Sebanyak 3579 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Perilaku Organisasi

Buku ini merupakan himpunan dari beberapa topik tentang perilaku organisasi bagi mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan. Diharapkan dapat bermanfaat, tidak terbatas bagi para mahasiswa yang masih aktif, dosen dan juga untuk para mahasiswa yang sedang proses perkuliahan atau menyelesaian penelitian sosial bidang perilaku organisasi. Bagi para mahasiswa dan dosen dapat berguna sebagai bahan referensi dan bagi para praktisi dapat dijadikan panduan pada pengambilan keputusan organisasi, penilaian kinerja organisasi dan motivasi karyawan.

Buku ini merupakan himpunan dari beberapa topik tentang perilaku organisasi bagi mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan.

Perilaku Organisasi

Beberapa Model dan Submodel

Buku ‘Perilaku Organisasi: Beberapa Model dan Submodel’ ditulis berdasarkan hasil survei dengan analisa statistik regresi ganda. Penulis mengambil dan mengkaji hanya delapan perilaku yang merupakan masalah besar di Indonesia dewasa ini. Tulisan ini tidak bermaksud mengabaikan perilaku organisasi lain sebagai fokus dan pokok pembahasan. Perilaku organisasi yang menjadi topik setiap bab adalah kejujuran dalam bekerja, keteladanan, kedisiplinan kerja, dorongan prestasi, inovasi, kepuasan kerja, kepuasan gaji, dan integrasi. Buku tentang perilaku organisasi pada umumnya hanya menggambarkan dan mengilustrasikan aspek-aspek perilaku yang positif yang harus dilakukan oleh para pengelola organisasi. Buku ini mengemukakan hal-hal positif dan negatif dari variabel-variabel perilaku organisasi dengan dampak di antara perilaku sumber daya manusia (SDM). Penulis menemukan 3 atau 4 submodel dari setiap model perilaku: submodel saling berdampak positif, berdampak positif searah, submodel saling berdampak negatif, dan berdampak negatif searah. Buku ini wajib dibaca oleh para pimpinan perusahaan, manajer, profesional bidang sumber daya manusia, dan siapa pun yang ingin memajukan organisasi.

Perilaku organisasi yang menjadi topik setiap bab adalah kejujuran dalam bekerja, keteladanan, kedisiplinan kerja, dorongan prestasi, inovasi, kepuasan kerja, kepuasan gaji, dan integrasi.

Soal-Jawab Perilaku Organisasi

Perilaku organisasi adalah bidang studi yang mempelajari pengaruh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku dalam organisasi, yang bertujuan meningkatkan efektivitas organisasi. Perilaku organisasi adalah sebuah bidang studi yang mengajarkan tiga faktor penentu perilaku dalam organisasi, yaitu individu, kelompok, dan struktur. Selain itu, perilaku organisasi menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh tentang individu, kelompok, dan pengaruh struktur terhadap perilaku yang akan membuat organisasi berjalan secara lebih efektif. Perilaku organisasi terkait dengan studi mengenai apa yang dilakukan individu dalam suatu organisasi dan bagaimana perilaku mereka mempengaruhi kinerja perusahaan. Perilaku organisasi mencakup topik inti mengenai motivasi, perputaran karyawan, produktivitas, manajemen, komunikasi antar personal, struktur dan proses kelompok, konflik, rancangan kerja, dan sebagainya.

Perilaku organisasi adalah bidang studi yang mempelajari pengaruh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku dalam organisasi, yang bertujuan meningkatkan efektivitas organisasi.

Teori Perilaku Organisasi

Manusia merupakan mahluk sosial sebagai salah satu sumber daya yang dinamis memegang peranan penting dalam perjalanan oganisasi. Pemahaman individu, kelompok, dan organisasi merupakan hal yang krusial dalam pencapaian tujuan organisasi. Hal ini disebabkan sumber daya manusia yang ada pada organisasi yang akan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi seluruh aktivitas dalam organisasi. Untuk itu dibutuhkan upaya yang optimal dalam memberdayakan sumber daya manusia tersebut dengan memahami perilaku individu, perilaku kelompok, manajemen konflik, keberagaman, kerja sama tim, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen konflik, kekuasaan dan politik, pemahaman organisasi, sikap, kepuasan kerja, dan hal lainnya. Dimana seluruh upaya pemahaman ini tidak terlepas dari dengan sumber daya manusia dalam organisasi yang akan dibahas pada buku ini. Lebih lengkapnya buku ini membahas: Bab 1 Pengantar Perilaku Organisasi Bab 2 Perilaku Individu dan Pengaruhnya Terhadap Organisasi Bab 3 Perilaku Kelompok dan Interpersonal Bab 4 Perilaku Antar Kelompok dan Manajemen Konflik Bab 5 Keberagaman Dalam Organisasi Bab 6 Tim Dalam Organisasi Bab 7 Komunikasi Dalam Organisasi Bab 8 Pengambilan Keputusan Organisasi Bab 9 Konflik dan Negosiasi Organisasi Bab 10 Kekuasaan dan Politik Dalam Organisasi Bab 11 Struktur Organisasi dan Budaya Organisasi Bab 12 Proses Organisasi Bab 13 Perubahan Organisasi Bab 14 Sikap, Perilaku, dan Kepuasan Dalam Bekerja

Sedangkan, Effendy (2009) menyatakan ada 3 (tiga) bentuk komunikasi dalam organisasi, yaitu: 1. Komunikasi berdasarkan bentuk. a. Komunikasi langsung, yaitu komunikasi langsung tanpa menggunakan alat. Komunikasi berbentuk kata-kata, ...

Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi dibutuhkan jika kita ingin menjalin komunikasi yang baik dan memahami perilaku individu di dalam sebuah organisasi. Buku ini ditulis dengan tujuan agar para mahasiswa dan para pembaca mampu memahami tentang perilaku individu di dalam organisasi yang meliputi perilaku individu dalam organisasi, perilaku kelompok dalam organisasi, proses di dalam organisasi, serta keanekaragaman, budaya, desain, dan pengembangan organisasi.

Perilaku Organisasi dibutuhkan jika kita ingin menjalin komunikasi yang baik dan memahami perilaku individu di dalam sebuah organisasi.

Teori dan Perilaku Organisasi

Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih. Organisasi merupakan bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang memegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan. Dengan kata lain, organisasi adalah suatu wadah atau tempat di mana orang-orang dapat bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Tanpa adanya organisasi, setiap orang tidak akan mengetahui bagaimana cara melaksanakan kerjasama tersebut. Dalam buku ini ada beberapa Bab/sub tema yang akan dibahas antara lain: Bab 1 : Evolusi Teori Organisasi Bab 2 : Struktur dan Desain Organisasi Bab 3 : Perbedaan Individu dalam Sebuah Organisasi Bab 4 : Sikap dan Kepuasan Kerja Bab 5 : Pembentukan Kelompok Kerja dan Tim Pembentukan Kelompok Kerja Bab 6 : Komunikasi dalam Organisasi Bab 7 : Perilaku Saling Percaya dalam Kerjasama Bab 8 : Pemicu adanya Perilaku Politik Bab 9 : Manajemen Perubahan Organisasi

7. Umpan balik (feedback) ialah tanggapan atau respon komunikan mengenai informasi yang didapatnya dari komunikator. 8. Gangguan (noise) adalah setiap hal yang mengganggu jalannya komunikasi. Setiap dimensi komunikasi terdapat gangguan ...

Kasus-Kasus Dalam Perilaku Keorganisasian

Buku ini merupakan salah satu referensi belajar pada mata kuliah Perilaku Keorganisasian sekaligus sebagai sarana bagi mahasiswa untuk memahami teori dan aplikasi dalam bidang Perilaku Keorganisasian. Perilaku Keorganisasian merupakan cabang ilmu yang sangat penting terutama dalam bidang Sumber Daya Manusia. Banyak penelitian yang dilakukan terkait dengan bagaimana perilaku orang-orang di dalam organisasi dan hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan kinerja atau produktivitas karyawan. Setiap bab dalam buku ini berusaha untuk menyajikan secara ringkas teori tentang Perilaku Keorganisasian, dilengkapi dengan soal latihan yang berupa studi kasus. Menyelesaikan masalah bisnis dari sudut pandang Perilaku Keorganisasian tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan memahami teori organisasi itu sendiri. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir dan menggunakan justifikasi yang tepat untuk membahas setiap kasus yang ada. Pada akhirnya penulis berharap mahasiswa dapat sungguh-sungguh memahami teori dan penerapannya, terutama dalam menganalisis perilaku orang-orang dalam organisasi dan menemukan solusi atas semua permasalahan yang disajikan dalam bentuk kasus di bawah bimbingan dosen yang bersangkutan.

Setiap bab dalam buku ini berusaha untuk menyajikan secara ringkas teori tentang Perilaku Keorganisasian, dilengkapi dengan soal latihan yang berupa studi kasus.

PERILAKU DAN BUDAYA ORGANISASI

Penulis : Irwan Fathurrochman, S.Pd.I., M.Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 100 Halaman ISBN : 978-623-79438-8-4 blurb : Pemimpin yang memiliki perilaku positif senantiasa mampu mengarahkan dan mempengaruhi perilaku setiap anggota organisasi, sehingga sangat penting memiliki pemahaman yang baik, dan menyeluruh mengenai mengapa dan bagaimana seseorang berperilaku dalam organisasi. Buku ini membahas setiap detail yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang visioner dan memiliki wawasan mendalam, sehingga strategi menuju kesuksesan memimpin dan mengarahkan organisasi menjadi lebih terarah. Buku Perilaku dan Budaya Organisasi ini berisi materi yang membahas bagaimana seorang manajer mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan contoh yang baik, sehingga mampu menghadirkan budaya positif bagi suatu organisasi, buku ini hadir untuk memperkaya kahazanah kelimuan. Secara khusus, buku ini dapat menunjang efektivitas pembelajaran dan menjadi referensi penting dalam bidang ilmu Manajemen Pendidikan. Buku ini hadir untuk menjawab kebutuhan perilaku dan budaya organisasi dewasa ini. Selain memberikan wawasan dan informasi baru bagi pemimpin dan perilaku organisasi mengenai strategi efektivitas directing untuk mencapai visi dan misi organisasi, buku ini juga membahas mengenai teori-teori kepemimpinan yang berkembang dan aplikatif untuk mengambil tindakan yang tepat dengan menunjukkan perilaku yang positif sehingga mampu mempengaruhi perilaku dan budaya organisasi.

Penulis : Irwan Fathurrochman, S.Pd.I., M.Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 100 Halaman ISBN : 978-623-79438-8-4 blurb : Pemimpin yang memiliki perilaku positif senantiasa mampu mengarahkan dan mempengaruhi perilaku setiap anggota ...

Sistem Pengendalian Manajemen dan Perilaku Disfungsional

Studi Empiris terhadap 12 BUMN Industri Strategis di Indonesia

Seperti dalam sepak bola, untuk memenangkan kompetisi dibutuhkan sinergi, strategi, kompetensi dan komitmen dari para pemain. Begitu pula dalam dunia bisnis, implementasi strategi merupakan tujuan dari sistem pengendalian manajemen. Jika diterapkan dengan baik, sistem pengendalian akan meminimalisasi tindakan penyimpangan sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Untuk itu, perlu juga diperhatikan faktor-faktor lain seperti strategi bisnis, kompetensi manajer, dan komitmen organisasional. Buku Sistem Pengendalian Manajemen dan Perilaku Disfungsional: Studi Empiris terhadap 12 BUMN Industri Strategis di Indonesia membahas faktor-faktor kunci pada sistem pengendalian manajemen guna meminimalkan perilaku disfungsional pada BUMN Industri Strategis di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat mengisi kekosongan literatur mengenai sistem pengendalian manajemen pada BUMN, khususnya Sektor Industri Strategis. Buku ini perlu dibaca para mahasiswa, dosen, praktisi, serta peneliti akuntansi manajemen, khususnya good governance pada BUMN.

Cara pandang perusahaan jauh ke depan agar diperoleh gambaran dan keadaan perusahaan yang diinginkan pada masa yang akan datang. b. Merupakan kerangka acuan hubungan para pelaku di dalam komunitas perusahaan, yaitu hubungan antara ...

Perilaku Organisasi Menuju Orientasi Pemberdayaan

Perilaku Organisasi berkaitan dengan studi tentang persepsi, nilai, sikap dan perilaku pada level individu dan kelompok yang dapat memengaruhi keberlangsungan organisasi. Untuk itu, perlu adanya strategi yang memberdayakan demi perubahan perilaku, pengembangan motivasi dan transformasi budaya, serta berbagai strategi pengembangan organisasi lainnya yang relevan dan tepat untuk pencapaian tujuan organisasi. Hal ini dapat dimaksudkan dalam rangka menuju orientasi pemberdayaan (individu, kelompok, dan organisasi). Topik kajian dalam buku ini membahas, antara lain: konsep dasar organisasi, kepribadian dan nilai dalam organisasi, dinamika kelompok, motivasi, kepemimpinan, komunikasi, pengambilan keputusan dalam organisasi, budaya organisasi, manajemen konflik, serta kekuasaan dan politik pemberdayaan dalam organisasi.

Perilaku Organisasi berkaitan dengan studi tentang persepsi, nilai, sikap dan perilaku pada level individu dan kelompok yang dapat memengaruhi keberlangsungan organisasi.