Sebanyak 25 item atau buku ditemukan

STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI DENGAN MEMANFAATKAN MARKET PLACE MELALUI MEDIA INTERNET (Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sungai Alam Kecamatan Bengkalis)

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT) dan internet telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang bisnis dan perdagangan. Dengan adanya internet dan ICT proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu. Market Place mengarah pada pemanfaatan teknologi digital dalam berbisnis (Digital Marketing). Market Place sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online. Market Place atau pasar daring juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya. Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis memulai usaha yang baru di BUMDES dengan rasa optimis. Kepala Desa menyatakan bahwa berdasarkan peluang dan potensi Desa Sungai Alam serta membaca peluang usaha yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. BUMDES menjalankan usahanya dengan didukung oleh pemerintah desa dan masyarakat seperti PKK dan pengrajin rumah tangga. Strategi pemasaran yang dilakukan BUMDes Sungai Alam dengan memanfaatkan Market Place melalui media internet dapat berperan penting dalam meningkatkan perekonomian desa. Faktor-faktor (penghambat dan pendukung) dalam meningkatkan ekonomi dengan memanfaatkan Market Place melalui media internet yaitu akses internet, akses internet yang ada di BUMDes sudah sangat membantu dalam proses pemasaran menggunakan media sosial, BUMDes juga sudah merancang Website untuk dijadikan sebagai tempat promosi produk maupun jasa yang dihasilkan BUMDes. Internet yang belum merata disemua wilayah Indonesia menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Faktor logistik menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan E-Commerce dalam pemasaran dan pengiriman barang disebabkan Indonesia terdiri dari pulau-pulau sehingga dalam pengiriman barang sering kali terhambat mengingat jarak tempu yang dilalui dalam pengantaran barang ke konsumen sering mengalami gangguan yang menyebabkan keterlambatan barang samapai ke konsumen. Metode pembayaran, untuk metode pembayaran belum begitu mapan dimana transaksi saat pengiriman barang masih banyak yang melakukan Cash on Delivery (COD) yang menyadi pilihan konsumen dalam pembelian produk.

Compas. Last modified 2021. https://compas. co.id/article/perkembangan-e-commerce. Peraturan Pemerintah RI. 2005. “PP RI Nomor 72 Tahun 2005.” 2005, 25-27. Santoso, Rudi. 2020. “Review of Digital Marketing ...

Modul Pembelajaran Sains Anak Usia Dini untuk Anak TK 4-6 Tahun

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat luas. Pendidikan anak usia dini merupakan jembatan antara lingkungan keluarga dengan masyarakat, Anak usia dini merupakan manusia yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Anak memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa.

Model Pembelajaran Sains Anak Usia Dini terbagi menjadi empat antara lain 1. Model Pembelajaran Sains Multy Sensory Ekologi 2. Model Pembelajaran Inkuiri 3. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah 4. Model Pembelajaran Tematik.

PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI

Buku ini membahas tentang sejarah perkembangan komunikasi secara umum, konsep dasar komunikasi, proses komunikasi, komunikasi intrapersonal dan interpersonal serta komunikasi organisasi dan organisasi publik dan opini publik.

Komunikasi Narapidana (Panuju, 2018) Ilmu komunikasi termasuk dalam kelompok ilmu sosial dan ilmu terapan, ilmu komunikasi bersifat interdisiplin atau multidisiplin. Saat ini komunikasi adalah ilmu yang sangat popular di masyarakat, ...

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA

Buku yang membahas lembaga keuangan, produk keuangan dan metode digital keuangan secara mendalam ini telah disesuaikan dengan perkembangan mutakhir dunia perbankan di tanah air. Penambahan materi yang dimasukkan dalam edisi revisi ini adalah mengenai Sejarah Jenis-jenis Uang di Indonesia, Kualitas Kredit, Penilaian Kesehatan Bank Syariah. Selain itu, juga dilakukan penyempurnaan materi mengenai Penilaian Kesehatan Bank dan contoh perhitungan bunga sertifikat deposito. Oleh karena itu, sudah seharusnya mahasiswa dan praktisi perbankan menjadikan buku ini sebagai buku acuan.

Buku yang membahas lembaga keuangan, produk keuangan dan metode digital keuangan secara mendalam ini telah disesuaikan dengan perkembangan mutakhir dunia perbankan di tanah air.

METODOLOGI PENELITIAN; KAJIAN TEORITIS DAN PRAKTIS BAGI MAHASISWA

Buku ini merupakan hasil kerja kolaboratif antar dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, buku ini dibagi dalam 11 bab dan kemudian setiap individu dosen menulis satu bab buku, sehingga setiap penulis akan fokus terhadap bab yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga diharapkan akan lahir hasil karya buku ini yang lebih berkualitas.

Buku ini merupakan hasil kerja kolaboratif antar dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, buku ini dibagi dalam 11 bab dan kemudian setiap individu dosen menulis satu bab buku, sehingga setiap penulis akan fokus terhadap ...

PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Tersusunnya buku ini merupakan pengembangan modul pembelajaran dari Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang penulis ampu di beberapa program studi dan juga hasil kumpulan catatan dalam diskusi setiap sesi perkuliahan serta hasil penelitian penulis yang dilengkapi dengan referensi yang relevan. Pembahasan isi buku mengikuti pembaharuan karena adanya perubahan kurikulum dan perkembangan informasi mengenai dunia pendidikan. Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini. Selama mengasuh Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), penulis membahasnya secara umum tentang aspek, proses, dan fenomena psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, melalui buku ini penulis mencoba mengupas secara lebih khusus -meskipun masih sederhana- tentang hal-hal yang berkaitan langsung dengan psikologis anak usia dini yang terjadi dalam dan selama proses pendidikan berlangsung.

Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini.

METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF; DILENGKAPI ANALISIS REGRESI IBM SPSS STATISTICS VERSION 26.0

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa/i dalam penyelesaian tugas akhir agar mempermudah pengolahan data regresi berbasis SPSS. Serta pembaca mampu menarik kesimpulan yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, buku ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu referensi dalam mempelajari metode penelitian pada umumnya dan bisnis khususnya. Sehingga dapat dijadikan sebagai pengetahuan dasar tentang metodologi penelitian terutama bagi peneliti pemula. Buku ini disusun secara aplikatif dan mudah digunakan. Disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Hal ini sangat diperlukan mahasiswa/i maupun peneliti pemula yang sering kali mengalami kesulitan dalam pengolahan data berbasis SPSS.

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa/i dalam penyelesaian tugas akhir agar mempermudah pengolahan data regresi berbasis SPSS.

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA; KAJIAN TEORITIS DAN PRAKTIS DALAM PENDIDIKAN

Buku ini merupakan karya kolaboratif dosen lintas perguruan tinggi. Hadirnya buku ini merupakan bentuk perhatian para akademisi mengenai pendidikan di Indonesia yang ditinjau dari sudut padang Sumber Daya Manusia (SDM). Diharapkan dengan adanya buku ini, bisa berkontribusi dalam memajukan pendidikan di negeri tercinta ini melalui pandangan-pandangan kritis dan solutif.

Buku ini merupakan karya kolaboratif dosen lintas perguruan tinggi.

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: (MENGGELITIK PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, & MENYENANGKAN

Lembaga pendidikan saat ini mulai memberikan perhatian khusus guna merespon tuntutan tersebut. Terlihat dalam kurikulum di beberapa jenjang dan jenis lembaga pendidikan mulai diisi dengan pembelajaran bahasa Arab. Mempelajari suatu bahasa memang terikat dengan faktor kebiasaan, sehingga tidak heran banyak orang yang mampu berbahasa asing karena sering memperaktikkannya. Selain itu, mempelajari suatu bahasa juga terikat dengan strategi dan metode mempelajarinya. Buku ini hadir untuk memandu kita dalam mengusai bahasa Arab dengan berbagai strategi dan metodenya. Buku ini sangat layak digunakan, baik di kalangan umum, tenaga pendidik, siswa dan mahasiswa. Buku ini tidak menyajikan sudut pandang teori saja, tetapi juga terdapat contoh-contoh yang mempermudah kita untuk memahami bahasa Arab.

Hal ini sengaja ditekankan, karena berdasarkan pengamatan, banyak di antara guru bahasa Arab yang cenderung mengajak ... karena sistem tata bunyi bahasa Arab banyak berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang dikenal oleh ...

INOVASI PENDIDIKAN ISLAM: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum

Sebagai sebuah mata pelajaran, Pendidikan Agama Islam wajib disampaikan di sekolah atau madrasah hingga perguruan tinggi sebagaimana mata pelajaran lain. Keberadaannya menjadi salah satu indikator kelulusan yang harus dikuasai anak pada tiap jenjangnya. Anak harus diajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan cakupan materi yang telah ditentukan. Namun demikian, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi berbeda dengan mata pelajaran lain karena penyampaiannya tidak cukup hanya diberikan dengan metode umum sebagaimana yang digunakan pada mata pelajaran lain. Mata pelajaran PAI harus diajarkan dengan menggunakan strategi dan metode khusus sesuai watak pendidikan Islam itu sendiri yang lsafatnya digali dari Al- Qur’an dan Hadits. Oleh karena itu, menggunakan metode dan strategi yang tepat sangat diperlukan agar tujuan diajarkannya mata pelajaran PAI dapat dicapai dengan maksimal. Strategi dan metode khusus inilah yang menjadi titik tekan pada pembahasan buku ini, yang dibangun menjadi sebuah konsep inovasi pendidikan Islam yang utuh. Dengan inovasi yang ditawarkan, pendidikan Islam diharapkan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam proses pembelajaran, sebagian orang membedakan istilah Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam. Menurut Hery Noer Aly Pendidikan Islam menunjuk pada muatan atau isi pendidikan yang harus disampaikan kepada peserta didik. Sedangkan Pendidikan Agama Islam adalah Pendidikan Islam yang diberikan kepada peserta didik dengan metode khusus pada tataran operasionalnya. Dengan kata lain, pendidikan Islam yang disampaikan di sekolah dengan metode khusus biasa disebut dengan Pendidikan Agama Islam. Dalam buku ini, penulis menggunakan istilah Pendidikan Islam sebagai bahan kajiannya. Hal ini penulis maksudkan agar cakupan materinya lebih luas, sehingga materi pendidikan Islam secara umum dapat terakomodasi seluruhnya. Namun dibeberapa tempat, penulis sengaja menggunakan istilah Pendidikan Agama Islam untuk menyesuaikan konteks pembahasan. Untuk mendukung konsep pendidikan Islam sebagai sebuah mata pelajaran, akan dijelaskan mengenai metode pengajaran PAI yang memiliki ciri khusus sesuai watak tersendiri, sebagaimana diterangkan diatas.

Sebagai sebuah mata pelajaran, Pendidikan Agama Islam wajib disampaikan di sekolah atau madrasah hingga perguruan tinggi sebagaimana mata pelajaran lain.