Sebanyak 57 item atau buku ditemukan

Tradisionalisme dan Modernisme Islam di Indonesia

Realitas islam di Indonesia mengalami interaksi dengan sistem sosial dan kebudayaan setempat. Agama dan tradisi berkolaborasi menjalin sinergi yang sangat rapi. Dalam tahap tertentu, sinergi tersebut terkadang menimbulkan problem tersendiri, yaitu samarnya batas antara Islam dan tradisi, sehingga sulit dibedakan mana Islam otentik dan mana Islam yang mentradisi. Tetapi, hal itu menunjukkan realitas keagamaan yang dinamis. Fenomena tersebut menjadikan kultur pemikiran dan aksi Islam Indonesia sangat beragam. Keragaman itu terjadi baik pada level personal maupun kelompok. Haji Ahmad Sanusi merupakan salah seorang tokoh yang mengisi keragaman pemikiran tersebut. Ia mendalami Islam dari sumbernya dan melakukan kontekstualisasi dalam kehidupan masyarakat. Kesadarannya mendialogkan antara doktrin agama, tradisi, dan semangat pembaruan, membuatnya menjadi seorang pemikir agama yang eklektik.

Realitas islam di Indonesia mengalami interaksi dengan sistem sosial dan kebudayaan setempat.

Perilaku Organisasi

Kehadiran Buku Perilaku Organisasi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai ilmu perilaku organisasi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tiga belas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Perilaku Organisasi, Teori Organisasi, Sistem Organisasi, Kepemimpinan, Motivasi, Komunikasi, Politik dalam Organisasi, Pengambilan Keputusan, Manajemen Konflik, Manajemen Stress, Nilai, Sikap dan Kepuasan Kerja, Perilaku Individu & Kelompok, serta bab terakhir yaitu mengenai Pengembangan Organisasi.

Kehadiran Buku Perilaku Organisasi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar

Pengembangan kurikulum bersifat menyeluruh (komprehensif), yang mencakup suatu perencanaan, penerapan dan hasil akhir atau evaluasi. Perencanaan kurikulum adalah langkah awal untuk pelaku kurikulum untuk mencapai perencanaan yang akan diterapkan oleh guru dan peserta didik. Hasil akhir yang diperoleh dari perencanaan kurikulum adalah evaluasi kurikulum, yang tujuannya untuk melihat sejauh mana perencanaan yang diterapkan oleh guru sebagai pengajar dan peserta didik yang memiliki tujuan untuk lebih baik dengan peringkat-peringkat program yang telah dilaksanakan. Dalam pengembangan kurikulum, orang-orang yang terlibat bukan hanya yang terkait langsung dengan dunia pendidikan, tetapi ada orang-orang dari luar pendidikan dan juga masyarakat yang peduli pendidikan. Realita dalam masyarakat yang meliputi keberagaman sosial, aspirasi politik, keadaan ekonomi merupakan faktor penting dalam pengembangan kurikulum. Tetapi, realita keberagaman tersebut tidak digunakan sebagai landasan untuk guru dalam mengembangkan kurikulum. Padahal keberagaman ini memberikan pengaruh kepada guru dalam mengembangkan kurikulum, lembaga pendidikan untuk melayani pengalaman pengajaran, dan kemampuan peserta didik dalam proses belajar untuk dapat mengolah informasi sebagai hasil belajar.

Pengembangan kurikulum bersifat menyeluruh (komprehensif), yang mencakup suatu perencanaan, penerapan dan hasil akhir atau evaluasi.

Manajemen Biaya (Konsep dan Implementasi)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen biaya dan diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi semua pembaca. Ide penulisan buku ini berasal dari para praktisi dan dosen dari berbagai perguruan tinggi. Hasil pemikiran penulis, dituangkan dalam bentuk book chapter yang diberi judul Manajemen Biaya (Konsep dan Implementasi). Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari tiga belas bab yang menyajikan pembahasan mengenai seluk-beluk manajemen biaya.

Lima tahap pada pengambilan keputusan strategis untuk kecepatan dan efisiensi pada industri mode, yaitu: 1. Menentukan isu-isu strategis yang mengitari masalah yang ada. 2. Mengidentifikasi tindakan-tindakan alternatif. 3.

History of Science, Philosophy and Culture in Indian Civilization: pt. 1. Science, technology, imperialism and war

concerned with the development of science education , its teaching and research , and its progress from the early days of ... but are also definitely against Islam , and develop into a healthy , civilized and educated Muslim community .

Mengalir dari Hati

Penelitian Tindakan di Kelas – Wujud Pembelajaran Eksperimental Y.B. Mangunwijaya

Misi Y.B. Mangunwijaya ketika merintis Sekolah Dasar Eksperimental di Pedukuhan Mangunan, Sleman, Yogyakarta adalah menemukan sebuah sistem pendidikan dasar yang berpihak kepada anak, yang mampu membuka kesempatan kepada anak untuk belajar dengan gembira dan merdeka, namun tetap terarah pada pemekaran bakat-bakat mereka secara eskploratif, kreatif, dan integral. Harapannya, anak terbantu dalam mengembangkan karakter kesetiakawanan, kerja sama, mandiri, disiplin, berdaya juang, dan lentur pada zaman yang serba cepat ini, yang menuntut kreativitas, kemandirian, serta kemampuan berjejaring (bekerja sama) secara sinergis dalam hidup. Gagasan visioner Y.B. Mangunwijaya ini sangat relevan untuk perkembangan pendidikan saat ini. Y.B. Mangunwijaya juga menegaskan pentingnya pendampingan para guru secara berkelanjutan. Guru mempunyai peran penting dalam mengembangkan komunitas pembelajar yang meliputi guru, murid, orang tua, masyarakat, dan semua yang terlibat dalam proses eksperimentasi. Oleh karenanya, tiap guru didorong untuk mengujicobakan berbagai metode dan rancangan pembelajaran yang kreatif untuk menjawab kebutuhan pemekaran bakat anak-anak. Inilah yang menjadi embrio action research atau penelitian tindakan. Hasil-hasil penelitian tindakan yang dihadirkan dalam buku Penelitian Tindakan di Kelas Mengalir dari Hati: Wujud Pembelajaran Eksperimental Y.B. Mangunwijaya ini diharapkan pada saatnya bisa menginspirasi berbagai sekolah. Dengan demikian, sekolah dasar di Indonesia dapat menjadi komunitas pembelajar yang sangat menggairahkan.

Hasil-hasil penelitian tindakan yang dihadirkan dalam buku Penelitian Tindakan di Kelas Mengalir dari Hati: Wujud Pembelajaran Eksperimental Y.B. Mangunwijaya ini diharapkan pada saatnya bisa menginspirasi berbagai sekolah.

Pengantar Manajemen

Teori, Fungsi dan Kasus

Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mempelajari manajemen, fungsi dan kasus tentang manajemen. Dengan dibuatnya buku ini, diharapkan para mahasiswa dapat mengerti apa yang dimaksud dengan manajemen, manajemen tidak hanya mencakup kegiatan untuk mencapai dan memenuhi sasaran organisasi saja tapi juga dapat melaksanakan kegiatan-kegiatannya dengan efektif dan efisien.

Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mempelajari manajemen, fungsi dan kasus tentang manajemen.