Sebanyak 21038 item atau buku ditemukan

Evapro (Evaluasi Proyek)

Teori dan Aplikasi pada Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Anguilla sp)

Potensi sumber daya perikanan ikan sidat masih belum banyak dimanfaatkan, padahal ikan sidat ini baik dalam ukuran benih maupun ukuran konsumsi kuantitasnya cukup melimpah. Sebagai akibat belum banyak dikenal umum terhadap ikan sidat ini, maka tingkat pemanfatannya masih sangat rendah. Sehingga pada umumnya penduduk Indonesia belum mengenal dalam mengonsumsinya. Untuk mengoptimalkan sumber daya ikan sidat ini dalam pengelolaannya, maka diupayakan beberapa langkah strategis, yaitu pertama mengenali daerah yang mempunyai potensi sumber daya benih dan ukuran konsumsi kemudian upaya selanjutnya adalah pemanfatannya untuk dikonsumsi, baik untuk pasar lokal maupun pasar ekspor. Evapro (Evaluasi Proyek) adalah suatu studi untuk melakukan penilaian terhadap instansi pada proyek tertentu yang sedang atau akan dilaksanakan. Studi ini digunakan untuk memberikan arahan apakah investasi pada proyek tertentu itu layak dilaksanakan atau tidak. Atas dasar risk and uncertainty (risiko dan ketidakpastian) dimasa yang akan datang, diperlukan studi Evapro secara multidisipliner sebelum pengambilan keputusan. Hal ini berdampak bahwa untuk melakukan studi Evapro ini melibatkan team work dari berbagai keahlian disiplin ilmu yang kuat misalnya: managerial skill, rekayasa teknologi (teknokrat), hukum (advokat), ekonomi, policy maker (birokrat), akuntan, psikologi kesehatan dan lain-lain yang terkait dengan investasi proyek tertentu.

Tujuan dilakukannya Evapro atau evaluasi proyek yaitu untuk mengurangi resiko kerugian, memudahkan perencanaan, memudahkan pelaksanaan pekerjaan, memudahkan pengawasan, serta untuk memudahkan pengendalian. Tahapan yang dilakukan dalam ...

EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Buku ini berupa penjelasan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam pembelajaran. Dalam Sistem pendidikan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran secara sepintas tidak bisa dibedakan mempunyai arti yang sama. Padahal dalam dari Evaluasi, Penilaian, Pengukuran tapi maknanya berbeda. Penulis disini akan membahas satu persatu mengenai Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam dunia pendidikan. Semoga dengan adanya buku ini bisa bermanpaat terutama dalam bidang pendidikan.

Buku ini berupa penjelasan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam pembelajaran.

Evaluasi Pembelajaran

Buku ini di lengkapi dengancontoh soal dan latihan untuk mempermudah pembaca memahami dan merefleksi pemahaman terkait mater yang di bahas pada masing-masing bab. Penulis mengakui bahwa buku ini belum mampu seluruh masalah yang berkaitan dengan evaluasi, namun buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran, sebagai bahan referensi untuk menjadi seorang pendidik.

Penulis mengakui bahwa buku ini belum mampu seluruh masalah yang berkaitan dengan evaluasi, namun buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran, sebagai ...

Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran

Istilah penilaian atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah evaluation, bukan merupakan istilah baru bagi insan yang bergerak pada lapangan pendidikan dan pengajaran, dalam melaksanakan tugas profesionalnya, seorang guru tidak akan terlepas dari kegiatan penilaian. Ada beberapa istilah yang sering dipergunakan secara tumpang tindih untuk menjelaskan pengertian evaluasi, yaitu measurement atau pengukuran, assessment atau penilaian/penaksiran, dan test. Ketiga istilah tersebut kadang-kadang digunakan secara bergantian dan dianggap memiliki pengertian yang sama, padahal ketiganya memiliki perbedaan

Istilah penilaian atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah evaluation, bukan merupakan istilah baru bagi insan yang bergerak pada lapangan pendidikan dan pengajaran, dalam melaksanakan tugas profesionalnya, seorang guru tidak akan ...

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi ini adalah buku teks yang bisa menjadi referensi untuk para dosen bahasa asing di tingkat perguruan tinggi. Buku ini diawali dengan bentuk pembelajaran bahasa asing di Indonesia, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pentingnya evaluasi pembelajaran bahasa asing ini perlu dipaparkan dengan jelas karena terdapat beberapa kesalahan umum para dosen bahasa asing yang ditemui sehingga evaluasi pembelajaran bahasa asing tersebut menjadi kurang tepat. Buku ini akan menyajikan beberapa informasi dan contoh yang berguna untuk mengevaluasi pembelajaran bahasa serta strategi yang digunakan dalam mengimplementasikannya di kelas pada tingkat pendidikan tinggi. Penulis juga menyediakan beberapa contoh cara penilaian yang dapat digunakan dosen bahasa asing untuk mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing pada Pendidikan Tinggi ini adalah buku teks yang bisa menjadi referensi untuk para dosen bahasa asing di tingkat perguruan tinggi.