Sebanyak 23617 item atau buku ditemukan

Manajemen Humas Pendidikan Islam

Teori dan Aplikasi

Citra positif merupakan hal terpenting yang harusdimiliki oleh suatu lembaga, termasuk lembaga sekolah.Citra positif tentunya akan berkaitan dengan eksistensi suatulembaga. Hal ini karena adanya penilaian yang positif akanmemengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap suatusekolah untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Keberadaan sekolah pada awalnya mendasarkan pada suatualasan bahwa orangtua tidak mampu mendidik anaknyasecara sempurna dan lengkap, dengan demikianmemerlukan pihak lain, yakni lembaga sekolah, untuk membantu peran orangtua dalam mendidik anaknya, hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Pidarta (2007: 176) bahwa keberadaan sekolah merupakan suatu lembaga yang hidup bersama-sama dengan warga masyarakat, di mana masyarakat membutuhkan agar para siswa dapat dibina di sekolah dan sebaliknya sekolah membutuhkan masyarakat untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar.

Buku Manajemen Humas Pendidikan Islam : Teori dan Aplikasi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendidikan Agama Islam

Ajaran agama Islam tidak cukup hanya menjadi pemahaman. Lebih dari itu, agama harus menjadi modal pengamalan dalam kehidupan sosial. Sejatinya, agama hadir untuk menjawab segala persoalan hidup yang dihadapi umat manusia dari zaman dulu, sekarang, dan yang akan datang. Tanpa agama, manusia tidak akan merasakan makna indahnya kehidupan dunia karena dunia dan segala isinya bukan ukuran kemuliaan dan derajat manusia. Hanya dengan iman dan ketakwaan yang menjadi ruh beragama maka manusia akan mendapatkan derajat dan kemuliaan di sisi Allah dan seluruh makhluk-Nya. Dengan seni hidup menjadi indah, dengan ilmu hidup menjadi mudah, dan dengan agama hidup menjadi terarah. Dibutuhkan sumber-sumber yang akurat dalam memahami agama Islam secara menyeluruh dan mendalam. Berbagai sumber yang dapat dijadikan rujukan ialah Al-Quran, Al-Hadits, Ijma, serta Qias dari para ulama. Al-Quran menjadi pedoman utama yang berisi tentang berbagai hal, mulai dari masalah ibadah, amaliyah (perbuatan) manusia, hari akhir, kisah-kisah umat terdahulu, muamalah/sosial, sejarah, serta ilmu pengetahuan. Seluruh persoalaan yang dihadapi oleh manusia telah ada jawabannya pada ayat-ayat yang Allah turunkan. Buku ini berisi literasi beragama Islam yang dipadukan dengan ayat-ayat Al-Quran untuk menambah wawasan yang komprehensif serta akurat. Kita akan lebih mudah memahami nilai ajaran agama Islam yang terkandung dalam Al-Quran secara utuh serta mampu mewujudkan agama Islam sebagai agama Rahmatan Lil ‘Alamiin.

Ajaran agama Islam tidak cukup hanya menjadi pemahaman.

PATOLOGI SOSIAL DAN PENDIDIKAN ISLAM KELUARGA

Dalam mengatasi patologi sosial remaja, maka materi pendidikan Islam yang harus diberikan berupa penanaman aqidah dan keimanan, membiasakan ibadah, menanamkan pendidikan tentang akhlak, dan pemahaman tentang adanya kehidupan akhirat. Materi-materi ini sebenarnya tidaklah seperti kurikulum yang diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan baik madrasah maupun pesantren. Akan tetapi inti dari materi tersebut mencakup hal-hal yang berkaitan sebagaimana tersebut di atas. Penanaman akidah adalah upaya menanamkan keimanan yang diberikan kepada remaja. Dengan menanamkannya kehidupan para remaja akan bermakna, perbuatannya akan bertujuan, dorongannya untuk baik dan beribadah akan tumbuh, akhlaknya menjadi mulia, dan jiwanya menjadi bersih, sehingga pada gilirannya ia akan memiliki kemampuan untuk menjadi manusia yang baik. Iman merupakan suatu pengakuan baik dengan lisan maupun pengakuan keyakinan dengan hati serta amal perbuatan. Dengan demikian materi pendidikan tentang keimanan pada remaja merupakan materi yang sangat mendasar yang harus ditanamkan pada diri anak remaja.

Dalam mengatasi patologi sosial remaja, maka materi pendidikan Islam yang harus diberikan berupa penanaman aqidah dan keimanan, membiasakan ibadah, menanamkan pendidikan tentang akhlak, dan pemahaman tentang adanya kehidupan akhirat.

Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern

Sejarah mencatat bahwa pendidikan Islann telah mampu melahirkan para alumni kaliber dunia dalam berbagai bidang keilmuan; filsafat, sejarah, sosiologi, hukum, teologi, pendidikan, psikologi, kedokteran, matematika, kimia, astronomi, dan sederetan ilmu lainnya. Mereka membangun dengan kukuh pilar-pilar peradaban Islam yang terbentang dari Timur hingga Barat. Bukan hanya ilmu nakliyah ataupun akliyah saja, namun keduanya berkembang saling melengkapi dalam rangka membangun kemakmuran manusia. Manusia yang berperan sebagai hamba sekaligus khalifah Allah di muka bumi. Seiring perubahan zaman, tantangan yang dihadapi umat Islam semakin kompleks. Modernisasi dan globalisasi memaksa pendidikan Islam untuk merekonstruksi ulang agar SDM yang dihasilkan tetap survive dalam kehidupan global. Lebih dari sekadar pendidikan Islam dalam pengertian normatif, buku ini mencakup sejumlah gagasan tentang isu-isu kontemporer yang dihadapi umat Islam di era global. Beberapa tema buku ini, yaitu: pendidikan profetik, interkoneksitas sistem pendidikan, internalisasi Al-Quran-Hadis dalam disiplin ilmu pendidikan, transformasi pendidikan Islam, pendidikan Islam dalam membangun daya saing bangsa, pendidikan Islam dalam menghadapi gelombang peradaban modern, pendidikan Islam negaholic, pendidikan Islam berorientasi pada kualitas lulusan, dan tema-tema menarik lainnya. Bersumber dari pengalaman dua penulis yang menjadi pemikir sekaligus praktisi pendidikan Islam, buku ini menawarkan ide-ide baru yang orisinal dan membumi. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Sejarah mencatat bahwa pendidikan Islann telah mampu melahirkan para alumni kaliber dunia dalam berbagai bidang keilmuan; filsafat, sejarah, sosiologi, hukum, teologi, pendidikan, psikologi, kedokteran, matematika, kimia, astronomi, dan ...

Pendidikan Agama Islam

Referensi Perkuliahan Terlengkap

Buku ini disusun selengkap mungkin sebagai referensi mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Islam maupun Perguruan Tinggi Umum, mengingat pentingnya pemahaman ajaran Islam secara utuh-komprehensif (kaffah), baik dimensi Akidah, Syariah, Akhlak, Sejarah dan Uswah. Hal ini dikarenakan, ketika ajaran Islam dipahami secara parsial, maka berisiko menjadi pribadi yang berkepribadian terbelah (split personality). Semisal oknum umat muslim yang aktif beribadah kepada Allah SWT, akan tetapi aktif pula bertindak intoleran dan meneror umat manusia yang secara gegabah dinilai “sesat”.

Buku ini disusun selengkap mungkin sebagai referensi mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Islam maupun Perguruan Tinggi Umum, mengingat pentingnya pemahaman ajaran Islam secara utuh-komprehensif (kaffah), baik ...

Kamus Tematik Verlequin Dua Bahasa Indonesia-Arab

Kamus Tematik Verlequin Dua Bahasa Indonesia-Arab PENULIS: Rizqi Fauzi Yasin Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-496-1 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Kamus tematik Verlequin dua bahasa Indonesia-Arab telah selesai disusun setelah melalui proses perjuangan yang sangat panjang melelahkan siang dan malam. Pada awalnya tidak pernah sama sekali terpikirkan kamus ini akan terbit karena data entri atau kosa kata yang dikumpulkan melainkan hanya sebuah tugas salah satu mata pelajaran Insya’ santriwati kelas empat B putri Tarbiyatul Mua’limat Al-Islamiyyah(TMI) Pondok Modern Assalam Sukabumi. Namun, setelah itu penyusun kamus yang sekaligus wali kelas empat B Putri TMI Pondok Modern Assalam Sukabumi baru terpikirkan dan terinspirasi untuk menerbitkannya agar tidak hanya sebatas tugas pelajaran kelas saja tapi jauh lebih daripada harapan penyusun kamus selaku wali kelasnya agar lebih bermanfaat untuk khalayak banyak. Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an dan salah satu bahasa Internasional yang banyak digunakan untuk berkomunikasi oleh bangsa-bangsa di dunia. Karenanya, mahir menggunakan bahasa Arab sangat penting dan ia merupakan kunci ilmu pengetahuan. Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata, selain daripada itu ia berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Kamus tematik verlequin dua bahasa Indonesia-Arab ini disusun untuk membantu kepada siapa saja yang akan dan sedang menggeluti bahasa Arab. Data entri ataupun kosa katanya disajikan secara tematis per abjad dari huruf A-Z untuk lebih mempermudah para penggunanya. Selain daripada itu, di dalam kamus ini juga dimuat beberapa istilah-istilah aktivitas sehari-hari yang sesuai dengan situasi dan kondisi kekinian seperti istilah-istilah media sosial Facebook, Twitter, Instagram, YouTube. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kamus Tematik Verlequin Dua Bahasa Indonesia-Arab PENULIS: Rizqi Fauzi Yasin Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-496-1 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Kamus tematik Verlequin dua bahasa Indonesia-Arab telah selesai ...

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan segala sesuatu, segala puji bagi-Nya telah memberi kemudahan, dan kami bertaubat serta memohon ampun kepada-Nya yang memiliki segala ilmu/wawasan, Maha suci dan segala puji bagi-Nya (Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur. Al-Furqan: 62).

Rizky Rahman Prayogi , Putri Hanggar Dini, S.Pd. Rizky Rahman Prayogi Putri
Hanggar Dini, S.Pd PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I Penerbit Lakeisha 2020
iii PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I Penulis : Rizky Rahman Prayogi Putri.

Buku Bahasa dan Sastra Arab Al-Mahir SMA/MA Kelas XI

Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi-materi yang sudah tersusun secara rapi berdasarkan KD K13 di kurikulum bahasa Arab Tingkan SMA/MA, semoga ke depan banyak guru-guru di bidang pelajaran yang lain dapat menyusun panduan materi untuk guru dan para siswa agar bisa mengembangkan kereativitas guru di Nusa Tenggara Barat jenjang SMA/MA, kami berharap buku atau modul pelajaran kedepan banyak disusun oleh guru-guru ditingkat SMA/MA dengan demikian dapat digunakan untuk publikasi ilmiah karya tulis non penelitian.

Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi-materi yang sudah tersusun secara rapi berdasarkan KD K13 di kurikulum bahasa Arab Tingkan SMA/MA, semoga ke depan banyak guru-guru di bidang pelajaran yang lain dapat menyusun panduan ...