Sebanyak 199 item atau buku ditemukan

INOVASI TEKNOLOGI UNTUK KEMAJUAN BANGSA

Sejak berdiri tahun 1986, Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI) UKDW telah mengalami berbagai nuansa pergumulan untuk bertumbuh semakin baik dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. Buku ini diterbitkan sebagai salah satu bentuk syukur kepada Tuhan dan sekaligus ingin membagikan pemikiran-pemikiran dari para penulis tentang peran Teknologi Informasi bagi bangsa Indonesia. Seluruh artikel yang dipublikasi di buku ini telah melalui tahapan pratinjau agar tetap dapat menghadirkan nuansa akademis di dalamnya. Sebagai sebuah bunga rampai, buku ini berisi berbagai topik yang pada prinsipnya berkaitan dengan peran Teknologi Informasi dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

terbebani oleh banyaknya informasi dan dak melihat kebutuhan untuk
menerapkan literasi informasi. Mereka cukup memilih yang tampak sesuai atau
cocok dengan kebutuhan informasinya (Proboyek & Widyaningrum, 2015).
Situasi ini tentu ...

MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Media Pembelajaran Anak Usia Dini” dapat diselesaikan. Sejalan dengan perkembangan dan ke-majuan zaman, menuntut guru untuk kreatif dalam pemberian pembelajaran, khususnya pembelajaran anak usia dini. Guru kreatif adalah guru yang mampu memfasilitasi anak dengan berbagai media, sumber belajar, atau APE. Konsep belajar pada anak usia dini adalah belajar sambil bermain melalui aktifitas alami yang dilakukan anak usia dini. Untuk bisa memfasilitasi anak dalam bermain tentu diperlukan media, sumber belajar atau APE. Dalam buku ini berisi pembahasan tentang pengem-bangan media, sumber belajar dan juga APE yang dilengkapi dengan beberapa contoh untuk membuka ide dalam pengembangan media, sumber belajar dan APE untuk anak usia dini. Harapan Penulis semoga buku ini berguna sebagai sumber dan rujukan dalam pengembangan media, sumber belajar dan APE bagi pendidik PAUD (TK, KB, TPA) dan mahasiswa PG PAUD atau PIAUD.

... Belajar......................... 20 C. Klasifikasi Sumber Belajar ............................................
22 BAB III : ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUKANAK USIA DINI ........................
..................................................... 29 A. Pengertian Alat Permainan Edukatif (APE).

Kewirausahaan dan UMKM

Penulis berharap dengan hadirnya buku Kewirausahaan dan UMKM ini, semoga bisa menjadi sebagai alternatif buku referensi bagi mahasiswa untuk mendukung literasi menulis dan membaca. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Kewirausahaan Bab 2 Kewirausahaan di Era Revolusi 4.0 Bab 3 Pendidikan Kewirausahaan Bab 4 Kewirausahaan dan E-Commerce Bab 6 Memulai Usaha Dari Rumah Sebagai Peluang Usaha Baru Bab 7 Aplikasi Konsep Kewirausahaan Bidang Kesehatan Bab 8 Pemasaran Kewirausahaan Bab 9 UMKM dan Hak Kekayaan Intelektual Bab 10 Digitalisasi UMKM

Penulis berharap dengan hadirnya buku Kewirausahaan dan UMKM ini, semoga bisa menjadi sebagai alternatif buku referensi bagi mahasiswa untuk mendukung literasi menulis dan membaca.

Pengelolaan Sumberdaya Perikanan pada Zona Konflik

Buku ini berisi pembahasan tentang bagaimana konflik terjadi, dan masyarakat pesisir mengelola konflik yang ada, serta turut campur pemerintah daerah dalam upaya menyelesaikan konflik melalui serangkaian kebijakan. Analisis konflik dilakukan melalui kajian riset yang mendalam dengan melibatkan pihak-pihak yang berkonflik, diharapkan akan memberikan arah kebijakan pengelolaan wilayah pesisir yang lebih baik di masa mendatang.

Buku ini berisi pembahasan tentang bagaimana konflik terjadi, dan masyarakat pesisir mengelola konflik yang ada, serta turut campur pemerintah daerah dalam upaya menyelesaikan konflik melalui serangkaian kebijakan.

Belajar dari Covid-19: Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan

Pandemi Covid-19 saat ini telah melahirkan new normal (tatanan baru) yang mengharuskan seluruh masyarakat, termasuk orang tua beradaptasi dalam mendidik anak. Anak yang telah menempuh pendidikan mulai sekolah menengah sampai perguruan tinggi merupakan kelompok remaja yang memiliki berbagai dinamika, sebagai akibat dari perkembangan psikologisnya sehingga mencari berbagai bentuk norma dalam diri maupun masyarakat. Kehadiran negara menjadi sebuah keharusan untuk meredam kecemasan warga negaranya dalam hal pemahaman tentang status pendemi virus corona (Covid-19), melalui peran membuat kebijakan, edukasi, pencegahan dan penanganannya. Peran negara secara edukatif mejadi langkah awal sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang sahih agar warga negara secara mindset tidak terpasung oleh berita hoaks. Selanjutnya langkah pencegahan dan penanganan menjadi kebijakan yang dikuatkan dengan membuat regulasi yang dapat dipertanggungjawabkan aktualisasinya dalam hal pelayanan publik yang akuntabel. Penulisan buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama dua minggu sejak 20 Juni sampai 5 Juli 2020. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi melakukan kajian-kajian terhadap permasalahan khusus pada bidang Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan untuk menghasilkan solusi demi kemaslahatan Bersama. Buku ini membahas: 1. Menakar Diri Di Era New Normal 2. Manifestasi Modal Sosial dalam Membangun Imunitas Sosial Menghadapi Pandemi Covid-19 3. Peran Orang Tua Dalam Mencegah Perilaku Menyimpang Remaja di Masa Pandemi Covid-19 4. Gerakan Gotong Royong Melawan COVID-19 5. Aspek Hukum Pandemik Covid-19: Asimilasi dan Hukum Acara 6. Menakar Kebijakan Virus Corona (Covid-19) 7. Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Kebijakan MenghadapiPandemi Covid 19 8. Transisi Normal Baru dalam Pendidikan 9. Inovasi Pembelajaran Era Covid-19 dan Problematikanya 10. Transformasi Media dan Metode Pembelajaran pada Masa PandemiCovid-19 11. Model Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Dasar Di Madrasah 12. Kreatif Memanfaatkan Teknologi Dalam Proses Belajar-Mengajar DiMasa Pandemi Covid-19 13. Keterampilan Kepala Sekolah Menggunakan Platform Pendidikan Berbasis Teknologi Untuk Kegiatan Manajerial Di Era Pandemi Covid-19 14. Manajemen Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa PandemiCovid-19 Metamorfosis Supervisi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19

pendidikan. Maka dari itu pada tanggal 30 juni 2020 diluncurkanlah Buku Saku Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang disepakati oleh 4 menteri yaitu: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan ...

Halal Haram e-Money Dalam Timbangan Hukum Syariah Kontemporer

Daftar Isi Pendahuluan Bab 1 : Uang Dari Barter Sampai Elektronik A. Apakah Uang Itu? B. Barter : Alat Tukar Berupa Barang C. Logam Mulia Sebagai Alat Tukar 1. Uang Emas dan Perak

Daftar Isi Pendahuluan Bab 1 : Uang Dari Barter Sampai Elektronik A. Apakah Uang Itu? B. Barter : Alat Tukar Berupa Barang C. Logam Mulia Sebagai Alat Tukar 1. Uang Emas dan Perak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik

Buku ini memaparkan tentang keunikan kondisi suatu sekolah dengan keragaman etnik dan budaya, namun dibalut dengan toleransi yang tinggi terhadap seluruh anggota warga sekolah sehingga menghasilkan proses pendidikan yang nyaman dan lingkungan yang harmonis serta keberhasilan dalam pendidikan agama Islam yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. #Pembelajaran #Pendidikan #Agama #Islam #Berbasis #Multietnik #Mahfud #Abdul #Mujib #Agus #Kurniawan #Yuyun #Yunita #Deepublish

ETIKA PROFESI DAN HUKUM KESEHATAN

Hukum Kesehatan merupakan salah satu bidang hukum yang masih muda, Indonesia sendiri baru mengenal rezim hukum kesehatan ketika dibentuknya kelompok studi hukum untuk Fakultas kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1982. Hukum kesehatan itu sendiri pada pokoknya mengatur tentang hak, kewajiban, fungsi, dan tanggung jawab para pihak terkait (stakeholders) dalam bidang kesehatan, sehingga Hukum kesehatan diharapkan mampu memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada pemberi dan penerima jasa layanan kesehatan. Hukum kesehatan juga erat kaitannya dengan faktor resiko yang sering dihadapi oleh pelaku profesi kesehatan, maka tidak jarang praktik pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas kepada pasien sering menimbulkan masalah hukum, sehingga kondisi tersebut membuat para pelaku profesi kesehatan menjadi gamang dalam melaksankan tugas dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Begitupun sebaliknya, pasien sebagai penerima jasa layanan kesehatan terkadang memiliki resiko hukum juga, terutama bagi pasien yang secara spontan mengekspresikan kekecewaan dan keluhannya terhadap pelayanan kesehatan yang kurang optimal. Hubungan antara pasien dan pelaku profesi kesehatan sebagaimana dijelaskan diatas, cenderung menimbulkan sebuah hubungan yang konfliktual, tentu kondis tersebut jelas tidak kondusif dan konstruktif bagi upaya pembangunan kesehatan yang merupakan salah satu unsur dari pembangunan nasional untuk memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945. Hubungan konfliktual tersebut merupakan cerminan bahwa ketentuan-ketentuan mengenai hukum kesehatan yang tersebar di berbagai peraturan perundang-undangan belum sepenuhnya difahami atau dipedomani baik oleh pelaku profesi kesehatan atupun oleh pasien itu sendiri. oleh karena itu hukum kesehatan menjadi sangat penting untuk difahami dan dipedomani oleh stakeholders dibidang kesehatan, seperti dokter, tim medis, rumah sakit dan pasien itu sendiri, sehingga jika dikemudian hari terjadi hubungan yang bersifat konfliktual, para pihak mampu menyelesaikan persoalan tersebut melalui jalur atau mekanisme sengketa yang lebih efisien, efektif dan mengedepankan asas mufakat.

Hukum Kesehatan merupakan salah satu bidang hukum yang masih muda, Indonesia sendiri baru mengenal rezim hukum kesehatan ketika dibentuknya kelompok studi hukum untuk Fakultas kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1982.

Sistem Informasi Akuntansi Dengan Pendekatan Simulasi

Sistem informasi akuntansi merupakan suatu ilmu yang berkembang sangat dinamis sesuai dengan perkembangan industri. Buku ini bertujuan untuk memudahkan pemahaman, memperkecil gap pengetahuan dan memperluas pengetahuan. Buku ini menggunakan model simulasi mulai dari bab pertama hingga bab terakhir dengan tujuan untuk memudahkan pembaca memperoleh pemahaman penerapan sistem informasi akuntansi pada dunia industri.

Sistem informasi akuntansi merupakan suatu ilmu yang berkembang sangat dinamis sesuai dengan perkembangan industri.