Analisis SWOT dalam Pengembangan Pendidikan Madrasah
Beragam konsep pendidikan telah ditawarkan oleh lembaga persekolahan di Indonesia, tidak terkecuali madrasah, yang hadir sebagai alternatif untuk mengembangkan keilmuan, keahlian, dan moralitas (tafaqquh fiddin) dalam kehidupan masyarakat. Munculnya madrasah mempunyai peranan yang sama dengan lembaga pendidikan lain.
Beragam konsep pendidikan telah ditawarkan oleh lembaga persekolahan di Indonesia, tidak terkecuali madrasah, yang hadir sebagai alternatif untuk mengembangkan keilmuan, keahlian, dan moralitas (tafaqquh fiddin) dalam kehidupan masyarakat.
Mudah-mudahan buku ajar ini dapat memperkaya khazanah keilmuan bagi para pembaca terutama di kalangan mahasiswa yang calon profesinya sebagai guru. Memang perlu disadari bahwa sebagai praktisi pendidikan mutlak memiliki pemahaman yang memadai terkait dengan pengembangan kurikulum.
Kurikulum Mata Pelajaran PAI di Kelas 7 SMP. Ternate, 20-02-2020 Mengetahui Ketua Jurusan Dosen Pengampu Mata Kuliah Dra. Nursin Sapil, M.Pd.I Dr. Agus, S.Pd.I., M.Pd.I Glosarium Currir artinya pelari Curare artinya tempat berpacu ...
Buku ini memberikan satu satu arah tentang ekpresi bahasa dan sastra sebagai bagian dari adapatasi dan negosiasi berbagai wacana yang berkembang. Persoalan kekinian seperti pandemik covid-19 dari sisi informasi kebahasaan juga mendapat sorotan kajian. Teknologi informasi atau digital dan kebahasaan menjadi bahan kajian yang cukup menarik seperti yang ditemukan dalam kajian pengunaan bahasa di dunia jual beli online. Gagasan tentang identitas sebagai masyarakat terjajah cukup mendominasi dalam kajian ini seperti tentang perlawanan dan identitas. Persoalan perempuan dalam konteks Dunia Ketiga juga mendapatkan pembahasan yang cukup menarik dengan perspektif pascakolonial.
Penggunaan leksikon syahadat Rosul mencirikan bahwa agama Islam merupakan salah satu agama yang dianut oleh masyarakat Kota Tegal. 5) Makna kultural dalam leksikon ratu lagu Balo-balo di atas adalah berkaitan dengan zaman penjajahan ...
Buku ini adalah bahan ajar bertajuk Kurikulum Moderasi Beragama berbasis Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah yang berasal dari hasil pengabdian kepada masyakat berasis riset dari hibah Diktis Kementerian Agama RI tahun 2019 yang dilaksanakan tahun 2021 di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah oleh tim Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung. Buku ini menawarkan konsep moderasi beragama berbasis nilai-nilai Ahlussunnah Waljamaah yang dikembangkan di LP. Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah. Dalam konsep kurikulum, kita mengetahui komponen-komponen kurikulum yang meliputi tujuan kurikulum, komponen isi/bahan, komponen strategi pelaksanaan, dan komponen evaluasi. Di dalam kurikulum Aswaja Annahdliyah yang sering disebut sebagai Ke-NU-an di LP. Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah di dalamnya memuatkan sejumlah aspek sebagai bentuk penguatannya. Mulai dari aspek fikrah (pemikiran), aqidah (keyakinan), harakah (gerakan) dan amaliyah (kegiatan tradisi).
Buku ini adalah bahan ajar bertajuk Kurikulum Moderasi Beragama berbasis Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah yang berasal dari hasil pengabdian kepada masyakat berasis riset dari hibah Diktis Kementerian Agama RI tahun 2019 yang dilaksanakan ...
Moderasi beragama adalah salah satu misi Kementerian Agama yang harus diwujudkan saat ini. Untuk mewujudkan misi tersebut, Kementerian Agama telah mendorong lembaga pendidikan untuk turut ambil bagian di dalamnya
Moderasi beragama adalah salah satu misi Kementerian Agama yang harus diwujudkan saat ini. Untuk mewujudkan misi tersebut, Kementerian Agama telah mendorong lembaga pendidikan untuk turut ambil bagian di dalamnya
Ekstremisme, radikalisme, ujaran kebencian, hingga retaknya hubungan antar umat beragama, merupakan problem yang dihadapi bangsa kita saat ini. Moderasi beragama mengajarkan cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri sehingga menjadikan Islam sebagai Rahmatan Lil ‘alamin. Sebuah buku yang berjudul Pendidikan Moderasi Beragama akan mengajak pembaca untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama secara moderat yakni dengan mengambil jalan tengah, tidak ekstrem, radikal maupun anarkis. Untuk memahami lebih jauh tentang Pendidikan Moderasi Beragama bacalah buku ini.
Sebuah buku yang berjudul Pendidikan Moderasi Beragama akan mengajak pembaca untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama secara moderat yakni dengan mengambil jalan tengah, tidak ekstrem, radikal maupun anarkis.
Dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya warga kota Pasuruan, upaya kolosal perlu dilakukan agar terwujud cita-cita bersama, karena kota Pasuruan sudah membawa moto inklusif "Madinah Van Java" atau kota Madinah yang berhubungan dengan nilai-nilai inklusivitas universal, maka kita semua harus mendukungnya dengan kualifikasi dan kompetensi masing-masing. Atas konsiderasi kota Madinah yang bercirikan pluralistik dan inklusif ini, maka perlu digalakkan literasi agama dalam bentuk moderasi beragama dan toleransi yang mengarah ke Teologi Kebangsaan. Jejak-jejak menuju Teologi Kebangsaan ini merupakan tujuan nasional yang tidak akan mempermasalahkan dualisme agama dan negara karena keduanya harus saling mengisi. Buku ini menarik untuk dibaca oleh siapapun yang ingin menciptakan living together in harmony karena berisi beragam perspektif tentang interelasi antara agama dan negara, termasuk moderasi beragama dan toleransi dalam bingkai NKRI.
Dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya warga kota Pasuruan, upaya kolosal perlu dilakukan agar terwujud cita-cita bersama, karena kota Pasuruan sudah membawa moto inklusif "Madinah Van Java" atau kota Madinah yang ...