Sebanyak 152 item atau buku ditemukan

Implementasi Buku Teks dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Merdeka belajar merupakan sebuah gagasan yang memberikan kebebasan pada pendidik dan pelajar dalam menentukan sistem pembelajaran. Tujuan dari dicanangkannya merdeka belajar adalah untuk menciptakan pendidikan yang bermakna pada aspek keterampilan dan pengalaman. Konsep merdeka belajar dalam sudut pandang filsafat pendidikan akan mampu memberikan keberagaman pandangan. Tujuan dari menulis berbagai perspektif dalam buku ini untuk memberikan pengkajian berupa pemikiran terhadap mahasiswa sejauh mana pemahaman dalam memahami konteks pendidikan dari pemikiran yang berbeda-beda. Artinya merdeka belajar mengakui kodrat manusia memperoleh pembelajaran dan pengalaman, pengembangan peserta didik, menciptakan stabilitas, dan pengakuan terhadap kodrat manusia. Semoga buku ini dapat memberikan sedikit manfaat kepada pembaca.

Merdeka belajar merupakan sebuah gagasan yang memberikan kebebasan pada pendidik dan pelajar dalam menentukan sistem pembelajaran.

Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah

Buku “Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah” menggambarkan visi baru dalam dunia pendidikan, di mana siswa diberdayakan untuk menjadi individu yang kreatif, berpikiran bebas, dan mampu menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, pada Kurikulum Merdeka, terdapat unsur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang mana merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Selain Profil Pelajar Pancasila, Kementerian Agama Republik Indonesia menambahkan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang diberlakukan di Madrasah, di antaranya yaitu: 1) Berkeadaban (ta’addub); 2) Keteladanan (qudwah); 3) Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah); 4) Mengambil jalan tengah (tawassut); 5) Berimbang (tawazun); 6) Lurus dan tegas (i’tidal); 7) Kesetaraan (musawah); 8) Musyawarah (syura); 9) Toleransi (tasamuh); 10) Dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar). Dengan visi yang jelas dan ide-ide yang inovatif, “Kurikulum Merdeka” menjadi panduan bagi pendidik, orang tua, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk merumuskan dan mengimplementasikan kurikulum yang lebih relevan dan inklusif. Buku ini mengilhami pembaca bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kelas hingga ke langkah implementasi kurikulum merdeka di Madrasah.

Buku “Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah” menggambarkan visi baru dalam dunia pendidikan, di mana siswa diberdayakan untuk menjadi individu yang kreatif, berpikiran bebas, dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

Pengantar Ilmu Ekonomi Islam

Buku Pengantar Ilmu Ekonomi Islam ini mengkaji tentang Islam sebagai jalan hidup, manusia dan ekonomi dalam perspektif Islam, konsep dasar ekonomi Islam, paradigma ekonomi Islam, sistem kapitalisme dalam perspektif Islam, sistem sosialisme dalam perspektif Islam, sistem ekonomi Islam, konsep harta dan kepemilikan dalam Islam, fungsi uang dalam perspektif ekonomi Islam, aktivitas ekonomi dalam perspektif Islam, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, dan kebijakan moneter dalam ekonomi Islam. Besar harapan semoga melalui washilah buku ini para pembaca mampu menambah khazanah keilmuan secara komprehensif berkaitan dengan ilmu ekonomi Islam yang orientasinya ialah falah (al-hayatu at-thayyibah fi ad-daraini). Lebih dari itu, semoga buku ini dapat berkontribusi positif terhadap literasi ekonomi Islam di Indonesia.

... Monetary Policy An Islamic Economy. Money and Banking in Islam (Jeddah: International Centre for Research in Islamic Economics,. Hubara, Z. A., Nurrahma, S. A., & Jannah, N. (2021). Penerapan Kebijakan Moneter Islam pada Sistem ...

FILSAFAT PENDIDIKAN

Sebuah Pengantar Memahami Manusia dan Pendidikan dalam Tinjauan Filosofis

Dari hari ke hari problem pendidikan semakin komplek mengikuti arah perkembangan zaman. Berbagai pemikiran manusia dicurahkan untuk menjawab problematika pendidikan. Tetapi apa yang dibutuhkan oleh manusia sesungguhnya berawal dari pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan oleh filsafat agar ia bisa semakin mendekati kepada realitas yang diharapkan. Tidak hanya itu, manusia berupaya mengembangkan pengetahuannya dan mengajarkannya kepada orang lain agar hasil-hasil pemikiran dan tradisi budayanya itu dapat diteruskan oleh generasi-generasi setelahnya. Ada yang bertahan, tetapi ada pula yang tergusur oleh hasil pemikiran baru. Itulah pendidikan. Jika makhluk lain bertahan dan berkembang mengikuti selera alam, tidak halnya dengan manusia, ia bertahan dan berkembang melalui proses pendidikan. Peranan filsafat yang mendasari berbagai aspek pendidikan sudah tentu merupakan sumbangan utama bagi pembinaan pendidikan. Teori-teori yang tersusun karenanya dapat disebut sebagai ilmu kependidikan yang landasannya adalah filsafat pendidikan. Dalam pandangan Islam, filsafat pendidikan dapat diartikan sebagai studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran filsafat terhadap masalah-masalah pendidikan sehingga dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu dan umat Islam secara luas. (HM. Arifin dalam buku Ilmu Pendidikan Islam) Pendidikan seharusnya ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan intelektualitas manusia. Pendidikan tinggi harus bersendikan filsafat metafisika. Filsafat pada dasarnya adalah cinta intelektual yang datangnya dari Tuhan. (Robert M. Hutchkins, seorang penganut Perenialisme)

... umum dan sistematis. Ia mengatakan: “Just a formal philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way, so educational philosophy seeks to comprehend educationin its entirely ...

Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Pendidikan Pancasila dapat membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia. Modul ini akan membahas sejarah singkat kelahiran Pancasila serta dinamika Pancasila setelah kemerdekaan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai dasar negara; Pancasila sebagai sistem filsafat; Pancasila sebagai sistem etika; kedudukan dan fungsi pancasila; dan pancasila sebagai ideologi negara. Semoga modul ini dapat bermanfaat secara baik dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila, dalam rangka memantapkan kepribadian anak bangsa.

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas.

MANUSIA DAN BUDAYA WIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Tulisan dalam buku ini disusun sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah ketimpangan sumber daya manusia dengan kebutuhan wirausahawan. Tidak dipungkiri keberadaan usaha menjadi solusi jitu untuk membebaskan manusia dari penurunan kualitas hidup. Meski demikian, moralitas, dan pendidikan tetap bertugas menjaga produktifitas agar lebih bernilai guna, melampaui tuntutan material. Kesalehan produktifitas menjadi logika usaha yang berdimensi nilai ini. Teknologi digital yang terus berkembang juga menambah carut marut masalah bagi kelompok manusia yang belum siap berkompetisi secara global. Evolusi kerja tidak bisa dibendung lagi. Dibutuhkan terobosan potensi yang telah dimiliki manusia agar menjadi manusia yang lebih komptetitif. Islam sebagai agama penyempurna telah menegaskan bahwa manusia memiliki akal pikir yang luar biasa, dan bisa digunakan untuk mencetak ide atau kreatifitas termasuk di bidang ekonomi. Kewirausahaan juga perlu dilihat dalam kajian sosial budaya, sebab kewirausahaan menghubungkan ikatan-ikatan sosial serta kepribadian yang membangun perilaku komunitas yang sadar dengan hakikatnya sebagai manusia yang berperadaban. Produsen, konsumen, pedagang, pekerja, pemerintah, pendidik, sejatinya memiliki hubungan yang intim dalam hal kebutuhan hidup. Ketiadaan usaha menjadi momok luar biasa yang siap menghancurkan martabat manusia kapan saja. Membangun usaha tidak bisa ditunda lagi, sebagaimana tuntutan agar manusia tetap bertahan di dunia ini. Moralitas Islam membantu manusia melampaui target badaniyah tersebut melalui nilai-nilai yang bersumber pada Alquran dan menjabarkannya sesuai kodrat manusia.

Tulisan dalam buku ini disusun sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah ketimpangan sumber daya manusia dengan kebutuhan wirausahawan.

Buku Ajar Manajemen Keuangan Lanjutan

Manajemen keuangan lanjutan merupakan pengembangan dari Manajemen Keuangan yang di dalamnya membahas tentang nilai perusahaan, bagaimana menghitung nilai perusahaan, dan pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan yang belum terlalu dibahas pada buku manajemen keuangan sebelumnya. Yang mana, pada buku manajemen keuangan sebelumnya membahas tentang mengukur kinerja keuangan dengan menggunakan alat analisis dengan menggunakan rasio-rasio keuangan. Buku ini juga membahas bagaimana merger, akuisisi, dan divestasi serta bagaimana membedakan antara merger dan akuisisi secara mudah. Membahas kesulitan keuangan dan bagaimana cara mengetahui bahwa perusahaan atau bisnis mengalami kesulitan keuangan. Buku ini juga membahas tentang beberapa jenis investasi yang ada baik itu obligasi, opsi, future, warrants dan convertibles. Manajemen risiko perusahaan perlu dikelola dengan baik agar perusahaan dapat mengantisipasi risiko yang kemungkinan akan dihadapi perusahaan serta bagaimana strategi dalam pendanaan perusahaan. Terakhir, buku ini juga membahas tentang valuta asing.

Roadmap Pengembangan Keuangan Syariah Indonesia 2017-2019. ... “Islamic Finance in Multicultural Indonesia”. ... Behavioral Finance and Wealth Management: How to Build Optimal Portfolios That Account for Investor Biases All rights ...

Penggambaran Nilai Moderasi Beragama dalam Tayangan Kartun Anak Nussa Rara dan Omar Hana

Buku ini membahas tentang bagaimana anak-anak digambarkan dalam dua film Indonesia dan Malaysia (Nusa Rara dan Omar Hana) menyikapi pluralisme. Berbekal CDA, buku ini bercerita bagaimana tim kedua film menyelipkan pesan-pesan kebaikan sekaligus nilai apa yang diselipkan di dalamnya. Pada buku ini kita akan diajak menemukan beberapa persamaan sekaligus juga perbedaan penggambaran nilai-nilai moderasi beragama pada kedua tayangan kartun anak tersebut, serta merefleksikan wacana yang ingin disampaikan pembuat film. Lepas dari nilai-nilai baik menghadapi pluralisme di masyarakat yang nampak dalam toleransi, komitmen kebangsaan, antikekerasan, dan mengakomodir kebudayaan lokal yang dikemas dengan baik, buku ini juga mencoba menemukan agenda apa yang dimasukkan dalam pilihan baik verbal maupun visual pada kedua film.

Buku ini membahas tentang bagaimana anak-anak digambarkan dalam dua film Indonesia dan Malaysia (Nusa Rara dan Omar Hana) menyikapi pluralisme.

Perspektif Pendidikan

Gagasan Strategi, Evaluasi, dan Manajemen Pendidikan

Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang. Pendidikan harus membangun pendekatan baru yang mencerahkan guna membangun optimisme dalam menjawab tantangan zaman. Penyegaran tersebut harus dilakukan di segala tahap seperti strategi, evaluasi, sampai manajemen pendidikan. Buku ini berisi tentang gagasan penyegaran dalam dunia pendidikan dari ketiga hal tersebut. Strategi dan evaluasi pembelajaran merupakan pekerjaan rumah bagi pendidik, selanjutnya manajemen merupakan pekerjaan rumah bagi pengelola lembaga pendidikan. Dan dua bagian inilah yang berhadapan langsung dengan peserta didik sehingga berkaitan langsung dengan suksesnya pembelajaran. Buku ini ditulis dari sudut praktisi pendidikan berlandaskan teori-teori pendidikan. Dengan menggunakan bahasa yang lugas dan ilmiah, buku ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih pengetahuan kepada penggiat-penggiat pendidikan di negeri ini. “Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sistem pendidikan merupakan pekerjaan rumah bersama di tengah masalah pendidikan yang tak kunjung usai. Buku ini sangat menarik karena berisi tentang gagasan segar tentang kajian dalam dunia pendidikan. Apresiasi kepada para penulis yang di samping kesibukannya sebagai pendidik di sekolah masing-masing dan peserta didik di Pascasarjana IAIN Pekalongan ternyata masih menyempatkan waktunya untuk menulis. Saya sangat mendukung dengan hadirnya buku ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang.” Rohmatun (DPRD Kab. Batang Komisi B Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kesejahteraan) “Tantangan dunia pendidikan di era sekarang sangatlah kompleks, sehingga penyelesaian problematika dalam dunia pendidikan membutuhkan kerja sama dan kekompakan dari hulu sampai hilir. Buku ini mampu menghadirkan semangat pembaharuan dari bawah berkaitan dengan inovasi di bidang strategi, manajemen, dan evaluasi pendidikan. Tradisi menulis ilmiah semacam ini harus memiliki ruang khusus dalam diri seorang pendidik. Sehingga dengan kuatnya tradisi literasi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.” Labib Maimun, M.Pd. (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan)

Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang.

Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen (SIM) mempelajari tentang sistem yang direncanakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarluaskan data berupa informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan berbagai fungsi manajemen. Cara kerja sistem informasi manajemen dimulai dari pengolahan data, kemudian disimpan dalam database terpusat di mana suatu informasi dapat diakses dan di-update oleh semua orang yang memiliki wewenang sesuai dengan tujuan mereka. Sistem informasi manajemen adalah suatu proses untuk memperoleh data, lalu dianalisis, dan disajikan dengan tujuan untuk mendukung pengambilan suatu keputusan. Tujuan utama dalam pembangunan sistem ini adalah untuk memecahkan berbagai masalah yang timbul dalam bisnis, seperti layanan, biaya produk, dan strategi bisnis. Sistem ini digunakan untuk melakukan analisis sistem informasi pada penerapan aktivitas operasional suatu organisasi.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) mempelajari tentang sistem yang direncanakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarluaskan data berupa informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan berbagai fungsi manajemen.