Sebanyak 106 item atau buku ditemukan

Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0

Judul : Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0 Penulis : Wahyu Hidayat, SE.I., ME.Sy. Ukuran : 14,5 x 21 Tebal : 82 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-27-6 No. E-ISBN : 978-634-7168-26-9 (PDF) Terbitan : Maret 2025 SINOPSIS Buku Pasar Modal Syariah: Panduan Praktis Berinvestasi di Era 5.0, membahas konsep dan penerapan pasar modal syariah yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Pasar modal syariah bukanlah sistem yang terpisah dari pasar modal konvensional, tetapi memiliki karakteristik khusus, yaitu produk dan mekanisme transaksi yang sesuai dengan syariah. Berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits, serta ditafsirkan melalui fiqih muamalah, buku ini menjelaskan bahwa segala bentuk transaksi diperbolehkan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Konsep ini menjadi dasar pengembangan pasar modal syariah di Indonesia. Buku ini menguraikan berbagai instrumen investasi syariah, seperti saham syariah, obligasi syariah (sukuk), reksa dana syariah, ETF syariah, EBA syariah, DIRE syariah, serta indeks saham syariah. Selain itu, pembaca akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana menjadi investor syariah yang cerdas di era 5.0. Dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, buku ini menjadi panduan praktis bagi siapa saja yang ingin berinvestasi di pasar modal syariah. Diharapkan setelah membaca buku ini, pembaca dapat menjadi investor yang tidak hanya cakap dalam meningkatkan nilai aset, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Judul : Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0 Penulis : Wahyu Hidayat, SE.I., ME.Sy. Ukuran : 14,5 x 21 Tebal : 82 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-27-6 No. E-ISBN : 978-634-7168-26-9 (PDF) Terbitan ...

TAFSIR AYAT-AYAT PILIHAN JILID 1

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَبَعْدُ: Pada zaman ini kaum muslimin sangat perlu memahami Al-Qur'an dan berpegang padanya, terlebih dalam era globalisasi yang materialisme sudah mengalahkan segalanya. Sehingga manusia tenggelam dalam kubangan materi dan menyimpang dari hidayah Allah Ta’ala, padahal di antara mereka terdapat kitab suci yang merupakan cahaya ilahi, yang bisa menyelamatkan mereka dari kesengsaraan. Karena itu menjadi kewajiban para thalib ilm syar'i untuk mengembalikan umat Islam kepada kejayaan dan kemuliaannya. Hal itu dengan mempererat hubungan mereka dengan kitab Tuhannya yang di dalamnya terdapat kebahagiaan dunia Akhirat. Juga dengan memudahkan kaum muslimin memahami kitab sucinya. Dan menjadi kewajiban dosen yang mengajarkan agama Islam untuk memperdalam pengetahuan tentang Islam pada jiwa mahasiswanya. Dan tiada jalan untuk itu kecuali mendekatkan mereka kepada sumber Islam yaitu Al-Qur'an dan Sunnah Rasulillah Shallallahu Alahi Wasallam. Betapa banyak mahasiswa Islam zaman ini yang tidak mengenal Islam. Dan betapa banyak dari mereka yang jauh dari akhlaq-akhlaq Islami. Padahal Al-Qur'an adalah cahaya yang bisa menyinari kehidupan mereka di dunia maupun Akhirat. "Sungguh telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaanNya kepada jalan keselamatan, dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang-orang dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizinNya, dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus." (QS. Al-Maidah: 15-16) Karena itu kami sebagai dosen tafsir, berusaha menyusun buku tafsir I untuk kalangan mahasiswa dan umum dengan tujuan mendekatkan mereka kepada Al-Qur'an, mencintainya, dan bisa memahaminya dengan cara yang mudah. Pada edisi ini tafsir yang kami susun, dimulai dari surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek lainnya yang terdapat dalam juz Amma. Kami berusaha menyajikannya dengan bahasa yang mudah dipahami, penafsiran yang tidak bertele-tele, dan memberikan kesimpulan pada setiap akhir penafsiran. Dan perlu diketahui, pada tafsir ini kami berusaha tidak menyebutkan Hadis dhaif. Andaikan ada Hadis yang lemah, tentu kami menjelaskan kedhaifannya. Karena mengamalkan Hadis dhaif sama dengan mengerjakan perbuatan yang bukan dari ajaran Rasulillah SAW. Mudah-mudahan buku tafsir ini menjadi amal yang mengharumkan nama kami di sisi Allah Ta’ala, sesuai sabda NabiNya: ((إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ اْلـمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا نَشَرَهُ)) "Sesungguhnya di antara amal dan kebaikan yang diikutkan seorang mukmin setelah dia meninggal, adalah ilmu yang disebarkannya.” (Sahih Al-Jami’, no. 2231) Ya Allah jadikan amal kami ini amal yang ikhlas untuk menggapai wajahMu semata. Perbaiki dan tutupilah segala kesalahan kami, dan sempurnakan segala yang kurang. Sesungguhnya Engkau semata yang mampu melakukannya. Jadikan amal kami diterima semua kalangan, jadikan ia bermanfaat bagi setiap muslim. Dan shalawat beriring salam semoga senantiasa tersampaikan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga beliau, dan para sahabat hingga Hari Kiamat. Amin. Anggaswangi, 11 Muharram 1434 H/25 November 2012 Daftar Isi Daftar Isi... 3 Mukaddimah..... 8 Bab (1): Tafsir Surat Al-Fatihah..... 11 Tafsir Basmalah: 20 Tafsir Al-Hamdulillahi Rabbil Alamin: 25 Tafsir Ar-Rahman Ar-Rahim: 28 Tafsir Maaliki Yaumiddiin: 30 Tafsir Iyyaaka Na'budu Wa Iyyaaka Nasta'in: 35 Tafsir Ihdinash Shiraathal Mustaqim: 50 Tafsir Shiraathal Ladziina An'amta 'Alaihim: 63 Tafsir Ghairil Maghdhuubi 'Alaihim Waladh Dhaalliin: 69 Separuh Al-Fatihah Adalah Wala` Dan Bara`: 89 Ucapan Amin Atas Doa Al-Fatihah.. 90 Bab (2): Memohon Perlindungan Dari Keburukan Setan..... 92 Penamaan Surat An-Naas: 92 Kandungan surat An-Naas: 93 Tafsir surat An-Naas: 93 Pelajaran yang diambil dari surat An-Naas: 101 Bab (3): Memohon Perlindungan Dari Keburukan Makhluk..... 105 Penamaan surat Al-Falaq: 105 Hubungan dengan surat sebelumnya: 106 Kandungan surat Al-Falaq: 107 Keutamaan surat Al-Falaq dan An-Naas: 108 Sabab nuzul surat Al-Falaq dan surat An-Naas: 112 Tafsiran surat Al-Falaq: 113 Pelajaran yang diambil dari surat Al-Falaq: 115 Bab (4): Memurnikan Ibadah Hanya Kepada Allah..... 120 Nama-nama surat Al-Ikhlash: 120 Hubungan surat ini dengan surat sebelumnya: 121 Kandungan umum surat Al-Ikhlas: 121 Keutamaan surat Al-Ikhlas: 122 Sabab nuzul Surat Al-Ikhlas: 123 Tafsir surat Al-Ikhlas: 125 Makna Al-Ikhlash secara ringkas: 129 Pelajaran yang diambil dari ayat: 130 Bab (5): Balasan Abu Lahab Dan Istrinya.... 132 Penamaan surat: 132 Hubungan dengan surat sebelumnya: 133 Kandungan surat Al-Masad: 133 Sabab nuzul ayat: 134 Tafsiran ayat: 140 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Masad: 152 Bab (6): Penaklukan Kota Makkah..... 158 Penamaan surat An-Nashr: 158 Hubungan dengan surat sebelumnya: 159 Kandungan surat An-Nashr: 159 Keutamaan surat An-Nashr: 160 Sabab nuzul surat An-Nashr: 161 Waktu turunnya surat An-Nashr: 163 Tafsiran surat: 165 Pelajaran yang diambil dari surat An-Nashr: 168 Bab (7): Kewajiban Membebaskan Diri Dari Syirik, Kekufuran, Dan Perbuatan Orang Kafir..... 176 Makna mufradat: 177 Penamaan surat: 178 Keutamaan surat Al-Kafirun: 178 Kandungan surat Al-Kafirun: 180 Sabab nuzul ayat: 181 Tafsiran surat: 183 Pelajaran yang diambil dari surat Al-Kafirun: 188 Bab (8): Nikmat Besar Yang Diberikan Kepada Nabi Saw...... 193 Penamaan Surat: 193 Hubungan dengan surat sebelumnya: 194 Kandungan surat Al-Kautsar: 195 Keutamaan surat Al-Kautsar: 196 Sabab nuzul surat Al-Kautsar: 198 Tafsiran surat: 200 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Kautsar: 202 Bab (9): Balasan Orang Kafir Dan Munafik..... 205 Makkiyah atau Madaniyah: 206 Penamaan surat Al-Maa’un: 206 Hubungan dengan surat sebelumnya: 207 Kandungan surat Al-Maa’un: 208 Sabab nuzul ayat (1): 209 Sabab nuzul ayat (4): 210 Tafsiran Ayat: 211 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Maa’un: 224 Bab (10): Berbagai Nikmat Allah Yang Diberikan Kepada Kaum Quraisy.... 229 Penamaan surat Quraisy: 229 Hubungan dengan surat sebelumnya: 230 Kandungan surat Qurasiy: 231 Keutamaan surat Quraisy: 232 Tafsir surat Quraisy: 233 Faidah dan pelajaran yang diambil dari ayat: 241 Bab (11): Kisah Pasukan Bergajah..... 243 Penamaan surat: 244 Hubungan dengan surat sebelumnya: 244 Kandungan surat Al-Fiil: 245 Kisah pasukan bergajah: 246 Tafsir Surat Al-Fiil: 252 Hukum dan pelajaran dari surat Al-Fiil: 257 Bab (12): Balasan Bagi Yang Suka Mencela Manusia.... 261 Penamaan surat Al-Humazah: 262 Hubungan dengan surat sebelumnya: 262 Kandungan surat Al-Humazah: 262 Tafsir surat Al-Humazah: 263 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Humazah: 282 Bab (13): Kondisi Orang Mukmin Dan Kafir..... 286 Penamaan surat: 286 Hubungan dengan surat sebelumnya: 287 Kandungan surat Al-Ashr: 288 Keutamaan surat Al-Ashr: 288 Tafsir surat Al-Ashr: 291 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Ashr: 297 Bab (14): Berbangga Dengan Dunia.... 300 Penamaan At-Takatsur: 301 Hubungan dengan surat sebelumnya: 301 Kandungan surat At-Takatsur: 302 Sabab nuzul ayat: 303 Tafsir surat At-Takatsur: 305 Pelajaran yang diambil dari surat At-Takatsur: 314 Bab (15): Kondisi Hari Kiamat Yang Sangat Menakutkan..... 317 Penamaan surat Al-Qari’ah: 318 Hubungan dengan surat sebelumnya: 318 Kandungan surat Al-Qari’ah: 319 Tafsiran surat Al-Qari’ah: 320 Faidah dan pelajaran dari surat Al-Qari’ah: 329 Bab (16): Mengingkari Nikmat, Pelit, Dan Lalai Bersiap Untuk Akhirat.... 333 Penamaan surat Al-Aadiyat: 334 Hubungan dengan surat sebelumnya: 335 Kandungan surat Al-Aadiyaat: 336 Tafsir surat Al-Aadiyaat: 337 Faidah dan pelajaran dari surat surat Al-Aadiyaat: 347 Bab (17): Tanda-Tanda Kiamat Dan Balasan Amal Perbuatan Masing-Masing Orang..... 350 Penamaan surat Az-Zalzalah: 351 Hubungan dengan surat sebelumnya: 351 Kandungan surat Az-Zalzalah: 352 Sabab Nuzul Ayat: 353 Keutamaan surat Az-Zalzalah: 354 Tafsir Surat Az-Zalzalah: 359 Ibrah dan pelajaran dari surat Az-Zalzalah: 370 Bab (18): Surat Al-Bayyinah..... 372 Penamaan surat Al-Bayyinah: 373 Hubungan dengan surat sebelumnya: 374 Kandungan surat Al-Bayyinah: 375 Keutamaan surat Al-Bayyinah: 376 Tafsir Ayat 1-5: 379 Tafsir ayat 6-8 Al-Bayyinah: 397 Daftar Referensi... 412 Tentang penulis: 414

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَبَعْدُ: Pada zaman ini kaum muslimin sangat perlu memahami Al-Qur'an dan berpegang padanya, terlebih dalam ...

Buku Tafsir Pendidikan

Buku Tafsir Pendidikan adalah sebuah karya yang menawarkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat Al-Qur’an melalui lensa pendidikan. Buku ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana ajaran-ajaran Al-Qur’an dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan modern, sehingga menciptakan sistem pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan moral. Penulis mengelaborasi ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan konsep pendidikan, mulai dari metodologi Tafsir pendidikan, Nilai-Nilai pendidikan, Kisah-kisah Nabi, pendidikan keluarga, etika dalam belajar, hingga pendidikan sosial dalam al-Qur'an. Buku ini mengajak pembaca untuk menggali lebih dalam tentang prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat menjadi landasan dalam membangun generasi yang berilmu, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Buku persembahan penerbit PenaCendekia #PenaCendekiaPustaka

Buku Tafsir Pendidikan adalah sebuah karya yang menawarkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat Al-Qur’an melalui lensa pendidikan.

Manajemen Evaluasi Pendidikan - Rajawali Pers

Manajemen pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan paradigma (cara pandang) terhadap hakikat dan fungsi pendidikan. Paradigma baru pendidikan nasional mengacu kepada pengelolaan pendidikan oleh SDM yang profesional. Dalam rangka mengelola sistem pendidikan nasional, ada beberapa prinsip dasar untuk menuju masyarakat Indonesia baru, yaitu: (1) partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikannya (community based education); (2) demokratisasi proses pendidikan; (3) sumber daya pendidikan yang profesional; dan (4) sumber daya penunjang yang memadai. Keempat faktor ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan kemampuannya agar sistem dan manajemen pendidikan mampu memberdayakan manusia Indonesia di masa depan. Untuk melaksanakan paradigma baru dalam implementasi manajemen, maka unsur-unsur manajeman pendidikan Islam harus terakomodir dengan baik, seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), menurut Al-Qur’an. Ketercapaian dan keberhasilan program atau kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui manajemen evaluasi yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam, seperti madrasah dan pondok pesantren, akan terlihat dengan jelas dari pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam yang dilakukan. Sehingga amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), dapat terealisasi dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk upaya dan penegasan bagi pelaku, pemerhati, dan pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan, terutama bagi kalangan mahasiswa, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, yakni UIN/IAIN/STAIN/IAIS/STAIS. Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang manajemen evaluasi dan bagaimana melakukan manajemen suatu program kerja, dan mengevaluasinya, sehingga tujuan dari program kerja yang disusun tercapai dengan baik.

... teknologi pendidikan termasuk di dalamnya teknologi pengukuran dan penilaian prestasi belajar siswa, dalil tersebut sudah mulai luntur. Kini banyak orang khususnya para guru atau pengajar mulai menyadari bahwa masalah pengukuran dan ...

Modernisasi Pendidikan Agama Islam

Judul : Modernisasi Pendidikan Agama Islam Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 175 Halaman ISBN : 978-623-497-086-9 Sinopsi Buku Buku ini merupakan pengantar atau kajian awal bagi siapapun yang hendak mengembangkan pendidikan agama Islam (PAI) dari berbagai sudut pandang, tujuannya adalah agar Pendidikan Agama Islam dapat berkembang secara dinamis di tenggah krisis kebangsaan yang mutlidimensi. Dalam usaha mengatasi persoalan-persoalan pendidikan Islam di era modern, penulis mencoba memberikan tawaran-tawara gagasan tentang pengembangan pendidikan agama Islam dari berbagai perspektif. Selain itu, penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dan landasan yang kokoh bagi pelaksana Pendidikan Agama Islam, pengembangan dan menyelenggaraan program pendidikan agama Islam harus sejalan dengan pekembangan era, dimana era saat ini adalah era revolusi industry 4.0, dan sekolah atau madrasah begitu pula perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Buku ini sangat penting dibaca oleh mahasiswa, guru dan dosen untuk dijadikan salah satu sumber referensi dalam pengembangan pendidikan agama Islam baik secara praktis maupun konsep. Serta tentunya amat bermanfaat bagi kepala madrasah dan pengelola lembaga pendidikan berbasis Islam di antaranya sebagai pedoman dalam pengambilan kebijakan pendidikan Islam. Adapun bagi mahasiswa selain sebagai referensi dalam menyelesaikan tugas kuliahnya, buku ini dapat menjadi bahan dalam pengembangan potensi dan wawasan dalam bidang pendidikan Islam Seiring dengan pekembangan zaman, tantangan yang dihadapi umat Islam semakin kompleks. Modernisasi dan globalisasi memaksa pendidikan Islam untuk merekonstruksi ulang agar SDM yang dihasilkan tetap survive dalam kehidupan global. Lebih dari sekadar pendidikan Islam dalam pengertian normatif, buku ini mencakup sejumlah gagasan tentang isu-isu kontemporer yang dihadapi umat Islam di era global. Beberapa tema buku ini, yaitu: Kompetensi kepribadian pendidik, pendidikan multicultural dalam Al-Quran, etika belajar dalam Al-Quran, konsep pendidikan dalam pespektif A-Quran, dan tema-tema menarik lainnya. Tema tersebur bersumber dari pengalaman penulis yang menjadi pemikir sekaligus praktisi pendidikan Islam, buku ini menawarkan ide-ide baru yang orisinal dan membumi untuk menghadapi era modernisasi.

... sekolah. Sejalan dengan pendapat di atas, Dedy S. menjelaskan bahwa usia dini disebut pula dini usia adalah umur atau waktu tertentu seorang anak sebelum sampai pada usia sekolah dalam pendidikan dasar.97 Melihat hal tersebut, bahwa ...

Berdakwah dan Berpolitik Ala Umar bin Khattab (Studi Hisoris Strategi Dakwah dan Komunikasi Politik Umar Selama Menjadi Khalifah)

Judul : Berdakwah dan Berpolitik Ala Umar bin Khattab (Studi Hisoris Strategi Dakwah dan Komunikasi Politik Umar Selama Menjadi Khalifah) Penulis : Mainuddin, M.Pd.I. dan M. Feri Firmansyah S.Pd.I, M.Sos Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 212 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-8756-38-4 No. E-ISBN : 978-623-8756-41-4 (PDF) SINOPSIS Tulisan ini membahas tidak hanya tentang Umar bin Khatthab. Tetapi lebih khusus pada strategi dakwah dan komunikasi politiknya. Yakni bagaimana Umar bin Khatthab berdakwah dan membangun komunikasi politik dengan masyarakat ataupun bawahannya. Ini sangat urgen bagi para dai dan politikus sekarang yang miskin akan teladan terbaik. Umar bin Khatthab sebagaimana yang kita ketahui adalah salah satu sahabat terbaik dan yang paling dekat Rasulullah saw. Selain itu, Umar bin Khatthab merupakan sahabat Rasulullah saw yang sangat visioner. Karena banyak landasan fiqih yang dia kembangkan denga ijtihad, kontribusinya terhadap peradaban Islam bahkan banyak ayat-ayat al-Quran yang membenarkan sikap Umar bin Khatthab ketika ia memberikan masukan kepada Rasulullah saw. Inilah alasan penulis mengambil tema tentang Umar bin Khatthab yang lebih dari sekedar bioghrafi beliau. Ternyata banyak hal-hal yang perlu kita gali dari Umar bin Khatthab selalu orang yang dididik langsung oleh Rasulullah SAW

... Islam rahmatan lil ' alamin . Dalam menjalankan tugasnya pegawai yang ditunjuk oleh Umar berperan sebagai dai , sehingga menjadi teladan bagi umat . Karena seorang dai adalah uswah bagi umat , maka akhlak da'i muslim adalah akhlak Islam ...

BUKU AJAR MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Seorang guru ketika akan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, selain pemilihan model, strategi, metode, tentunya harus direncanakan dan dipersiapkan pula dengan matang terkait pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan. Karena dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, menjadikan pengalaman belajar lebih bermakna dan mudah dipahami yang pada akhirnya akan mempermudah juga dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Terdapat banyak pilihan ragam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru, baik yang sifatnya media by design (media rancangan) atau media by utilization (media jadi yang merupakan komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran). Pembahasan materi dalam buku ini meliputi ruang lingkup media teknologi pembelajaran, perkembangan media pembelajaran, dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran, pengembangan dan evaluasi media pembelajaran, media grafis, media audio, media proyeksi, media tiga dimensi dan multimedia, media pembelajaran berbasis komputer, membuat media pembelajaran berbasis komputer satu tatap muka. Pemaparan yang lugas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh gambar, mudah mudahan akan mempermudah pembaca dalam memahami materi yang ada di buku ini. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi para mahasiswa dalam mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran serta menjadi referensi tambahan yang bisa dinikmati oleh para dosen/pengampu mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran khususnya di lingkungan fakultas tarbiyah baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

... PEMBELAJARAN SEMESTER Mata Kuliah Media dan Tekonologi Pembelajaran PAI Pengesahan Kode MK Kode : PAI.MKU.5.19 ... evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI ( Pendidikan Agama Islam ) KU.10 Menunjukkan kemampuan ...

Tafsir Tarbawi : Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan

Judul : Tafsir Tarbawi : Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan Penulis : Dr. Almaydza Pratama Abnisa, S.S., M.Pd.I. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 156Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-805-3 No. E-ISBN : 978-623-162-804-6 (PDF) SINOPSIS Islam bukan hanya agama ibadah semata, tetapi juga sebuah panduan lengkap untuk kehidupan, termasuk dalam hal pendidikan. Kewajiban belajar mengajar dijabarkan sebagai fondasi yang kuat untuk membangun masyarakat yang cemerlang dan beradab. Tujuan pendidikan, menurut Al-Qur’an, adalah membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan berkontribusi positif pada lingkungan sekitarnya. Dalam konteks subjek dan objek pendidikan, Al-Qur’an menekankan pentingnya pemahaman yang komprehensif tentang ilmu pengetahuan, seni, dan nilai-nilai kehidupan. Metode pendidikan yang diambil dari ajaran Al-Qur’an bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga pengembangan karakter dan moralitas. Al-Qur’an bukan hanya kitab petunjuk agama, tetapi juga pedoman hidup sehari-hari yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Potensi-potensi yang perlu dikembangkan melalui pendidikan, sebagaimana diungkapkan dalam Al-Qur’an, melibatkan pengembangan potensi intelektual, emosional, dan spiritual. Pendidikan yang paling diprioritaskan, menurut perspektif Al-Qur’an, adalah pendidikan yang membangun jiwa anak didik, memberikan mereka pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan, dan membimbing mereka menjadi individu yang bertanggung jawab dan bermoral. Pentingnya mengidentifikasi dan membedakan antara lingkungan pendidikan yang baik dan buruk menjadi jelas melalui tafsir Al-Qur’an. Lingkungan yang baik adalah yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan positif, sementara lingkungan yang buruk dapat menghambat potensi anak didik. Oleh karena itu, kita dituntut untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran dan perkembangan anak didik. Tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak, menurut Al-Qur’an, adalah amanah yang sangat besar. Orang tua harus menjadi teladan dalam perilaku dan moralitas, membimbing anak-anak menuju jalan yang benar, dan memberikan pendidikan yang memadai sesuai dengan ajaran Islam. Terakhir, tafsir ayat Al-Qur’an tentang pendidikan mengingatkan kita bahwa pengetahuan adalah anugerah yang harus dihargai dan dikembangkan. Ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi juga untuk kesejahteraan umat dan masyarakat.

Judul : Tafsir Tarbawi : Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan Penulis : Dr. Almaydza Pratama Abnisa, S.S., M.Pd.I. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 156Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-805-3 No. E-ISBN : 978-623-162 ...

Dasar Manajemen Bisnis

Tidaklah dimungkiri, ilmu manajemen diperlukan oleh hampir semua jenis profesi, baik yang bekerja di pemerintah, swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Dalam keperluan inilah, buku Dasar Manajemen Bisnis ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca Tujuan buku Dasar Manajemen Bisnis ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang Dasar Manajemen Bisnis.

Dalam keperluan inilah, buku Dasar Manajemen Bisnis ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca Tujuan buku Dasar Manajemen Bisnis ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang ...

Profesi Keguruan

Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat

Profesi keguruan merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik. Guru yang profesional merupakan produk dan hasil dari suatu pendidikan profesi guru dengan mengandalkan kualitas keilmuan yang tinggi, moralitas yang agung, serta ditunjang berbagai kapabilitas yang tidak diragukan lagi efektivitas dan efisiensinya dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran. Begitu pula sebutan guru profesional berlaku dalam seluruh aktivitas kehidupannya baik di sekolah maupun di luar sekolah seperti lingkungan dan masyarakat. Namun untuk menjadi guru yang profesional tidaklah mudah karena memerlukan pendidikan khusus yaitu pendidikan profesi guru dan proses yang berkelanjutan. Hadirnya buku ini merupakan dalam rangka membantu merealisasikan guru profesional di negeri ini. Isi buku ini seluruhnya berkaitan dan sesuai dengan kebutuhan guru profesional dan pemerhati pendidikan. Dimulai dari pembahasan tentang pemahaman arti profesi dan guru secara mendalam, kompetensi guru, hard skill dan soft skill guru, perencanaan pembelajaran, kode etik profesi guru, supervisi pendidikan, dan program sertifikasi profesi guru yang kesemuannya itu telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Juga ditambahkan berbagai konsep pendidikan Islam sehingga buku ini mencoba untuk menggabungkan pendidikan secara umum dengan pendidikan Islam. Ini karena guru profesional adalah guru yang memiliki intelektualitas yang bermutu, bermoral religius, dan memiliki kapabilitas (multi talented) dalam proses pendidikan. Buku ini merupakan buku rujukan utama mata kuliah Profesi Keguruan bagi mahasiswa, namun buku ini juga sangat sesuai dan berguna bagi para pendidik atau guru, pemerhati dan praktisi pendidikan, semua civitas akademika, dan bagi siapa pun yang peduli pada peningkatan kualitas pendidikan.

Profesi keguruan merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik.