Sebanyak 23694 item atau buku ditemukan

Etika Islam

Menuju Evolusi Diri

Kontribusi paling penting dari Faidh terhadap filsafat ada pada domain etika filosofis... Ketenarannya yang besar terutama di bidang ilmu-ilmu agama dan gnosis. —Seyyed Hossein Nasr, guru besar studi Islam di Universitas George Town Faidh adalah sosok yang menyandang gelar-gelar mulia; alim, sempurna, arif, ahli hadis, pengkaji, peneliti, filsuf, dan teolog. Predikat-predikat demikian juga disebutkan oleh para ahli lain. —Syekh Abbas al-Qummi, sejarawan dan ahli hadis (w. 1359 H) Konon, “Seseorang yang belum membaca Ihyā‘ tidaklah termasuk orang yang hidup (ahyā‘).” Karya berharga ini—di samping didasarkan pada buku Ihyā‘ ’Ulūm al-Dīn karya al-Ghazali—terbebas dari menghadirkan hadis daif dan tidak sahih, ia juga mencakup secara ringkas segala isu-isu etis krusial yang didiskusikan panjang-lebar pada karya al-Ghazali. —Abdul Aziz Abbaci, dosen Filsafat Islam di STFI Sadra Jakarta Lewat ulasan cukup panjang lebar namun tajam dan menyeluruh, buku ini berupaya membongkar keterpukauan manusia terhadap sihir dunia yang membelokkan langkah kakinya dari jalur kehidupan ukhrawi. Penulisnya mendedah satu demi satu properti kemanusiaan yang sedianya untuk menyempurnakan manusia dalam proses kehidupan di dunia, namun pada tahap tertentu tak jarang diabaikan, disalahgunakan, atau berbalik menjadi bumerang yang mematikan potensi ruhaninya. —Dede Azwar, editor

Kontribusi paling penting dari Faidh terhadap filsafat ada pada domain etika filosofis.

HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP ETIKA DAN AKHLAK MENURUT IBN MYSKAWAIH

Pendidikan merupakan hal yang sangat urgent dalam suatu masyarakat, terutama bangsa dan negara. Tanpa adanya pendidikan maka tidak akan ada progress dalam kehidupan dan semua bersifat stagnan. Tanpa adanya pendidikan juga akan membuat suatu negara semakin tertinggal dari negara-negara lain. Permasalahanpermasalahan yang ada pun tidak akan dapat terselesaikan dengan baik. Dalam pendidikan harus ada perumusan tujuan yang jelas tentang apa yang ingin dicapai. Karena hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pendidikan. Agar pendidikan tersebut berarah dan memiliki arti. Tujuan pendidikan yang dirumuskan juga harus didasarkan pada tujuan masyarakat, atau dengan kata lain tujuan pendidikan dirumuskan dengan berdasar pada falsafah negara dan ideologi bangsa. Karena jika tidak ada kesinambungan antara keduanya, maka akan terjadi kesenjangan. Demikian juga dengan pendidikan Islam yang berusaha untuk membentuk pribadi manusia melalui proses yang panjang harus dengan suatu tujuan pendidikan yang jelas dan terencana. Dan tujuan tersebut harus sesuai dengan falsafah negara dan keyakinan bangsa kita, yaitu pancasila.

Pendidikan merupakan hal yang sangat urgent dalam suatu masyarakat, terutama bangsa dan negara.

Sains pemikiran & etika

Bahagian I; Falsafah: Hubungannya dengan sains, pemikiran dan etika -- Bahagian II; Konsep manusia daripada perspektif islam dan barat -- Bahagian III; Aliran-aliran pemikiran -- Bahagian IV; Falsafah etika -- Bahagian V; Tokoh-tokoh falsafah etika -- Bahagian VI; Agama sebagai sistem pemikiran & etika kehidupan -- Bahagian VII; Berfikir, menaakul & penyelesaian masalah -- Bahagian VIII; Pemikiran sebagai asas etika & nilai-nilai moral -- Bahagian IX; Aplikasi etika dan nilai-nilai murni di Malaysia -- Bahagian X; Pendidikan dan paradigma pemikiran bersepadu.

Bahagian II Konsep Manusia daripada Perspektif Islam dan Barat • Bab 4 :
Proses Kejadian Manusia daripada Perspektif Islam • Bab 5 : Kedudukan Teori
Evolusi Darwin • Bab 6 : Pandangan Islam Berkenaan Makhluk dan Manusia
Proses ...

Etika pembangunan dalam pemikiran Islam di Indonesia

Oleh karena itu di mata seorang Muslim , kebenaran esensial dan orisinal
seluruh agama langit adalah sama . Bahkan Islam mengingatkan para
pemeluknya agar tidak membuat sikap yang diskriminatif terhadap para rasul .
Peringatan ...