Sebanyak 23694 item atau buku ditemukan

Kasus Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia Seri 5

embelajaran kasus sejatinya merupakan metode yang telah lama digunakan dalam pendidikan di bidang bisnis, hukum, kedokteran, hingga ilmu sosial. Metode ini menawarkan sejumlah kelebihan, seperti kemampuan untuk menangkap kompleksitas dan ambiguitas yang lazim dijumpai di dunia nyata. Metode kasus juga melatih aplikasi pendekatan yang lintas disiplin dan multiperspektif. Kelebihan-kelebihan semacam itulah yang tidak dapat diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan tradisional. Buku Kasus-Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia 5 ini merupakan kelanjutan dari seri terdahulu yang telah sukses digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan di berbagai sekolah bisnis di Indonesia. Namun, perubahan dan dinamika dunia bisnis yang terus bergulir dengan cepat menuntut pembaruan serta inovasi tanpa henti. Untuk menjadikan pengajaran bisnis dan manajemen tetap relevan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, kasus-kasus yang baru dan berbeda mutlak terus dibutuhkan. Kasus-kasus bahasan merupakan fenomena, kejadian, peristiwa, dan situasi yang diangkat dari beragam kejadian nyata. Kasus-kasus tersebut merepresentasikan realitas dan kompleksitas dunia bisnis dan manajemen di Indonesia. Semua kasus melibatkan unsur dilema, konflik, dan permasalahan manajemen bisnis yang sedang dihadapi dan perlu diselesaikan oleh pelaku atau protagonis di dalamnya. Oleh karenanya, diharapkan kasus-kasus tersebut mampu mendorong diskusi dan partisipasi aktif dalam kegiatan perkuliahan. Bagi mahasiswa, diskusi dan partisipasi dapat membantu mereka mengidentifikasi parameter dalam memetakan masalah, mengenali dan mengartikulasikan posisi yang diambil, mengevaluasi pilihan-pilihan yang tersedia, dan mendiskusikan berbagai perspektif yang berbeda. Pada akhirnya, kasus-kasus semacam ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang teori dan konsep manajemen bisnis yang lebih komprehensif, tetapi juga mampu menjembatani “knowing-doing gap” yang menjadi kepelikan dalam pengelolaan pendidikan bisnis, yaitu mengintegrasikan teori dengan realitas.

... marketing dari University of Agder (UiA), Norwegia pada tahun 2009; dan terakhir, penulis sedang menyelesaikan jenjang pendidikan S-3 dalam bidang strategic management dari Departemen Strategi dan Manajemen dari Norwegian School ...

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

... Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. doi:https://doi.org /10.33650/al-tanzim.v7i1.4353 Junaidi, & Abdurrahman. (2021) ...

Buku Ajar Pengantar Manajemen Pendidikan

Buku yang berjudul “Pengantar Manajemen Pendidikan” ini berisikan banyak hal yang bermanfaat. Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain konsep dasar manajemen pendidikan, ruang lingkup dan urgensi manajemen pendidikan, manajemen peserta didik, supervisi pendidikan, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen konflik, dan manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan. Manajemen pendidikan adalah serangkaian proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Ini mencakup berbagai aktivitas yang dilakukan oleh kepala sekolah, administrator, dan staf pendidikan lainnya untuk memastikan bahwa proses pendidikan berjalan dengan lancar dan hasil yang diinginkan tercapai.

... Student-Centered Leadership. San Francisco: Jossey-Bass. Ruslan Rosady. 2005. Manajemen Public Relation & Media ... Management in Education: Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terjemah Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi. Jogjakarta ...

Perilaku Organisasi Kontemporer

Buku Perilaku Organisasi Kontemporer menyajikan analisis mendalam tentang dinamika perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi modern. Ditujukan untuk mahasiswa, akademisi, dan praktisi, buku ini memberikan wawasan yang berguna dalam memahami dan mengelola perilaku manusia di tempat kerja. Buku ini menyajikan Pengenalan dan Konsep Perilaku Organisasi, yang memberikan landasan pemikiran untuk memahami interaksi antara individu dan organisasi. Dalam bab selanjutnya, kami membahas Kepribadian dan Nilai serta Sikap dan Kepuasan Kerja, yang merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Kemudian, buku ini mengeksplorasi Pendekatan Motivasi Organisasi, Pengaruh Kepemimpinan dalam Organisasi, isu penting mengenai Manajemen Stres dan Kesehatan Kerja, Evaluasi kinerja dan pengembangan karir, dan buku ini juga menyoroti Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Organisasi, yang semakin penting di era modern ini, mengingat tantangan global yang dihadapi oleh banyak organisasi. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini bertujuan untuk membantu pembaca memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku organisasi dan bagaimana menerapkannya untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan sehat.

... organisasi dapat beriringan dengan perkembangan zaman yang terjadi tanpa mengurangi atau menghilangkan sisi ... organizational Behavior”, Classics of Public Administration, Jay M. Shafritz & Albert C. Hyde (Edt.), 1978, hlm.182 ...

Ilmu Akhlak

Mata kuliah Ilmu Akhlak merupakan mata kuliah yang sangat penting di perguruan tinggi Islam, mengingat akhlak merupakan benteng moralitas bagi para mahasiswa. Untuk itu, diperlukan referensi khusus yang mengkaji ilmu akhlak secara lengkap. Buku ini mengulas konsep ilmu akhlak secara menyeluruh, mulai dari pengertian ilmu akhlak, sejarah perkembangannya, kedudukan akhlak dalam Islam, hingga hubungan ilmu akhlak dengan berbagai disiplin ilmu lainnya. Selain itu, buku ini juga menyajikan kriteria baik dan buruk dalam Islam, serta contoh-contoh akhlak mahmudah dan akhlak madzumumah. Disusun berdasarkan kurikulum dan silabus terbaru Dirijen Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, membuat buku ini sangat tepat dijadikan referensi utama mata kuliah Ilmu Akhlak. Buku ini juga cocok dibaca oleh siapa saja yang ingin memahami akhlak secara mendalam dan menyeluruh.

Mata kuliah Ilmu Akhlak merupakan mata kuliah yang sangat penting di perguruan tinggi Islam, mengingat akhlak merupakan benteng moralitas bagi para mahasiswa. Untuk itu, diperlukan referensi khusus yang mengkaji ilmu akhlak secara lengkap.

Akhlak Tasawuf

Judul : Akhlak Tasawuf Penulis : Drs. H. Mahfud, M.Ag. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 218 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-505-777-4 No. E-ISBN : 978-623-505-778-1 (PDF) SINOPSIS “Akhlak Tasawuf” adalah sebuah buku yang mengupas nilai-nilai etika dan moral dalam ajaran tasawuf, sebuah cabang ilmu dalam Islam yang mendalami hubungan spiritual antara manusia dengan Tuhan. Buku ini menguraikan prinsip-prinsip dasar akhlak yang diajarkan oleh para sufi, mengajak pembaca untuk memahami bagaimana nilai-nilai seperti kesabaran, kerendahan hati, keikhlasan, dan cinta kasih menjadi landasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Melalui perspektif tasawuf, buku ini menekankan pentingnya pembersihan hati (tazkiyah an-nafs) sebagai upaya untuk mencapai kebersihan jiwa yang mendalam. Setiap bab dirancang untuk memberikan wawasan tentang bagaimana mempraktikkan akhlak mulia dalam interaksi sosial dan spiritual, serta bagaimana nilai-nilai ini dapat membawa seseorang menuju kebahagiaan sejati dan kedamaian batin.

Judul : Akhlak Tasawuf Penulis : Drs.

Akhlak Tasawuf

Manusia, Etika, dan Makna Hidup

Buku ini kami susun untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan dan juga rujukan bagi para mahasiswa yang mempelajari mata kuliah Akhlak Tasawuf, baik di lingkungan Perguruan Tinggi Islam Negeri, Swasta, maupun Perguruan Tinggi Umum. Muatan buku ini sepenuhnya mengikuti topik inti Kurikulum Nasional pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang disahkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Namun demikian, karena isi buku ini memuat ajaran dan kaidah hidup Islami yang berdasarkan Al-Quran dan Al-Sunnah dan pendapat para ulama yang masyhur, maka tampaknya perlu juga dibaca dan dipelajari oleh masyarakat Islam pada umumnya yang ingin memahami akhlak tasawuf.

Buku ini kami susun untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan dan juga rujukan bagi para mahasiswa yang mempelajari mata kuliah Akhlak Tasawuf, baik di lingkungan Perguruan Tinggi Islam Negeri, Swasta, maupun Perguruan Tinggi Umum.