Sebanyak 88 item atau buku ditemukan

BIOMEKANIKA OLAHRAGA (Bagi Guru dan Pelatih Olahraga) Pemahaman Dasar Tentang Biomekanika Aplikasinya dalam Bidang Olahraga

Dalam buku-1 ini penulis mencoba untuk menyajikan materi Biomekanika Olahraga semudah mungkin, tanpa menggunakan hitungan matematika dan alat-alat canggih. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang gamblang bagi para guru, pelatih dan calon pelatih, terutama tentang betapa pentingnya Biomekanika Olahraga terhadap pencapaian prestasi olahraga dan ’penciptaan’ atlet profesional, hingga tingkat dunia. Dengan demikian para guru dan pelatih benar-benar mau belajar dan mengaplikasikannya mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat Nasional.

Dalam buku-1 ini penulis mencoba untuk menyajikan materi Biomekanika Olahraga semudah mungkin, tanpa menggunakan hitungan matematika dan alat-alat canggih.

Perilaku Inovatif Sebagai Pusat Pengembangan Profesional Guru Pada Era Digital

Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan perilaku inovatif guru. Perilaku guru inovatif perlu menjadi pusat pengembangan profesional guru. Perilaku inovatif sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan berkelanjutan di era digital ini, dimana guru dihadapkan pada persoalan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang lebih pesat dari ilmu-ilmu lainnya. Guru harus memahami inovasi dan mendukung penerimaan teknologi jika mereka ingin mempertahankan tingkat pengetahuan dan keterampilan tinggi yang diperlukan untuk mengajar peserta didik dan untuk mengembangkan keterampilan mengajar mereka sendiri dalam menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran modern

... pembelajaran terbaru, serta menangkap setiap ada gagasan-gagasan baru sebagai peluang yang dapat dimanfaatkan. 2. Tindakan guru dalam menghasilkan ide-ide baru untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran dan permasalahan layanan ...

Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional

Guru merupakan komponen input yang menentukan keberhasilan suatu pendidikan. Kemajuan teknologi dan informasi yang sangat cepat ini menuntut guru untuk lebih SMART, baik dalam pengembangan ilmunya maupun dalam praktik pengajarannya. Guru harus mampu mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga dapat menjadi magnet bagi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Dengan begitu, akan terbentuk generasi penerus yang cerdas serta mampu bersaing di bidang pendidikan, Iptek, dan bidang-bidang lainnya. Buku Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional merupakan salah satu solusi dalam mengajak guru untuk dapat mengajar dengan cerdas, tidak hanya berbicara menyampaikan materi, tetapi piawai dalam menerapkan berbagai strategi yang disertai kiat-kiat untuk menghidupkan suasana pembelajaran. Buku ini dirancang dengan model teach less, learn more. Artinya, dalam buku ini hanya menyampaikan konsep-konsep penting dan prinsip-prinsip utama untuk menjadi guru yang SMART dalam mengajar.

Menurut Journal Education Leadership edisi Maret 1993 (dalam Dedi Supriadi, 1999:98), ada lima ukuran seorang guru dinyatakan profesional, yaitu (a) memiliki komitmen pada peserta didik dan proses belajarnya; (b) secara mendalam ...

Teacher Professional Development for Improving Quality of Teaching

This book makes a major contribution to knowledge and theory by drawing implications of teacher effectiveness research for the field of teacher training and professional development. The first part of the book provides a critical review of research on teacher training and professional development and illustrates the limitations of the main approaches to teacher development such as the competence-based and the holistic approach. A dynamic perspective to policy and practice in teacher training and professional development is advocated. The second part of the book provides a critical review of research on teacher effectiveness. The main phases of this field of research are analysed. It is pointed out that teacher factors are presented as being in opposition to one another. An integrated approach in defining quality of teaching is adopted. The importance of taking into account findings of studies investigating differential teacher effectiveness is argued. Another significant limitation of this field of research is that the whole process of searching for teacher effectiveness factor was not able to have a significant impact upon teacher training and professional development. For this reason it is advocated that teacher training and professional development should be focused on how to address grouping of specific teacher factors associated with student learning and on how to help teachers improve their teaching skills by moving from using skills associated with direct teaching only to more advanced skills concerned with new teaching approaches and differentiation of teaching. The book refers to studies conducted in different countries illustrating how the proposed approach can be used by policy and practice in teacher education. Specifically, the book provides evidence supporting the validity of the theoretical framework upon which this approach is based. Moreover, experimental and longitudinal studies supporting the use of this approach for improvement purposes are presented and suggestions for further research utilising and expanding the Dynamic Approach for teacher training and professional development are provided.

This book makes a major contribution to knowledge and theory by drawing implications of teacher effectiveness research for the field of teacher training and professional development.

Teacher Professional Development for Improving Quality of Teaching

This book makes a major contribution to knowledge and theory by drawing implications of teacher effectiveness research for the field of teacher training and professional development. The first part of the book provides a critical review of research on teacher training and professional development and illustrates the limitations of the main approaches to teacher development such as the competence-based and the holistic approach. A dynamic perspective to policy and practice in teacher training and professional development is advocated. The second part of the book provides a critical review of research on teacher effectiveness. The main phases of this field of research are analysed. It is pointed out that teacher factors are presented as being in opposition to one another. An integrated approach in defining quality of teaching is adopted. The importance of taking into account findings of studies investigating differential teacher effectiveness is argued. Another significant limitation of this field of research is that the whole process of searching for teacher effectiveness factor was not able to have a significant impact upon teacher training and professional development. For this reason it is advocated that teacher training and professional development should be focused on how to address grouping of specific teacher factors associated with student learning and on how to help teachers improve their teaching skills by moving from using skills associated with direct teaching only to more advanced skills concerned with new teaching approaches and differentiation of teaching. The book refers to studies conducted in different countries illustrating how the proposed approach can be used by policy and practice in teacher education. Specifically, the book provides evidence supporting the validity of the theoretical framework upon which this approach is based. Moreover, experimental and longitudinal studies supporting the use of this approach for improvement purposes are presented and suggestions for further research utilising and expanding the Dynamic Approach for teacher training and professional development are provided.

This book makes a major contribution to knowledge and theory by drawing implications of teacher effectiveness research for the field of teacher training and professional development.

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS)

Seorang anak tidak langsung bisa bicara saat baru lahir. Tidak ada juga manusia yang langsung bisa mengendarai mobil tanpa terlebih dahulu belajar. Proses belajar membantu manusia menguasai pengetahuan dan keterampilan. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan juga perlu dilakukan secara bertahap. Tahapan tersebut disesuaikan dengan tingkat Perkembangan peserta belajar. Oleh sebab itu mengetahui dengan baik karakteristik perkembangan peserta didik sangat penting. Pengetahuan tersebut dapat membantu para fasilitator proses belajar untuk merancang dan menerapkan cara-cara yang tepat untuk mendukung tercapainya keberhasilan hasil belajar yang maksimal. Buku ini ditulis melalui kolaborasi para pendidik di Indonesia dengan pendekatan teoritis dan praktis. Tujuannya untuk menyajikan inovasi dalam proses pendampingan belajar. Pembahasan dimulai dengan ulasan umum mengenai perkembangan peserta didik baik secara fisik, psikis, maupun sosial. Berdasarkan fondasi teori perkembangan peserta didik, pembahasan dilanjutkan dengan cara-cara mengembangkan pembelajaran untuk peserta didik anak, remaja, dan dewasa. Semua topik dan tulisan yang disatukan dalam buku ini menekankan pada pentingnya proses pembelajaran berkelanjutan dan sepanjang hayat. Pembahasan dalam buku ini juga menunjukkan pergeseran paradigma pendampingan pembelajaran yang progresif. Peserta belajar tidak lagi dijadikan sebagai objek. Peserta belajar dapat dilibatkan secara aktif untuk belajar dan mencari cara terbaik untuk belajar secara berkelanjutan sesuai dengan minat dan keterampilan yang dibutuhkannya. Inilah yang menjadi esensi dari proses belajar dan pendampingan belajar di masa-masa penuh tantangan.

Sebagai orang terdekat mereka yakni keluarga harus membangun hubungan komunikasi antarpribadi yang baik, agar anak dapat terbuka diri. Apabila seorang anak dapat membuka dirinya dengan keluarga, baginya keluarga merupakan rujukan yang ...

ANTENA DAN PROPAGASI

Teori dan Praktik

Buku ANTENA DAN PROPAGASI - Teori dan Praktik sangat bermanfaat bagi para profesional, praktisi, maupun pehobi amatir radio. Buku ini berisi 11 bab yang sesuai dengan kurikulum perguruan tinggi. Antena Yagi banyak digunakan oleh operator radio maupun penerima televisi yang disajikan pada Bab 7. Teknik perhitungan, perencanaan antena, hingga simulasi parameter antena, impedansi, gain, pola radiasi antena Yagi berelemen pada frekuensi 145MHz diperlihatkan dengan detail. Pengenalan antena gelombang mikro seperti Wi-Fi diperlihatkan juga. Metode pengukuran praktis maupun mekanisme perambatan gelombang juga dibahas pada bab selanjutnya. Bagi para profesional, dapat belajar teknik desain dan penyusunan antena microstrip khususnya pada Bab 9. Prosedur desain antena microstrip disajikan secara detail agar pembaca dapat mencoba sendiri. Antena microstrip banyak digunakan dalam sistem komunikasi seluler pada frekuensi di atas 1GHz. Bagian awal buku ini banyak membahas parameter dasar dan prinsip kerja sebuah antena, metode perancangan antena atau sUSunan antena, dan bagaimana menyimulasi desain antena. Penyampaian setiap pokok bahasan disusun dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. Penulis berusaha untuk mengurangi ulasan matematis dan menjelaskannya dalam bentuk kalimat yang aplikatif, mudah dimengerti, dan tetap menjaga sisi ilmiahnya. Dengan membaca buku ini, pembaca diharapkan dapat mendesain, menyimulasi, dan memfabrikasi sebuah antena atau suSunan antena yang diinginkan. Penulis sangat berutang budi kepada Dr. Onno W Purbo, atas segala saran dan kritiknya yang sangat berharga untuk penerbitan buku ini.

Buku ANTENA DAN PROPAGASI - Teori dan Praktik sangat bermanfaat bagi para profesional, praktisi, maupun pehobi amatir radio.

Teori Komunikasi Bisnis

Peran komunikasi bisnis sangat penting dalam kegiatan bisnis sekarang ini. Buku ini berisi informasi tentang konsep dasar komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis dapat diterapkan dalam berbagai aktivitas bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Penguasaan komunikasi bisnis mampu meningkatkan hubungan yang baik dengan karyawan, konsumen, dan pihak lainnya. Adapun tujuan dari buku ini untuk membantu mahasiswa, akademisi dan praktisi untuk memahami konsep dasar komunikasi bisnis. Buku ini terdiri dari 12 Bab dengan masing –masing bahasan sebagai berikut Bab 1 Memahami komunikasi bisnis dan komunikasi antar bisnis Bab 2 Komunikasi dalam organisasi dan komunikasi bisnis lintas budaya Bab 3 Perencanaan, pengorganisasian, dan rivisi pesan – pesan bisnis Bab 4 Penulisan direct request dan penulisan permintaan pesan-pesan rutin dan positif Bab 5 Penulisan surat lamaran kerja dan penulisan resume Bab 6 Wawancara kerja, presentasi bisnis, dan negosiasi Bab 7 Rapat bisnis Bab 8 Penulisan laporan bisnis dan penulisan laporan singkat Bab 9 Penulisan laporan formal Bab 10 Komputer personal dan komunikasi bisnis Bab 11 Dasar – dasar Internet Bab 12 Teknologi penyimpanan data elektronik dalam komunikasi bisnis

Komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang dilakukan antar sesama karyawan, antar sesama pimpinan, atau level yang sama. Komunikasi eksternal adalah komunikasi yang dilakukan perusahaan terhadap lingkungan luar perusahaannya.

Cerita Binatang: Kumpulan Cerita Binatang untuk Penguatan Karakter Anak

56 cerita yang ringan dan menyenangkan ditulis oleh 56 penulis dengan tema yang beragam untuk penguatan karakter anak. Di antaranya tentang kebersihan, keberanian, kepercayaan diri, kesabaran, dan kejujuran. Semua diceritakan khusus untuk anak-anak dengan teks sederhana yang cocok untuk dinikmati oleh pembaca yang mandiri. Setiap cerita diilustrasikan dengan sangat menarik sehingga menambah kegembiraan saat membacanya.

56 cerita yang ringan dan menyenangkan ditulis oleh 56 penulis dengan tema yang beragam untuk penguatan karakter anak.