Sebanyak 710 item atau buku ditemukan

ISLAMIC STUDIES & CHARACTER BUILDING

Kelima prinsip dasar inilah yang juga menjadikan Islam sebagai garda agama rahmatan lil alamin, yang ajaran serta konsep keagamaan tidaklah ekslusif (tertutup), melainkan bersifat inklusif (terbuka). Lima jaminan dasar inilah yang ...

ILMU SOSIALDAN BUDAYA DASAR

Buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) ini merupakan salah satu buku ajar yang dibuat di Kampus STKIP Singkawang dengan menyusaikan visi-misi STKIP Singkawang.“Buku ajar ini terdiri beberapa bab yaitu: (1) Pengantar Ilmu Sosial Budaya Dasar”(2). Manusia sebagai makhluk berbudaya (3) Manusia dan kehidupan sosialnya(4)“Manusia, budaya, dan peradaban”(5) “Manusia, kebragaman, dan kesetaraan”(6) “Nilai, moral, dan hukum dalam kehidupan manusia”(7) “Sains dan teknologi bagi manusia(8)Lingkungan bagi kesejahteraan manusia.”Dalam penerapannya pada perkuliahan Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) disusun untuk 16 kali pertemuan perkuliahan selama satu semester.”Bagi para pendidik perlu juga untuk memberikan pengetahuan dan wawasan lain kepada mahasiswa selain bahan ajar dasar yang ada di buku ini, seperti; kuliah umum ataupun observasi langsung kelapangan dalam kehidupan masyarakat yang disesuaikan dengan karakteristik Program Studi di STKIP Singkawang.“Oleh sebab itu perlu perencanaan yang baik dan kreativitas dosen pengampu dalam aplikasinya.”

Buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) ini merupakan salah satu buku ajar yang dibuat di Kampus STKIP Singkawang dengan menyusaikan visi-misi STKIP Singkawang.“Buku ajar ini terdiri beberapa bab yaitu: (1) Pengantar Ilmu Sosial Budaya ...

Aksiologi Sebagai Dasar Pembinaan Kepribadian Bangsa dan Negara Indonesia

Ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya tidak cukup apabila hanya memperhatikan kemajuan ilmiah di bidangnya masing-masing. Masing-masing cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya perlu selalu memperhatikan landasan filsafatnya, yaitu landasan-landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologinya. Ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dituntut dapat memberi sumbangan penyelesaian terhadap masalah-masalah konkret yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan negara secara kritis, komprehensif, sekaligus evaluatif. Buku ini bagi ilmu pengetahuan dapat menjadi pertimbangan tentang ruang lingkup aktivitasnya, yaitu pada lingkup pengalaman empiris dan pragmatis. Pengertian tentang terbatasnya lingkup ilmu pengetahuan pada pengalaman empiris dan pragmatis diharapkan dapat menjadi pendorong para ilmuwan untuk memperluas dan memperdalam dasar-dasar teorinya hingga tingkat pengetahuan tentang sumber dan hakikat objek ilmiah yang ditekuni, metode hingga pemanfaatannya, yaitu landasan ontologi dan epistemologi sampai dengan landasan nilai aksiologinya. Buku ini diharapkan juga bermanfaat bagi ilmu filsafat, yaitu dapat menjadi pertimbangan bahwa ilmu filsafat sebagai aktivitas pemikiran rasional dapat lebih bermakna fungsional. Konsep teoretis filsafat bukan hanya menjadi konsep-konsep teoretis substantif, melainkan juga dapat bermanfaat untuk kepentingan hidup berbangsa dan bernegara. Aksiologi bersama dengan ontologi dan epistemologi sangat bermanfaat untuk mengembangkan moralitas Pancasila sebagai landasan dinamis pengembangan kebudayaan, sistem pendidikan, dan ilmu pengetahuan di Indonesia. Selain itu, melalui buku ini masyarakat dan bangsa Indonesia diharapkan dapat mengantisipasi masa modernisasi dan globalisasi dengan perencanaan pengembangan kepribadian kebangsaan Indonesia dan merumuskan prinsip bernegara yang berpedoman pada nilai-nilai budaya Indonesia, tetapi tidak eksklusif karena dikaitkan pada nilai-nilai aksiologi yang universal. Dengan demikian, hasil analisis buku ini dapat memberikan sumbangan pemikiran yang mendasar dan komprehensif bagi bangsa Indonesia dalam mempersiapkan diri menyongsong masa depan.

Ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya tidak cukup apabila hanya memperhatikan kemajuan ilmiah di bidangnya masing-masing.

Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Prasasti Palah 1119 Ś

Prasasti Palah 1119 ? merupakan salah satu prasasti masa Kerajaan Kadiri yang masih in situ dan ditemukan satu konteks dengan Kompleks Candi Panataran: bangunan suci Palah. Prasasti Palah dikeluarkan pada tahun 1119 ? (1197 M) pada bulan Juni–Juli oleh Sri Maharaja Sri Sarwwe?wara yang bergelar Çri Wikram?wat?r?nindita Digjayotunggadewan?ma dan menggunakan lencana kebesaran Çrnggalañcana. Prasasti Palah 1119 ? terkait dengan peristiwa penetapan s?ma kepada s?mya sang catur lurah, dan peristiwa suci ini diresmikan dengan pendirian batu prasasti melalui upacara prathista untuk sebuah bangunan suci, yaitu Candi Panataran (Candi Palah) yang diperuntukkan bagi pemujaan kepada Paduka Bhat?ra di Palah. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa paparan isi Prasasti Palah 1119 ? mengandung nilai-nilai abadi pendidikan karakter, yaitu nilai religius, disiplin, kerja keras, demokratis, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kesembilan “nilai-nilai abadi pendidikan karakter” tersebut telah mengakar kuat sejak abad ke-12 hingga abad ke-14 M. Temuan penelitian ini layak untuk dikembangkan, diinternalisasikan, dan direlevansikan dengan konteks kehidupan kekinian jelang abad ke-21 M. Penerapan atau penginternalisasian nilai-nilai abadi pendidikan karakter pada isi Prasasti Palah 1119 ? memerlukan proses pembelajaran terus-menerus pada peserta didik di kelas dengan inovasi pembelajaran yang menarik, berbasis teknologi abad ke-21 M. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa paparan tentang Prasasti Palah 1119 ? ini telah menjadi panduan hidup abadi serta mendapat perhatian yang serius dari masyarakat Jawa Kuno sejak masa Kadiri (abad ke-12 M), Singhasari (abad ke-13 M), hingga akhir Majapahit (abad ke-14 M). Hal ini terbukti dengan diabadikannya keberadaan prasasti dan bangunan suci, yaitu Candi Palah (Candi Panataran sekarang), yang bangunan candinya bahkan direnovasi berkali-kali pada masa Majapahit. Dengan demikian, Prasasti Palah 1119 ? dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah, yakni sebagai media abadi tentang nilai-nilai pendidikan karakter. Hal ini juga sangat relevan serta tidak bertentangan untuk dikembangkan dalam konteks kehidupan kekinian. Selamat membaca para khalayak karena buku referensi ini sangat menginspirasi!

Nilai yang dikembangkan dalam pendidikan karakter dirumus-kan dari empat sumber, yaitu agama, Pancasila, budaya, ... karakter akan berhasil, bila disertai dengan media pembelajaran yang tepat dan diberikan sejak anak usia dini.

METODE PENDIDIKAN SEKSUALITAS DI TAMAN KANAK-KANAK

Panduan Praktis untuk Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Metode pendidikan seksualitas di Taman Kanak-Kanak sebagai upaya perlindungan anak dari kekerasan seksual. Buku ini ditulis dari beragam perspektif baik dari sudut pandang Islam maupun dari ilmu pendidikan anak usia dini, berbasis penelitian dan pengalaman di lapangan. Tujuannya adalah agar pendidikan seksualitas dapat dilakukan sesuai tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak melalui metode bermain peran dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan seksualitas anak sebagai upaya preventif perlindungan anak dari kekerasan seksual. Orang tua dan pendidik merupakan orang yang bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan seksualitas kepada anak dengan membekali pengetahuan seksualitas meliputi dimensi biologis, psikologis, sosial, perilaku, moral, agama dan cultural. Membekali anak dengan pengetahuan perlindungan dari kekerasan merupakan satu perbedaan agar anak terhindar sebagai korban kekerasan seksual. Namun demikian, metode pendidikan seksualitas pada anak Taman Kanak- Kanak tidak dapat dilakukan secara sembarangan, yakni menerapkan semua hal yang berasal dari luar tanpa menyaring dengan ketat. Bagaimanapun, Pendidikan seksualitas masih dihadapkan pada permasalahan dan kenyataan yang kompleks. Diantaranya normative ideologis, psikologis, sosiologis, kultural dan ekonomi. Dalam usaha mengatasi persoalan- persoalan di atas, penulis mencoba memberi gagasan tentang metode pendidikan seksualitas yang dikaji dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana metode pendidikan seksualitas di Taman Kanak- Kanak maupun dilembaga PAUD lainnya.

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Metode pendidikan seksualitas di Taman Kanak-Kanak sebagai upaya perlindungan anak dari kekerasan seksual.

SPSS Survival Manual

A step by step guide to data analysis using IBM SPSS

The SPSS Survival Manual throws a lifeline to students and researchers grappling with this powerful data analysis software. In her bestselling manual, Julie Pallant guides you through the entire research process, helping you choose the right data analysis technique for your project. From the formulation of research questions, to the design of the study and analysis of data, to reporting the results, Julie discusses basic through to advanced statistical techniques. She outlines each technique clearly, providing step by step procedures for performing your analysis, a detailed guide to interpreting data output and examples of how to present your results in a report. For both beginners and experienced users in psychology, sociology, health sciences, medicine, education, business and related disciplines, the SPSS Survival Manual is an essential text. Illustrated with screen grabs, examples of output and tips, it is supported by a website with sample data and guidelines on report writing. This seventh edition is fully revised and updated to accommodate changes to IBM SPSS Statistics procedures, screens and output. 'An excellent introduction to using SPSS for data analysis. It provides a self-contained resource itself, with more than simply (detailed and clear) step-by-step descriptions of statistical procedures in SPSS. There is also a wealth of tips and advice, and for each statistical technique a brief, but consistently reliable, explanation is provided.' - Associate Professor George Dunbar, University of Warwick 'This book is recommended as ESSENTIAL to all students completing research projects - minor and major.' - Dr John Roodenburg, Monash University A website with support materials for students and lecturers is available at www.spss.allenandunwin.com

The SPSS Survival Manual throws a lifeline to students and researchers grappling with this powerful data analysis software.

Quick Guide to IBM® SPSS®

Statistical Analysis With Step-by-Step Examples

Alan C. Elliott and Wayne A. Woodward’s Quick Guide to IBM® SPSS®: Statistical Analysis With Step-by-Step Examples gives students the extra guidance with SPSS they need without taking up valuable in-class time. A practical, accessible guide for using software while doing data analysis in the social sciences, students can learn SPSS on their own, allowing instructors to focus on the concepts and calculations in their lectures, rather than SPSS tutorials. Designed to work across disciplines, the authors have provided a number of SPSS "step-by-step" examples in chapters showing the user how to plan a study, prepare data for analysis, perform the analysis and interpret the output from SPSS. The new Third Edition covers IBM® SPSS® version 25, includes a new section on Syntax, and all chapters have been updated to reflect current menu options along with many SPSS screenshots, making the process much simpler for the user. In addition, helpful hints and insights are provided through the features "Tips and Caveats" and "Sidebars."

The new Third Edition covers IBM® SPSS® version 25, includes a new section on Syntax, and all chapters have been updated to reflect current menu options along with many SPSS screenshots, making the process much simpler for the user.

Paradigma Islam Rahmatan Lil Alamin

Islam adalah agama rahmatan lil alamin. Ia mencakup berbagai hal, melingkupi segala dimensi kehidupan. Dalam konteks pendidikan, Islam berarti proses pencerdasan secara utuh, as a whole, dalam rangka mencapai sa’adatuddarain, kebahagiaan dunia akhirat. Dari segi politik, Nabi Muhammad Saw. mengajarkan kemerdekaan bagi umat yang tertindas. Nabi mengingatkan hak-hak serta tanggung jawab mereka menjadi umat yang melek politik, hingga mereka menjadi umat yang senantiasa berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam dimensi kultural, Nabi mengajarkan umat agar bebas dari tradisi taqlid buta, yakni meniru adat nenek moyang tanpa menggunakan akal kritisnya. “Tidaklah beragama orang yang tidak menggunakan akal pikirannya,” sabdanya. Sebagai seorang penekun pendidikan, buku Prof. Abdurrahman Mas’ud, M.A., Ph.D. ini bisa dikatakan sebagai rekaman intelektual atas realitas yang terjadi. Ia meresponsnya dari bilik-bilik kampus, dari panggung-panggung seminar, workshop, dan secara rutin buah pikirannya juga dituangkan di berbagai surat kabar, majalah maupun jurnal ilmiah. Ia tidak hanya menyorotinya secara kritis tetapi juga memberikan jalan keluar dengan berlandaskan pada ajaran-ajaran Rasulullah Saw. Meskipun buku ini sifatnya tematis dan problematikanya pun beragam, namun, buku ini mempunyai kekuatan tersendiri, yakni kemasan yang menarik dalam menyajikan gagasan secara terfokus, aktual dan kritis.

Sebagai seorang penekun pendidikan, buku Prof. Abdurrahman Mas’ud, M.A., Ph.D. ini bisa dikatakan sebagai rekaman intelektual atas realitas yang terjadi.

PANDUAN PRAKTIS INVESTASI DAN TRADING SAHAM SYARIAH UNTUK PEMULA

Buku ini kami susun untuk membantu menambah literasi masyarakat yang ingin terjun ke dalam investasi pasar modal, sebuah kolam investasi yang di dalamnya berputar uang mencapai hingga 9 Trilyun per hari, sebuah perputaran uang yang sangat besar. Jumlah investor Indonesia per Mei 2019 menurut Bursa Efek Indonesia sebanyak 1,9 juta. Jika dibandingkan jumlah penduduk Indonesia pada 2019 menurut Bappenas yang sebanyak 267 juta jiwa, dengan usia produktif 183 juta jiwa, masih sangat kecil jumlah investor pasar modal di Indonesia.

Khusus untuk daftar saham syariah, BEI (Bursa Efek Indonesia) selalu mengeluarkan data perusahaan mana saja yang sudah syariah.Minimal setiap 6 bulan sekali data tersebut diperbarui. Artinya, bisa jadi saham yang tadinya syariah bisa ...

Konsep Dasar IPS

Secara ringkas buku ini membahas mengenai konsep dasar IPS. Bagian awal buku ini secara runtut mengupas konsep dan ruang lingkup kajian IPS. Pembahasan selanjutnya meliputi kurikulum dan pembelajaran. Kemudian, pembahasan secara terstruktur analogis mengenai stuktur pranata dan proses sosial, prinsip dasar hukum dan pemerintahan, manusia dan lingkungan, pengaruh budaya asing terhadap kebudayaan sejarah perjuangan bangsa, perekonomian, dan pembangunan nasional Indonesia.

Dasar-dasar Ilmu Sosial. (Modul). Yogyakarta: UNY. Mulyana, H.A., Suwanto, Kamaludin, Kosmara, U. (2017). Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan. Jawa Barat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan PP PAUD dan Dikmas. Muslich, Ahmad. 2019.