Sebanyak 223 item atau buku ditemukan

Evaluasi Pembelajaran

Setiap manusia memiliki keinginan untuk mendapatkan hasil dari apa yang telah mereka kerjakan. Begitu pula dengan suatu pembelajaran yang ada di sekolah, umumnya peserta didik, pendidik, dan orangtua peserta didik juga ingin mengetahui hasil belajar dari peserta didik. Untuk mengetahui hal tersebut tentunya pendidik melakukan serangkaian evaluasi. Akan tetapi, untuk melakukan suatu evaluasi maka seorang pendidik perlu mengetahui tentang berbagai hal yang berkaitan dengan hakikat evaluasi, dan tujuan dilakukan evaluasi pembelajaran tersebut, dan lain-lain. Buku Evaluasi Pembelajaran ini menjelaskan berbagai hal penting, yang dapat menjadi acuan para pendidik dalam melakukan evaluasi pembelajaran dari peserta didik. Buku ini tentunya menjadi pegangan penting bagi semua pelaku pendidikan.

Buku Evaluasi Pembelajaran ini menjelaskan berbagai hal penting, yang dapat menjadi acuan para pendidik dalam melakukan evaluasi pembelajaran dari peserta didik. Buku ini tentunya menjadi pegangan penting bagi semua pelaku pendidikan.

Kejahatan Transfer Dana

Evolusi Dan Modus Kejahatan Melalui Sarana Lembaga Keuangan Bank

Transfer dana merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat terutama nasabah bank. Seiring dengan perkembangan teknologi yang mempercepat dan mempermudah transfer dana. Proses transfer dana dilakukan melalui cara Lalu Lintas Giro (LLG) dan Real Time Gross Settlement (RTGS). Yang memudahkan nasabah melakukan kegiatan transfer dana. Kegiatan ini bukan tanpa risiko karena oknum tertentu berkolaborasi dengan internal bank dapat dan telah menyalahgunakan fasilitas yang tersedia. Penyalahgunaan tersebut berujung pada terjadinya tindak pidana yang merugikan nasabah secara finansial. Buku ini memaparkan aspek transfer dana, contoh dan analisis kasus sampai dengan penanggulangan serta bagaimana merespons kejahatan dengan segera. Karya tulis ini cocok dipelajari oleh para praktisi, akademisi, pelaku bisnis, penegak hukum dan masyarakat khususnya nasabah suatu bank untuk semakin memahami perihal transfer dana.

Buku ini memaparkan aspek transfer dana, contoh dan analisis kasus sampai dengan penanggulangan serta bagaimana merespons kejahatan dengan segera.

Pendidikan Kewirausahaan

Teori untuk Pembuktian Praktik dan Praktik untuk Pembuktian Teori

Pendidikan bukanlah aktivitas yang berlangsung pada ruang hampa dan tanpa makna, tanpa tujuan atau tanpa spirit. Pendidikan senyatanya untuk mempersiapkan masa depan seseorang yang lebih baik. Dengan demikian tentu saja dibutuhkan suatu proses pendidikan yang benar-benar dinamis dan progresif agar bisa melakukan rekayasa sosial yang metodologis dalam mengubah paradigma berpikir, orientasi hidup, metode merespons masalah, kepekaan terhadap tantangan dan cermat, serta memanfaatkan peluang dan kegigihan dalam mencapai kemakmuran hidup. Kewirausahaan itu bukan dagang cabai di pasar atau dagang bakso dorong. Namun, mengolah cabai atau bakso agar memiliki nilai tambah yang tinggi dan nilai manfaat yang besar. Nilai tambah apa? Tentu saja nilai tambah Benefit dan Profit. Benefit adalah efek dari kegunaan dan manfaat yang ditimbulkan dari adanya ATM. A bermakna amati untuk menghasilkan identifikasi potensi dan diferensiasi. Ketika sudah terjadi identifikasi dan diferensiasi maka berlanjut dengan proses T, yaitu tiru atau duplikasi. Peniruan telah dialami dan dijalani sehingga setiap orang akan terinspirasi untuk melakukan M, yaitu modifikasi. Modifikasi bisa dalam berbagai hal, modifikasi dari tidak praktis menjadi sangat praktis, satu manfaat menjadi multimanfaat, satu bentuk rancangan menjadi bervariasi dan akhirnya dihasilkan produk inovasi baru. Hal-hal demikian yang dinamakan kewirausahaan.

Pendidikan bukanlah aktivitas yang berlangsung pada ruang hampa dan tanpa makna, tanpa tujuan atau tanpa spirit.

Pembelajaran Cerpen

Buku Pembelajaran Cerpen ini secara umum memuat konsep dasar, desain, hingga panduan teknis pembelajaran cerpen. Gagasan tersebut diharapkan dapat diterapkan di tingkat pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Contoh, materi cerpen dibagi menjadi tiga, yakni cerpen denotatif, cerpen konotatif, dan cerpen simbolik. Pembagian itu didasari pemikiran tentang pemilihan materi yang tepat dan teknik yang tepat bagi peserta didik. Sistem pembelajaran disesuaikan dengan produk peraturan perundang-undangan yang mutakhir. Jadi, buku ini bukan hanya buku mata pelajaran tertentu di kelas tertentu, melainkan buku yang secara khusus membahas materi cerpen di tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Buku ini sangat dibutuhkan di tengah langkanya teori cerpen di tengah-tengah kita. Untuk memahami isinya, buku ini dibagi menjadi lima bagian. Bagian pertama, pendahuluan berisi pemahaman cerpen, sejarah, jenis-jenis cerpen, dan target pembelajaran. Bagian kedua, memuat dasar-dasar desain pembelajaran. Bagian ketiga, berisi pembelajaran cerpen denotatif. Bagian keempat, membahas pembelajaran cerpen konotatif. Bagian kelima, membahas pembelajaran cerpen simbolik. Dalam bagian penutup, disajikan tantangan pembelajaran cerpen pada masa datang. Hal itu terkait dengan materi, teknik pembelajaran, hingga situasi-situasi yang berpengaruh terhadap perubahan pembelajaran cerpen. Tak syak lagi, buku ini sangat penting bagi para pembelajar, khususnya di bidang bahasa dan sastra. Ketika terjadi perubahan kurikulum, pembelajaran, serta pencarian model yang tepat untuk pendidikan karakter, selama itu pula belum ada buku panduan yang menyeluruh tentang cara pembelajaran karya sastra secara konseptual, teknis, dan analitis. Buku ini memberi jawabannya.

Hal itu hanya dapat dimengerti dari bahasa asalnya, yakni Sunda, yang berarti 'larangan'. Frasa yang tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengindikasikan bahwa frasa tersebut menggunakan gaya bahasa perumpamaan.

Super Sukses AKM SMA MAK (Asesmen Kompetensi Minimum SMA MAK) Bumi Aksara

Literasi Membaca dan Numerasi Berdasarkan Panduan Penilaian Kemdikbud

ebagaimana sudah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Indonesia, mulai tahun 2021 Ujian Nasional (UN) tidak lagi diselenggarakan. Sebagai pengganti UN, diadakan Asesmen Nasional. Asesmen Nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen Nasional dilakukan untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan dan sekaligus menghasilkan informasi perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang kemudian diharapkan berdampak pada karakter dan kompetensi siswa. Asesmen Nasional terdiri atas tiga komponen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar. Untuk mengenalkan AKM kepada guru dan siswa maka kami menyiapkan sebuah buku soal AKM, yaitu Super Sukses AKM. Super Sukses AKM SMK/MAK merupakan buku soal AKM yang memuat komponen literasi membaca dan numerasi. Soal-soal AKM dalam buku ini mengacu pada soal PISA (Programme for International Student Assessment) dan TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) yang dapat digunakan oleh siswa untuk menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Mata pelajaran SMK/MAK akan terintegrasi pada soal-soal literasi membaca dan numerasi, sehingga semua siswa dapat memahaminya. Pada soal- soal AKM dalam Super Sukses AKM SMK/MAK ini menuntut siswa untuk menggunakan logika dan analisis keterampilan berpikir tingkat (HOTS, Higher Order Thinking Skills) untuk memahami makna dari soal. Soal AKM literasi membaca dan numerasi terdiri atas beberapa paket, sehingga siswa dapat mengerjakannya secara bertahap. Pada bagian akhir buku, kami juga memberikan beberapa contoh survei karakter, yang dapat dijadikan pedoman oleh siswa dalam menghadapi Survei Karakter.

Dari pelaksanaan sertifikasi kompetensi dan tes TOEIC bekerja sama dengan ... sambutannya secara virtual menyampaikan serapan lulusan pendidikan vokasi di ...

Pembelajaran Berorientasi AKM

Asesmen Kompetensi Minimum

Buku ini ditujukan bagi mahasiswa program kependidikan, guru, serta pemangku kepentingan (stakeholder) dalam bidang pendidikan yang ingin mempelajari tentang pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Asesmen Kompetensi Minimum merupakan salah satu komponen Asesmen Nasional yang dicanangkan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Pembelajaran untuk meningkatkan AKM harus sejalan dengan pembejaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Buku diorganisasikan dalam 9 bab yang mencakup: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Karakteristik Soal Asesmen Kompetensi Minimum Bab 3 Karakteristik Pembelajaran Berorientasi AKM Bab 4 Meningkatkan Literasi Membaca Bab 5 Meningkatkan Literasi Numerasi Bab 6 Mengembangkan Kreativitas Bab 7 Berpikir Kritis dan Membuat Keputusan Bab 8 Pembelajaran Berbasis Inkuiri Bab 9 Survei Karakter dan Lingkungan Belajar

Buku diorganisasikan dalam 9 bab yang mencakup: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Karakteristik Soal Asesmen Kompetensi Minimum Bab 3 Karakteristik Pembelajaran Berorientasi AKM Bab 4 Meningkatkan Literasi Membaca Bab 5 Meningkatkan Literasi Numerasi ...

Manajemen Sumber Daya Manusia

Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja

Tidak dapat dipungkiri bahwa peranan Sumber Daya Manusia (SDM) saat ini telah terbukti sangat vital dalam pertumbuhan organisasi. Sejak awal abad ke-20, SDM telah diposisikan menjadi yang terutama, bahkan sudah ditetapkan sebagai “human capital” dimana manusia dipandang sebagai faktor yang dapat menghasilkan modal. Artinya, SDM yang berkualitas dapat menyusun business plan dengan baik sehingga dapat meyakinkan investor untuk membiayai proyek yang akan dilaksanakan oleh organisasi tersebut. Sumber Daya Manusia selain diposisikan sebagai “human capital”, juga diposisikan sebagai “human investment”, yang berarti bahwa SDM tersebut sebagai investasi. Untuk itu, dibutuhkan pengembangan SDM melalui peningkatan pendidikan formal, informal maupun nonformalnya. Akan tetapi, peningkatan kemampuan tersebut membutuhkan investasi yang besar. Ketika “sudah berhasil”, manusia tersebut akan berfungsi bagaikan “tambang” bagi organisasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengelolaan SDM dengan baik. Buku ini ditulis dengan judul Manajemen Sumber Daya Manusia, dengan subtema Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Penekanan pada tim kerja dipandang perlu mengingat sekalipun pegawai sangat terampil, sangat berdisiplin, dan berkomitmen pada pekerjaannya, tetapi kinerja organisasi yang optimal tidak akan dapat dicapai jika hanya mengandalkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu, manusia harus dapat bekerja sama dengan baik dalam tim kerja. Apabila tim kerja memiliki kinerja yang baik akan dengan sendirinya dapat meningkatkan kinerja organisasi.

Kegiatan tidaklah berhenti sampai di situ, sebab departemen SDM juga mempersiapkan unit bimbingan imbingan karier atau dalam beberapa organisasi disebut Bimbingan Konseling. Konselor karier adalah seseorang yang mampu dan bersedia ...

Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar

Gerak lincah Mas Menteri Nadiem Makarim mengisyaratkan bahwa dalam GURU memimpin Kemendikbud dia lebih mementingkan membangun jalan pikiran guru ketimbang mengutak-atik kurikulum. Mas Menteri Milenial ini diharapkan bisa menampik pepatah lama “ganti menteri ganti kurikulum” dan mampu menegaskan kembali bahwa siapa pun presidennya, ganti berapa kali pun menteri pendidikannya, sebagus apa pun kurikulumnya, jika guru sebagai garda terdepan suksesnya pembelajaran di kelas terlupakan, maka upaya menciptakan generasi emas masa depan bangsa Indonesia sama saja dengan menjaring angin. Guru Penggerak Merdeka Belajar diharapkan dapat mencetak sebanyak mungkin agen-agen transformasi dalam sistem pendidikan nasional untuk menyiapkan peserta didik berkompetensi global dan berkarakter, mampu mendorong transformasi pendidikan nasional, mendorong peningkatan prestasi akademik peserta didik, aktif, dan kreatif. Buku ini akan membantu saudara memahami dan menerapkan program guru penggerak merdeka belajar secara tepat waktu dan tepat sasaran. Disajikan dengan bahasa yang cukup sederhana, disertai contoh-contoh real yang berkaitan dengan guru penggerak dan merdeka belajar, sehingga dapat dijadikan panduan oleh para pelaksana di lapangan. Buku ini juga menyajikan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merdeka belajar, pelaksanaan pembelajaran, dan sistem penilaian, dilengkapi dengan format-format yang bisa dijadikan sebagai salah satu rujukan bagi para guru, calon guru, dan tenaga kependidikan lain dalam menerapkan guru penggerak merdeka belajar.

Hal ini penting, karena merdeka belajar di era digital memposisikan peserta ... Di zaman yang serba menggerakkan jari jemari ini, pembelajaran pun bisa ...

Kepemipinan Efektif

Teori, Kepemimpinan, dan Praktik

Buku Kepemimpinan Efektif: Teori, Penelitian, dan Praktik ini memiliki keunggulan yang berisikan kronologi definisi kepemimpinan; perbedaan pemimpin, pimpinan, dan kepemimpinan; perbedaan efektif dengan efisien; perbedaan kepemimpinan dengan manajemen, manajer dengan leader; yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan yang belum selesai oleh para ahli. Buku ini memberi pencerahan bagi pembaca agar mampu menggunakan istilah yang tepat untuk pasangan kepemimpinan. Misalnya: kapan dipakai pendekatan, teori, model, dan gaya untuk kepemimpinan. Buku ini terdiri 21 Bab dengan 29 pendekatan dan teori kepemimpinan masing-masing lengkap dengan kelebihan dan kelemahan. Dari 29 pendekatan dan teori kepemimpinan diperoleh sekitar 10 sinonimnya sehingga pembaca mengenal 39 pendekatan dan teori kepemimpinan. Setiap bab berisi ontologi, aksiologi, dan epistemologi sehingga setiap bab berisikan teori, penelitian, dan praktik kepemimpinan berupa panduan. Semua pendekatan dan teori kepemimpinan bertujuan untuk menghasilkan kepemimpinan efektif berlandaskan filosofis dan teori kepemimpinan; kepemimpinan moral, etika, dan spiritual sehingga diharapkan diperoleh pemimpin efektif yang beretika, bermoral, dan bertakwa.

Buku Kepemimpinan Efektif: Teori, Penelitian, dan Praktik ini memiliki keunggulan yang berisikan kronologi definisi kepemimpinan; perbedaan pemimpin, pimpinan, dan kepemimpinan; perbedaan efektif dengan efisien; perbedaan kepemimpinan ...

HADITS AHKAM EKONOMI

Kata Pengantar: Prof. Dr. H.M Anton Athoillah, M.M. (Guru Besar UIN Sunan Djati Bandung)

Sumber Hukum Islam kedua setelah Alquran yaitu Al-Hadits. Dalam segala aspek kehidupan, kita dituntut untuk senantiasa selaras dengan Alquran dan Al-Hadits baik dalam hal ibadah maupun muamalah. Dalam kegiatan ekonomi, pada prinsipnya boleh dilakukan kecuali jika Alquran atau Al-Hadits melarang maka hukumnya menjadi haram sesuai dengan keumuman kaidah fiqih muamalah. Selain membahas tentang kedudukan hadits Nabi, buku ini juga membahas seluruh kegiatan ekonomi mulai dari jual beli, pinjam-meminjam, sewa-menyewa, modal dan investasi, penggadaian, kepemilikan harta, kerja sama bisnis, mekanisme pasar dan sebagainya dipandang dalam perspektif hadits Nabi, mulai dari konsep sampai implementasi hadits-hadits pada setiap kegiatan ekonomi. Dengan demikian, para pembaca bisa menentukan hukum kegiatan ekonomi dalam timbangan hadits yakni dengan mencari hadits-hadits larangan pada kegiatan ekonomi. Dan jika tidak ditemukan larangan maka hukum dikembalikan kepada hukum mubah sebagaimana hukum asal pada kegiatan muamalah. Mata Kuliah Hadits Ekonomi merupakan mata kuliah wajib pada setiap Prodi Ekonomi Syariah, Hukum Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Manajemen Keuangan Syariah yang ada di setiap Perguruan Tinggi ataupun Universitas di Indonesia. Buku ini telah disesuaikan dengan silabus mata kuliah Hadits Ekonomi karena itu buku ini sangat cocok untuk dosen dan mahasiswa, para peneliti, dan para praktisi ekonomi di Lembaga Keuangan dan Bisnis Syariah.

Sumber Hukum Islam kedua setelah Alquran yaitu Al-Hadits.