Sebanyak 600 item atau buku ditemukan

Manajemen Mutu Pendidikan Islam

Hingga saat ini, masyarakat dunia masih mempercayai dan menaruh harapan besar terhadap peran dan fungsi pendidikan sebagai salah satu sarana yang paling efektif dan terukur untuk merubah nasib manusia. Proses mobilitas vertikal yang dapat mengangkat derajat manusia, dan mobilitas horizontal yang memperluas jangan relasi manusia akan dapat dilakukan apabila manusia memiliki modal pendidikan. Namun seiring dengan terjadinya era globalisasi yang dipicu oleh produk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, khususnya teknologi komunikasi berbasis digital, menyebabkan terjadi perubagan paradigma dalam semua aspek kehidupan. Wawasan, sikap dan keterampilan yang dimiliki manusia manusia mau tidak mau harus berbasis teknologi komunikasi digital. Dalam keadaan demikian tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan mengalami peningkatan yang signifikan. Mutu pendidikan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang sejalan dengan tantangan globalisasi, era 4.0, bahkan era 5.0 yang ditandai oleh perubahan yang amat cepat, luas dan terkadang sulit diprediksi. Sehubungan dengan itu, pengelolaan pendidikan saat ini tidak bisa lagi dilakukan biasa-biasa saja (as usual), melainkan harus dikelola dengan manajemen mutu yang memuaskan masyarakat pelanggan (customers satisfaction). Dalam kaitan ini, Total Quality Manajemen (Manajemen Mutu Terpadu) yang semula digunakan dalam kegiatan bisnis yang bersifat profit (laba material), terpaksa harus digunakan dalam kegiatan pendidikan; karena dengan cara itulah pendidikan juga dapat memuaskan client (pelanggan) yakni masyarakat pada umumnya. Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, mengharuskan adanya proses adaptasi dan colaborasi antara TQM dan pendidikan yang antara satu dan lainnya saling menopang Buku Manajemen Mutu Pendidikan Islami yang saat ini ada di tangan para pembaca yang budiman, akan membantu Anda dalam melakukan adaptasi dan kolaborasi TQM dengan nilai-nilai ajaran Islam untuk diaplikasikan dalam kegiatan pendidikan. Buku ini menjadi amat penting dibaca dan dipraktekkan, karena terkait erat dengan upaya mengintegrasikan Islam dan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang manajemen yang dapat membawa kemajuan umat dan masyarakat yang seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat. “Selama Membaca, Memahami dan Mengamalkan” Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian adanya karakter TQM yang bercorak bisnis yang bersifat profit di satu pihak, dengan karakter pendidikan yang bercorak sosial yang berbasis nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban di pihak lain, ...

KINERJA KARYAWAN

Teori Pengukuran dan Implikasi

Buku Kinerja Karyawan ini merupakan buku memberikan informasi yang lengkap tentang pengertian, faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, metode pengukuran dan hal-hal yang terkait kinerja karyawan serta mengapa penting mempelajari mengukur kinerja karyawan.

Buku Kinerja Karyawan ini merupakan buku memberikan informasi yang lengkap tentang pengertian, faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, metode pengukuran dan hal-hal yang terkait kinerja karyawan serta mengapa penting mempelajari mengukur ...

STATUTA ROMA TAHUN 1998 TENTANG MAHKAMAH PIDANA INTERNASIONAL(Dalam Kerangka Hukum Pidana Internasional & Implikasinya Terhadap Hukum Pidana Nasional)

"Saya yakin buku ini sangat menarik untuk dibaca, baik kalangan pemerintahan, akademisi, masyarakat madani, poli dan siapa saja yang memiliki pandangan maju tentang HakAsasi Manusia (HAM) sebagai salah satu nilai dasar demokras Penulis adalah akademisi dan menjabat berbagai jabatan penting UNDIP, anggota Komnas HAMKehakiman, Menteri Sekretaris sebagai Gubernur Lenhannas. of sekaligus politisi yang pern di Indonesia seperti Rekto , anggota MPR-RI, Menteri Negara, Hakim Agung dan terakh Di permulaan Era Reformasi bulan Juni 1998, sebagai Presiden RI ke-3 saya telah menunjuk Penulis yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kehakiman Ri pada Kabine Reformasi Pembangunan untuk bertindak sebagai Ketua Delegasi RI pada "Plenipotentiaries Conference" PBB dalam rangka finalisasi prakarsa PBB untu membentuk Mahkamah Pidana Internasional International Criminal Court) melalui suat Konvensi Internasional, dengan pesan-pesan khusus sebagaimana tersurat dan tersi Dada pidato Penulis di dalam konferensi tersebut yang juga dimuat dalamku ini. Dengan demikian, terbentuknya Statuta Roma pada tahun 1998 tentang ICC pada akhi konferensi tersebut tidak terlepas dari dukungan Indonesia. Pengadilan ini sang penting karena yurisdiksi atau kewenangan untuk mengadili secara langsung kejahatar kejahatan pelanggaran HAM berat seperti genosida, kejahatan terhadap kemanusiaa kejahatan perang dan kejahatan agresi yang dikutuk oleh masyarakat beradab di duni apabila yang bersangkutan unwilling or unable" untuk mengadilinya. Harapan saya adalah agar Pemeintah Indonesia tetap konsisten terhadap dukungan yang sudah diberikan dan segera tanpa ragu ragu melakukan ratifikasi, karena saat in ndonesia baru menandatangani Konvensi tersebut. Hal ini akan meningkatkan reputa ndonesia sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia".

"Saya yakin buku ini sangat menarik untuk dibaca, baik kalangan pemerintahan, akademisi, masyarakat madani, poli dan siapa saja yang memiliki pandangan maju tentang HakAsasi Manusia (HAM) sebagai salah satu nilai dasar demokras Penulis ...

Perempuan Dan Hukum

Menuju Hukum Yang Berperspektif Kesetaraan Dan Keadilan

... keluarga) terjadi juga pada kasus Ibu Anna dan Ibu Yasinta. Ketiadaan atau ketidakmampuan ayah yang bertindak sebagai kepala keluarga, ketiadaan anak laki-laki, belum cukup umurnya anak laki-laki dalam keluarga tersebut untuk ...

Ayat-ayat Nida dalam Al-Qur’an

Dari sekian banyak ayat Al-Qur’an, terdapat ayat yang mengandung panggilan (nidā’), sekitar 527 buah. Ayat-ayat nidā’ mempunyai karakteristik dan nuansa tersendiri berbeda dengan ayat-ayat lain. Hal ini dikarenakan ayat-ayat kategori ini melibatkan setidaknya tiga komponen, dua di antaranya sebagai aktor (actant), yaitu pembicara dan audien dan yang ketiga materi pembicaraan. Melalui dialog yang tergambar dalam ayat-ayat tersebut, kita dapat mengetahui komunikasi antara pembicara (muta-kallim) dan audiens (munādā) dalam ayat-ayat itu dengan beragam maksud dan tujuannya Buku yang sedang di tangan pembaca ini merupakan hasil sebuah riset yang diharapkan dapat menambah nuansa ilmiah yang lebih beragam. Dengan fokus pada ayat-ayat nidā’ dalam Al-Qur’an, kajian melibatkan pendekatan semantik, sintaksis Arab, sejarah, dan filsafat. Buku ini mempunyai nuansa yang agak berbeda dengan materi dalam ilmu Al-Qur’an meskipun secara umum teori-teorinya berasal darinya. Hampir seluruh kajian diperoleh dari hasil eksplorasi terhadap eksistensi ayat-ayat nidā’ yang tersebar dalam seluruh ayat Al-Qur’an dengan beragam bentuk redaksi, indikasi dan orientasi, aktor pelaku, audiens, serta klasifikasinya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

... Hadis di antaranya : Studi Hadis , Hadis Ekonomi , Epistemologi Ilmu Pengetahuan , Ilmu Hadis , dan Ilmu Hukum Is- lam , Metodologi Kritik Hadis , Hadis dan Orientalis , Problematika Otentisitas Hadis Nabi dari Klasik hingga ...

Buku Ajar Hukum Adat

Buku ini merupakan bagian dari usaha untuk menulis suatu naskah yang lebih mengembangkan pokok-pokok hukum adat yang merupakan materi dari matakuliah Hukum Adat yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Hukum. Karena dirasakan perlu untuk membantu mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar, disusunlah buku ini dengan tambahan materi dari literatur pembanding. Buku ini membahas mengenai konsep dasar hukum adat, sistem hukum adat, dasar berlakunya hukum adat, persekutuan dan tata susunan hukum adat, hukum tanah adat, subyektum yuris, sistem kekerabatan, hukum perkawinan adat dan hukum waris adat serta penyelesaiannya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

... keluarga pihak ibu, sedangkan hubungan antara bapak dengan keluarga si ibu anakanak tersebut dapat terus dipelihara oleh si bapak. Di Tapanuli (patrilineal) lain lagi, jika bapaknya meninggal dunia, ibunya yang meneruskan memelihara ...

Manajemen

Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah. Sebaliknya, praktik tanpa teori bagaikan orang buta tersesat di tengah hutan yang gelap gulita. Teori tanpa dirisetkan menyebatkan teori tidak berkembang bahkan tidak ada teori baru. Sebaliknya, riset tanpa teori bagaikan hipotesis dan atau pertanyaan riset yang turun dari langit. Praktik tanpa dirisetkan menyebabkan barang/jasa tanpa inovasi dan kreasi. Sebaliknya, riset tanpa dipraktikan hanyalah untuk manfaat teoretis. Jadi, teori, praktik, dan riset merupakan suatu sistem. Buku ini layak dibaca oleh akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang masih bingung membedakan antara manajemen dengan administrasi, manajemen dengan kepemimpinan, serta leader, manager dengan administrator, dan denisi manajemen pendidikan. Di samping itu, buku ini penting bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat luas yang ingin meningkatkan mutu dirinya, keluarganya, organisasinya, serta masyarakat. Mutu tersebut antara lain; pengoordinasian, motivasi, kepemimpinan, kekuasaan, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, komunikasi, koordinasi negosiasi, konflik, keterampilan, kepercayaan, kinerja, kepuasaan kerja, pengendalian (pemantauan, penilaian, dan pelaporan), dan teknik-teknik meningkatkan mutu.

Manajemen adalah seni dan ilmu (teori). Manajemen bukah hanya diteorikan melainkan dipraktikkan dan dirisetkan. Teori tanpa praktik bagaikan pohon tidak berbuah.

PENGELOLAAN PENDIDIKAN KE-SD-AN BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural dibuat dalam upaya membantu pembaca di dalam memahami penerapan praktik Pendidikan Multikultural dan dampak yang diberikan terhadap implementasi pengelolaan pendidikan di sekolah dasar. Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural terdiri dari 5 Bab yaitu meliputi Pendahuluan, Pengelolaan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Multikultural, Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Multikultural, Pengelolaan Penilaian Berbasis Pendidikan Multikultural, dan Pengelolaan Kompetensi Guru Berbasis Pendidikan Multikultural. Diharapkan Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dan dapat meningkatkan efektivitas sosialisasi penerapan praktik Pendidikan kultural di dalam pengelolaan pendidikan di sekolah dasar.

Buku Pengelolaan Pendidikan ke-SD-an Berbasis Pendidikan Multikultural dibuat dalam upaya membantu pembaca di dalam memahami penerapan praktik Pendidikan Multikultural dan dampak yang diberikan terhadap implementasi pengelolaan pendidikan ...

Implementasi Kurikulum Merdeka

Perubahan kurikulum kali ini diharapkan mampu mendorong terciptanya pendidikan yang berkualitas dan dapat menghasilkan sumber daya manusia pembangunan yang beretos kerja tinggi untuk menyiapkan Indonesia Emas tahun 2045. Hal ini penting, terutama dalam memasuki era digitalisasi yang sarat dengan kualitas dan penuh persaingan. Dalam konteks tersebut, semoga buku ini dapat membantu saudara menerapkan kurikulum secara tepat waktu dan tepat sasaran. Buku ini berupaya memformulasikan suatu cara praktis dalam implementasi Kurikulum Merdeka sehingga dapat dijadikan panduan oleh para pelaksana di lapangan. Buku ini juga menyajikan contoh kurikulum operasional yang harus dikembangkan oleh guru dan kepala sekolah di sekolah masing-masing. Buku ini mencakup penjelasan mengenai Paradigma Baru Kurikulum Merdeka, Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka, Rencana Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, dan Menciptakan Iklim Sekolah Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.

Buku ini mencakup penjelasan mengenai Paradigma Baru Kurikulum Merdeka, Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka, Rencana Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, ...