Sebanyak 4882 item atau buku ditemukan

Ilmu Teknologi dan Komunikasi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Teknologi dan Komunikasi. Sistematika book chapter Ilmu Teknologi dan Komunikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Teknologi perbankan dan keuangan Sektor perbankan pun menggunakan teknologi canggih. Beberapa tahun silam, jika ingin mengambil uang tunai, nasabah harus antre dan membawa buku tabungan dan lain-lain. Dengan teknologi perbankan yang ...

Komunikasi dan negosiasi bisnis berbasis HOTs

Buku ini merupakan bahan ajar Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Berbasis HOTS. Buku ini didesain dengan menekankan pemahaman teori komunikasi dan kemampuan untuk mempraktekan setiap keterampilan yang dibahas. Muatan dalam buku ini disusun dengan menerapkan High Order Thingking Skill (HOTS) melalui Case Study, Project Based Learning dan Problem Based Learning agar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Buku ini merupakan bahan ajar Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Berbasis HOTS.

Teori Komunikasi Pendidikan

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik.

Ilmu Komunikasi Sekarang Dan Tantangan Masa Depan

Revolusi komunikasi telah melahirkan dua karakter baru komunikasi yang disebut proses masifikasi komunikasi dan demasifikasi. Yang pertama merupakan ciri komunikasi masyarakat industri sedang yang lain disebut sebagai ciri masyarakat informasi yang terjadi secara interaktif melalui jaringan internert atau juga terkenal dengan sebutan cyberspace community Masifikasi komunikasi yang berlangsung dalam masyarakat industri yang biasanya “padat modal” melahirkan deideologisasi dan dehumanisasi serta melemahnya keadilan sosial akibat berkembangnya kapitalisme, sekularisme, dan pragmatisme. Sebaliknya, dalam masyarakat informasi yang “kaya otak,” malah terjadi ideologisasi, humanisasi, dan keadilan sosial karena setiap individu memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai kegiatan. Inilah buku yang paling dapat dipertanggungjawabkan ketika kita harus berbicara tentang bentuk dan arah komunikasi di masa kini dan yang akan datang. Disusun oleh para akademisi dan praktisi komunikasi, tak pelak menjadikan buku ini sebagai acuan penting para mahasiswa komunikasi, sosiologi, dan politik, serta perlu dimiliki oleh para praktisi. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

B. Pers Islam Pers Islam adalah bagian dari komunikasi Islami. Komunikasi Islami adalah komunikasi yang berbasiskan pada nilai-nilai yang termaktub dalam al-Qur'an dan sunah Rasulullah SAW. “Muktamar Media Massa Islam Sedunia I,” ...

Dakwah dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangan

Buku ini berjudul Dakwah dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangan. buku referensi pada program “Gemuk” ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi banyak pihak, terutama kepada seluruh civitas akademica Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, perguruan tinggi keagamaan Islam lain, perguruan tinggi umum, dan masyarakat luas, demi kemaslahatan bersama serta bernilai ibadah di hadapan Allah Swt. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Hal tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang juga sudah bermuculan para penyeruh dakwah Islam, mereka berbondong-bondong meninggalkan masa-masa jahiliah dan menjadi seorang dai yang berpegang teguh pada agamanya.

Model Perencanaan Komunikasi

Demikian pentingnya dukungan masyarakat terhadap keberhasilan program pengembangan wisata Islam ini, maka pemerintah memandang perlu memberikan bimbingan atau penyuluhan tentang konsep wisata Islami ini kepada masyarakat.

Dasar-Dasar Komunikasi Organisasi

Buku ini merupakan bentuk hasil dari kerjasama para penulis yaitu mahasiswa dan mahasiswi dari prodi manajemen pendidikan Islam semester V dan mahasiswa pengambilan semester III dalam rangka memberikan output dari hasil pembelajaran mata kuliah komunikasi organisasi. Buku ini berisi mengenai materi pembelajaran yang yang dibahas dalam mata kuliah komunikasi organisasi berdasarkan silabus yang telah ditentukan.

Editor : Budi, M.Pd.I membentuk kesamaan identitas dan komitmen bersama sehingga arah pengembangan lembaga pendidikan Islam dapat dipahami semua pihak yang terkait (set mission). Sebenarnya budaya organisasi di lembaga pendidikan Islam ...

Komunikasi Antarbudaya

Satu Perspektif Multidimensi

Budaya berkenaan dengan cara manusia hidup. Manusia belajar berpikir, merasa mempercayai, dan mengusahakan apa yang patut menurut budayanya. Bahasa, persahabatan, kebiasaan makan, praktik komunikasi, tindakan-tindakan sosial, kegiatan ekonomi, politik, dan teknologi, semua itu berdasarkan pola-pola budaya. Budaya adalah suatu konsep yang membangkitkan minat. Secara formal budaya didefinisikan sebagai tatanan pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, dan diwariskan dari generasi ke generasi melalui usaha individu dan kelompok. Budaya berkesinambungan dan hadir di mana-mana, budaya juga berkenaan dengan bentuk fisik serta lingkungan sosial yang mempengaruhi hidup kita. Budaya kita, secara pasti memengaruhi kita sejak dalam kandungan hingga mati dan bahkan setelah mati pun kita dikuburkan dengan cara-cara yang sesuai dengan budaya kita. Budaya dipelajari tidak diwariskan secara genetis, budaya juga berubah ketika orang-orang berhubungan antara yang satu dengan lainnya. Artinya budaya dan komunikasi tidak dapat dipisahkan. Budaya tidak hanya menentukan siapa bicara siapa, tentang apa, dan bagaimana komunikasi berlangsung, tetapi budaya juga turut menentukan orang menyandi pesan, makna yang ia miliki untuk pesan, dan kondisi-kondisi untuk mengirim, memperhatikan, dan menafsirkan pesan. Sebenarnya seluruh perbendaharaan perilaku kita sangat tergantung pada budaya kita dibesarkan.

Meskipun TKW dan orang Arab sama-sama muslim, mereka mungkin memahami Islam secara berbeda, termasuk fikihnya. Konon misalnya, sebagian majikan Arab merasa berhak melakukan “pelanggaran seksual” terhadap pembantu wanita (yang mereka ...

American Journal of Islamic Social Sciences 5:2

The American Journal of Islamic Social Sciences (AJISS), established in 1984, is a quarterly, double blind peer-reviewed and interdisciplinary journal, published by the International Institute of Islamic Thought (IIIT), and distributed worldwide. The journal showcases a wide variety of scholarly research on all facets of Islam and the Muslim world including subjects such as anthropology, history, philosophy and metaphysics, politics, psychology, religious law, and traditional Islam.

Harold Lasswell, a political scientist, defines communication simply as: A convenient way to describe the act of communication is to answer the following question: Who, says what, in which channel, to whom, with what effect?

American Journal of Islamic Social Sciences 22:1

The American Journal of Islamic Social Sciences (AJISS) is an interdisciplinary journal that publishes a wide variety of scholarly research on all facets of Islam and the Muslim world: anthropology, economics, history, philosophy and metaphysics, politics, psychology, religious law, and traditional Islam. Submissions are subject to a blind peer review process.

That is the standard, but not exclusive, way in which God interacts with messengers. Even though some exegetes and historians see the possibility of noise here, we have proven otherwise. All divine–human communications have positive ...