sains - Sadar Sains

Membangun Masyarakat Sadar Sains

Kemajuan suatu bangsa berkorelasi dengan kemajuan sainsnya. Semakin maju sains, teknologi bisa mengambil peran dan semakin maju pula bangsa bersangkutan. Bagaimana membangun masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya mempelajari dan mendalami sains dan metodologinya? Bagaimana masyarakat Indonesia dapat mengambil sikap menghargai alam secara utuh sembari mempelajari sains dan menerapkan teknologi? Buku ini memberikan wacana yang komprehensif bagi masyarakat Indoensia pada umumnya dan khususnya para mahasiswa dan pelajar yang merupakan agen perubahan dalam masyarakat sekaligus harapan di masa depan. Penerbitan buku ini antara lain berlatar belakang keinginan penulis untuk ikut serta memajukan sains di Indonesia, baik sains murni maupun sains aplikatif, sekaligus menjaga bumi sebagai bagian dari hidup semua manusia yang tidak terpisahkan. Buku ini terutama diperuntukkan bagi para mahasiswa MIPA tahun awal yang mengikuti mata kuliah Dasar-dasar Sains dan sejenisnya. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan oleh para mahasiswa pascasarjana yang mengikuti matakuliah Filsafat Sains dan sejenisnya. Lebih jauh buku ini diharapkan juga dapat menambah khazanah wawasan mahasiswa-mahasiswi dalam mempelajari Metodologi Penelitian, Filsafat Ilmu, Landasan Pendidikan, dan bidang serupa lainnya. Bahkan buku ini juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi para guru sekolah menengah untuk menumbuhkan sikap cinta dan sadar akan sains dalam diri anak didik sejak dini.

Kemajuan suatu bangsa berkorelasi dengan kemajuan sainsnya.

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG KESEHATAN, KONSEP & APLIKASI; DARI PKMD HINGGA DESA SIAGA

Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment) merupakan amanah dalam kita berbangsa dan negara. Baik berposisi sebagai pemerintah maupun sebagai bagian warga negara. Ketertinggalan, keterbelakangan maupun ketidak berdayaan masyarakat adalah tantangan sejauhmana bangsa ini peduli pada sesama. Buku ini mengulas tentang pemberdayaan masyarakt dalam tinjauan bidang kesehatan. Diawali dengan pembahasan pengetian dan konsep pemberdayaan masyarakat hingga pemberdayaan bidang kesehatan, yang mencakup falsafah, arah pemberdayaan serta pengalaman pemberdayaan era PKMD dan Desa Siaga. Dalam buku ini diurai tentang konsep dan aplikasi dari Pendekatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PKMD) serta Desa Siaga. Juga disampaikan pentingnya fasilitator sebagai bagian dari proses pendampingan pada masyarakat. Bagian akhir diulas tentang keberadaan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) sebagai salah satu wujud kemandirian masyarakat di bidang kesehatan. Buku ini sangat bermanfaat untuk dibaca sekaligus referensi bagi petugas kesehatan di Puskesmas, Dinas Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan, Bidan di desa, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Politeknik Kesehatan serta masyarakat luas yang peduli dengan keadaan kesehatan masyarakat di lingkungannya

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Pos ... Bina Keluarga Balita (BKB) ▫ Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ▫ Percepatan Penganekaragaman konsumsi pangan !

E-Commerce Aplikasi PHP dan MySQL pada Bidang Manajemen

Program Studi S-1 Manajemen Tahun Ajaran 2019/2020

E-commerce (Electronic Commerce) dapat juga didefinisikan sebagai aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefinisikan kembali hubungan antara penjual dan pembeli. Hal tersebut direalisasikan pada mata kuliah Teknologi Informasi untuk Bisnis. Buku ini digunakan sebagai pedoman mata kuliah Teknologi Informasi untuk Bisnis. Mata kuliah Teknologi Informasi untuk Bisnis akan menggunakan fasilitas internet untuk bertransaksi bisnis secara online. Buku ini berada pada posisi mendayagunakan komputer. Pendayagunaan komputer difokuskan pada optimalisasi bahasa PHP dan MySQL karena dengan dua fasilitas tersebut kita dapat menggunakan database yang bisa diakses melalui internet, sehingga perubahan database dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sepanjang mendapatkan akses internet. Beberapa aplikasi manajemen yang diterapkan dalam buku ini yaitu aplikasi stok barang dan aplikasi rumah sakit. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membuat mahasiswa paham tentang automasi database berbasis online sehingga mereka mendapatkan data yang selalu ter-update dan real time yang sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan manajemen.

E-commerce (Electronic Commerce) dapat juga didefinisikan sebagai aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefinisikan kembali ...

Manajemen Industri Kreatif

Teori dan Aplikasi

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif. Ketika kompetisi ekonomi global kian terbuka lebar agaknya yang menjadi kekuatan andalan Indonesia adalah sektor industri kreatif. Sektor industri kreatif menjadi penyangga ekonomi nasional. Di saat kondisi perekonomian di sektor industri dan perdagangan mengalami kelesuan akibat kompetisi global, sektor ekonomi dan industri kreatif nampaknya menjadi alternatif ekonomi yang bertahan. Yang menarik pada buku ini adalah perhatian dan kepedulian Penulis kepada industri kreatif. Meski di tulis dengan kemasan buku ajar, namun saya mendapat beberapa catatan yang ingin saya ketengahkan pada pengantar dalam buku ini: Pertama, buku ini buku akademik yang di tulis oleh dosen kewirausahaan sekaligus merupakan seorang pelaku industri kreatif yang sedang studi di program doktor ilmu manajemen di Universitas Airlangga yang memiliki banyak pengalaman empirik. Kedua kegigihan penulis untuk menggerakkan sektor industri kreatif, khususnya di kalangan akademisi kampus dengan mencoba membangun konsep mengintegrasikan teori dengan aplikasinya di lapangan. Tentu tidak hanya mengalir, buku ini juga mampu menguraikan secara jelas dan gamblang konsep dasar manajemen industri kreatif dan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan manajerial. Topi yang dibahas di dalam babnya cukup variatif. Mulai dari definitif hingga implementatif. Buku yang ditulis dalam delapan (8) Bab ini tentunya sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa Sarjana (S1) Program Studi Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tetapi juga bermanfaat bagi pengajar di bidang Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan sebagai panduan dalam menjalankan aktivitas proses belajar mengajar di kelas perkuliahan serta para pelaku usaha di sektor industri kreatif. Semoga dengan hadirnya buku ini bisa menjadi salah satu jendela ilmu pengetahuan akan memperluas wawasan sekaligus menggiatkan dialog keilmuan khususnya di bidang Manajemen Industri Kreatif. Selamat membaca. Gresik 23 September 2020 Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif.

Manajemen Kapal Niaga

Teori, Aplikasi dan Peluang-Peluang Bisnis

Buku Manajemen Kapal Niaga ini berisi tentang pengetahuan dan seluk beluk aspek pelayaran di Indonesia yang merupakan hasil pengalaman dan penelitian bertahun-tahun. Untuk memajukan pendapatan negara di bagian pelayaran, pembelajaran di manajemen kapal niaga dan peluang-peluang bisnisnya sangatlah penting. Selain berisi teori aspek ekonomi secara umum, buku ini juga berisi pemahaman akan kapal dan metode pengelolaan kapal serta peluang bisnisnya yang sangat mudah dipahami dan diterapkan oleh pengguna atau pemerhati pelabuhan yang tertarik dengan pengelolaan kapal niaga. Para pengusaha pelayaran juga dapat mempergunakan buku ini untuk menyempurnakan pola operasinya sehingga lebih efektif, efisien, dan memberikan keuntungan yang lebih besar. Buku ini dibuat dengan tujuan untuk menambah wawasan bagi masyarakat, pengusaha pelayaran, dan pengusaha ekspor-impor yang dalam kesehariannya selalu harus berhubungan dengan 'laut dan kapal'.

Bayangkan bilamana dokumen yang salah ketik tersebut adalah Certificate of Origin yang diterbitkan oleh Kantor Departemen ... mereka akan melakukan transaksi ekspor tanpa menggunakan Letter of Credit atau lazim disingkat ekspor Non L/C.

embelajaran Seni Musik dan Tari Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan musik akan sangat efektif jika diajarkan pada anak-anak usia dini. d. Musik seharusnya menjadi inti suatu kurikulum sekolah formal. e. Anak berkembang secara utuh, yakni berkembang secara fisik, emosional, ...

Kebangkitan UMKM Melalui Inovasi Geoproduk Berbasis Geodiversity & Kearifan Lokal

Indonesia dengan karakteristik alam dan lingkungannya yang sangat beragam, memiliki tiga konsep pemanfaatan sumber daya alam yang berlandaskan perlindungan alam, yaitu ekowisata, geowisata, dan taman bumi (geopark). Geopark merupakan konsep yang terbaik saat ini, karena mampu mengintegrasikan seluruh sumber daya alam di sekitar lokasi yang memiliki keunikan geologi dengan tujuan, yaitu perlindungannya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. UMKM sebagai komunitas yang ada dan penting dalam geopark mengembangkan geoproduk berdasarkan geodiversity dan kearifan lokal memiliki kekuatan untuk bangkit dari krisis-krisis yang terjadi. Geoproduk merupakan produk atau jasa yang memiliki keunikan juga ramah lingkungan dan berada dalam lingkungan geopark. Buku ini memberikan gambaran tentang definisi geoproduk, ciri-ciri geoproduk, proses pembuatannya, model bisnis, rantai nilai, manajemen risiko UMKM, dan strategi pemasaran bagaimana geoproduk bisa menjadi unggulan bagi UMKM di Indonesia. Contoh kasus UMKM geoproduk ditampilkan dalam bentuk narasi mulai dari geoproduk yang ada di geopark Indonesia, hingga geoproduk yang ada di geopark negara-negara lain yang masuk ke dalam UNESCO Global Geoparks (UGG).

Indonesia dengan karakteristik alam dan lingkungannya yang sangat beragam, memiliki tiga konsep pemanfaatan sumber daya alam yang berlandaskan perlindungan alam, yaitu ekowisata, geowisata, dan taman bumi (geopark).

INOVASI DISRUPTIF

STRATEGI UNTUK MEMENANGKAN USAHA

Istilah disrupsi mulai populer di Indonesia sekitar 5 tahun terakhir saat munculnya moda transportasi online: Gojek. Tahun 2017 terjadi demo yang dilakukan para pengemudi ojek pangkalan di 10 kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Bogor, dan Malang). Gojek adalah salah satu contoh inovasi disruptif. Inovasi yang mengganggu ojek pangkalan karena pelanggan ojek pangkalan beralih ke jasa Gojek. Dengan berbagai keunggulannya melalui inovasi, yaitu aplikasi di ponsel Android dan iOS, Gojek mampu menarik pengguna baru yang sebelumnya adalah bukan pengguna moda transportasi roda dua. Inovasi disruptif yang terjadi pada transportasi, khususnya roda dua terjadi secara massal dan berlangsung cepat, yangdisebut inovasi disruptif high-end atau new market disruption. Namun,inovasi disruptif ada yang bersifat inovasi disruptif low-end, prosesnya relatif lama, tidak menciptakan pasar baru, hanyalah model bisnis berbiaya rendah yang tumbuh dengan menarik pelanggan perusahaan yang sudah mapan. Produk pangan, khususnya pangan fungsional di Indonesia adalah salah satu contoh inovasi disruptif low-end. Pangan fungsional sangat penting bagi kesehatan manusia dan dapat diproduksi dengan biaya murah di Indonesia. Buku ini lebih banyak membahas inovasi disruptif low-end yang dapat dilakukan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memproduksi bahan pangan lokal. Tujuannya untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa inovasi disruptif tidak selalu dilakukan oleh usaha yang bermodal besar dan berbasis teknologi atau usaha rintisan (start-up). Buku ini tidak hanya membahas teori, tetapi disertai hasil penelitian yang dilakukan oleh para penulis selama 5 tahun terakhir. Selama 3 tahun terakhir penelitian menggunakan pendekatan pendamping pada UKM/IKM sehingga argumentasi yang disampaikan berdasarkan fakta empiris. Selain penelitian, para peneliti juga menindaklanjuti dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan workshop. Prinsip triple helix (akademisi, pemerintah, dan pebisnis), bahkan quadruple helix (triple helix ditambah komunitas) diterapkan selama proses penelitian sampai dengan pengabdian kepada masyarakat. Buku ini layak dan cocok dibaca oleh berbagai kalangan dalam triple helix dan quadruple helix. Bagi akademisi (dosen, mahasiswa, dan peneliti), hasil penelitian yang disajikan di buku ini bisa membuka peluang penelitian untuk jenis bisnis selain industri makanan atau penelitian terkait topik-topik yang disajikan di bab terakhir (agenda ke depan). Bagi pengusaha, buku ini menyajikan informasi tentang karakteristik inovasi disruptif sehingga menyediakan alternatif pilihan jenis inovasi disruptif yang sesuai dengan kondisi usaha. Selain itu, disajikan pula potensi bisnis pada industri pangan fungsional. Model peningkatan daya saing berkelanjutan pada UKM/IKM berbasis inovasi disruptif sangat cocok bagi pemerintah daerah karena UKM/IKM adalah basis ekonomi daerah maupun nasional.

Inovasi disruptif yang terjadi pada transportasi, khususnya roda dua terjadi secara massal dan berlangsung cepat, yangdisebut inovasi disruptif high-end atau new market disruption.