Sebanyak 2475 item atau buku ditemukan

MEMBANGUN PONDOK PESANTREN, MEMBANGUN GENERASI KHAIRA UMMAH Pendekatan Manajemen & Tata Kelola

Buku ini memuat berbagai hal yang (barangkali) perlu dipertimbangkan dalam membangun sebuah pondok pesantren. Sebagaimana kita ketahui, saat ini minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke pondok pesantren cukup tinggi. Karena itu, pembangunan dan pengembangan pondok pesantren perlu ditingkatkan dalam merespon setiap tantangan yang ada.

Tampaknya pola konvergensi inilah yang banyak dilakukan pesantren terakhir ini, lain menyelenggarakan pendidikan MI/SD Pesantren, Mts/SMP, MA/SMU/SMK, yang mana kurikulum pendidikannya mengacu sekolah/madrasah oleh pemerintah, ...

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MEMUTUS MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19

(Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat)

Pembelajaran sebagai suatu proses berlangsung secara dinamis karena berbagai situasi dan kondisi yang berubah-ubah dan dapat berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Tentunya dinamika pembelajaran yang kompleks juga memberikan dampak besar terhadap kemampuan peserta didik dalam capaian hasil pembelajaran. Sistem manajemen pembelajaran daring, merupakan suatu manajemen pembelajaran yang disiapkan untuk siswa/mahasiswa dan guru/dosen dalam melakukan pembelajaran melalui perangkat lunak. Dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kebijkan pemerintah. Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan, dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) poin ke 2 yaitu proses belajar dari rumah. Konsekuensi dari kebijakan tersebut berimplikasi pada setiap Institusi pendidikan, tidak terkecuali pada Perguruan Tinggi termasuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), harus melaksakan proses belajar dari rumah dengan media internet Daring. Penelitian ini, bertujuan untuk membahas tentang korelasi antara “Manajemen Pembelajaran Daring Dalam Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. pada PTKIS di lingkungan KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat. Sesederhana apapun penelitian yang telah dilakukan, dan sekecil apapun temuanya. Hasil penelitian ini menjadi sumbangan yang sangat bermakna untuk dua hal tersebut. Kesadaran dan inspirasi untuk solusi adalah bagian dari rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya.

Pembelajaran sebagai suatu proses berlangsung secara dinamis karena berbagai situasi dan kondisi yang berubah-ubah dan dapat berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan.

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat berharga, maka organisasi atau perusahaan bertanggung jawab untuk memelihara kualitas kehidupan kerja dan membina tenaga kerja agar bersedia memberikan kontribusinya secara optimal untuk mencapai tujuan organisasi maupun perusahaan. Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam suatu organisasi atau perusahaan manjadi sesuatu hal yang menarik untuk mengulasnya lebih dalam dari berbagai sumber yang para penulis rangkum dalam buku ini, serta dijadikan sebuah kolaborasi buku yang diharapkan dapat bermanfaat, baik bagi para penulis, para praktisi bisnis yang memberikan perhatian terhadap pengembangan sumber daya manusianya, maupun para akademisi dalam melakukan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta sebagai bahan rujukan bagi mahasiswa yang berhubungan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai ...

Teaching of English

A Practical Course for B.Ed. Students

Teaching of English: A Practical Course for B. Ed. Students is a course book designed for teachers in training. It aims to enhance the professional skills of trainees and to help them understand applied grammar better. The following six parts attempt to familiarise them with the methodology for teaching specific skills and knowledge areas. Part I Position of English in India Part II Methods of Teaching English Part III Developing listening and speaking skills Part IV Developing reading and writing skills Part V Teaching prose and poetry Part VI Teaching grammar The book also discusses teaching handwriting, remedial teaching and testing language. Special care has been taken to use jargon-free language so that even a non-specialist reader finds it easy to understand the contents of the book. This book can be used for self-study too. This second edition, besides updating information on various topics, has a new section on the teaching of listening and speaking skills, an essential component in most modern school curricula.

This book can be used for self-study too. This second edition, besides updating information on various topics, has a new section on the teaching of listening and speaking skills, an essential component in most modern school curricula.

APLIKASI KOMPUTER

Mata ajaran aplikasi komputer, sebagai salah satu mata ajaran yang menjadi wajib dipelajari saat awal masuk perkuliahan, dikarenakan akan membekali mahasiswa sehingga lebih memahami dalam penggunaan aplikasi yang terdapat dalam komputer.

Mata ajaran aplikasi komputer, sebagai salah satu mata ajaran yang menjadi wajib dipelajari saat awal masuk perkuliahan, dikarenakan akan membekali mahasiswa sehingga lebih memahami dalam penggunaan aplikasi yang terdapat dalam komputer.

Tauhid

Hadis-Hadis Tematis Tentang Akidah (1)

Kebesaran dan keagungan Syekh Shaduq, menjadikan pemimpin kota Rey, yakni Rukn al-Dawlah al-Dailami meminta Syekh Shaduq untuk menetap di Rey dan menjadi pemimpin para pengikut Syi’ah. Akhirnya ia pun tinggal di Rey hingga wafatnya pada tahun 381 H. Syekh Shaduq hidup ketika masyarakat Syi’ah secara umum memiliki kebebasan yang relatif luas sehingga ia dapat mengadakan kunjungan ke berbagai daerah dengan leluasa dalam rangka menyebarkan ajaran-ajaran Ahlulbait as dan meluruskan segala isu miring tentang Syi’ah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat saat itu. Untuk itu, Syekh Shaduq menulis sebuah sebuah buku yang diberi judul Al-I’tiqadat. Kitab ini memerikan dengan jernih tentang keyakinan-keyakinan Syi’ah. Misalnya tuduhan tentang tahrif al-Quran, Syekh Shaduq dalam kitabnya Al- I’tiqadat halaman 83-84 membantah dengan tegas hal ini dan menjelaskan: “Keyakinan kami tentang al-Quran, adalah Kalam Allah, wahyu-Nya, frman dan kitab suci-Nya. Ia tidak didatangi kebatilan dari depan maupun belakang. Ia diturunkan dari Zat Yang Mahabijak dan Maha Mengetahui. Ia mengandung kisah-kisah yang benar, ucapan pemutus, dan bukan senda gurau… Sungguh, keyakinan kami bahwa al-Quran yang diturunkan Allah kepada Nabi-Nya, Muhammad saw adalah apa yang termuat di antara dua sampul (mushaf ) yang sekarang beredar di tengah-tengah manusia. Tidak lebih dari itu. Jumlah surahnya adalah 114 surah… Dan barang siapa menisbahkan kepada kami bahwa kami meyakini al-Quran lebih dari itu, maka ia adalah pendusta.” Pendapat Syekh Shaduq ini merupakan pedapat muktabar Syi’ah hingga saat ini. Hal itu diterangkan lebih jauh oleh murid-murid beliau kelak. Sebagai orang yang memiliki kualitas keilmuan dan akhlak yang mulia, maka banyaklah orang yang menimba ilmu darinya. Di antara murid-murid Syekh Shaduq kemudian menjadi ulama-ulama papan atas dalam mazhab Ahlulbait adalah Syekh Mufd, Muhammad bin Muhammad bin Nu’man, Husain bin Abdillah, Harun bin Musa al-Tal’akburi, Husain bin Ali bin Babawaih al-Qommi, Hasan bin Husain bin Babawaih al-Qommi, Hasan bin Muhammad al-Qommi (pengarang kitab Tarikh-e Qom, sejarah kota Qom), Ali bin Ahmad bin Abbas al-Najasyi yang merupakan ayah penulis kitab Rijal al-Najasyi, dan Sayid Murtadha Alamul Huda yang merupakan penulis banyak buku dan ulama besar Syi’ah di zamannya

Kebesaran dan keagungan Syekh Shaduq, menjadikan pemimpin kota Rey, yakni Rukn al-Dawlah al-Dailami meminta Syekh Shaduq untuk menetap di Rey dan menjadi pemimpin para pengikut Syi’ah.

Tuntunan Tanya-Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji

Buku ini merupakan kumpulan fatwa-fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah. Di dalamnya memuat problematika seputar akìdah, shalat. zakat, puasa. dan haji: yang sering membuat bingung sebagian besar kaum Muslimin. Di buku ini, beliau memberikan fatwa-fatwa yang sangat transparan. Ber-ittiba’ (mengikuti tuntunan) Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam merupakan urat nadi yang masyhur dalam setiap jawaban-jawaban yang diberikan Syaikh Utsaimin. Sudah sepatutnya buku ¡ni menjadi panduan setiap Muslim untuk lebih mengetahui Arkanul Islam sebagai fondasi mereka dalam beragama.

Dalam urusan akhlak Anda dapati mereka berbeda dengan yang lain, karena akhlak mereka yang baik kepada sesama Muslim, lapang dada, berwajah manis, sopan bicaranya, mulia, pemberani dan masih banyak lagi akhlak-akhlak mereka yang terpuji ...

Manajemen Konflik

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik. Manajemen konflik termasuk pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan intrepretasi. Bagi pihak luar (di luar yang berkonflik) sebagai pihak ketiga, yang diperlukannya adalah informasi yang akurat tentang situasi konflik. Hal ini karena komunikasi efektif antara pelaku dapat terjadi jika ada kepercayaan terhadap pihak ketiga. Manajemen konflik merupakan langkah-langkah yang diambil para pelaku atau pihak ketiga dalam rangka mengarahkan perselisihan kearah hasil tertentu yang mungkin atau tidak mungkin menghasilkan ketenangan, hal positif, kreatif, bermufakat, atau agresif. Manajemen konflik dapat melibatkan bantuan diri sendiri, kerja sama dalam memecahkan masalah (dengan atau tanpa bantuan pihak ketiga) atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga. Suatu pendekatan yang berorientasi pada proses manajemen konflik menunjuk pada pola komunikasi (termasuk perilaku) para pelaku dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan penafsiran terhadap konflik.

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik.