Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

EKSPLORASI DALAM PROFESI KEPENDIDIKAN

Saat kita memasuki era yang dipenuhi dengan perubahan yang cepat dan kompleks, tantangan dalam profesi kependidikan semakin berkembang. Seiring dengan tuntutan akan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi, dinamika sosial, dan kebutuhan individual siswa, eksplorasi menjadi landasan penting dalam menjawab panggilan sebagai pendidik.

Saat kita memasuki era yang dipenuhi dengan perubahan yang cepat dan kompleks, tantangan dalam profesi kependidikan semakin berkembang.

Profesi Keguruan : Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul

Buku "Profesi Keguruan : Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul" adalah panduan menyeluruh yang menguraikan aspek kunci profesi keguruan. Mulai dari ruang lingkup profesi hingga syarat-syarat menjadi guru profesional, buku ini menawarkan pemahaman mendalam tentang esensi keguruan. Pembaca dibimbing melalui pengertian dan kode etik profesi keguruan, sementara organisasi profesi memberikan landasan struktural yang mendukung perkembangan kompetensi guru. Sasaran dan pengembangan sikap profesional menjadi sorotan penting, sementara strategi guru dalam memotivasi siswa memberikan wawasan praktis. Buku ini juga menyoroti aspek supervisi pendidikan, peran guru sebagai komunikator, guru abad ke-21, etos kerja, dan tantangan di masa depan. Dengan pendekatan yang komprehensif, buku ini merangsang pembaca untuk mengeksplorasi kedalaman profesi keguruan, membantu para pendidik membangun fondasi kuat untuk membentuk generasi yang unggul secara akademis dan karakter.

Buku "Profesi Keguruan : Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul" adalah panduan menyeluruh yang menguraikan aspek kunci profesi keguruan.

Etika Profesi Keguruan

Guru adalah profesi yang mempersiapkan sumber daya manusia untuk menyongsong pembangunan bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Guru dengan segala kemampuannya dan daya upayanya mempersiapkan pembelajaran bagi peserta didiknya sehingga tidak salah jika guru disebut sebagai salah satu kunci pembangun bangsa. Dewasa ini, dunia pendidikan di Indonesia dikejutkan dengan berbagai macam pelanggaran etika yang terjadi. Perlu adanya sebuah pedoman bersikap dan berperilaku yang tercermin dalam tindakan nyata. Buku Etika Profesi Keguruan hadir untuk mengisi kekosongan terhadap buku yang membahas mengenai etika keguruan. Buku ini menerangkan mengenai guru sebagai profesi, standar kualifikasi guru, profesi keguruan, etika dan profesi keguruan, kompetensi guru profesional, serta pengembangan profesionalitas guru.

Perlu adanya sebuah pedoman bersikap dan berperilaku yang tercermin dalam tindakan nyata. Buku Etika Profesi Keguruan hadir untuk mengisi kekosongan terhadap buku yang membahas mengenai etika keguruan.

BUKU AJAR PROFESI KEPENDIDIKAN

Buku ini merupakan hasil pemahaman dan refleksi terhadap materi yang disampaikan dan semoga buku ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesi kependidikan.

Buku ini merupakan hasil pemahaman dan refleksi terhadap materi yang disampaikan dan semoga buku ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesi kependidikan.

PROFESI KEPENDIDIKAN

pendidikan yang berkualitas akan membawa perubahan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga guru-guru pada masa yang telah berlalu, masa kini, maupun masa akan datang menjadi guru yang punya peran dalam dunia pendidikan sehingga guru yang mempunyai profesi kependidikan harus menjaga moral, akhlak, perilaku anak-anak Bangsa Indonesia sehinga bisa menjadi anak-anak yang mempunyai akhlak yang mulia, berbakat, berprestasi dan mempunyai keterampilan.

pendidikan yang berkualitas akan membawa perubahan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga guru-guru pada masa yang telah berlalu, masa kini, maupun masa akan datang menjadi guru yang punya peran dalam dunia pendidikan sehingga guru yang ...

Filsafat Pendidikan Kontemporer

Dalam buku ini dibahas secara lengkap mengenai ; Sejarah dan Perkembangan Filsafat Kontemporer; Sejarah Lahirnya Filsafat Pendidikan; Filsafat dan Pendidikan; Landasan Filsafat dalam Pendidikan; Sistematika Filsafat Pendidikan; Hubungan Filsafat, Manusia dan Pendidikan; Aliran Filsafat Pendidikan; Peranan Filsafat Pendidikan; Aksiologi Filsafat Dan Sistem Pendidikan Nasional; Filsafat Pendidikan Dalam Organisasi Program Pendidikan Karakter; Konservatisme, Liberalisme Dan Kritisme Pendidikan; dan Teori Ekonomi Modern Buku ini membahas konsep berfilsafat dalam era postmodernisme adalah hasil penggabungan dari berbagai jenis fondasi pemikiran. Mereka tidak mau terkungkung dan terjebak dalam satu bentuk fondasi pemikiran filsafat tertentu. Dalam buku ini, belum rinci menjelaskan peran sains pada dirinya sendiri, melainkan peran sains sebagai ideologi dan scientism saja di mana kebenaran ilmiahlah yang dianggap kebenaran yang paling sahih dan meyakinkan.

Dalam buku ini dibahas secara lengkap mengenai ; Sejarah dan Perkembangan Filsafat Kontemporer; Sejarah Lahirnya Filsafat Pendidikan; Filsafat dan Pendidikan; Landasan Filsafat dalam Pendidikan; Sistematika Filsafat Pendidikan; Hubungan ...

Mengungkap Filsafat Pendidikan di Balik Kurikulum Merdeka

Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Berbagai aliran filsafat pendidikan seperti vitalisme, eksistensialisme, dan humanisme, berperan penting dalam membentuk metode dan teknik pendidikan. Masing-masing aliran memberikan perspektif yang berbeda dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. Filsafat pendidikan juga berfungsi sebagai panduan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dengan prinsip-prinsip filosofis. Secara umum, filsafat pendidikan dibagi menjadi dua: progresif, dipengaruhi oleh Dewey dan Rousseau, dan revolusioner, yang menyoroti hubungan sekolah dengan masyarakat dan kekuasaan dalam proses tersebut. Landasan filsafat pendidikan mencakup gagasan tentang hakikat manusia, pengetahuan, nilai-nilai, dan perilaku yang dianut oleh lembaga pendidikan.

Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka.

Moderasi dakwah untuk generasi millenial melalui media digital

Buku ini hadir dengan tujuan utama untuk memberikan panduan praktis kepada para dai, pemuda, dan semua pihak yang tertarik dalam berdakwah di era digital. Kami menyajikan berbagai strategi, metode, dan contoh praktis tentang bagaimana moderasi dakwah dapat diimplementasikan melalui media digital. Dalam buku ini, Anda akan menemukan penjelasan tentang pentingnya memahami konteks media digital dan tantangan yang dihadapi dalam menyampaikan pesan-pesan moderat. Kami juga akan membahas penggunaan platform media sosial, konten digital, podcast, dan berbagai alat komunikasi lainnya sebagai sarana efektif dalam menyebarkan dakwah yang moderat. Kami mengundang Anda untuk menjelajahi setiap bab dalam buku ini, merenungkan ide-ide yang dihadirkan, dan menerapkannya dalam konteks yang sesuai. Kami yakin, dengan penerapan moderasi dakwah melalui media digital, kita dapat meraih potensi yang besar dalam mempengaruhi generasi millenial dengan ajaran Islam yang moderat, inklusif, dan relevan. dalam konteks yang sesuai. Kami yakin, dengan penerapan moderasi dakwah melalui media digital, kita dapat meraih potensi yang besar dalam mempengaruhi generasi millenial dengan ajaran Islam yang moderat, inklusif, dan relevan.

Buku ini hadir dengan tujuan utama untuk memberikan panduan praktis kepada para dai, pemuda, dan semua pihak yang tertarik dalam berdakwah di era digital.

Panduan Desain Pembelajaran Bermuatan Karakter bagi Guru IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII

Buku panduan ini memuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) serta kunci jawaban LKS yang berbasis model-model pembelajaran IPA yang inovatif dengan berorientasi pada pendidikan karakter. Buku panduan ini dirancang khusus untuk guru IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII agar memudahkan guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajarannya. Dengan adanya buku panduan ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran IPA agar siswa dapat memahami konsep (materi) IPA Kelas VIII yang dipelajari dan juga dapat mengembangkan karakter-karakter positif siswa. Karakter yang dikembangkan merujuk pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) yaitu sikap spiritual dan Kompetensi Inti 2 (KI-2) yaitu sikap sosial sesuai kurikulum yang berlaku. Buku ini ditulis dengan bahasa yang jelas dan keterangan yang rinci sehingga mudah dimengerti oleh guru.

Buku panduan ini memuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) serta kunci jawaban LKS yang berbasis model-model pembelajaran IPA yang inovatif dengan berorientasi pada pendidikan karakter.

Desain Pembelajaran IPA

Pelajaran IPA seringkali diberi “label” oleh peserta didik sebagai pelajaran yang sulit dan membuat pusing. Jarang sekali peserta didik yang merasa senang ketika belajar IPA. Kata mereka pelajaran IPA khususnya fisika, terlalu banyak konsep dan rumus yang harus dihafal. Salah satu faktor penyebab kurangnya respon belajar IPA oleh peserta didik adalah guru kurang mampu menciptakan pembelajaran IPA yang menarik dan belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Aklibatnya peserta didik akan cepat merasa bosan dan jenuh untuk belajar IPA. Buku ini menyajikan beragam cara dan desain yang menarik dalam membelajarkan IPA kepada peserta didik. Harapannya bahwa peserta didik akan tertarik dan senang dengan belajar IPA karena disajikan dengan cara yang menarik pula. Sekarang saatnya Anda akan menikmati indahnya mengajar dengan dibarengi antusias para peserta didik dalam menerima kehadiran Anda di kelas. Selamat membaca!

Pelajaran IPA seringkali diberi “label” oleh peserta didik sebagai pelajaran yang sulit dan membuat pusing.