Sebanyak 271 item atau buku ditemukan

PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK SISWA SMA

Keterampilan menulis karya ilmiah sangat penting artinya bagi siswa dalam rangka mengerjakan tugas-tugas riset di sekolah maupun dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja. Selama mengikuti pendidikan di sekolah, mereka sering diberikan tugas menulis karya ilmiah berupa makalah atau artikel yang berkaitan dengan kegiatan riset yang diikutinya. Lebih dari itu, menulis karya ilmiah harus dipenuhi oleh siswa sebagai salah satu persyaratan menyelesaikan studi di sekolah. Di samping itu, berbagai lomba atau kompetisi menulis karya ilmiah dilaksanakan oleh berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun instansi swasta yang melibatkan pihak sekolah. Hal ini tentu merupakan kesempatan emas bagi siswa untuk mengadu kemampuannya dalam menulis karya ilmiah. Mereka yang benar- benar memiliki keterampilan dalam menulis karya ilmiah akan mampu memenangkan lomba yang bergengsi tersebut. Siswa memiliki ruang tersendiri untuk menulis karya ilmiah. Karya ilmiah tersebut sering menjadi masalah tersendiri bagi siswa. Permasalahannya bukan terletak pada sedikit banyaknya tugas menulis yang diberikan oleh guru, namun bagaimana tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Di antara karya ilmiah yang harus ditulis oleh siswa selama proses pembelajaran di sekolah diantaranya makalah, essay, artikel, laporan penelitian, proposal penelitian, tugas akhir riset dan sebagainya. Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan menulis karya ilmiah merupakan bagian yang tidak terpisahkan di dalam seluruh proses pembelajaran yang dialami oleh setiap siswa selama menuntut ilmu di sekolah. Pada setiap semester, siswa harus menulis karya ilmiah dalam berbagai bentuk di setiap bidang keilmuan yang mereka tempuh. Dengan demikian, mereka diharapkan akan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam mengenai apa yang disebut dengan karya tulis ilmiah dan bagaimana tata cara penulisannya. Namun, keterampilan menulis bagi sebagian besar orang, tidak terkecuali siswa, bukan pekerjaan yang mudah. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling tinggi tingkatannya dibandingkan keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menyimak (mendengarkan). Hal ini mudah dipahami, karena dilihat dari segi tahapan pemerolehan bahasa, keterampilan menulis dilakukan pada tahapan terakhir setelah pemerolehan keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Akhadiah (1997) menyatakan bahwa berbeda dengan kemampuan menyimak dan berbicara, kemampuan menulis tidak diperoleh secara alamiah. Dari keempat keterampilan berbahasa yang ada yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, keterampilan menulis khususnya menulis karya ilmiah dianggap paling sulit. Untuk menguasainya, sungguh diperlukan proses yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills). Menulis bukan merupakan aktivitas tunggal, melainkan kompleks karena didahului oleh aktivitas-aktivitas berbahasa yang lain, seperti membaca dan menyimak. Oleh karena itu, sudah selayaknya setiap siswa memiliki keterampilan yang memadai dalam menulis karya ilmiah, baik berupa laporan hasil penelitian maupun artikel atau jurnal penelitian. Untuk menunjang harapan tersebut, perlu adanya sebuah buku pedoman yang bisa dijadikan sebagai panduan oleh siswa dalam melaksanakan penelitian sekaligus melaporkannya menjadi laporan penelitian yang berupa Tugas Akhir Penelitian.

Keterampilan menulis karya ilmiah sangat penting artinya bagi siswa dalam rangka mengerjakan tugas-tugas riset di sekolah maupun dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja.

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEMPORER

Konstruksi Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Komunikatif - Sosiolinguistik

Konsepsi metodologis pembelajaran bahasa Arab belakangan ini, tampak mengalami stagnasi yang begitu panjang. Antara sesama lembaga pendidikan Islam, mulai dari pesantren, pendidikan formal dan informal, madrasah, diniyah hingga lembaga kursus, belum punya standar metodologis yang disepakati secara bersama-sama sebagai batas capaian minimum. Metode pembelajaran yang ada, merupakan produk klasik yang diterapkan. Belum ada inovasi di tengah perkembangan keilmuan yang sangat pesat. Buku ini sengaja hadir untuk memberikan re-metodologis pembelajaran bahasa Arab yang dimulai dari “pengulitan” nilai, yaitu pendekatan (approach) pembelajaran. Suatu pendekatan yang memadukan antara reposisi konteks kebahasaan dengan mencermin pada budaya kontemporer dan kebudayaan masyarakat Arab terkait dengan post vocabulary. Dengan cara tersebut, bahasa Arab diharapkan “bersinar” kembali, sebagaimana pernah diraih pada selang waktu tahun 1887-1972. Saat itu bahasa Arab mampu menguasai dataran global dengan sumber-sumber literatur berbahasa Arab, ilmuwan-ilmuwan dunia menggunakan bahasa Arab, bahkan pada puncaknya (tahun 1972), UNESCO memberikan penghargaan kepada bahasa Arab sebagai bahasa internasional, setara dengan bahasa Inggris, Perancis, Tunisia, dan Itali.

152 Pendapat Edward Sapir dan Benjamin Lee Whorf ini didasarkan pada penelitian mereka di Indonesia, tepatnya di daerah Jawa dan Sunda (bukan pada bahasa Arab sebagai sentral pembahasan), dalam penelitiannya menghasilkan bahasa dengan ...

Kosakata Tematik Bahasa Korea Tingkat Dasar

Buku ini merupakan salah satu langkah awal bagi pembelajar bahasa Korea tingkat dasar yang ingin menguasai kosakata bahasa Korea dengan baik dan cepat. Kosakata dalam buku ini disusun secara tematik dan disertai dengan terjemahan yang sesuai atau mendekati bahasa Indonesia. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembelajar bahasa Korea.

Buku ini merupakan salah satu langkah awal bagi pembelajar bahasa Korea tingkat dasar yang ingin menguasai kosakata bahasa Korea dengan baik dan cepat.

Kosakata Tematik Bahasa Turki Tingkat Dasar

Buku ini merupakan salah satu langkah awal bagi pembelajar bahasa Turki tingkat dasar yang ingin menguasai kosakata bahasa Turki dengan baik dan cepat. Kosakata dalam buku ini disusun secara tematik dan disertai dengan terjemahan yang sesuai atau mendekati bahasa Indonesia. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembelajar bahasa Turki.

Buku ini merupakan salah satu langkah awal bagi pembelajar bahasa Turki tingkat dasar yang ingin menguasai kosakata bahasa Turki dengan baik dan cepat.

Belajar dan Pembelajaran

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, ditempuh pada semester II oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Topik atau bahasan yang tersaji dalam buku ini disesuaikan atau mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun berdasarkan ketentuan pemberlakukan KBK-KKNI dan Kurikulum Perguruan Tinggi. RPS disusun oleh tim yang ditunjuk dan telah dilokakaryakan di level fakultas, sehingga telah mendapat berbagai masukan dan pencermatan berbagai pihak. Buku ajar ini membahas atau menguraikan sebelas topik, yaitu Konsep belajar dan hakikat belajar, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori belajar konstruktivistik dan teori belajar revolusi sosio-kultural, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, teori neurosains, hakikat multiple intellegences, hakikat kesulitan belajar, hakikat pembelajaran, dan pembelajaran sains terpadu dengan pendekatan integratif "triple approach". Pada praktik pembelajaran di kelas, pokok bahasan dilengkapi dengan tugas (individu dan kelompok) berupa analisi artikel/jurnal ilmiah, diskusi, dan proyek. Kami menyusun buku ini dengan menggunakan berbagai literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel-artikel, dan laporan penelitian. Akhirnya, buku ajar ini tentu masih jauh dari sempurna, sehingga saran, masukan dan bahkan kritik konstruktif sangat diharapkan. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para mahasiswa atau pengguna dan sekaligus memperkaya khasanah keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia.

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.

Classroom Management untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan

Buku ini diperuntukkan sebagai referensi bagi mahasiswa jurusan pendidikan yang baru mengenal kajian manajemen kelas. Mahasiswa diberikan gambaran umum tentang pemahaman manajemen kelas dan elemen-elemen yang ada di dalamnya. Isu manajemen kelas sebagai bagian dari konteks formal pembelajaran dalam sistem persekolahan dan isu yang terkait dengan kebijakan pemangku kepentingan terkait dengan yang hal-hal berkelindan dengan praksis pengelolaan kelas pada tataran persekolahan formal menjadi bahan pembahasan buku ini. Selain itu, hubungan antara manajem kelas dengan motivasi belajar siswa sebagai salah satu variabel yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa juga menjadi topik buku ini. Mengelola keterlibatan siswa dan dimensi afektif dalam pengelolaan kelas menjadi bahan diskusi tentang bagaimana sikap siswa mempengaruhi keterlibatan mereka di dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, guru dan praktisi pembelajaran lainnya diharapkan mampu mengelola interaksi pembelajaran ini agar terjadi interaksi pedagogis yang bermakna bagi perkembangan kognisi siswa, lepas dari gangguan yang tidak perlu. Tidak melewatkan bahasan mengenai integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di dalam pembelajaran. Sebagaimana kita ketahui saat ini para siswa baik di tingkat dasar maupun menengah telah sangat akrab dengan teknologi khusunya internet. Beberapa varian pembelajaran menggunakan TIK sebagai media pembelajaran seperti e-learning, online learning, dan blended learning menjadi bahasan dalam buku ini.

Buku ini diperuntukkan sebagai referensi bagi mahasiswa jurusan pendidikan yang baru mengenal kajian manajemen kelas.

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan segala sesuatu, segala puji bagi-Nya telah memberi kemudahan, dan kami bertaubat serta memohon ampun kepada-Nya yang memiliki segala ilmu/wawasan, Maha suci dan segala puji bagi-Nya (Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur. Al-Furqan: 62).

Rizky Rahman Prayogi , Putri Hanggar Dini, S.Pd. Rizky Rahman Prayogi Putri
Hanggar Dini, S.Pd PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I Penerbit Lakeisha 2020
iii PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I Penulis : Rizky Rahman Prayogi Putri.

Al-Inayah - Kamus Saku Indonesia-Arab

Kamus Al-Inayah Indonesia-Arab ini memuat kosakata sehari-hari yang lazim kita jumpai dalam keseharian kita. Sangat cocok bagi pengajar dan pelajar bahasa Arab. Kelebihan kamus ini di antaranya: • Disusun secara alfabetis dengan entri pokok dan subentri. • Memuat lebih dari 11.000 entri. • Memberikan lebih dari satu arti kata Arab dalam setiap entrinya. • Disertai dengan nama-nama negara, ibu kota dan kota di dunia. • Dilengkapi dengan mata uang dan singkatan-singkatan yang digunakan dalam penulisan masa kini.

Kamus Al-Inayah Indonesia-Arab ini memuat kosakata sehari-hari yang lazim kita jumpai dalam keseharian kita.

Kamus Idiom Arab - Indonesia Pola Aktif (Cover baru)

Kamus Idiom Arab-Indonesia Pola Aktif ini disusun oleh Ketua Program Studi Arab, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Basuni Imamuddin bersama Nashiroh Ishaq. • Kamus Idiom Arab-Indonesia Pola Aktif ini: memuat lebih dari 3000 idiom. • Dilengkapi dengan contoh-contoh penggunaan idiom di dalam kalimat umum. • Memuat kalimat-kalimat idiomatik yang dikutip dari Al-Qur’an lengkap dengan sumber rujukannya dan dari hadis. • Bermanfaat bagi siapa saja yang mempelajari bahasa Arab.

Kamus Idiom Arab-Indonesia Pola Aktif ini disusun oleh Ketua Program Studi Arab, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Basuni Imamuddin bersama Nashiroh Ishaq. • Kamus Idiom Arab-Indonesia Pola Aktif ini: memuat lebih ...

Cara Cepat Membaca Kitab Kuning dan Fasih Bahasa Arab Modern

Terjemah kitab Ajurumiyah dan Penjelasannya

Terjemah Matan Ajurumiyah dan Penjelasannya: Ilmu dasar cara membaca kitab, menulis dan berbicara bahasa Arab modern adalah dasar ilmu nahwu (gramatika bahasa Arab) yang sangat penting bagi pelajar bahasa Arab standar modern. Terjemahan ini dilengkapi dengan penjelasan yang dianggap penting. Tentu saja kemampuan gramatika ini harus diikuti dengan buku yang lain. Untuk bahasa Arab Modern, baca buku lanjutannya yaitu: a) Percakapan bahasa Arab bagi Pemula oleh A. Fatih Syuhud b) Bahasa Arab Modern bagi Pemula oleh A. Fatih Syuhud c) Bahasa Arab Modern di Media Massa berbahasa Arab oleh A. Fatih Syuhud Sedangkan kemampuan membaca kitab setelah khatam buku ini hendaknya ditindaklanjuti dengan buku Cara Membaca Kitab Kuning yang ditulis oleh penulis yang sama yaitu A. Fatih Syuhud

Untuk bahasa Arab Modern, baca buku lanjutannya yaitu: a) Percakapan bahasa Arab bagi Pemula oleh A. Fatih Syuhud b) Bahasa Arab Modern bagi Pemula oleh A. Fatih Syuhud c) Bahasa Arab Modern di Media Massa berbahasa Arab oleh A. Fatih ...