Sebanyak 71 item atau buku ditemukan

Fintech Syariah : Teori dan Terapan

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan informasi secara detail mengenai definisi dan dasar hukum fintech, model fintech, manfaat, dan resiko dari fintech itu sendiri, baik secara perspektif umum maupun perspektif Islam. Dalam buku ini juga terdapat pembahasan lebih lanjut mengenai perkembangan teknologi finansial hingga era milenial. Buku ini mengajak para pembaca untuk meningkatkan literasi dengan mengetahui prospek fintech syariah yang menjanjikan di Indonesia, serta melihat alur proses perkembangan fintech syariah di negara-negara lain

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan informasi secara detail mengenai definisi dan dasar hukum fintech, model fintech, manfaat, dan resiko dari fintech itu sendiri, baik secara perspektif umum maupun perspektif Islam.

KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

KUALITAS WEBSITE, KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN

Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi membuka pasar baru yang disebut oleh Kotler sebagai pasar digital. Kotler membedakan pasar sebagai pasar fisik dan pasar digital sebagai berikut: “A marketplace is physical as a store you shop in; dan its is digital, as when you shop on the Internet” (pasar disebut sebagai pasar fisik seperti toko tempat anda belanja; dan disebut sebagai pasar digital, ketika anda berbelanja di internet) (Kotler & Keller, 2012:9). Internet (interconection networking) adalah koneksi antar jaringan komputer. Sejak pertama kali ditemukan, pertumbuhan internet di dunia sangat berkembang pesat dan telah mengubah pola interaksi masyarakat dunia dalam interaksi bisnis, ekonomi, sosial, budaya dan politik. Internet sebagai pasar digital menawarkan kesempatan baru untuk melakukan bisnis dengan efisien. Seorang pemasar bisa menampilkan informasi tentang perusahaan dan produk atau jasa yang mereka jual di sebuah situs web yang beroperasi 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu tanpa henti. Hal ini mungkin memakan banyak biaya dan sumber daya manusia jika dilakukan secara fisik. Bagi konsumen, internet sebagai pasar digital memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbelanja secara efektif karena melalui internet seorang calon konsumen bisa mengidentifikasi atau mencari konsumen dengan cepat dan mudah, menempatkan persyaratan pembelian, melakukan penawaran secara lelang untuk barang baru atau bekas dan pada akhirnya melakukan pembelian.

Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi membuka pasar baru yang disebut oleh Kotler sebagai pasar digital.

MANAJEMEN MUTU PELAYANAN DARAH BAGI TEKNISI DAN MAHASISWA TEKNOLOGI BANK DARAH

Pelayanan transfusi darah merupakan upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial. Darah dilarang diperjualbelikan dengan dalih apapun. Pelayanan transfusi darah sebagai salah satu upaya kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan sangat membutuhkan ketersediaan darah atau komponen darah yang cukup, aman, mudah diakses dan terjangkau oleh masyarakat. Pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan transfusi darah yang aman, bermanfaat, mudah diakses, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Darah dan produk darah memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan. Ketersedian, keamanan dan kemudahan akses terhadap darah dan produk darah harus dapat dijamin. Terkait dengan hal tersebut, sesuai dengan World Health Assembly (WHA) Availability, safety and quality of blood products, bahwa kemampuan untuk mencukupi kebutuhannya sendiri atas darah dan produk darah (self sufficiency in the supply of blood and blood products) dan jaminan keamanannya merupakan salah satu tujuan pelayanan kesehatan nasional yang penting. Pelayanan darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk komersial. Pelayanan transfusi darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang terdiri dari serangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengerahan dan pelestarian pendonor darah, penyediaan darah, pendistribusian darah, dan tindakan medis pemberian darah kepada resipien untuk tujuan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. (Depkes RI, 2014).

Pelayanan transfusi darah merupakan upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial.

PEDOMAN PENYUSUNAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN DAN SKRIPSI

Pedoman Penyusunan Penulisan Proposal Penelitian Dan Skripsi ini merupakan acuan bagi para dosen pembimbing dan mahasiswa yang menyusun skripsi pada Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Beberapa hal yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini telah ditambahkan dalam buku pedoman ini, yang bertujuan untuk memberikan arahan yang lebih spesifik dalam menyusun proposal penelitian maupun naskah skripsi. Buku ini masih jauh dari sempurna sesuai dengan pepatah tiada gading yang tak retak. Oleh karena itu, segala komentar, kritik maupun tanggapan atas buku pedoman penulisan skripsi ini akan diterima dengan terbuka. Semoga buku pedoman ini bermanfaat bagi pembaca.

LAMPIRAN 20 : CONTOH BERITA ACARA UJIAN SKRIPSI INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS LEMBAH DEMPO Jl. Kol M. Nuh No. 98 Air Laga Pagar Alam Sumatera Selatan Telp. (0730) 624445 Fax (0730) 623259 Ponsel 08117104411 Laman www.lembahdempo.ac.id ...

PENGEMBANGAN POTENSI PRODUK UNGGULAN BUAH-BUAHAN RAMAH LINGKUNGAN

Pada era otonomi daerah, pembangunan ekonomi menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam daerah (faktor internal) maupun luar daerah (faktor eksternal), seperti masalah kesenjangan dan isu globalisasi. Isu globalisasi ini menuntut tiap daerah untuk mampu bersaing di dalam dan luar negeri. Kesenjangan dan globalisasi berimplikasi kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk melaksanakan percepatan pembangunan ekonomi daerah secara terfokus melalui pengembangan kawasan dan produk unggulannya. Percepatan pembangunan ekonomi ini bertujuan agar daerah tidak tertinggal dalam persaingan pasar bebas, seraya tetap memperhatikan masalah pengurangan kesenjangan. Oleh karena itu, seluruh pelaku memiliki peran mengisi pembangunan ekonomi daerah dan harus mampu bekerjasama melalui bentuk pengelolaan keterkaitan antar urusan, antar sektor, antar program, antar pelaku dan antar daerah (Bappenas, 2006).

Permasalahan yang timbul dalam sistem pemasaran hortikultura adalah kegiatan pemasaran yang belum berjalan efisien, dalam artian belum mampu menyampaikan hasil pertanian dari produsen kepada konsumen dengan biaya yang murah dan belum ...

Stereotip dan Prasangka dalam Komunikasi Antarbudaya Muslim Pribumi dan Etnis Cina

Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai etnis, sehingga disebut sebagai masyarakat majemuk (plural society). Kemajemukan tentu saja merupakan nilai positif, dengan kemajemukan komponen masyarakat Indonesia dapat menghimpun dan mengembangkan berbagai potensi bangsa. Berbagai budaya yang ada di tanah air misalnya; merupakan kekayaan yang tiada tara dan harus disyukuri. Namun di sisi lain keberagaman tradisi dan agama mudah sekali menimbulkan gesekan antar berbagai kelompok etnis. Masing-masing etnis memiliki karakter yang berbeda, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahpahaman antaretnis. Dengan beragamnya etnis dan kebudayaan yang ada merupakan masalah dalam komunikasi antarbudaya. Perbedaan nilai-nilai, norma-norma dan persepsi dari masing-masing etnis yaitu dalam bentuk stereotip dan prasangka seringkali menyebabkan adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Anugrah yang diberikan Allah Swt kepada manusia melalui akal dalam ...

KOMUNIKASI TERAPEUTIK BERNUANSA ISLAMI

Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melangsungkan kehidupan, manusia akan selalu berhubungan dan berkomunikasi dengan sesamenya. Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia, dimana fungsi komunikasi antara lain adalah untuk memupuk hubungan dan memperoleh kebahagiaan, melalui informasi yang disampaikan oleh orang yang terlibat dalam suatu proses komunikasi.

memiliki dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan etika Islam dalam menyampaikan maupun menerima pesan, seperti ketika berpidato, berkhotbah, berceramah, menyiarkan berita, menulis, dan lain-lain. Pola penerapan yang berbeda pada tatanan ...

KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM DAKWAH KONTEKS INDONESIA

buku ini tidak hanya mengupas tentang komunikasi dakwah persuasif secara virtual di massa pandemi covid-19 saja tapi juga menyajikan komunikasi persuasif di era wali sanga. Pemilihan era wali sanga sebagai objek kajian pembanding dalam buku ini karena wali sanga hanya ada di Indonesia, sehingga harapannnya era wali sanga bisa mewakili kekhasan komunikasi dakwah di Indonesia. Sebelum mengupas tentang praktik pelaksanaan komunikasi dakwah persuasi di Indonesia yang di wakili dengan era wali sanga dan era virtual pada massa pandemi covid-19, buku ini terlebih dahulu mengurai konsep dasar terkait hakikat komunikasi persuasif berikut penerapan teoriteori komunikasi persuasif dalam konteks dakwah. Hal ini difungsikan agar pembaca memiliki konsep yang sama tentang komunikasi persuasif sehingga mudah dalam memahami uraian dibagian-bagian selanjutnya.

Sulthon (2003) menjelaskan bahwa dakwah meliputi tablig, penyiaran dan penerangan agama (Islam), dan semua usaha untuk merealisir ajaran Islam dalam segala aspek kehidupan manusia. Sedangkan AlWarisy (2009) menjelaskan bahwa, ...

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MENGGUNAKAN TEKNIK INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC)

Pada umumnya, perusahaan besar maupun kecil cenderung mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan promosi demi mempertahankan sebuah produk dan penguatan sebuah merek. Selain itu, demi meningkatkan angka penjualan, perusahaan gencar melakukan promosi baik melalui periklanan maupun alat-alat komunikasi pemasaran lainnya seperti humas, pemasaran langsung, penjualan personal, dan promosi penjualan, dalam memasarkan produknya. Untuk itu, dibutuhkan pendekatan baru dimana alat-alat komunikasi pemasaran bisa berjalan efektif dan terintegrasi. Salah satunya dengan cara melakukan komunikasi pemasaran atau Marketing Communicationss (MC). Upaya untuk membangun citra perusahaan tidak lepas dari peran suatu badan atau lembaga yang berfungsi mengidentifikasi, memantapkan dan juga memelihara hubungan yang saling menguntungkan antara pihak perusahaan dengan publiknya. Badan Atau lembaga yang bertanggung jawab menyangkut hal ini adalah hubungan masyarakat yang biasa disingkat humas. “Humas adalah seni untuk membuat perusahaan anda disukai dan dihormati oleh para karyawan, konsumen dan penyalurnya.” Berdasarkan definisi ini, public relation dikatakan sebagai wadah untuk membangun suatu organisasi atau perusahaan melaui program-program kerjanya yang ber berorientasi untuk pembentukan citra positif. Definisi tentang public relations yang menekankan tanggung jawab khususnya, diberikan oleh public relations news yang menyatakan.

Pada umumnya, perusahaan besar maupun kecil cenderung mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan promosi demi mempertahankan sebuah produk dan penguatan sebuah merek.

BUKU AJAR

METODE PENELITIAN HUKUM

Penulisan buku ini dimaksudkan sebagai bahan ajar bagi materi Metode Penelitian dan Penulisan Hukum yang merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Trunojoyo Madura. Seorang lulusan magister ilmu hukum, diharapkan memiliki kompetensi yang komprehensif dalam memahami metode penelitian hukum. Baik metode penelitian hukum doctrinal maupun metode penelitian hukum non doctrinal. Perdebatan mendasar mengenai keberadaan metode penelitian non doctrinal dan penyusunannya dalam penelitian. Dalam perencanaan penelitian disampaikan bagaimana menggunakan metode penelitian dalam pendekatan penelitian, pengumpulan data maupun analisa data, baik dalam penelitian foktrinal maupun non doctrinal. Diharapkan setelah mempelajari buku ini serta mengerjakan semua latihan yang ada, peserta mata kuliah diharapkankan mampu memahami konsep-konsep dasar yang membedakan antara metode penelitian hukum doctrinal dan penelitian hukum non doctrinal serta dapat diaplikasikan mahasiswa dalam menulis karya penulisan hukum, baik dalam konteks artikel untuk publikasi mapun juga dalam penyusunan tugas akhir tesis. Setelah mempelajari buku ini serta ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Dekan Fakultas Universitas Trunojoyo Madura yang memberikan kesempatan untuk terpublikasi serta keluarga penulis yang selalu mensuport dalam menyelesaikan buku ini. Tak ada gading yang tak retak, demikian juga dengan buku ini masih terdapat berbagai kekurangan. Karenanya dengan kerendahan hati penulis akan menerima berbagai kritik dam masunkan yang membangun.

Penulisan buku ini dimaksudkan sebagai bahan ajar bagi materi Metode Penelitian dan Penulisan Hukum yang merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Trunojoyo Madura.