Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

Islamic Sosial Finance and Its Role for Achieving Sustainable Development Goals: Islamic Economics Winter Course

During this Pandemic Covid 19, Islamic Economics Winter Course 2020 adapted the program from offline to online course. This is the first time for the committee to conduct the Islamic Economic Winter Course virtually. Hopefully, this program still give beneficial for us and for the Ummah. On behaf of the committee I also apologize for any inconveniences, weaknesses and mistakes during and after the program. This ebook is arranged as one of output from Islamic Economics Winter Course 2020 to motivate and inspire the others. This ebook consist of individual essay from IESWC 2020 participants which has been submitted, as one of requirements to register to the event. Besides, this ebook also recorded the submission of group assignments during the course.

Economic conventional is incomplete, resulting in the absence of a clear link between microeconomics and macroeconomics. Lack of a connecting link between macroeconomics and microeconomics have generated discontent among economists.

ISLAMIC STUDIES & CHARACTER BUILDING

Kelima prinsip dasar inilah yang juga menjadikan Islam sebagai garda agama rahmatan lil alamin, yang ajaran serta konsep keagamaan tidaklah ekslusif (tertutup), melainkan bersifat inklusif (terbuka). Lima jaminan dasar inilah yang ...

embelajaran Seni Musik dan Tari Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan musik akan sangat efektif jika diajarkan pada anak-anak usia dini. d. Musik seharusnya menjadi inti suatu kurikulum sekolah formal. e. Anak berkembang secara utuh, yakni berkembang secara fisik, emosional, ...

PENGANTAR SENI DRAMA DI SD

Pelajaran Seni Drama- Tari di Sekolah Dasar sudah saatnya keluar dari paradigma lama, yakni hanya sebagai mata pelajaran kelas ke dua. Pelajaran ini seringkali identik dengan kegiatan ekstra kurikuler, sehingga tak jarang posisinya tersingkir dari lima pelajaran utama di SD. Posisinya yang tidak seksi menurut banyak kalangan ini menyebabkan pengelolahan sistem pembelajaran untuk pelajaran ini sekedarnya saja. Betapa mudahnya mengajarkan pelajaran ini di SD jika guru hanya menyuruh setiap anak menari atau bermain drama lalu memberikan penilaian satu persatu di setiap akhir semester.

Hal ini penting karena pengalaman anak pada usia dini merupakan landasan dasar bagi kehidupan di masa datang. Oleh karena itu pengalaman kreatif bagi anak meski menjadi bagian utama dalam pendidikan. Pada kurikulum 1994 SD, ...

Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

Gelaran Almanak Senirupa Jogja 1999-2009 ini bukan sekadar ”Almanak”, melainkan ”Almanak +” lantaran menggabungkan banyak sekali model: Ensiklopedia, Kamus, Kronik, Who’s Who, Katalog, mau­pun Yellow Pages (Nama | Alamat). Ini adalah semacam ”buku pintar” seni rupa yang bisa dipegang oleh seluruh komponen yang berkepentingan dengan dunia seni rupa, terutama di Yogyakarta selama sepuluh tahun terakhir. Sebuah kota yang secara statistik, memiliki puluhan ribu seniman dengan aktivitas seni yang kaya. Karena itu kota ini kerap disebut sebagai produsen seni yang paling fantastik di Asia atau ”Makkah”nya seni rupa Asia. Buku ini diikat oleh empat kategori besar: nama (seniman), peristiwa (kronik), ruang (tempat/kawasan), dan komunitas (organisasi). Dari keempat ikatan itu lalu diturunkan menjadi tema-tema spesifik yang dirujuk dari perkembangan-perkembangan termu­takhir dunia seni rupa selama sepuluh tahun sebagaimana yang terpetakan dalam daftar isi buku ini.

Perupa H. Hardjiman tutup usia pada 10 llustrator pencipta tokoh komik Godam sekaligus November 2005 di usia 51 tahun ... Soegijo dan telah mencipta lebih 200 tari dalam bentuk tunggal meninggal dunia dini hari pada 4 Oktober 2006.

SINERGI SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI

DALAM PROSES BERKARYA KREATIF DI DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI

Manusia dengan segala potensi yang disebutkan Roger Wolcott Sperry, ternyata dikendalikan oleh dua kuadran/belahan otaknya. Potensi itu, jika disederhanakan, terdiri dari dua kategori utama yaitu rasional dan kreatif. Dari potensi rasional dan kreatif tersebut, manusia—dengan segala daya, cipta, kreasi dan karsanya menciptakan dimensi sains, seni dan teknologi. Fungsi sains di sini mengoordinasikan semua pengalaman manusia dan menempatkannya ke dalam suatu sistem yang logis, sedangkan fungsi seni sebagai pemberi persepsi mengenai suatu keberaturan dalam hidup dengan menempatkan suatu keberaturan padanya. Tujuan sains dan teknologi adalah untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupannya. Sedangkan seni memberi sentuhan estetik sebagai hasil budaya yang jujur, indah, beradab dari manusia sehingga "memanusiakan" manusia. Buku ini banyak mengungkap potensi berkarya manusia dengan menyinergikan potensi rasio-kreatif dalam wujud sains-teknologi-seni. Diungkap bagaimana tokoh pelopor sinergitas ini membuka mata dunia atas kekuatan sinergi sains-teknologi-sains, hingga implementasinya dalam proses berkarya kreatif di dunia Teknologi Informasi.

Fase usia 0-6 hingga 8 tahun ini kemudian disebut sebagai fase golden age[12]. Pendiri Intrinsic Institute, Dr. Brian Davidson, adalah salah satu orang yang menaruh perhatian pada pengembangan bakat sejak dini. Sebagai seorang guru ...

Pendidikan Seni Tari : Buku untuk mahasiswa

Keseluruhan isi buku ajar ini disajikan dalam 7 bab : bab1 landasan konsep seni secara umum, bab 2 karakteristik seni tari anak, bab 3pengetahuan dasar dan apresiasi tari, bab 4 pengalaman studio tari, bab 5 pembelajaran seni tari, bab 6 dan bab7 diberikan tari tradisional Rateeb Meusekat dan tari Nusantara Mak Inang Pulau Kampai. Tujuan pembelajaran untuk menumbuh-kembangkan kepekaan apresiasi estetik, membentuk kepribadian baik lahir maupun batin, berbudi luhur sesuai dengan lingkungan budaya Indonesia. Buku ajar ini diharapkan dapat bermamfaat sebagai salah satu sumber bagi mahasiswa atau calon guru yang akan mengajarkan materi tari dan diharapkan dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran seni tari untuk SD. Tujuan pembelajaran seni tari dapat dicapai apabila seorang guru memahami prinsip-prinsip dasar tari, dan dapat mengajarkannya sesuai dengan karakteristik anak.

Keseluruhan isi buku ajar ini disajikan dalam 7 bab : bab1 landasan konsep seni secara umum, bab 2 karakteristik seni tari anak, bab 3pengetahuan dasar dan apresiasi tari, bab 4 pengalaman studio tari, bab 5 pembelajaran seni tari, bab 6 ...

Tari Tradisi Melayu, Eksistensi dan Revitalisasi Seni

Buku ini adalah hasil riset dan kajian Muhdi Kurnia, pemari muda asal Kota Medan, Sumatera Utara tentang Tari Tradisi Melayu. Penulis memaparkan secara padat tentang filosofi tari Melayu, berikut penyebarannya di beberapa wilayah di Indonesia. Muhdi juga menulis mengenai teknik dasar gerakan tari Melayu, dilengkapi dengan gambar pendukung. Buku ini adalah upaya penulis melestarikan kekayaan budaya Indonesia, khususnya Tari Melayu yang kian ditinggalkan kaum muda.

Buku ini adalah hasil riset dan kajian Muhdi Kurnia, pemari muda asal Kota Medan, Sumatera Utara tentang Tari Tradisi Melayu.

Indonesia dalam Seni Tari

Jakarta International Festival Of The Performing Arts (JIFPA) ke-2 di GKJ berakhir dengan pagelaran tari karya Sukarji Sriman. Yang berdasarkan falsafah Jawa Cakrahayu. Ia telah menampilkan yang terbaik. MENUTUP Jakarta International Festival of the Performing Arts (JIFPA) ke-2 di Gedung Kesenian Jakarta, Jumat dua pekan lalu, Sukarji Sriman menampilkan The Circle of Bliss 2, garapan tari berdasarkan falsafah Jawa Cakrahayu atau Lingkaran Kebahagiaan.

Jakarta International Festival Of The Performing Arts (JIFPA) ke-2 di GKJ berakhir dengan pagelaran tari karya Sukarji Sriman.