Sebanyak 148 item atau buku ditemukan

BUKU MODEL FLIPPED BLENDED LEARNING

Buku ini mengekplorasi pengembangan model blended learning, jenis-jenis model blended learning yang telah ada sebelumnya, model blended yang dikembangkan, berisikan tentang langkah-langkah atau sintak pembelajaran blended learning yang memuat sintak teridiri dari a). Learning orientation, b) Acess content material and activities, c). Group assignment project, d). Discuss to monitoring project, e). Test the results of the project dan f). Evaluation. Kemudian juga memuat adanya sistem sosial, sistem pendukung, dampak instruksional dan dampak pengiring, konsep Pendidikan Vokasi, revolusi industri 4.0, kompetensi 4C, HOTS, serta dilengkai panduan menggunakn e-learning bagi dosen dan mahasiswa. Model blended learning yang dikembangkan dimana pembelajaran dilakukan secara face to face/tatap muka dan online sehingga memiliki proporsi pola pembelajaran yang jelas. Tejadinya fleksibelitas belajar dimana dan kapan saja dan waktu yang bebas melalui fasilitas komunikasi secara tatap muka, maupun interaksi online menggunakan chat dan forum untuk menggali berfikir kritis melalui diskusi. Memuat pula unsur-unsur mahasiswa untuk berkreatif dan inovasi dalam menghasilkan produk melalui adanya penugasan dan proyek. Serta bahan ajar daring yang dibuat menarik dengan adanya komponen multimedia (teks, gambar, video).

Buku ini mengekplorasi pengembangan model blended learning, jenis-jenis model blended learning yang telah ada sebelumnya, model blended yang dikembangkan, berisikan tentang langkah-langkah atau sintak pembelajaran blended learning yang ...

MODEL PEMBELAJARAN PME

(PLANNING - MONITORING – EVALUATING) Peningkatan Kinerja Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Karakter

Kita sepakat bahwa kegiatan pembelajaran merupakan salah satu komponen penting tercapainya tujuan pendidikan dan efektivitas kegiatan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran. Seyogyanya implementasi suatu model pembelajaran dapat menjadikan peserta didik menjadi pribadi pembelajar yang handal. Implementasi model pembelajaran PME dapat menjadi jawaban untuk tantangan tersebut.

Seyogyanya implementasi suatu model pembelajaran dapat menjadikan peserta didik menjadi pribadi pembelajar yang handal. Implementasi model pembelajaran PME dapat menjadi jawaban untuk tantangan tersebut.

MODEL PEMBELAJARAN ISC (INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY)

Untuk Memberdayakan Critical And Creative Thinking (CCT) Skills

Buku Model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) untuk memberdayakan critical and creative thinking (CCT) skills disusun sebagai inovasi serta bahan masukan kepada guru dan juga calon guru bahwa model pembelajaran harus dikembangkan sesuai dengan paradigm kebutuhan dalam pembelajaran. Terutama dalam pembelajaran MIPA, agar peserta didik dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. Model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) sebagai terobosan baru dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Model yang dipadukan ini dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi, serta mencapai hasil belajar yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang di rancang oleh guru/dosen. Model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) ini juga sebagai bahan masukan bagi pemerintah tentang penemuan alternative dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, terutama pendidikan tingkat MA/SMA dan perguruan tinggi agar dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Karena keterampilan CCT merupakan keterampilan yang harus dimiliki pada abad 21.

Buku Model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) untuk memberdayakan critical and creative thinking (CCT) skills disusun sebagai inovasi serta bahan masukan kepada guru dan juga calon guru bahwa model pembelajaran harus dikembangkan ...

Kebijakan multilateral dan pembangunan ekonomi indonesia

Kerja sama multilateral agaknya bukan sebuah tema yang populer di Indonesia. Tak banyak literatur yang tersedia untuk membahas tema ini dari perspektif peran Indonesia. Di tengah kelangkaan ini, buku Kebijakan Multilateral dan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang disusun oleh para peneliti dari Badan Kebijakan Fiskal muncul sebagai sebuah jawaban. Buku ini membahas berbagai topik yang amat luas, seperti stagnasi perekonomian dunia, peran Indonesia dalam G-20, dan berbagai topik lainnya. Sebuah dokumentasi yang sangat baik dan sebuah buku yang mencatat studi kasus peran Indonesia dalam kerja sama multilateral. Sebuah buku yang memperkaya pemahaman kita tentang peran Indonesia di kancah global. —Muhamad Chatib Basri Menteri Keuangan Republik Indonesia, 2013-2014 Buku ini menjawab kegundahan banyak orang yang meragukan kemampuan pemerintah Indonesia untuk terlibat langsung dalam perhelatan multilateral global yang penuh tantangan dan risiko. Diracik langsung dari dapur kebijakan keuangan Indonesia serta disuguhkan dalam rangkaian narasi yang lugas, runut, dan sistematis, buku ini menjadi bacaan wajib bagi mereka yang ingin mendalami bagaimana Indonesia berupaya untuk tidak tenggelam dalam arus multilateralisme yang ekslusif dan hegemonik dan dalam tren neopopulisme yang state-centric. Pemikiran analitis yang cermat, seperti yang dituangkan dalam buku ini, menunjukkan bahwa Indonesia sudah sepatutnya memetik manfaat dari kerja sama ekonomi global demi terwujudnya kesejahteraan seluruh masyarakatnya. —Dr. Yulius P. Hermawan Dosen Hubungan Internasional, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Parahyangan Bandung, dan Peneliti G20 dan Tata Kelola Ekonomi Global

Di tengah kelangkaan ini, buku Kebijakan Multilateral dan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang disusun oleh para peneliti dari Badan Kebijakan Fiskal muncul sebagai sebuah jawaban.

Buku Pedoman Penulisan Artikel Ilmiah

Penelitian merupakan salah satu tonggak utama kemajuan suatu institusi yang tidak bisa dipisahkan dengan capaian institusi tersebut. Di bidang kedokteran dan keperawatan misalnya, penelitian akan memberikan umpan balik perbaikan pelayanan kepada pasien serta menjadi acuan untuk menentukan berbagai kebijakan. Evidence-based medicine merupakan suatu istilah yang sering digunakan di dunia kedokteran dimana pelayanan yang diberikan kepada pasien berorientasi pada/berbasis bukti ilmiah terkini. Hal yang tidak kalah penting adalah menuliskan hasil penelitian tersebut dalam bentuk artikel ilmiah yang akan dipublikasikan baik di majalah nasional maupun internasional agar hasil penelitian tersebut dapat dibaca dan menjadi pedoman pada praktek sehari-hari bagi para khalayak. Buku pedoman ini membahas tuntas tata cara penulisan artikel ilmiah khususnya penulisan suatu “original article” yang terdiri dari bagaimana menulis bagian introduction/background, methods, results, discussion dan conclusion. Beberapa contoh publikasi dari para penulis di jurnal Q1 juga dijelaskan dengan gamblang, jelas dan sistematis untuk mempermudah pemahaman. Buku ini diterbitkan agar menjadi pedoman dan referensi serta memberi pengetahuan tambahan di bidang penulisan artikel ilmiah bagi para mahasiswa kedokteran, dokter yang sedang mengambil pendidikan spesialis, dokter umum, dokter spesialis serta praktisi kesehatan dan paramedis/keperawatan yang sedang/ akan melakukan penelitian agar hasil penelitiannya dapat dituangkan ke dalam bentuk artikel ilmiah yang dipersiapkan untuk dipublikasikan dan dibaca oleh orang lain. Penelitian merupakan salah satu tonggak utama kemajuan suatu institusi yang tidak bisa dipisahkan dengan capaian institusi tersebut. Di bidang kedokteran dan keperawatan misalnya, penelitian akan memberikan umpan balik perbaikan pelayanan kepada pasien serta menjadi acuan untuk menentukan berbagai kebijakan. Evidence-based medicine merupakan suatu istilah yang sering digunakan di dunia kedokteran dimana pelayanan yang diberikan kepada pasien berorientasi pada/berbasis bukti ilmiah terkini. Hal yang tidak kalah penting adalah menuliskan hasil penelitian tersebut dalam bentuk artikel ilmiah yang akan dipublikasikan baik di majalah nasional maupun internasional agar hasil penelitian tersebut dapat dibaca dan menjadi pedoman pada praktek sehari-hari bagi para khalayak. Buku pedoman ini membahas tuntas tata cara penulisan artikel ilmiah khususnya penulisan suatu “original article” yang terdiri dari bagaimana menulis bagian introduction/background, methods, results, discussion dan conclusion. Beberapa contoh publikasi dari para penulis di jurnal Q1 juga dijelaskan dengan gamblang, jelas dan sistematis untuk mempermudah pemahaman. Buku ini diterbitkan agar menjadi pedoman dan referensi serta memberi pengetahuan tambahan di bidang penulisan artikel ilmiah bagi para mahasiswa kedokteran, dokter yang sedang mengambil pendidikan spesialis, dokter umum, dokter spesialis serta praktisi kesehatan dan paramedis/keperawatan yang sedang/ akan melakukan penelitian agar hasil penelitiannya dapat dituangkan ke dalam bentuk artikel ilmiah yang dipersiapkan untuk dipublikasikan dan dibaca oleh orang lain.

Buku ini diterbitkan agar menjadi pedoman dan referensi serta memberi pengetahuan tambahan di bidang penulisan artikel ilmiah bagi para mahasiswa kedokteran, dokter yang sedang mengambil pendidikan spesialis, dokter umum, dokter spesialis ...

Menulis Berita di Media Massa dan Produksi Feature

Penulisan buku ini dimaksudkan sebagai semacam kenangan semangat kepada ayahanda penulis yang banyak memberikan dorongan contoh-contoh kehidupan ketika seseorang harus memilih dunia jurnalistik dan komunikasi sebagai bagian kehidupan akan pengabdiannya.

Penulisan buku ini dimaksudkan sebagai semacam kenangan semangat kepada ayahanda penulis yang banyak memberikan dorongan contoh-contoh kehidupan ketika seseorang harus memilih dunia jurnalistik dan komunikasi sebagai bagian kehidupan akan ...

Transaksi Murabahah Perbankan Syariah, Terbelenggu Isu Batal Demi Hukum

Buku ini menjelaskan penyaluran pembiayaan pada perbankan syariah yang menggunakan transaksi (jual beli) murabahah, dapat berakibat menjadi transaksi yang batal demi hukum karena terbelenggu oleh intermediasi keuangan, beban jaminan, beban pajak, dan pelaksanaan wakalah. Kepatuhan terhadap prinsip syariah seharusnya tetap dijalankan karena: intermediasi keuangan tidak menolak adanya jual beli, jaminan dapat dipergunakan untuk menjamin pelunasan kewajiban pembayaran nasabah yang belum lunas, beban pajak dan beban lainnya dapat dikenakan tarif 0% atau Rp.0,- khusus untuk kegiatan usaha bank syariah, dan pelaksanaan wakalah seharusnya tetap mencatatkan kedudukan bank syariah sebagai pembeli.

Buku ini menjelaskan penyaluran pembiayaan pada perbankan syariah yang menggunakan transaksi (jual beli) murabahah, dapat berakibat menjadi transaksi yang batal demi hukum karena terbelenggu oleh intermediasi keuangan, beban jaminan, beban ...

PENGANTAR DASAR STATISTIKA BERBASIS MASALAH

Modul ini disusun berdasarkan kerangka kerja pemecahan masalah. Di mana disajikan masalah serta scaffolding berupa masalah-masalah rutin yang membantu peserta didik untuk menyelesaikan masalah utama. Selain pemecahan masalah, modul ini juga bermuatan penalaran statistis sehingga dengan belajar menggunakan modul ini penalaran peserta didik akan terlatih. Buku ini berisikan materi dasar statistika yaitu pengertian statistika, macam-macam data, pengumpulan data, penyajian data serta ukuran data. Materi- materi tersebut dipelajari mulai tingkat SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Untuk lebih mempermudah mempelajari materi statistika dasar, modul ini menyajikan uraian materi, contoh soal, latihan soal, serta tes formatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Tujuan penulisan modul ini adalah agar pembaca secara mandiri dapat mempelajari materi statistika dasar serta mampu memahami konsep-konsep yang ada pada statistika sehingga peserta didik tidak lagi mengalami hambatan belajar dan hanya mengetahui prosedur saja tetapi mengetahui maknanya juga.

Modul ini disusun berdasarkan kerangka kerja pemecahan masalah.

Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang

Tipe perkembangan ekonomi yang telah dicapai negara-negara di dunia tidak dapat begitu saja ditiru oleh negara-negara sedang berkembang. Walaupun ada beberapa aspek yang bersamaan, tetapi pada dasarnya berbeda, baik keadaan maupun tujuanya. Oleh karena itu, timbul suatu permasalahan bagaimana negara-negara berkembang mampu menyaingi perkembangan ekonomi di negara-negara maju. Masalah yang dihadapi oleh negara yang sedang berkembang sebenarnya telah dipersoalkan sejak selesainya perang dunia II. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka diharuskan untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya masalah tersebut kemudian diselidiki perspektif sejarah bagaimana masalah itu dipersoalkan. Ekonomi dualistis ialah salah satu sifat pokok dari perekonomian di negara sedang berkembang. Ekonomi dualistis adalah industri ekspor yang terpadu dengan perekonomian dunia yang sudah menggunakan sistem modern dan disamping itu ada kegiatan-kegiatan yang masih mempunyai tingkat subsitem biasanya sektor ini memproduksi barang-barang untuk pasar lokal dan terpisah dari perekonomian pasar modern. Terjadinya hal ini diawali dengan pada akhir abad 19 negara-negara industri seperti Jepang, meluaskan kekuasaannya sampai ke seluruh dunia khususnya kenegara yang sedang berkembang. Awalnya bertujuan untuk berdagang tetapi kemudian memperoleh kekuasaan oleh karena itu Jepang dapat memperoleh lebih banyak bahan-bahan yang mereka butuhkan. Dengan cara memaksa petani setempat untuk menanam tanaman tertentu yang mereka butuh. Gambaran negara berkembang pada saat itu semua negara tersebut memproduksi serta ekspor terutama pada produksi primer. Kegiatan perekonomian dalam negeri hanya ditujukan oleh ekspor dan kepentingan pendududk setempat tidak diperhatikan. Karena makin lama ekspor semakin surplus bagi penjajah maka keadaan ini akan mengganggu kestabilan perekonomian karena berpengaruh oleh fluktuasi harga pasar dunia. Karena perekonomian negara berkembang sangat tergantung dengan perekonomian dunia yang dikuasai negara-negara barat, maka investasi negara berkembang diluar negeri atau ekspor lebih tinggi dibandingkan investasi yang ditujukan untuk pasar dalam negeri.

Sedangkan penganut faham teori Marxis melihat kemiskinan yang berlanjut ini sebagai eksploitasi dari kapitalis. Lebih lanjut dari kedua pemikiran di atas, muncullah satu pemikiran baru yang dikenal dengan Teori Sistem Dunia (World ...

Aplikasi PHP & Microsoft Access pada Bidang Akuntansi & Bisnis

Program Studi S-1 Akuntansi 2020/2021

Buku ini disusun berdasarkan kurikulum Strata-1 Program Studi Akuntansi dan Manajemen, dengan tujuan membantu mahasiswa memahami materi praktikum mata kuliah Teknologi Informasi untuk Akuntansi dan Bisnis. Tantangan perusahaan saat ini adalah bagaimana menjalankan bisnis dalam perekonomian digital di mana setiap keputusan harus diambil setiap saat dengan dukungan informasi yang cepat dan akurat. Salah satu informasi yang akan dibahas pada buku ini adalah stok barang. Ada 2 perangkat lunak yang digunakan dalam buku ini, yaitu Microsoft Access dan MySQL. Microsoft Access merupakan aplikasi desktop, di mana otomasi informasi dilakukan pada satu lokasi. Otomasi stok barang adalah suatu proses di mana setiap pembelian barang otomatis akan menambah stok barang sedangkan setiap penjualan otomatis akan mengurangi stok barang. Dengan otomasi tersebut maka monitoring stok barang tidak perlu dilakukan dengan perhitungan fisik di gudang. MySQL merupakan aplikasi database yang dapat di-update melalui WEB, materi yang digunakan sama dengan Microsoft Access yaitu stok barang, namun apabila pihak manajemen berada di lokasi yang berbeda dapat memonitor ataupun apabila perlu melakukan perubahan atas database stok barang.

Buku ini disusun berdasarkan kurikulum Strata-1 Program Studi Akuntansi dan Manajemen, dengan tujuan membantu mahasiswa memahami materi praktikum mata kuliah Teknologi Informasi untuk Akuntansi dan Bisnis.