Sebanyak 207 item atau buku ditemukan

MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21

Pendidikan merupakan proses untuk membina peserta didik untuk menjadi manusia yang sesungguhnya. Abad 21 merupakan abad dimana pendidik bukan lagi satu-satunya sumber ilmu yang harus diterima oleh peserta didik. Perubahan kurikulum sebenarnya telah didahului oleh perubahan dalam metode pembelajaran. Dengan adanya MOOC maka nantinya kita akan familiar dengan istilah kurikulum pribadi yang mana penentuan isi kurikulum tersebut yang menentukan peserta didik itu sendiri.

8.2.1 Program Sarjana Mikro Program Sarjana Mikro (MicroBachelors Program)
adalah pendidikan pada tingkat sarjana untuk pengembangan karir atau gelar.
Program MicroBachelors dibuat untuk pelajar dewasa yang ingin memajukan ...

Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yaitu model pengelolaan yang memberikan otonomi atau kemandirian kepada sekolah atau madrasah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah atau madrasah sesuai dengan standar pelayanan mutu yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah Bab 2 Prinsip dan Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Bab 3 Model-Model Manajemen Berbasis Sekolah Bab 4 Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Bab 5 Peran Masing-masing Pihak dalam MBS Bab 6 Perencanaan dan Pengembangan Sekolah Bab 7 Strategi dan Implementasi MBS Bab 8 Faktor Pendukung Kesuksesan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Bab 9 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Bab 10 Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah Bab 2 Prinsip dan Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Bab 3 Model-Model Manajemen Berbasis Sekolah Bab 4 Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Bab 5 Peran Masing-masing ...

Responsible Parenthood and Sex Education

Proceedings of a Working Group Held in Tunisia, November 1969

Proceedings of a Working Group Held in Tunisia, November 1969 International
Planned Parenthood Federation. Ad Hoc Working Group on Family Life
Education Susan Burke. BIBLIOGRAPHY 1 . ( a ) Al - Quran , the Holy Book (
Sura Nisa ...

Pengantar Komunikasi Organisasi

Seperti kita ketahui bahwa komunikasi itu merupakan suatu alat untuk penyamaan persepsi atau pemahaman antar individu atau pun kelompok. Dengan penyamaan persepsi atau cara pandang di antara individu-individu di dalam suatu organxiasi, maka pencapaian tujuan dari organisasi tersebut akan terwujud. Oleh karena itu, ilmu komunikasi sangatlah penting untuk diterapkan di dalam suatu organisasi. Berbagai bentuk pekerjaan di suatu organisasi akan selalu membutuhkan proses komunikasi baik itu berupa tulisan maupun percakapan. Buku Pengantar Komunikasi Organisasi ini akan membahas tentang: Sejarah Perkembangan Komunikasi Organisasi Konsep Dasar Komunikasi Konsep Dasar Organisasi Iklim Komunikasi Organisasi Komunikasi dalam Budaya Organisasi Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan Komunikasi dan Kinerja Komunikasi dan Manajemen Konflik dan Teknologi Informasi dalam Organisasi. Di mana buku ini telah berhasil tersusun atas kerjasama yang sangat baik dilakukan secara kolaborasi yaitu sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi beberapa Dosen dari berbagai Institusi di Indonesia.

Buku Pengantar Komunikasi Organisasi ini akan membahas tentang: Sejarah Perkembangan Komunikasi Organisasi Konsep Dasar Komunikasi Konsep Dasar Organisasi Iklim Komunikasi Organisasi Komunikasi dalam Budaya Organisasi Komunikasi dan Gaya ...

Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan

Belajar merupakan proses memperoleh ilmu. Belajar merupakan kegiatan yang menghasilkan adanya perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mampu menjadi mampu. Sedangkan pembelajaran mengacu pada dua konsep, yakni belajar dan mengajar. Pembelajaran merupakan proses yang kompleks dengan menghadirkan kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh siswa serta kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru. Belajar dan pembelajaran merupakan dua kegiatan yang beriringan dan saling terkoneksi satu dengan lainnya. Artinya, proses pembelajaran tidak akan berhasil jika kegiatan belajar tidak hadir. Sebaliknya, jika komponen mengajar pada proses pembelajaran tidak dijalankan dengan baik, maka kegiatan pembelajaran juga akan timpang dan tidak mencapai hasil yang maksimal. Sebagai guru serta calon guru, memahami makna belajar dan pembelajaran sangat penting. Tujuannya hanya satu, mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan. Guru dan calon guru wajib memahami seperti apa teori, konsep dan hakikat belajar itu sendiri, sebelum menerapkannya di kelas pembelajaran yang sebenarnya. Mulai dari perspektif psikologi hingga perspektif sosial, seyogianya menjadi acuan bagi guru dan calon guru sebelum memulai aktivitas belajar mengajar (pembelajaran). Pemberian materi ajar hingga mendesain serta mengembangkan model dan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru serta calon guru. Pengetahuan dan keterampilan terkait tes evaluasi apa yang tepat untuk siswa juga memberikan efek dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Untuk itu, buku Belajar & Pembelajaran hadir sebagai bagian dari transfer keilmuan kepada guru serta calon guru. Buku Belajar & Pembalajaran ini terdiri dari 10 bab, di antaranya: Konsep Belajar & Hakiki Belajar, Hakikat Pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Pengembangan Model Desain Pembelajaran, Pengembangan Media & Sumber Belajar, serta Pengembangan Tes Evaluasi. Dengan adanya buku ini, diharapkan para pendidikan serta calon pendidik dapat mengetahui bagaimana penerapan konsep belajar dan pembelajaran secara tepat baik dipandang dari sisi siswa maupun dipandang dari sisi guru.

... Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII', PPPPTK Matematika, pp. 1–19. Trianto (2013) Desain pengembangan pembelajran tematik bagi anak usia dini TK/RA dan anak kelas ...