Sebanyak 21619 item atau buku ditemukan

Sistem komunikasi antarbudaya dan pengetahuan masyarakat Suku Anak Dalam di Kabupaten Musi Rawas, Propinsi Sumatera Selatan

Sociocultural changes of Suku Anak Dalam, isolated ethnic group in Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan Province.

Setelah terjadinya perubahan tersebut pengaruh adat Jawa dan Islam rupanya mulai merasuk pada kebudayaan Suku Anak Dalam seperti diperingatinya kematian pada 3 , 7 , dan 40 hari atau mayat mulai ditanam . Hal itu tidak mengherankan ...

Komunikasi antar budaya tematik

meneropong interaksi harmonis komunitas Bugis-Makassar dan Gorontalo di tanah Gorontalo

Gagasan dakwah: pendekatan komunikasi antarbudaya

Referensi utama kajian dakwah Islam ini mengungkap sejumlah hal yang menarik terkait “dakwah dan komunikasi antarbudaya”, di antaranya: dakwah perspektif komunikasi antarbudaya, hukum berdakwah dalam Islam, tujuan dan fungsi dakwah dalam komunikasi antarbudaya, dakwah dalam perspektif komunikasi, fungsi komunikasi antarbudaya, serta profesionalitas da’i dalam komunikasi dakwah. Berbagai topik penting yang disajikan dalam buku ini sangatlah perlu dibaca oleh aktivis dakwah khususnya dan umat Islam pada umumnya. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Sebab selama ini ada kesan bahwa bagi sebagian da'i dengan mengatasnamakan Islam yang mereka pahami cenderung tidak adaptif terhadap realitas budaya di masyarakat Indonesia khususnya, sehingga pada saat yang sama Islam “kontra ...

HASHTAG TWITTER SEBAGAI BUDAYA POPULER MEDIA SIBER

Dewasa ini, media sosial tidak hanya terbatas sebagai media personal namun juga sebagai media kampanye politik. Kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial untuk membagikan gambar, video, dan berita, telah dimanfaatkan oleh politikus daerah maupun nasional. Twitter, Instagram, Facebook, sampai Youtube, merupakan sarana budaya populer yang telah menjadikan politikus sebagai “selebritis”, seperti yang dilakukan Joko Widodo pada kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Sosial media sebagai budaya populer mempunyai peran dalam mengubah karakter dan perilaku masyarakat dalam keterbukaan dan memberikan respon aktif terhadap suatu fenomena, seperti hashtag dalam Twitter. Melalui hashtag Twitter juga, masyarakat diberikan kemudahan untuk mencari informasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dalam Komunikasi antar budaya kedua lembaga ini telah memenuhi fungsi
sosialnya yaitu komunikasi yang bersumber dari seorang individu yang
kemudian menyatakan identitas sosial sebagai lembaga kemahasiswaan
budaya yang khas ...

Kompetensi komunikasi ulama lintas budaya

studi kasus pelestarian nilai adat, budaya, dan agama di Nagari Lunang

Intercultural communication of ulama in Lunang, Sumatera Barat, Indonesia.

Intercultural communication of ulama in Lunang, Sumatera Barat, Indonesia.

Komunikasi dalam Konteks Protokol Bisnis Multikultural

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh dan mengkaji informasi tentang komunikasi dalam konteks protokol bisnis multikultural. Multikultural bukanlah sesuatu yang akan hilang pada waktu mendatang, yang memungkinkan merencanakan strategi berdasarkan asumsi saling memahami. Asumsi itu sendiri merupakan suatu fenomena dengan kekayaannya sendiri, eksplorasi yang dapat menghasilkan keuntungan yang tak terhitung bagi kita, baik dari segi visi yang lebih luas maupun kebijakan dan kegiatan yang lebih menguntungkan. Protokol bisnis melibatkan bentuk perayaan, etiket, dan kode perilaku yang benar, penting untuk mengerti peraturan tersebut dalam transaksi bisnis. Bagaimanapun, seperti aturan perilaku pada umumnya, “peraturan” bisnis berkaitan dengan budaya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil kajian ini kemudian dideskripsikan, dinarasi serta diinterpretasi dan disusun dalam bentuk makalah. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa protokol bisnis ini melibatkan bentuk perayaan, etiket, dan kode perilaku yang benar. Beberapa variasi protokol bisnis perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan komunikasi bisnis multikultural ini. Variasi tersebut seperti hubungan awal, cara menyapa, penampilan pribadi, pemberian hadiah, dan topik percakapan yang tabu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh dan mengkaji informasi tentang komunikasi dalam konteks protokol bisnis multikultural.

Komunikasi Antar Budaya

Di Era Budaya Siber

Perkembangan dan pertumbuhan internet dewasa ini telah mengubah wajah dunia. Ada banyak hal yang berubah. Berbagai hal yang sebelumnya terbatasi oleh kondisi dan medan geografis, kini perlahan mengabur, menjadikan pertukaran informasi berlangsung terus-menerus sepanjang waktu. Namun di sisi lain, kondisi ini juga semakin mengaburkan batasan antarbudaya, mengubah cara berkomunikasi antarbudaya, dan secara langsung maupun tidak menghadirkan percampuran budaya. Dari perspektif komunikasi antarbudaya, buku ini mencoba menghadirkan bahasan komprehensif bagaimana budaya termediasi di internet. Di dalamnya, dapat ditemukan analisis mendalam terhadap fenomena siber dan pengaruhnya terhadap kebudayaan dan konsep komunikasi antarbudaya. Di antara tema utama yang dapat ditemukan Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Perkembangan dan pertumbuhan internet dewasa ini telah mengubah wajah dunia.