Sebanyak 12 item atau buku ditemukan

WAKAF UANG: KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA

Buku ini akan sangat membantu bagi praktisi Wakaf Uang. Di dalamnya dijelaskan konsep-konsep wakaf uang serta bagaimana iumplementasinya. Konsep yang dimaksud adalah konsep wakaf secara umum dan wakaf uang secara khusus. Unsur-unsur wakaf uang pun di jelaskan secara rinci dan pula disertakan beberapa tugas pokok dan fungsinya. Konsep cara mengelola kader wakaf atau duta wakaf atau syiar wakaf yang sangat diperlukan dalam proses marekting wakaf uang pun dijelaskan. Kurikulum dan konten pendidikan yang perlu diajarkan disampaikan secara singkat dan belum memiliki tingkat teknisnya terutama bagaimana kurikulum itu diimplementasikan di ruang-ruang kelas. Buku ini bisa menjadi anak tangga untuk menjadi pertimbangan dalam menggagas pendidikan wakaf uang. Beberapa konsep implementasi dijelaskan secara gamblang di dalam buku ini terutama dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf uang. Penjelasan investasi wakaf uang yang paling aman adalah menggunakan cash waqf linked sukuk (CWLS) yang juga disertakan secara tersendiri karena menjadi solusi terbaik untuk wakaf uang. Selain aman dan tingkat resiko rendah, konsep ini pun bisa membantu negara dalam mendanai projek nasional pembangunan sehingga kemanfaatannya sangat jelas. Tentu saja, Wakaf jenis ini bukan satu pilihan, membiayai sektor produktif adalah cara yang real untuk mengembangkan ekonomi umat. Beberapa pemikiran filantropi yang pernah di publikasikan melalui buletin Jum’at milik lembaga Filantropi Baznas yakni Bait al Mal dan milik BWI yakni Auqaf disertakan dalam buku ini agar menjadi wacana yang terhubung dengan kebutuhan publik. Pun, dalam buku ini pun disisipkan produk-produk hukum dari UU Wakaf, Peraturan Menteri Agama tentang wakaf uang beserta dengan peraturan di bawahnya serta beberapa kaitan teknis yang mendampinginya.

Setiap Pemesanan Pembelian kemudian akan diteruskan secara real time dari Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi ke Sistem Elektronik Kementerian Keuangan Republik Indonesia. f. Sistem Elektronik Kementerian Keuangan ...

FILSAFAT MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Keadaan filsafat manajemen pendidikan islam menjadikan perdebatan kedudukan dan juga menjadikan pertanyaan. Apakah hal ini mempunyaikontribusi terhadap pendidikan. Tapi yang jelasa dalam pendidikan saangat dibutuhkan landasan yang ideal dan rasional yang memberikan pandangan paling mendasar, menyeluruh dan sistematis tentang hakikat di balik masalah manajemen pendidikan islam yang akan dihadapi. Dengan demikian filsafat manajemen pendidikan islam menyumbang analisisnya kepada pendidikanislam tentang hakikat masalah yang nyata dan rasional yang mengandung nilai-nilai dasar yang dijadikan landasan atau petunjuk.

DAFTAR PUSTAKA Harjani hafni, 2015,Komunikasi Islam, Prenadamedia Grup, Jakarta. Hafied Canggara, 2008, Pengantar Ilmu Komunikasi,PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta. Hidayat, Rahmat, dan Wijaya, Candra, Ayat-Ayat Alquran Tentang ...

Teknologi Pengolahan Buah Tropis Indonesia

Buku ini sengaja disajikan cukup ringan tetapi tetap ilmiah dengan isi yang agak luas. Secara garis besar, isinya dapat dipilah menjadi tiga bagian. Pertama, paparannya dimulai dari uraian ringkas mengenai makna buah-buahan bagi kesehatan, potensi, prospek dan tantangan dalam pengembangan agribisnis buah-buah tropis di Indonesia. Karakteristik buah-buahan secara umum dan faktor-faktor penyebab kerusakan, baik dari aspek sifat bawaan maupun dari pengaruh faktor lingkungan biotik maupun abiotik diuraikan secara singkat. Potensi kerusakan akibat penanganan pascapanen hingga penyimpanan, pengemasan dan pengangkutan buah segar juga dikemukakan. Bagian kedua buku ini mengemukakan secara umum mengenai berbagai tipikal produk olahan buah-buahan Indonesia yang berbentuk makanan padat maupun minuman berbagai jenis. Produk olahan padat meliputi buah kering, pengalengan, produk jam dan jelly, manisan buah dan buah hasil restrukturisasi dan keripik buah. Olahan berbentuk minuman antara lain berupa minuman probiotik (terfermentasi) berbasis buah dan minuman buah berbagai jenis. Buah-buahan tertentu dipilih untuk ditampilkan sebagai bagian ketiga yang sekaligus sebagai bagian terakhir buku. Bagian ketiga antara lain memuat mengenai deskripsi, komposisi pohon industri dan produk olahan masing-masing buah seperti: belimbing, belimbing wuluh, manga, nanas, nangka, pisang, sirsak, sukun, apel dan delima. Sebagian di antaranya juga memuat manfaat dan tingkat produksinya. Peluang riset di masa mendatang terkait dengan pengolahan buah-buahan tropis juga dikemukakan. Buku ini dapat digunakan sebagai rujukan bagi siapa saja yang tertarik dengan buan-buahan tropis Indonesia, baik dari kalangan perguruan tinggi, peneliti, industri, maupun masyarakat umum pemerhati masalah buah-buahan tropis Indonesia.

Buku ini sengaja disajikan cukup ringan tetapi tetap ilmiah dengan isi yang agak luas.

STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH

Pendidikan fiqih merupakan salah satu pelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam institusi pendidikan, mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi Islam sebagai sarana mewujudkan tujuan pendidikan, yakni untuk membentuk manusia yang mengerti akan syari’at agama Islam. Pendidikan pembelajaran fiqih menekankan dan membahas tentang ibadah dan muamalah yang ada dalam syari’at Islam, dan diharapkan dengan belajar ilmu fiqih manusia dapat mengetahui dan memahami serta mengaplikasikan ilmu-ilmu fiqih dalam kehidupan sehari-hari. Makalah ini akan menguraikan tentang hakikat pembelajaran ilmu fiqih yang mencakup pengertian, tujuan, ruang lingkup, dan urgensi pembelajaran ilmu fiqih.

Pendidikan fiqih merupakan salah satu pelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam institusi pendidikan, mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi Islam sebagai sarana mewujudkan tujuan pendidikan, yakni untuk membentuk ...

TEORI FILSAFAT MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Latar belakang lahirnya filsafat islam adalah karena pada abad ke 16 umat Islam menjalankan ibadah hanya sebatas menggugurkan kewajiban. Tokoh-tokoh dalam filsafat Islam diantaranya: al-Kindi, al-Farabi, dan Ibn Bajjah. Pokok masalah yang dibahas dalam filsafat Islam adalah hubungan filsafat (akal) dan agama, tentang kejadian alam, dan tentang roh serta kelangsungan hidup.

... Philosophy 2nd Edition Harmond sworth: Penguin, 1966. Joseph A. Schumpeter, A History of Economic Analysis, (New york: Oxford University Press, 1954), Adiwarman A. Karim, Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007 ...

Manajemen Pendidikan Islam

(Analisis Kajian Teori-Teori Kekinian)

Mengingat pentingnya pendidikan sebagai investasi mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik. Prinsip-prinsip manajemen seperti planning, organizing, actuating, budgeting dan controlling seharusnya mendapatkan perhatian. Sebab tanpa itu semua, pengelolaan pendidikan akan berkualitas rendah dan pemborosan (watages) atau yang dikenal dengan ekonomi biaya tinggi yang merugikan dan mengakibatkan rendahnya produktivitas. Manajemen dalam pelaksanaan program pendidikan bukanlah tujuan tetapi alat atau metode untuk mencapai mutu dan meningkatkan performance yang harapkan. Di indonesia upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan, salah satunya adalah dengan perbaikan pola manajemen. Kebijakan desentralisasi adalah bentuk pebaikan dan reparadigmatisasi pengelolaan pendidikan dimana terdapat penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya. Diantara aspek yang menjadi kewenangan pemerintah daerah (provinsi) adalah penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial. Hal ini merupakan jawaban dan solusi keterpurukan pendidikan nasional yang menurut World Bank dalam Educational Indonesia: From Crisis to Recovery disebabkan oleh empat hal yaitu, pertama kompleksitas pengorganisasian pendidikan, Kedua, praktek manajemen yang sentralistik, Ketiga, penganggaran dan pengelolaan pendidikan yang kaku, dan Keempat, manajemen pada tingkat sekolah yang tidak efektif. Buku ini adalah salah satu bentuk usaha memberikan acuan bacaan konseptual-teoritis dalam bidang manajemen pendidikan. Oleh karena itu saya memberi apresiasi terhadap penerbitan buku ini di tengah-tengah masih terbatasnya buku manajemen pendidikan.

Mengingat pentingnya pendidikan sebagai investasi mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik.

PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK ANAK USIA DINI

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Karakteristik kurikulum 2013 adalah salah satunya tematik. Model pembelajaran tematik sejatinya adalah model pembelajaran terpadu yang menggabungkan berbagai mata pelajaran untuk dijadikan satu keutuhan dalam satu tema. namun, mengingat bahwasanya dalam pendidikan anak usia dini tidak memiliki mata pelajaran, maka tematik disini adalah mengaitkan satu tema dengan seluruh perkembangan anak usia dini yang berdasarkan kurikulum 2013 ada 6 aspek perkembangan yaitu spiritual, sosial emosional, kognitif, bahasa, keterampilan dan terakhir adalah seni. Hal yang harus diperhatikan dalam model pembelajaran tematik adalah tema yang diangkat sesuai dengan berbagai macam pengalaman siswa dan lingkungannya. Dalam buku ini akan membahas sebagai berikut : 1) hakikat Konsep Pembelajaran tematik 2) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik 3) Desain pelaksanaan Pembelajaran Tematik Bagi AUD 4) Model Pembelajaran Tematik 5) Penyusunan Satuan Kegiatan Harian Pembelajaran RA Semoga buku kolaborasi antar Perguruan Tinggi ini dapat bermanfaat bagi dunia akademik khususnya dan menambah khazanah keilmuan dibidang Pendidikan

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Prosiding Seminar Kebangsaan Kecemerlangan Tamadun Islam dalam Agro, Sains dan Teknologi

diadakan di Universiti Malaya, Kuala Lumpur, pada 1-2 April 2008

Mengandungi 33 kertas kerja yang telah dibentangkan di dalam seminar.

Mengandungi 33 kertas kerja yang telah dibentangkan di dalam seminar.

Moderasi Islam di Era Disrupsi

Buku ini adalah antologi Esay dari para Cendekiawan Muslim di Jawa Barat. Isinya mengenai masalah era disrupsi yang dijawab melalui pendektan Pendidikan Islam, Pemikiran Islam, Ekonomi Islam, Kearifan Lokal dan Filosofi Islam. Buku ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki keinginan untuk menggali hubungan Islam dengan era disrupsi yang diawali dengan kekacauan tatanan kehidupan akibat kemajuan era abad 21

Buku ini adalah antologi Esay dari para Cendekiawan Muslim di Jawa Barat.