Sebanyak 21412 item atau buku ditemukan

DIFUSI INOVASI PEMBELAJARAN TEMATIK

Buku ini merupakan hasil penelitian sebagai sebuah disertasi yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses difusi inovasi pembelajaran tematik

Buku ini merupakan hasil penelitian sebagai sebuah disertasi yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses difusi inovasi pembelajaran tematik

EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPS

Guru memiliki peran strategis dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan berkualitas. Dengan SDM tersebut maka berbagai macam pembangunan di masyarakat akan mudah diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu guru perlu dibekali dengan berbagai kompetensi mencakup; kompetensi pedagogik, profesional, personal, sosial dan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas-tugas keguruannya. Mendasarkan pada posisi strtaegis guru tersebut, Pemerintah telah menetapkan tugas-tugas pokok guru yang harus dilakukan untuk merealisasikan harapan masyarakat dan pemerintah, sebagaimana yang dituangkan dalam PP nomor 74 tahun 2008 tentang Guru pada pasal 1 yaitu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Mengevaluasi adalah Salah satu tugas utama guru yang menghasilkan tafsiran dan ketetapan mengenai posisi hasil belajar yang telah dan atau belum dicapai oleh peserta didik dalam suatu kegiatan belajar mengajar baik yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu pemahaman dan keterampilan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran merupakan suatu keniscayaan. Jika seorang guru tidak memiliki pemahanan dan keterampilan mengenai evaluasi pembelajaran, maka dimungkinkan hasil tafsiran dan keputusannya tentang hasil belajar yang dicapai peserta didiknya akan salah dan atau sebaliknya.

Proses Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran IPS Evaluasi pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Masing-masing sekolah mempunyai ciri khas pembelajaran tersendiri dengan ...

Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan

Penelitian tentang “Pengembangan Media Audio Visual Adobe Flash Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan untuk Siswa Inklusi” merupakan sebuah penelitian R&D dengan luaran produk berupa bahan ajar penunjang untuk kearifan lokal Malang selatan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Gambaran dalam pembuatan produk bahan ajar kearifan lokal Malang selatan ini diharapkan agar menjadi pedoman bagi guru, praktisi, dan penggiat pendidikan di SD dalam pengajaran di kelas untuk tetap menjunjung tinggi nilai nilai kearifan lokal yang ada. Selain itu, peneliti berharap produk yang dikembangkan dapat menjadi inspirasi para guru SD untuk mengembangkan kearifan lokal tempat tinggal masing-masing agar nantinya kearifan lokal tidak punah di telan oleh perkembangan zaman.

Penelitian tentang “Pengembangan Media Audio Visual Adobe Flash Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan untuk Siswa Inklusi” merupakan sebuah penelitian R&D dengan luaran produk berupa bahan ajar penunjang untuk ...

TEORI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN TERPADU

Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu peserta didik akan memeroleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta didik. Bermakna di sini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu, peserta didik akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang memperhatikan dan menyesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik (Developmentally Appropriate Practical). Pendekatan yang berangkat dari teori pembelajaran yang menolak drill-system sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak. Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI). Buku ini disusun untuk membantu praktisi pendidikan, khususnya guru dan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik.Untuk itu selain menyajikan teori, buku ini juga disertai dengan contoh aplikasinya

Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.

PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Judul : PERENCANAAN PEMBELAJARAN Penulis : Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 236 Halaman No ISBN : 978-623-5687-44-5 SINOPSIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN Pembelajaran merupakan kegiatan utama dari proses pendidikan. Pembelajaran yang baik harus direncanakan dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal. Guru dan dosen perlu melakukan berbagai persiapan yang mendukung tercapainya proses pembelajaran yang bermutu. Hal tersebut bisa tercapai jika pendidik mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan baik. Buku ini hadir untuk membekali para guru, dosen dan tenaga pendidik lainnya agar memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang perencanaan pembelajaran. Buku ini membahas tentang konsep dasar pembelajaran, model desain pembelajaran, kurikulum 2013 dan pembelajaran tematik di SD/MI, perangkat pembelajaran, pengembangan silabus, pengembangan RPP KTSP dan K-13, kompetensi inti kompetensi dasar dan KKM, pengembangan indikator, merumuskan tujuan pembelajaran, pemilihan media sumber belajar dan alat peraga, pengembangan RPP tematik, pengembangan penilaian autentik, profesi guru madrasah. Kami berharap hadirnya buku ini bisa memberikan manfaat pada para guru dosen, pembaca dan tenaga pendidik lainnya dalam memahami perencanaan pembelajaran. Kami berharap kritik dan saran dari para pembaca demi perbaikan buku ini kedapannya.

Judul : PERENCANAAN PEMBELAJARAN Penulis : Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 236 Halaman No ISBN : 978-623-5687-44-5 SINOPSIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN Pembelajaran merupakan kegiatan utama dari proses pendidikan.

Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS

Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS Penulis : Ibu Ni'mah; Ibu Alfi; Lathif, dkk Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Juni 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan kumpulan dari makalah para mahasiswa program studi magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang dikumpulkan mulai awal mata kuliah Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS. Secara garis besar, buku ini berisi tentang konsep dasar IPS kemdian juga dilengkapi dengan analisis terhadap kurikulum beserta contoh penerapannya dalam dunia pendidikan di Indonesia. Buku ini juga menyajikan cara penyusunan perencanaan sekaligus strategi pembelajaran IPS hingga model-model evaluasinya. Dengan harapaan, setelah membaca buku ini para pembaca memiliki pengetahuan mengenai pengembangan materi IPS tingkat SD/MI. Tambaha terakhir, buku ini tentu tidak sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran akan ditampung dan diterima dengan baik serta dijadikan sumber perbaikan agar buku ini dapat terus dibenahi. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS Penulis : Ibu Ni'mah; Ibu Alfi; Lathif, dkk Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Juni 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan kumpulan dari makalah para mahasiswa program studi ...

Kapitalisme pribumi awal kesultanan Banten, 1522-1684

kajian arkeologi-ekonomi

History of trading in Banten Sultanate, 1522-1684.

History of trading in Banten Sultanate, 1522-1684.

Pemikiran Pandang Ke Jepun Di Tanah Melayu Dalam Akhbar Dan Majalah Sebelum Perang Dunia Kedua

Kajian ini akan merungkai kewujudan pemikiran Pandang Ke Jepun di Tanah Melayu dalam akhbar dan majalah sebelum Perang Dunia Kedua. Kaedah kajian yang digunakan adalah berdasarkan kaedah penelitian akhbar seperti Warta Malaya, Saudara dan Warta Ahad serta majalah seperti Al-Imam, Neracha dan Majalah Guru yang menggalakkan pemikiran Pandang Ke Jepun. Perkembangan yang berlaku di seluruh dunia ekoran dari imperialisme Barat telah mendorong masyarakat Melayu memeriksa kembali keadaan mereka. Keadaan masyarakat Melayu yang mundur dalam segenap lapangan hidup dan jauh ketinggalan berbanding bangsa-bangsa asing semasa pendudukan British di Tanah Melayu telah menimbulkan satu perasaan kebimbangan di kalangan para intelektual untuk memajukan masyarakat mereka. Oleh kerana pihak kolonial British tidak begitu cenderung dalam menggalakkan usaha pemodenan di kalangan penduduk pribumi, sebaliknya lebih mengutamakan usaha-usaha yang boleh mengukuhkan lagi kepentingan mereka, maka tanggungjawab yang lebih besar terpaksa dipikul oleh para intelektual Tanah Melayu. Media utama yang digunakan sebagai saluran penyebaran idea dan pemikiran baru mereka ialah akhbar dan majalah. Cetusan idea mengenai pemikiran Pandang Ke Jepun di Tanah Melayu pertama kali diutarakan pada bulan Julai 1906 melalui penerbitan Al-Imam yang dipelopori oleh Kaum Muda. Di Tanah Melayu, kemunculan sebegitu banyak akhbar dan majalah dalam separuh pertama abad ke-20 amat berkait rapat dengan fenomena pemodenan. Oleh itu apabila kita hendak meneliti kewujudan pemikiran Pandang Ke Jepun dalam usaha pemodenan masyarakat Melayu pada masa ini, akhbar dan majalah merupakan dokumen sejarah yang sangat berguna. Jepun dilihat sebagai model pembangunan masyarakat Melayu kerana ia telah membina kemajuan dan menjadi begitu moden setelah menerima pengaruh Barat dan mencontohi negara-negara Barat dari pelbagai segi seperti sistem pemerintahan, ekonomi, kebudayaan, ilmu dan teknologi dalam proses pemodenan zaman Meiji. Sebahagian besar nilai-nilai mulia dan tinggi dalam masyarakat Jepun dianggap seiras dengan tuntutan Islam itu sendiri.

Kajian ini akan merungkai kewujudan pemikiran Pandang Ke Jepun di Tanah Melayu dalam akhbar dan majalah sebelum Perang Dunia Kedua.

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Buku yang menjadi panduan pembelajaran bagi para dosen dan mahasiswa yang mengampu dan mengambil mata kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam di prodi Ekonomi Syariah/ pada Perguruan Tinggi Islam, baik negeri atau swasta (UIN, IAIN, STAIN) maupun Perguruan Tinggi Umum yang membuka studi keislaman.

Sejarah Pemikiran dan Kebijakan Ekonomi dan Bisnis Islam (EBI) Masa Khulafaur Rasyidin BIOGRAFI DAN PEMIKIRAN EBI ABU ... Abu Bakar dilahirkan pada 573 M. Ayahnya bernama Utsman (Abu Quhafah) bin Amir bin Amr bin Ka'ab bin Saad bin Laym ...