Sebanyak 3423 item atau buku ditemukan

Panduan Lengkap Menyusun SOP & KPI

SOP dan KPI adalah alat paling efektif bagi manajemen perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia (SDM), sehingga bisa memenuhi tanggung jawab kerja mereka. Melalui buku ini, Anda akan dipandu menyusun SOP yang selaras dengan KPI, agar mewujudkan sistem manajeman SDM yang lebih terukur dan tepat sasaran. Sebab, menciptakan sistem yang efektif dan efisien dalam suatu organisasi/perusahaan; tentu membutuhkan sistem yang memang dirancang—agar setiap karyawan (SDM) memiliki kinerja yang baik, sehingga produktivitas mereka pun juga ikut meningkat. Salah satu langkah awal yang dapat ditempuh adalah dengan menciptakan SOP dan KPI—yang sesuai dengan keadaan perusahaan serta visi-misi dan nilai yang dianut oleh organisasi/perusahaan. Sehingga, perusahaan secara efektif mampu mengelola sumber daya manusia dalam memenuhi tanggung jawab kerja mereka. Dalam buku ini, penulis menjelaskan mengenai apa-apa saja keuntungan menggunakan SOP dan KPI, bagaimana merancang serta menerapkannya, dan lain-lain. Sehingga, setiap SDM bisa mencapai sasaran dan target sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing.

Dalam proses kegiatan kerja, banyak anggota atau karyawan dalam perusahaan melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan ... Sistem yang seharusnya dibentuk agar menjadikan karyawan menjadi disiplin—justru dilanggar karena berbagai alasan ...

Matinya Perusahaan Gara-Gara SOP

Banyak pertanyaan yang menggelayut di benak kita, mengapa perusahaan yang sudah menyusun dan menerapkan SOP (Standard Operating Procedure) masih bisa rugi, stagnan, hingga tak mampu bersaing dengan para kompetitornya, bahkan mengalami kebangkrutan dan menyisakan nestapa. Bukankah SOP itu disusun dan diterapkan untuk memperbaiki kinerja, meningkatkan (menjamin) mutu hasil kerja, mengefektifkan dan mengefisienkan perusahaan, meminimalisir risiko, dan meningkatkan daya saing perusahaan untuk menghadapi kompetitor dan dinamika bisnis? SOP yang disusun berdasarkan visi dan misi perusahaan, corporate value, corporate culture, goals, rencana strategis, struktur organisasi, deskripsi pekerjaan karyawan, corporate rules, dan sebagainya (total ada 27 syarat yang harus dipenuhi supaya SOP yang disusun menjadi sarana yang produktif dan menguntungkan bagi perusahaan), memang dapat memajukan dan mengembangkan perusahaan. Namun apa jadinya jika SOP yang diterapkan itu adalah SOP yang disusun oleh orang yang tidak berkompeten di bidangnya, menjiplak dari SOP perusahaan lain, tidak memerhatikan target perusahaan, disusun menggunakan sistem birokrasi (bukan sistem produktivitas murni), tidak dilatihkan kepada karyawan, tidak pernah dievaluasi, tidak pernah dikembangkan sesuai dinamika bisnis terkini? Buku MATINYA PERUSAHAAN GARA-GARA SOP menjelaskan secara gamblang penyebab kegagalan penerapan SOP yang merugikan perusahaan, dilengkapi dengan berbagai solusi praktis yang murah dan sudah teruji. Ditulis dengan gaya bahasa sederhana khas praktisi bisnis, sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya. Penulisnya adalah praktisi bisnis yang sudah merasakan pahit getirnya mengoperasikan perusahaan menggunakan SOP selama satu dasawarsa lebih di perusahaannya sendiri maupun perusahaan lain yang dikelolanya. Dengan hadirnya buku ini, diharapkan pembaca dapat menyusun dan menerapkan SOP secara lebih bijak. Buku ini merupakan satu-satunya buku yang membahas tentang borok SOP di Indonesia.

Saat ini CCTV sudah menjadi peralatan kerja standar di SOP bagian Security dan terbukti mampu membantu mengamankan situasi atau membongkar kasus kejahatan yang ... Bagian akunting tinggal melakukan input data harian secara disiplin.

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis

Tel-U Press berkerjasama dengan Mirra Buana Media

Buku ini terdiri dari 13 bab yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia strategi. Materi bab meliputi konsep dan peran SDM, analisis jabatan, perencanaan SDM, rekrutmen, pelatihan dan pengembangan karyawan, pengembangan karier, manajemen kompensasi, penilaian kinerja, Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan di Indonesia, hubungan industrial dan program K3, audit SDM, SDM di era digital, dan SDM di era globalisasi. Dalam praktik manajemen sumber daya manusia (MSDM), kita sangat menyadari bahwa SDM merupakan salah satu unsur penting dalam organisasi, di mana mereka memiliki potensi sebagai penggerak organisasi dan juga sebagai aset bisnis perusahaan. Oleh karena itu, agar SDM suatu perusahaan dapat memenangkan persaingan di era digital dan global, dibutuhkan strategi yang tepat dalam merencanakan SDM yang mumpuni, memiliki kemampuan, dan responsif terhadap perubahan.

Buku ini terdiri dari 13 bab yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia strategi.

Manajemen Sumber Daya Manusia

MSDM

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) menekankan pada kata kuncinya. Daya (energi) yaitu kekuatan yang melekat pada manusia yang mempunyai kemampuan (competency) untuk membangun, dalam arti untuk maju ke arah yang positif. Setiap orang dalam kehidupan pribadinya maupun dalam kedudukannya sebagai anggota masyarakat, serta dalam peranannya di dalam status kedinasannya baik instansi pemerintah maupun swasta, perlu memiliki daya atau kemampuan tersebut. Lebih-lebih sebagai pemimpin (manager) ia harus memiliki kemampuan tersebut sehingga betul-betul menunjukkan ja dirinya sebagai pemimpin (leader yang berkualitas dan bijak) yang senantiasa memovasi bawahannya untuk juga mampu maju positif. Manusia yang memiliki daya seperti itu akan mampu mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang baik dan sebagai manfaatnya ia dapat merebut peluang kerja yang tersedia di masyarakat, atau justru dia dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Itu semuanya berdampak sangat positif bagi anggota-anggota masyarakat lainnya yang memerlukan lapangan kerja.

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) menekankan pada kata kuncinya.

Manajemen SDM Perguruan Tinggi: Pendekatan Kepemimpinan Profesional

Baik atau tidaknya mutu Perguruan tinggi sangat tergantung kepada mutu SDM sebagai pelaku utama dalam bidang pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karena itu penulis berharap melalui buku ini dapat membantu terhadap peningkatan mutu SDM dan mutu perguruan tinggi itu sendiri.

Baik atau tidaknya mutu Perguruan tinggi sangat tergantung kepada mutu SDM sebagai pelaku utama dalam bidang pendidikan di perguruan tinggi.

Faktor Kompensasi, Motivasi dan Disiplin Kerja serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang)

Buku ini menjelaskan tentang faktor kompensasi, motivasi dan disiplin kerja serta pengaruhnya terhadap kepuasan kerja karyawan (studi pada dinas kesehatan kabupaten Jombang).

Adanya hubungan yang dirasa saling mendukung dan saling memperhatikan antar rekan kerja akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan hangat sehingga menimbulkan kepuasan kerja. g. Kondisi pekerjaan Kondisi atau suasana kerja yang ...

PENGARUH ETOS KERJA, DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN BIAK NUMFOR

Kinerja Pemerintah Daerah sebagai organisasi Pemerintahan yang mengemban fungsi utama Pemerintahan, yang dikenal ada dua macam fungsi pemerintahan. Pertama Fungsi Primer, yaitu fungsi yang terus menerus berjalan dan berhubungan positif dengan keberdayaan yang diperintah artinya fungsi primer tidak pernah berkurang dengan bertambahnya keberdayaan masyarakat itu. Semakin berdaya yang diperintah semakin meningkat fungsi primer pemerintah. Dalam hal ini Pemerintah berfungsi primer sebagai provider jasa publik yang tidak diprivatisasikan termasuk jasa hankam dan layanan civil termasuk layanan birokrasi. Kedua Fungsi Sekunder adalah fungsi yang berhubungan negatif dengan tingkat keberdayaan yang diperintah artinya semakin berdaya yang diperintah, semakin berkurang fungsi sekunder pemerintah dari mendikte ke mengarahkan. Pemerintah berfungsi sekunder sebagai provider kebutuhan dan tuntutan yang diperintah akan barang dan jasa yang mereka belum mampu memenuhinya. Dengan demikian kedua jenis fungsi itu disebut sebagai fungsi pelayanan. Ukuran : 14,5x21 cm 128 halaman

Persaingan sehat, yaitu dengan memacu diri agar pekerjaan yang dilakukan tidak mudah patah semangat dan menambah kreativitas diri. Dari pengertian etos kerja di atas, maka jika seseorang, suatu organisasi atau suatu komunitas menganut ...

Disiplin dan tanggung jawab sosial di lingkungan kerja

sebuah studi kasus pemulung di Ledhok Code, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, D.I. Yogyakarta

Discipline and social responsibility of scavengers around their working sphere in Ledhok Code, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, D.I. Yogyakarta; case study.

DISIPLIN DAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL DI LINGKUNGAN KERJA PEMULUNG Pemulung Gresek ) bekerja sehari - ahri sebagai pemungut sampah . Menurut pemulung , ” sampah adalah semua jenis barang yang tidak dipakai lagi dan dibuang di tempat sampah ...

Kewirausahaan Dalam Disiplin Ilmu Kesehatan

Penulisan buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama sebulan sejak 1 Mei sampai dengan 31 Mei 2021. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi yang menuangkan tulisannya sesuai latar belakang kelimuan masing- masing penulis. Saat ini setiap Perguruan Tinggi mewajibkan Mata Kuliah Kewirausahaan di setiap Prodi tidak terkecuali Prodi Kesehatan, bagi Prodi Kesehatan Kewirausahaan merupakan hal yang baru dalam kurikulum khususnya buat para pengajar oleh karena nya buku ini hadir dengan melibatkan pakar keilmuan dari ekonomi, manajemen tidak lain sebagai bentuk kolaborasi keilmuan. Adanya Mata Kuliah Kewirausahaan dimaksudkan untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap dunia kewirausahaan serta memotivasi mereka untuk ikut terlibat langsung dalam dunia wirausaha sebagai wirausahawan muda yang tangguh, serta pembelajaran kewirausahaan diharapkan mampu mengurangi tingginya angka pengangguran, khususnya dari kalangan terdidik (Sarjana dan Diploma) untuk meningkatkan spirit dan mengembangkan skill serta knowledge di kalangan mahasiswa agar mereka punya bekal setelah lulus nantinya. besar harapan kami agar tulisan ini bisa menjadi referensi bacaan bagi kalangan dosen /peneliti serta buku pegangan bagi mahasiswa.

B. Bentuk Kontrak Kerja / Nota Kesepakatan Kontrak kerja atau nota kesepakatan memperinci pemahaman berkaitan dengan kontribusi peran, hak dan kewajiban dari masing-masing pihak yang terlibat dalam perjanjian.

Manajemen Keuangan Pendidikan

Buku Manajemen Keuangan Pendidikan ini mempelajari tentang pengelolaan keuangan pada satuan pendidikan yang melipu budge ng, accoun ng, serta audi ng. Pemahaman konsep dan keterampilan seputar manajemen keuangan dan pembiayaan pendidikan, analisis break event point unit usaha lembaga pendidikan, serta pengelolaan dana bantuan operasional sekolah secara lengkap dibahas dalam buku ini. Sajian materi yang mudah dipahami yang disertai dengan contoh akan dapat membelajarkan pada mahasiswa untuk menguasai kompetensi abad 21 tentang keterampilan berpikir kri s, krea f, serta kemampuan dalam memecahkan masalah melalui la han soal yang dihadirkan pada se ap materi. Sebagai bahan ajar matakuliah manajemen keuangan, buku ini wajib dipelajari oleh mahasiswa pada program studi S1-Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Buku ini selaras dengan capaian pembelajaran matakuliah yang fokus pada pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada mahasiswa yang harus dikuasai ke ka menempuh matakuliah manajemen keuangan. Selamat membaca buku manajemen keuangan pendidikan ini, semoga semakin menguatkan kompetensi anda sebagai pemimpin pendidikan masa depan untuk Indonesia maju.

Biaya rutin merupakan biaya kegiatan operasional pendidikan selama satu tahun ajaran ... pemeliharaan, serta perawatan sarana prasarana pendidikan.