Sebanyak 3568 item atau buku ditemukan

Kepemimpinan Pendidikan Modern

Buku ini hadir dalam rangka memahami konsep manajemen oleh seorang pemimpin dalam perilaku menjadi seorang leader yang futuristik dan modern karena buku ini didasarkan pada penelitian terhadap materi-materi dari perkuliahan meliputi: Konsep dan Definisi Kepemimpinan, Karakteristik Kepemimpinan, Syarat Dan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan, Kepemimpinan Dan Manajemen, Kepemimpinan Dalam Pendidikan, Kepemimpinan Sekolah Yang Sukses, Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah, Kepimpinan Pendidikan Pada Konteks Yang Multikultural Dan Menantang, Konteksasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Negeri, Kontestasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Swasta. Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku, bersikap dan lainnya, agar proses pembelajaran lebih optimal.

Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku ...

Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi

Buku "Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi" adalah panduan komprehensif bagi pendidik dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran. Buku ini dimulai dengan definisi dan ruang lingkup pembelajaran berbasis teknologi, lalu membahas teori pembelajaran dan integrasi teknologi, serta berbagai model pedagogi yang relevan. Topik utama lainnya mencakup pembelajaran blended, kelas terbalik (flipped classroom), e-learning, pembelajaran berbasis mobile, dan alat digital untuk pembelajaran interaktif. Selain itu, buku ini juga menawarkan panduan praktis tentang integrasi teknologi di kelas, pengembangan profesional untuk guru, evaluasi pembelajaran dengan teknologi, dan alat penilaian online. Dengan pembahasan yang mendalam dan menyeluruh, buku ini memberikan wawasan serta strategi implementasi yang efektif untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam pembelajaran, menjadikannya sumber yang berharga bagi para pendidik di era digital.

Buku "Model Pembelajaran Berbasis Teknologi : Teori dan Implementasi" adalah panduan komprehensif bagi pendidik dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran.

BUKU AJAR MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Seorang guru ketika akan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, selain pemilihan model, strategi, metode, tentunya harus direncanakan dan dipersiapkan pula dengan matang terkait pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan. Karena dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, menjadikan pengalaman belajar lebih bermakna dan mudah dipahami yang pada akhirnya akan mempermudah juga dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Terdapat banyak pilihan ragam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru, baik yang sifatnya media by design (media rancangan) atau media by utilization (media jadi yang merupakan komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran). Pembahasan materi dalam buku ini meliputi ruang lingkup media teknologi pembelajaran, perkembangan media pembelajaran, dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran, pengembangan dan evaluasi media pembelajaran, media grafis, media audio, media proyeksi, media tiga dimensi dan multimedia, media pembelajaran berbasis komputer, membuat media pembelajaran berbasis komputer satu tatap muka. Pemaparan yang lugas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh gambar, mudah mudahan akan mempermudah pembaca dalam memahami materi yang ada di buku ini. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi para mahasiswa dalam mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran serta menjadi referensi tambahan yang bisa dinikmati oleh para dosen/pengampu mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran khususnya di lingkungan fakultas tarbiyah baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

... PEMBELAJARAN SEMESTER Mata Kuliah Media dan Tekonologi Pembelajaran PAI Pengesahan Kode MK Kode : PAI.MKU.5.19 ... evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI ( Pendidikan Agama Islam ) KU.10 Menunjukkan kemampuan ...

PENGEMBANGAN SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI

Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam pengembangan sumber dan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan fokus terstruktur, pembaca diajak memahami pondasi pembelajaran, termasuk konsep belajar dan keragaman preferensi media. Dalam konteks era informasi dan teknologi, buku ini mengulas konsep, klasifikasi, pemilihan, penggunaan, serta evaluasi sumber dan media pembelajaran PAI. Mengintegrasikan teori-teori belajar relevan, buku ini membahas peran penting sumber dan media dalam mendukung proses belajar PAI. Selain membahas sumber belajar tradisional, seperti buku teks, buku ini juga menggali pengembangan produk media teknologi modern, seperti audio-visual dan video game, untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran PAI. Dengan pengetahuan konseptual dan panduan praktis, buku ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam menginspirasi pengembangan sumber dan media pembelajaran PAI yang inovatif dan efektif.

Dengan pengetahuan konseptual dan panduan praktis, buku ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam menginspirasi pengembangan sumber dan media pembelajaran PAI yang inovatif dan efektif.

Pengantar Teknologi Pendidikan

Selamat datang dalam dunia yang penuh inovasi dan transformasi, di mana teknologi menjadi tiang yang membangun jembatan antara ilmu pengetahuan dan pembelajaran. Buku berjudul "Pengantar Teknologi Pendidikan" membawa Anda dalam perjalanan menggali potensi teknologi untuk memperkaya proses pendidikan. Seperti yang dikatakan oleh John Dewey, seorang filsuf pendidikan ternama, "Jangan sekedar mengajar murid secara mekanis, melainkan bawalah mereka untuk berpikir." Dalam konteks ini, teknologi menjadi katalisator yang memperluas ruang berpikir dan pembelajaran. Buku yang ditulis oleh dosen dan praktisi yang berkecimpung di ilmu Pendidikan ini menghadirkan berbagai materi menarik diantaranya: Konsep Dasar Teknologi Pendidikan, Integrasi Teknologi dalam Kurikulum, Perkembangan Teknologi, Tren dan Inovasi Terkini dalam Teknologi Pendidikan, Alat dan Media Pembelajaran, Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi, Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi, Manajemen Teknologi Pendidikan, Implementasi Teknologi Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran media digital, Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan. Serta Implikasi Sosial dan Etika dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan Semoga buku ini tidak hanya menjadi panduan, tetapi juga inspirasi bagi para pendidik, mahasiswa, dan siapa pun yang peduli terhadap masa depan pendidikan. Mari kita bersama menapaki jejak menuju transformasi pendidikan yang berkelanjutan.

Buku berjudul "Pengantar Teknologi Pendidikan" membawa Anda dalam perjalanan menggali potensi teknologi untuk memperkaya proses pendidikan.

Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Digital

Dalam era di mana teknologi menjadi tulang punggung peradaban manusia, pendidikan tidak bisa lagi berjalan sendiri. Inovasi-inovasi teknologi telah mengubah lanskap pendidikan secara fundamental, membuka pintu-pintu baru menuju pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan efektif. Buku berjudul, "Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Modern", merupakan sebuah panduan komprehensif bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan siapa pun yang tertarik dalam memahami peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dari penggunaan alat-alat digital dalam kelas hingga pemanfaatan platform pembelajaran daring, buku ini menguraikan beragam strategi dan praktik terbaik untuk memanfaatkan teknologi secara optimal. Buku ini membahas tema-tema menarik meliputi Konsep Teknologi pendidikan di Era Digital, Ruang lingkup Teknologi Pendidikan, Perkembangan Teknologi Pendidikan, Perubahan Paradigma Pembelajaran, Peran Teknologi dalam Pembelajaran, Tantangan dan Peluang, Strategi Mengintegrasikan Teknologi dalam Kurikulum, Implementasi Kurikulum Digital, Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Digital, Etika Penggunaan Teknologi di Pendidikan, Implementasi Teknologi di Sekolah, Implementasi Teknologi di Perguruan Tinggi, serta Rekomendasi Kebijakan Pendidikan berbasis teknologi.

Dalam era di mana teknologi menjadi tulang punggung peradaban manusia, pendidikan tidak bisa lagi berjalan sendiri.

KHULASAH ISLAMIC STUDIES JOURNAL VOLUME 03, 04, 05

Judul : KHULASAH ISLAMIC STUDIES JOURNAL VOLUME 03, 04, 05 Penulis : Frenky Mubarok, dkk Ukuran : 15,5 x 25 cm Tebal : 340 Halaman Cover : Soft Cover P-ISSN : 2502-3578 SINOPSIS Penelitian merupakan satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen atau tenaga pengajar. Dengan melakukan penelitian, dosen atau tenaga pengajar akan menemui hal-hal baru terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dengan kompetensi kelimuan yang ditekuni. Melalui penelitian, para dosen atau tenaga pengajar akan melakukan serangkaian kegiatan untuk menguji, menganalisis, mengevaluasi dan menarik kesimpulan terkait dengan teori atau konsep yang diteliti. Hasil peneitian ini akan menambah khazanah keilmuan bagi para mahasiswa. Buku ini merupakan versi cetak dari Khulasah Islamic Studies yang merupakan Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu. Seberanya, Khulasah Islamic Studies Journal telah diterbitkan secara online dan dapat diakses secara garatis pada http://ojs.staisdharma.ac.id/index.php/kisj/ namun atas desakan dari sivitas akademika di STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu perlu diadakan versi cetak dari jurnal ini agar dapat dibaca secara langsung bagi mereka yang tidak terbiasa membaca langsung melalui online. Semoga dengan hadirnya versi cetak dari jurnal ini dapat memberikan motivasi yang lebih bagi peneliti untuk terus berkarya menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas, khsusunya di bidang studi Islam.

... ekonomi, politik, lingkungan, makanan, individu dan komunitas. Islam memiliki pendekatan serupa yang dikenal sebagai ... economic field. Human security is a non-traditional security approach that is used to see the impact of a ...

Pembaharuan Hukum Keluarga di Asia Tenggara: Dari Negara Mayoritas Sampai Minoritas Muslim - Jejak Pustaka

Hadirnya buku yang berjudul Pembaharuan Hukum Keluarga di Asia Tenggara: Dari Negara Mayoritas sampai Minoritas Muslim, merupakan buku yang membahas mengenai kajian hukum keluarga, kususnya dalam hal pembaharuan hukum keluarga. Buku ini juga menyajikan kajian yang komprehansif dimana pembahasan tidak hanya berfokus pada hukum keluarga yang ada pada negara mayoritas muslim melainkan juga pada negara-negara minoritas muslim. Buku ini nampaknya hadir dan berkeinginan untuk memberikan manfaat terbaik bagi semua kalangan. Khususnya praktisi, akademisi dan para pecinta ilmu pengetahuan, khususnya dalam kajian hukum keluarga sebagai rujukan.

Hadirnya buku yang berjudul Pembaharuan Hukum Keluarga di Asia Tenggara: Dari Negara Mayoritas sampai Minoritas Muslim, merupakan buku yang membahas mengenai kajian hukum keluarga, kususnya dalam hal pembaharuan hukum keluarga.

Tafsir Tarbawi : Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan

Judul : Tafsir Tarbawi : Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan Penulis : Dr. Almaydza Pratama Abnisa, S.S., M.Pd.I. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 156Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-805-3 No. E-ISBN : 978-623-162-804-6 (PDF) SINOPSIS Islam bukan hanya agama ibadah semata, tetapi juga sebuah panduan lengkap untuk kehidupan, termasuk dalam hal pendidikan. Kewajiban belajar mengajar dijabarkan sebagai fondasi yang kuat untuk membangun masyarakat yang cemerlang dan beradab. Tujuan pendidikan, menurut Al-Qur’an, adalah membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan berkontribusi positif pada lingkungan sekitarnya. Dalam konteks subjek dan objek pendidikan, Al-Qur’an menekankan pentingnya pemahaman yang komprehensif tentang ilmu pengetahuan, seni, dan nilai-nilai kehidupan. Metode pendidikan yang diambil dari ajaran Al-Qur’an bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga pengembangan karakter dan moralitas. Al-Qur’an bukan hanya kitab petunjuk agama, tetapi juga pedoman hidup sehari-hari yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Potensi-potensi yang perlu dikembangkan melalui pendidikan, sebagaimana diungkapkan dalam Al-Qur’an, melibatkan pengembangan potensi intelektual, emosional, dan spiritual. Pendidikan yang paling diprioritaskan, menurut perspektif Al-Qur’an, adalah pendidikan yang membangun jiwa anak didik, memberikan mereka pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan, dan membimbing mereka menjadi individu yang bertanggung jawab dan bermoral. Pentingnya mengidentifikasi dan membedakan antara lingkungan pendidikan yang baik dan buruk menjadi jelas melalui tafsir Al-Qur’an. Lingkungan yang baik adalah yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan positif, sementara lingkungan yang buruk dapat menghambat potensi anak didik. Oleh karena itu, kita dituntut untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran dan perkembangan anak didik. Tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak, menurut Al-Qur’an, adalah amanah yang sangat besar. Orang tua harus menjadi teladan dalam perilaku dan moralitas, membimbing anak-anak menuju jalan yang benar, dan memberikan pendidikan yang memadai sesuai dengan ajaran Islam. Terakhir, tafsir ayat Al-Qur’an tentang pendidikan mengingatkan kita bahwa pengetahuan adalah anugerah yang harus dihargai dan dikembangkan. Ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi juga untuk kesejahteraan umat dan masyarakat.

Judul : Tafsir Tarbawi : Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan Penulis : Dr. Almaydza Pratama Abnisa, S.S., M.Pd.I. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 156Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-805-3 No. E-ISBN : 978-623-162 ...

Tafsir Tarbawi : Pembelajaran Tematik Ayat-Ayat Pendidikan

Buku Tafsir Tarbawi ini merupakan salah satu cara kita mendekati Al-Quran sebagai petunjuk hidup yang komprehensif. Al-Quran bukan hanya sekadar kitab suci yang dibaca dalam ibadah, tetapi juga pedoman untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam buku ini, kami berusaha membawa Anda dalam perjalanan yang mendalam ke dalam ayat-ayat suci Al-Quran untuk memahami pesan-pesan penting yang dapat membentuk karakter, kepemimpinan yang baik, dan nilai-nilai pendidikan dan moral dalam kehidupan Anda. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penulisan buku ini adalah digunakan dua pendekatan yaitu, Maudhu‘I (tematik) sebagaimana tema-tema pendidikan dalam buku ini dan Tahliliy sebagaimana digunakan untuk menganalisis teks-teks al-Quran. Kedua pendekatan metode ini yang sering digunakan oleh ahli tafsir dan ahli hadits dalam menyampaikan ilmu-ilmu pendidikan yang ada dalam al-Quran dan dalam hadits. Metode yang digunakan dalam buku Tafsir Tarbawi (Pembelajaran Tematik Ayat-Ayat Pendidikan) ini adalah lebih menekankan pada pemahaman tentang ayat-ayat alquran yang melibatkan pada mahasiswa dan dosen serta para pembaca lainya.

Buku Tafsir Tarbawi ini merupakan salah satu cara kita mendekati Al-Quran sebagai petunjuk hidup yang komprehensif.