Sebanyak 74 item atau buku ditemukan

Ilmu Ushul Fiqh

Ushul fiqh adalah cabang ilmu dalam Islam yang mempelajari kaidah-kaidah, teori-teori, dan sumber-sumber secara terperinci untuk merumuskan hukum dalam Islam. Buku Ilmu Ushul Fiqh Cita Intrans adalah sebuah buku yang akan memberikan berbagai pengetahuan mengenai hukum Islam pada Anda. Mulai dari hukum ibadah, akidah, muamalah, serta akhlak, buku ini akan menjelaskan semuanya pada Anda. Buku ini akan memastikan bahwa Anda tidak lagi salah kaprah dalam menjalankan hukum-hukum Islam dan dapat menjalani kehidupan Anda sehari-hari sesuai dengan hukum Islam yang berlaku dengan benar. Buku Ilmu Ushul Fiqh Cita Intrans ini ditulis oleh Prof.Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. dengan harapan bahwa semakin banyak umat muslim yang melek terhadap ilmu ushul fiqih sehingga fungsi dan kegunaannya dapat dirasakan dengan baik. Sinopsis buku Dalam rangka mengetahui dan mengkaji dalil-dalil tentang semua hukum ibadah, akidah, muamalah, serta akhlak, agama Islam memiliki sebuah ilmu yang penting untuk dipelajari yaitu ilmu ushul fiqh. Sebuah cabang atau disiplin ilmu keislaman yang mulai disusun pada abad kedua hijriyah. Buku yang ditulis oleh Prof.Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. dihadirkan untuk meraih fungsi dan kegunaan dalam mempelajari ilmu ushul fiqh. Informasi lain: Pengiriman: minimal 1 hari Cover: soft cover Tebal: 254 halaman ISBN: 9786236716137 Berat: 0.28 kg Dimensi: 15.5 x 23 cm Kategori: buku Islam, agama

Buku Ilmu Ushul Fiqh Cita Intrans ini ditulis oleh Prof.Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. dengan harapan bahwa semakin banyak umat muslim yang melek terhadap ilmu ushul fiqih sehingga fungsi dan kegunaannya dapat dirasakan dengan baik.

MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan. Moderasi beragama harus dipahami sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri (eksklusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusif). Keseimbangan atau jalan tengah dalam praktik beragama ini niscaya akan menghindarkan kita dari sikap ekstrem berlebihan, fanatik dan sikap revolusioner dalam beragama. Moderasi beragama merupakan solusi atas hadirnya dua kutub ekstrem dalam beragama, kutub ultra­konservatif atau ekstrem kanan di satu sisi, dan liberal atau ekstrem kiri di sisi lain. Moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah­tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama, tentu perlu adanya ukuran, batasan, dan indikator untuk menentukan apakah sebuah cara pandang, sikap, dan perilaku beragama tertentu itu tergolong moderat atau ekstrem. Ukuran tersebut dapat dibuat dengan berlandaskan pada sumber­sumber terpercaya, seperti teks­teks agama, konstitusi negara, kearifan lokal, serta konsensus dan kesepakatan bersama. Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia memiliki peran strategis dalam mendialogkan faham dan cara beragama yang moderat di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Kedua ormas ini, dinilai sebagai salah satu dari beberapa ormas yang berpandangan moderat dan mengedepankan pendekatan humanis sebagai bagian dari strategi moderasi beragama, di samping keduanya memiliki modal jaringan organisasi yang kuat dan luas yang dapat mencapai akar rumput sehingga strategis dalam upaya mengonter radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moderasi beragama bisa jadi bukan pilihan, melainkan keharusan.

Pemasaran Usaha Kecil Menengah

Buku ini ditulis dengan tujuan untuk membagikan pengetahuan dan informasi terkait dengan pemasaran untuk usaha yang berskala kecil dan menengah yang diharapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk saling memperkuat ekonomi kerakyatan yang dimulai dari skala kecil dan tersebar ke seluruh daerah di Indonesia. Secara detil buku ini membahas tentang : Bab 1 Peranan dan Kinerja UKM di Indonesia Bab 2 Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Bab 3 Konsep Dan Aplikasi Pembiayaan UMKM Pada Bank Syariah Bab 4 Penetapan Harga Produk Dan Kelayakan UKM Bab 5 Kredit Untuk UKM Bab 6 Manajemen Dan Supervisi UMKM Bab 7 Pembangunan UKM Dan Kemitraan Bab 8 Usaha Perbankan Dan Akses UKM Ke Sektor Jasa Bab 9 E-Commerce Untuk UMKM

Buku ini ditulis dengan tujuan untuk membagikan pengetahuan dan informasi terkait dengan pemasaran untuk usaha yang berskala kecil dan menengah yang diharapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk saling memperkuat ekonomi ...

Perencanaan Pendidikan

Buku Perencanaan Pendidikan ini di rancang untuk membantu mahasiswa/guru/dosen/praktisi pendidikan agar dapat belajar bagaimana perencanaan pendidikan yang baik. Oleh karena itu, mempelajari perencanaan pendidikan dengan sebaik mungkin akan memberikan bekal dan fondasi yang kuat bagi peminat perencanaan pendidikan untuk terus tumbuh dan berkembang dalam bidang ilmu ini. Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakaran masing-masing. Buku ini terdiri dari 15 bab mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilaksanakan bertahun-tahun. Buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam pengembangan khasanah keilmuan baik secara teoritis maupun praktik, khususnya terkait dengan bidang kajian perencanaan pendidikan. Buku ini berbeda dengan berbagai buku yang lebih banyak mengulas perencanaan pendidikan dari sisi formulasi dan implementasi semata, buku ini menawarkan sudut pandang lain.

Buku Perencanaan Pendidikan ini di rancang untuk membantu mahasiswa/guru/dosen/praktisi pendidikan agar dapat belajar bagaimana perencanaan pendidikan yang baik.

Ilmu Lingkungan

Konsep Lingkungan, Ekologi, Manusia, Sumber Daya Alam, Pencemaran Lingkungan, Etika Lingkungan, Pembangunan Berkelanjutan, Pemasaran Global Dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

Konsep Lingkungan, Ekologi, Manusia, Sumber Daya Alam, Pencemaran Lingkungan, Etika Lingkungan, Pembangunan Berkelanjutan, Pemasaran Global Dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

Pendidikan Karakter

Buku Pendidikan Karakter ini ditulis untuk membantu mahasiswa, guru, dosen, ataupun praktisi pendidikan agar mendapat tambahan wawasan tentang berbagai hal yang terkait dengan pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter dapat dipahami urgensi dan implementasinya di sekolah maupun kampus secara baik dimana harapannya pendidikan karakter akan dapat berjalan secara efektif ke depan dan memberikan kontribusi yang berarti pada perbaikan karakter peserta didik kita di Indonesia. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari sekelompok akademisi dan praktisi dari berbagai sudut kepakaran yang berbeda untuk menawarkan sudut pandang lain tentang penerapan pendidikan karakter yang efektif. Buku ini ditulis dalam 14 Bab, mencakup pada pendekatan teoritis dan praktis yang didasarkan pada kajian teori dan praktik pengalaman riil di lapangan.

Buku Pendidikan Karakter ini ditulis untuk membantu mahasiswa, guru, dosen, ataupun praktisi pendidikan agar mendapat tambahan wawasan tentang berbagai hal yang terkait dengan pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter dapat dipahami ...

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Kemampuan berpikir kreatif selalu menjadi tujuan pendidikan dari masa ke masa. Kreativitas seseorang itulah yang mengubah peradaban. Restorasi, revolusi, atau inovasi memerlukan kemampuan berpikir kreatif di luar kebiasaan. Seseorang perlu terbuka, berpikir independen, fleksibel dan imajinatif untuk mewujudkan perubahan yang orisinal dan “baru” tetapi tetap bermanfaat di bidangnya. Dalam belajar matematika, seorang siswa perlu dibekali tidak hanya pemahaman dan keterampilan matematika tetapi juga kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika. Kebiasaan itu diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini perkembangan teknologi seakan mengejar semua sistem kehidupan manusia, termasuk pendidikan matematika. Integrasi dalam kehidupan maupun pembelajaran tidak dapat dielakkan lagi. Sementara, guru belajar satu teknologi maka teknologi lain bermunculan yang lebih canggih, efektif, dan efisien. Adaptasi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran diperlukan terus menerus dan berkesinambungan. Peserta didik rata-rata dilahirkan dalam lingkungan teknologi yang canggih, sehingga adaptasi dan keterampilannya dalam berteknologi lebih baik. Agar pembelajaran tetap menarik dan memotivasi peserta didik, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kreatifnya, maka integrasi teknologi itu semakin diperlukan. Untuk itu perlu dikembangkan model intrgrasinya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Kompetensi professional guru seharusnya meliputi penguasaan materi (subject matter knowledge) dan kemampuan mendesain ... studi yang lebih baru telah mengalihkan fokus ke pengembangan pengetahuan guru mereka (Clark-Wilson, Robutti, ...

Banting stir politik pertahanan/keamanan, susunan A. H. Nasution

Concept of self-reliance in defense policy and security.

Concept of self-reliance in defense policy and security.