Sebanyak 34 item atau buku ditemukan

Teknik Menelusuri dan Memahami Artikel Ilmiah di Jurnal Nasional dan Internasional

Buku ini ditulis untuk Anda, Non Peneliti, dimana sedikit sekali memahami artikel ilmiah atau tidak memiliki keahlian dan pengalaman sebagai seorang peneliti. Buku ini memang disusun dengan metode semudah mungkin dapat dipahami oleh mereka yang memang tidak berkecimpung di dunia penelitian, ataupun bagi orang yang “dipaksa” mempelajari artikel ilmiah sebagai persyaratan jenjang pendidikan tertentu. Pada dasarnya, dengan memaparkan bacaan buku ini dengan step-by-step, Anda diharapkan dapat mengikuti setiap tahap dalam proses dengan runut, yang pada akhirnya akan memberikan gambaran yang utuh bagaimana memahami artikel ilmiah dalam bentuk jurnal. Buku ini secara garis besar terdiri dari dua bagian. Pertama, Overview dan bagian Kedua adalah Strategi Memahami Jurnal.

Publikasi ilmiah membantu menjawab pertanyaan rumusan masalah dalam penulisan akademis dan meletakkan dasar untuk ... Publikasi perdagangan- dimaksudkan untuk berbagi berita umum, tren, dan opini di antara para praktisi di industri atau ...

POKOK-POKOK AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN 1

Buku singkat ini merupakan suatu ringkasan yang kami susun dari beberapa sumber. Buku ini memberikan inspirasi kepada kami untuk mengungkapkan secara ringkas tentang “Akuntansi Keuangan Lanjutan” sebagai suatu sumber materi yang bermanfaat. Buku ini berisi bunga rampai dari catatan-catatan tercecer tentang akuntansi persekutuan, diawali dengan proses pembentukannya, pembagian laba serta disolusi dan juga likuidasinya. Catatan lainnya joint venture, penjualan angsuran, penjualan konsinyasi serta catatan tentang akuntansi agen dan cabang baik dalam negeri maupun luar negeri. Catatan ini dibukukan dengan maksud memperdalam dan mendokumentasikan catatan yang didapat agar tidak tercecer dan hilang. Terlebih tujuan utamanya adalah untuk memperkaya wawasan penulis sendiri dalam kajian akuntansi keuangan. Buku singkat ini hanya memberikan pokok-pokok atau gambaran singkat tentang hal yang penulis sampaikan tersebut di atas. Tapi apabila kita ingin mendalaminya, tentunya literatur text books maupun dari website dapat digali dengan hal-hal yang lebih mendalam. Namun demikian mudah-mudahan buku ini juga memberikan pengayaan dan pelengkap terhadap referensi yang sudah ada.

Buku singkat ini merupakan suatu ringkasan yang kami susun dari beberapa sumber.

Kepemimpinan dan Manajemen Konflik

Strategi Mengelola Konflik dalam Inovasi Organisasi dan Pendidikan di Madrasah/Sekolah yang Unggul

Konflik yang terjadi dalam sebuah lembaga atau organisasi termasuk madrasah, jika dibiarkan terlebih pada lembaga atau organisasi yang baru mengadakan dan sedang berkembang, maka semakin besar. Dan ini memerlukan seorang pemimpin yang mampu mengelola konflik agar tetap dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Dan salah satu pemimpin yang mampu menurut hasil penelitian ini adalah pemimpin transformational. Dan jika di lembaga pendidikan khususnya madrasah, maka yang cocok adalah “Pemimpin Transformational Plus”. Dan lebih-lebih jika lembaga pendidikan atau madrasah ingin cepat mengadakan inovasi dan pengembangan dengan cepat, maka yang cocok adalah pemimpin transformational plus.

Strategi Mengelola Konflik dalam Inovasi Organisasi dan Pendidikan di Madrasah/Sekolah yang Unggul H. Nur Zazin, M.A. ... di MTs N dia mengadakan lomba yang diikuti siswa-siswi MI/ SD, sedangkan di Madarasah Aliyah Negeri mengadakan ...

PERMAINAN BISNIS TERPADU TEMATIK UNTUK PELATIH KEWIRAUSAHAAN

Berwirausaha Mengolah Sampah Menjadi Rejeki Tambah

Sampah adalah masalah. Sering memang terdengar anggapan seperti itu. Namun, bagi sebagian orang, sampah justru mendatangkan rezeki, setelah mereka mengelola dan mengolahnya dengan benar. Omzetnya mencapai puluhan hingga ratusan juta. Masalah ini bersumber dari kesalahan Pola Pikir. Sampah dianggap benda jelek, kotor, bau, jorok, sumber masalah dan tidak berharga sehingga dibuang. Idealisme Lingkungan Daur ulang sampah berbasis kewirausahaan yang selama ini telah dilatihkan, secara signifikan berpengaruh terhadap berkurangnya sampah yang dibuang ke TPS dan lahirnya banyak usahawan kerajinan daur ulang sampah yang mampu berkembang secara bisnis. Masyarakat akan menjalankan aktivitas daur ulang dengan semangat dan berkesinambungan jika memberikan manfaat finansial kepada pelakunya, menguntungkan serta bisa dijadikan usaha dengan investasi rendah. Buku ini berisi Materi Permainan Bisnis Tematik Terpadu Tentang Berwirausaha Mengelola Sampah sebagai sebuah prospek bisnis yang mudah-mudahan bermanfaat bagi pelatih kewirausahaan, guru, dosen, pemerhati dan penggiat lingkungan. Diuraikan dalam buku ini, mulai dari metode pembelajaran, membangun mindset baru tentang tentang sampah, wirausaha sampah dan teknik-teknik pelatihan manajemen usaha sampah. Terakhir, jika dalam menguraikan buku masih banyak kekurangan, mohon dimaafkan. Selanjutnya koreksi dan saran kami harapkan dari para pembaca, dalam rangka penyempurnaan buku ini, terima kasih.

Sampah adalah masalah.

POTRET KEBIJAKAN PENDIDIKAN DINIYAH

Eksistensi Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Madrasah Diniyah

Dalam catatan sejarah pendidikan, sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah (Madin) di Indonesia selama ini belum pernah mendapatkan pengakuan yang konkrit dari pemerintah. Hal ini terjadi, karena selama ini pula eksistensi pendidikan Madin secara yuridis-formil memang tidak diberi ruang apresiasi yang memadai dalam undang-undang sistem pendidikan nasional di tanah air. Fakta ini telah terbukti dalam sejarah panjang pemberlakuan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) di Indonesia, mulai UU No. 4/1950, juncto UU No. 12/1954, sampai dengan UU No. 2/1989 yang kesemuanya tidak pernah memuat bab, pasal, maupun ayat-ayat yang mengatur tentang sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah. Padahal secara defacto dan historis Madin selama ini juga ikut memiliki andil dan kontribusi yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa bidang pendidikan di masyarakat.

Dalam catatan sejarah pendidikan, sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah (Madin) di Indonesia selama ini belum pernah mendapatkan pengakuan yang konkrit dari pemerintah.

LANDASAN IMTAQ YANG TERABAIKAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Buku ini disusun untuk membantu para guru sains dalam menyampaikan materi pelajaran dan beberapa Konsep pendalaman materi. Kelalaian dan pengabaian pada sains di dunia Islam terjadi secara luas dan meliputi semua lapisan umat termasuk juga para pendidik. Fenomena ini tetap terus berlangsung dimana semua umat Islam masih berkutak-kutak dan menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan dana untuk perkara fiqih.

Buku ini disusun untuk membantu para guru sains dalam menyampaikan materi pelajaran dan beberapa Konsep pendalaman materi.

PENDIDIKAN ISLAM

Integrasi Nilai-Nilai Humanis, Liberasi dan Transendensi Sebuah Gagasan Paradigma Baru Pendidikan Islam

Buku yang ada di tangan para pembaca ini, adalah hasil dari refleksi dan pengkajian terhadap perjalanan pendidikan Islam karena sebagai agen perubahan sosial (social change), pendidikan Islam yang berada dalam atmosfir modernisasi dan globalisasi, dewasa ini dituntut untuk mampu memainkan perannya secara dinamis dan proaktif. Kehadirannya diharapkan mampu membawa perubahan dan kontribusi yang berarti bagi perbaikan ummat Islam, baik pada tataran intelektual teoritis maupun praktis. Pendidikan Islam bukan sekedar proses penanaman nilai-nilai moral untuk membentengi diri dari ekses negatif globalisasi. Tetapi yang paling urgen adalah bagaimana nilai-nilai moral yang telah ditanamkan pendidikan Islam tersebut mampu berperan sebagai kekuatan pembebas (liberating force) dari himpitan kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan sosial budaya dan ekonomi.

Pendidikan Islam bukan sekedar proses penanaman nilai-nilai moral untuk membentengi diri dari ekses negatif globalisasi.

PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM

Perbincangan seputar perkembangan pendidikan Islam seakan menjadi wacana yang tidak pernah selesai untuk dibahas, karena pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses yang tidak akan pernah selesai (never ending process) dan berlangsung sepanjang hayat (minal mahdi ilal lahdi). Berbagai ide atau gagasan tentang pengembangan pendidikan Islam telah banyak dikemukakan oleh banyak kalangan yang semuanya itu bermuara pada bagaimana mencari format ideal dari paradigma Pendidikan Islam.

Perbincangan seputar perkembangan pendidikan Islam seakan menjadi wacana yang tidak pernah selesai untuk dibahas, karena pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses yang tidak akan pernah selesai (never ending process) dan berlangsung ...

PENDIDIKAN ISLAM EGALITER

(Membangun Pendidikan Feminim Atas Superioritas Maskulinitas)

“Buku ini memberikan pembacaan lain bagi pendidikan Islam yang berbasis gender, serta lebih memasuki wawasan yang kental dengan pembebasan dari konstruksi sosial yang selama ini “haram” untuk dibuka. Mencerdaskan...”. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I Dosen Tetap Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Giri Bojonegoro

“Buku ini memberikan pembacaan lain bagi pendidikan Islam yang berbasis gender, serta lebih memasuki wawasan yang kental dengan pembebasan dari konstruksi sosial yang selama ini “haram” untuk dibuka.

Kamus Saku Bahasa Arab - Indonesia

Bahasa Arab adalah bahasa dunia yang kalau diteliti, bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak kosa katanya, paling komplek morfologi dan sintaksisnya. Oleh karena itu, belajar bahasa Arab itu lebih sulit dibandingkan dengan belajar bahasa-bahasa yang lain. Perlu diingat bahwa, awal dari belajar bahasa apa pun yang pertama-tama itu harus mengerti makna kosa katanya. Karena sebagus apa pun karya atau ucapan bahasa lisan orang lain, diksi, struktur kalimatnya dan lain sebagainya jika pembaca tidak mengerti makna kata maka pesan yang ditulis atau diucapkan melalui bahasa lisan orang lain mustahil tersampaikan. Setelah mengerti kosa kata tahap selanjutnya adalah belajar ilmu linguistik secara step by step (tadrijiyan). Belajar bahasa apa pun, apalagi bahasa Arab, kosa kata harus dihafal secara fasih dan benar lafal dan maknanya. Menghafal kosa kata itu tidak hanya ketika belajar di tempat tertentu, tetapi di mana pun dan kapan pun agar segera banyak hafal kosa kata dan maknanya. Berangkat dari tuntutan itu, maka kamus saku ini dibuat. Sebuah kamus yang dapat dimasukkan ke saku sehingga dapat dibawa ke mana pun. Selain itu, kamus yang ada di tangan pembaca ini adalah sebagai usaha memperkenalkan makna kata dalam bahasa Arab pada anak-anak atau siapa pun yang masih tahap awal mengenal bahasa Arab. Kosa kata yang termuat di dalam kamus ini pun mencakup kosa kata yang paling dekat dengan manusia sampai yang jauh. Dengan susunan seperti itu sebenarnya bertujuan agar mudah diingat, dihafal dan dimengerti. Semoga bermanfaat. Amien 🤲

Bahasa Arab adalah bahasa dunia yang kalau diteliti, bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak kosa katanya, paling komplek morfologi dan sintaksisnya.