Sebanyak 729 item atau buku ditemukan

Analisis Laporan Keuangan : Intergrated and comperhesive edtion

Laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi yang penting bagi para penggunanya, terutama dalam rangka pengambilan keputusan. Laporan keuangan akan menjadi lebih bermanfaat apabila informasi yang terkandung dalam laporan keuangan tersebut dapat digunakan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang, melalui suatu proses perbandingan, evaluasi, dan analisis trend. Analisis laporan keuangan merupakan suatu proses untuk ÓmembedahÓ laporan keuangan ke dalam unsur-unsurnya dan menelaah masing-masing dari unsur tersebut dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang baik atas laporan keuangan itu sendiri. Hasil analisis laporan keuangan akan membantu analis dalam menginterpretasikan berbagai hubungan kunci antar pos laporan keuangan, serta dapat dijadikan sebagai dasar dalam menilai potensi keberhasilan perusahaan di masa mendatang. Buku ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi para mahasiswa S1 maupun S2 Akuntansi dan Manajemen, serta para pembaca umum lainnya yang memang tertarik untuk memahami proses analisis laporan keuangan. Pada bagian akhir dari setiap bab yang ada dalam buku ini akan diberikan soal-soal diskusi untuk melengkapi pemahaman pembaca mengenai proses analisis itu sendiri. Pembahasan yang diberikan dalam buku ini menggunakan bahasa yang sangat sederhana, sehingga memungkinkan bagi para pembaca untuk dapat memahaminya secara lebih mudah dan praktis

Laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi yang penting bagi para penggunanya, terutama dalam rangka pengambilan keputusan.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Pendidikan

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran yang signifikan dalam setiap kegiatan di suatu lembaga termasuk lembaga pendidikan. Sumber daya manusia harus dapat dikelola atau dikelola dengan baik sesuai dengan fungsinya agar sumber daya manusia tersebut dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya di lembaga yang ditempatinya. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu fungsi dalam pengelolaan sumber daya manusia harus dilaksanakan secara optimal agar kebutuhan yang berkaitan dengan tujuan individu, organisasi atau lembaga dapat tercapai. Selain itu, dengan tata cara pengelolaan sumber daya manusia yang baik diharapkan kekurangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia yang terkait dengan daya saing dapat diatasi. Atas dasar tersebutlah buku ini hadir. Sebagai sebuah buku yang terkait dengan MSDM pendidikan, buku ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya: (1) disusun secara praktis dan aplikatif sesuai dengan implementasi terbaru dalam praktik-praktik pengelolaan sumber daya manusia dalam pendidikan; (2) pendekatan teoritis terkait MSDM pendidikan; dan (3) menggunakan analisis kajian yang mudah dipahami, sehingga buku ini diharapkan akan sangat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya akademisi, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang MSDM sektor pendidikan.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan pada umumnya.

ETIKA PROFESI

Etika merupakan salah satu hal penting yang harus dapat dipahami secara benar, karena etika mengandung moral dan perbaikan dalam beberapa hal, seperti pola pikir, sikap, dan cara kita menyikapi sesuatu. Lebih jauh lagi, etika merupakan kekuatan mendasar yang perlu dimiliki setiap orang dalam menjalani kehidupan ini. Di sisi yang lain, etika berhubungan juga dengan profesi, di mana sebuah pekerjaan memiliki etika yang mendasari bagaimana cara kita bekerja dengan baik dan menghasilkan kontribusi positif bagi diri sendiri serta institusi. Oleh karena itu, dalam menghadapi globalisasi dan perubahan serta kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesat, etika sangat dibutuhkan sebagai dasar untuk memutuskan sesuatu. Buku Etika Profesi ini meliputi beberapa hal penting, di antaranya dasar-dasar filsafat, beberapa pandangan mengenai etika, macam-macam filosofi, landasan moral, definisi etika secara umum, jenis-jenis profesi di bidang teknologi informasi, jenis-jenis fraud dalam teknologi informasi, kerangka hukum dalam teknologi informasi, hacker vs cracker, hukum e-commerce dan cyberlaw serta masih banyak hal lainnya yang akan dibahas dalam buku ini. Akhir kata, buku Etika Profesi ini dapat digunakan sebagai dasar pengetahuan baik secara umum maupun khusus agar kita dapat memahami hal yang mendasar dari etika sampai pada penerapannya ke dalam profesi.

Akhir kata, buku Etika Profesi ini dapat digunakan sebagai dasar pengetahuan baik secara umum maupun khusus agar kita dapat memahami hal yang mendasar dari etika sampai pada penerapannya ke dalam profesi.

Kreatif Merancang Media Dan Sumber Belajar Di PAUD

Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini merupakan salah satu rujukan utama pada mata kuliah "Media dan Sumber Belajar" yang penulis ampu pada program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Buku ini penulis desain untuk memudahkan mahasiswa PIAUD semester 3 dalam memahami materi perkuliahan dan dapat melakukan praktek secara mandiri baik yang berupa tugas individual maupun kelompok. Proses pembelajaran yang efektif, menyenangkan, menarik, dan bermakna bagi anak dipengaruhi oleh berbagai unsur, antara lain; guru yang memahami secara utuh hakikat, sifat dan karakteristik anak; strategi dan metode pembelajaran yang berpusat pada kegiatan anak; prasarana dan sarana belajar anak yang memadai, serta tersedianya berbagai media dan sumber belajar yang mampu mendukung anak untuk belajar, dan lain sebagainya. Secara khusus, tersedianya berbagai media dan sumber belajar akan mendukung penciptaan kondisi belajar anak yang menarik dan menyenangkan. Buku Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini berbeda dengan buku ajar yang telah ada, karena banyak disertai contoh-contoh kreativitas dan hasil-hasil penelitian tentang media dan sumber belajar bagi Pendidikan anak usia dini, Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini berbeda dengan buku ajar yang telah ada, karena banyak disertai contoh-contoh kreativitas dan hasil-hasil penelitian tentang media dan sumber belajar bagi Pendidikan anak usia dini, sehingga mahasiswa lebih mudah memahami materi perkuliahan ini.

Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini merupakan salah satu rujukan utama pada mata kuliah "Media dan Sumber Belajar" yang penulis ampu pada program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Fakultas Agama ...

ILMU PENDIDIKAN : Panduan Komprehensif untuk Pendidikan

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik. Buku ini mengungkapkan berbagai konsep penting dalam pendidikan yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari pengantar ilmu pendidikan hingga teori-teori pembelajaran seperti kognitivisme, konstruktivisme, dan konnektivisme, buku ini memberikan dasar pemahaman yang kokoh tentang bagaimana peserta didik memperoleh pengetahuan dan berkembang dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini membahas topik yang relevan seperti perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran efektif, evaluasi pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Buku ini juga mengeksplorasi aspek psikologi pendidikan seperti psikologi perkembangan anak, psikologi motivasi belajar, serta pentingnya pendidikan inklusif, multikultural, dan karakter dalam konteks pendidikan. Dengan menyajikan panduan yang lengkap dan mudah dipahami, buku ini menjadi sumber informasi yang berharga bagi para pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan beragam.

Buku "Ilmu Pendidikan” Panduan Komprehensif untuk Pendidik adalah sebuah buku yang dirancang khusus sebagai panduan lengkap bagi para pendidik.

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...