Sebanyak 3423 item atau buku ditemukan

Perilaku Organisasi Dalam Perspektif Manajemen Organisasi

Organizational Behavior in Organizational Management Perspectives (ID Sub)

Bidang pengetahuan perilaku organisasi nampaknya makin hari semakin pesat perkembangannnya. Pusat-pusat studi di pelbagai universitas didirikan untuk membina dan mengembangkan bidang pengetahuan ini. Di Universitas Southern California Amerika Serikat, bidang pengetahuan perilaku dikembangkan baik di School of Public Administration maupun di Business Administration. Di School of Public Administration didirikan pusat pengembangan studi perilaku organisasi. Bagi mahasiswa yang berminat mendalami bidang perilaku dipersilahkan memperdalam di pusat studi ini. Perkembangan bidang pengetahuan ini, mudah dipahami karena selain persoalan-persoalan organisasi yang cenderung semakin kompleks, persoalan-persoalan manusia sendiri berlanjut menjadi tantangan yang pokok yang harus dihadapi oleh setiap organisasi apapun bentuknya. Perilaku manusia yang berada dalam suatu kelompok atau organisasi adalah awal dari perilaku organisasi itu. Oleh karena persoalan-persoalan manusia senantiasa berkembang dan ruwet, maka persoalan-persoalan organisasi dan khususnya persoalan perilaku organisasi semakin hari semakin berkembang pula.

Bidang pengetahuan perilaku organisasi nampaknya makin hari semakin pesat perkembangannnya.

Perilaku Organisasi

Secara keseluruhan, materinya dibagi menjadi tiga bagian; level individual, level kelompok dan level organisasi. Pada Bagian Pertama, dibahas dimensi kepribadian karyawan, peran emosi kapasitas resiliensi, kreativitas dan inovasi, motivasi karyawan dan serba-serbi pemberian reward. Pada Bagian Kedua, pembahasan memfokuskan pada level kelompok, seperti dinamika tim, konflik dan negosiasi, serta masalah kekuasaan dan pengaruh, serta aspek kepemimpinan. Pada Bagian Ketiga, untuk level organisasi, buku ini membahas tentang pengembangan organisasi, tantangan dalam melakukan perubahan serta masalah budaya organisasi. Yang khas dalam buku ini adalah adanya kasus kecil pengantar bab, fasilitas belajar aktif dan berpikir kritis yang dapat memfasilitasi dosen dan mahasiswa. Struktur dan bahan yang disampaikan dirancang dengan asumsi para mahasiswa terlibat aktif di dalam kelas. Setiap bab buku berisikan sekurang-kurangnya 1 box Reflect Pair Share yakni pertanyaan-pertanyaan yang akan menggugah daya kritis pembaca/peserta kelas sekaligus menghubungkannya dengan materi yang sedang dibahas. Beberapa bab disertai perangkat penilaian sendiri (self-asessment) yang diharapkan dapat menjadi pengalaman tersendiri bagi pembaca dalam memahami materi pada bab tertentu. Tugas dan pertanyaan untuk diskusi pada akhir bab juga menekankan bagaimana mahasiswa aktif mencari berbagai jawaban terkait materi di setiap bab, termasuk tuntutan berhubungan dengan profesional. Dengan menyerap pengalaman langsung, mahasiswa dapat mengaitkannya dengan materi yang dibahas, sehingga tingkat pemahaman yang diperoleh semakin dalam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Secara keseluruhan, materinya dibagi menjadi tiga bagian; level individual, level kelompok dan level organisasi.

PERILAKU ORGANISASI

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

Buku Ajar Perilaku Organisasi

Buku ini merupakan himpunan dari beberapa topik tentang perilaku organisasi bagi mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan. Diharapkan dapat bermanfaat, tidak terbatas bagi para mahasiswa yang masih aktif, dosen dan juga untuk para mahasiswa yang sedang proses perkuliahan atau menyelesaian penelitian sosial bidang perilaku organisasi. Bagi para mahasiswa dan dosen dapat berguna sebagai bahan referensi dan bagi para praktisi dapat dijadikan panduan pada pengambilan keputusan organisasi, penilaian kinerja organisasi dan motivasi karyawan.

Buku ini merupakan himpunan dari beberapa topik tentang perilaku organisasi bagi mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan.

Perilaku Organisasi

Beberapa Model dan Submodel

Buku ‘Perilaku Organisasi: Beberapa Model dan Submodel’ ditulis berdasarkan hasil survei dengan analisa statistik regresi ganda. Penulis mengambil dan mengkaji hanya delapan perilaku yang merupakan masalah besar di Indonesia dewasa ini. Tulisan ini tidak bermaksud mengabaikan perilaku organisasi lain sebagai fokus dan pokok pembahasan. Perilaku organisasi yang menjadi topik setiap bab adalah kejujuran dalam bekerja, keteladanan, kedisiplinan kerja, dorongan prestasi, inovasi, kepuasan kerja, kepuasan gaji, dan integrasi. Buku tentang perilaku organisasi pada umumnya hanya menggambarkan dan mengilustrasikan aspek-aspek perilaku yang positif yang harus dilakukan oleh para pengelola organisasi. Buku ini mengemukakan hal-hal positif dan negatif dari variabel-variabel perilaku organisasi dengan dampak di antara perilaku sumber daya manusia (SDM). Penulis menemukan 3 atau 4 submodel dari setiap model perilaku: submodel saling berdampak positif, berdampak positif searah, submodel saling berdampak negatif, dan berdampak negatif searah. Buku ini wajib dibaca oleh para pimpinan perusahaan, manajer, profesional bidang sumber daya manusia, dan siapa pun yang ingin memajukan organisasi.

Perilaku organisasi yang menjadi topik setiap bab adalah kejujuran dalam bekerja, keteladanan, kedisiplinan kerja, dorongan prestasi, inovasi, kepuasan kerja, kepuasan gaji, dan integrasi.

Soal-Jawab Perilaku Organisasi

Perilaku organisasi adalah bidang studi yang mempelajari pengaruh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku dalam organisasi, yang bertujuan meningkatkan efektivitas organisasi. Perilaku organisasi adalah sebuah bidang studi yang mengajarkan tiga faktor penentu perilaku dalam organisasi, yaitu individu, kelompok, dan struktur. Selain itu, perilaku organisasi menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh tentang individu, kelompok, dan pengaruh struktur terhadap perilaku yang akan membuat organisasi berjalan secara lebih efektif. Perilaku organisasi terkait dengan studi mengenai apa yang dilakukan individu dalam suatu organisasi dan bagaimana perilaku mereka mempengaruhi kinerja perusahaan. Perilaku organisasi mencakup topik inti mengenai motivasi, perputaran karyawan, produktivitas, manajemen, komunikasi antar personal, struktur dan proses kelompok, konflik, rancangan kerja, dan sebagainya.

Perilaku organisasi adalah bidang studi yang mempelajari pengaruh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku dalam organisasi, yang bertujuan meningkatkan efektivitas organisasi.

Teori Perilaku Organisasi

Manusia merupakan mahluk sosial sebagai salah satu sumber daya yang dinamis memegang peranan penting dalam perjalanan oganisasi. Pemahaman individu, kelompok, dan organisasi merupakan hal yang krusial dalam pencapaian tujuan organisasi. Hal ini disebabkan sumber daya manusia yang ada pada organisasi yang akan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi seluruh aktivitas dalam organisasi. Untuk itu dibutuhkan upaya yang optimal dalam memberdayakan sumber daya manusia tersebut dengan memahami perilaku individu, perilaku kelompok, manajemen konflik, keberagaman, kerja sama tim, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen konflik, kekuasaan dan politik, pemahaman organisasi, sikap, kepuasan kerja, dan hal lainnya. Dimana seluruh upaya pemahaman ini tidak terlepas dari dengan sumber daya manusia dalam organisasi yang akan dibahas pada buku ini. Lebih lengkapnya buku ini membahas: Bab 1 Pengantar Perilaku Organisasi Bab 2 Perilaku Individu dan Pengaruhnya Terhadap Organisasi Bab 3 Perilaku Kelompok dan Interpersonal Bab 4 Perilaku Antar Kelompok dan Manajemen Konflik Bab 5 Keberagaman Dalam Organisasi Bab 6 Tim Dalam Organisasi Bab 7 Komunikasi Dalam Organisasi Bab 8 Pengambilan Keputusan Organisasi Bab 9 Konflik dan Negosiasi Organisasi Bab 10 Kekuasaan dan Politik Dalam Organisasi Bab 11 Struktur Organisasi dan Budaya Organisasi Bab 12 Proses Organisasi Bab 13 Perubahan Organisasi Bab 14 Sikap, Perilaku, dan Kepuasan Dalam Bekerja

Sedangkan, Effendy (2009) menyatakan ada 3 (tiga) bentuk komunikasi dalam organisasi, yaitu: 1. Komunikasi berdasarkan bentuk. a. Komunikasi langsung, yaitu komunikasi langsung tanpa menggunakan alat. Komunikasi berbentuk kata-kata, ...

Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi dibutuhkan jika kita ingin menjalin komunikasi yang baik dan memahami perilaku individu di dalam sebuah organisasi. Buku ini ditulis dengan tujuan agar para mahasiswa dan para pembaca mampu memahami tentang perilaku individu di dalam organisasi yang meliputi perilaku individu dalam organisasi, perilaku kelompok dalam organisasi, proses di dalam organisasi, serta keanekaragaman, budaya, desain, dan pengembangan organisasi.

Perilaku Organisasi dibutuhkan jika kita ingin menjalin komunikasi yang baik dan memahami perilaku individu di dalam sebuah organisasi.

Teori dan Perilaku Organisasi

Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih. Organisasi merupakan bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang memegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan. Dengan kata lain, organisasi adalah suatu wadah atau tempat di mana orang-orang dapat bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Tanpa adanya organisasi, setiap orang tidak akan mengetahui bagaimana cara melaksanakan kerjasama tersebut. Dalam buku ini ada beberapa Bab/sub tema yang akan dibahas antara lain: Bab 1 : Evolusi Teori Organisasi Bab 2 : Struktur dan Desain Organisasi Bab 3 : Perbedaan Individu dalam Sebuah Organisasi Bab 4 : Sikap dan Kepuasan Kerja Bab 5 : Pembentukan Kelompok Kerja dan Tim Pembentukan Kelompok Kerja Bab 6 : Komunikasi dalam Organisasi Bab 7 : Perilaku Saling Percaya dalam Kerjasama Bab 8 : Pemicu adanya Perilaku Politik Bab 9 : Manajemen Perubahan Organisasi

7. Umpan balik (feedback) ialah tanggapan atau respon komunikan mengenai informasi yang didapatnya dari komunikator. 8. Gangguan (noise) adalah setiap hal yang mengganggu jalannya komunikasi. Setiap dimensi komunikasi terdapat gangguan ...

Kasus-Kasus Dalam Perilaku Keorganisasian

Buku ini merupakan salah satu referensi belajar pada mata kuliah Perilaku Keorganisasian sekaligus sebagai sarana bagi mahasiswa untuk memahami teori dan aplikasi dalam bidang Perilaku Keorganisasian. Perilaku Keorganisasian merupakan cabang ilmu yang sangat penting terutama dalam bidang Sumber Daya Manusia. Banyak penelitian yang dilakukan terkait dengan bagaimana perilaku orang-orang di dalam organisasi dan hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan kinerja atau produktivitas karyawan. Setiap bab dalam buku ini berusaha untuk menyajikan secara ringkas teori tentang Perilaku Keorganisasian, dilengkapi dengan soal latihan yang berupa studi kasus. Menyelesaikan masalah bisnis dari sudut pandang Perilaku Keorganisasian tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan memahami teori organisasi itu sendiri. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir dan menggunakan justifikasi yang tepat untuk membahas setiap kasus yang ada. Pada akhirnya penulis berharap mahasiswa dapat sungguh-sungguh memahami teori dan penerapannya, terutama dalam menganalisis perilaku orang-orang dalam organisasi dan menemukan solusi atas semua permasalahan yang disajikan dalam bentuk kasus di bawah bimbingan dosen yang bersangkutan.

Setiap bab dalam buku ini berusaha untuk menyajikan secara ringkas teori tentang Perilaku Keorganisasian, dilengkapi dengan soal latihan yang berupa studi kasus.