Sebanyak 3579 item atau buku ditemukan

Manajemen Public Relations (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi)

Humas perguruan tinggi tidak hanya sebagai fungsi administratif, tetapi lebih kepada fungsi manajerial untuk membantu pimpinan perguruan tinggi merangkul dan mendapatkan dukungan publik baik internal maupun eksternal, dengan cara membentuk dan mempertahankan citra positif, goodwill, pesan persuasi, penyertaan informasi dan saluran komunikasi yang baik kepada publik, sehingga tujuan luhur penyelenggaraan pendidikan tinggi dapat terwujud melalui hubungan publik yang berkesinambungan dan saling menguntungkan. Meskipun demikian, masih banyak ditemukan di mana peran Humas perguruan tinggi masih belum difungsikan sebagaimana mestinya. Perannya sering diartikan hanya sebatas pengumpul dan “pengkliping” berita, juru foto, mendokumentasikan acara, menyusun naskah pidato sambutan pimpinan, menerima tamu, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadikan fungsinya dianggap tidak penting, sehingga cenderung diabaikan dan bahkan hanya sebagai pelengkap struktur organisasi. Buku ini menawarkan perspektif profesional Manajemen Kehumasan (Public Relations Management) yang dituangkan ke dalam organisasi pendidikan Perguruan Tinggi. Sebagaimana bagian dari judul buku ini, “Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi”, maka keistimewaan materi yang disajikan dalam buku ini juga tidak melulu hanya menjabarkan teori kontekstual Humas yang ideal, namun juga implementasi riil yang terjadi di lapangan, baik dari permasalahan yang dihadapi, penyusunan strategi, hingga eksekusi yang diambil oleh profesional dan praktisi Humas pendidikan tinggi. Berbagai materi komprehensif tersebut disajikan ke dalam 9 bab yang meliputi: Bab 1 – Public Relations dalam Perspektif Perguruan Tinggi Bab 2 – Konsep Manajemen Public Relations Perguruan Tinggi Bab 3 – Posisi Public Relations dalam Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Bab 4 – Kualifikasi dan Kompetensi Profesional Public Relations Perguruan Tinggi Bab 5 – Strategi Membangun Opini dan Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Bab 6 – Manajemen Reputasi, Komunikasi, dan Informasi Bab 7 – Strategi Pengelolaam Konflik, Isu, dan Penanganan Krisis Bab 8 – Program Kerja dan Aktivitas Public Relations Perguruan Tinggi Bab 9 – Contoh Feature, Advertorial, dan Press Release Humas Perguruan Tinggi di Media Cetak dan Portal Media Online Buku ini sangat direkomendasikan untuk dapat digunakan oleh para akademisi perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa) sebagai bahan referensi mata kuliah pada Jurusan Manajemen, Manajemen Pendidikan, dan Ilmu Komunikasi. Selain itu, materi dalam buku ini juga dapat menjadi referensi bacaan bagi pimpinan perguruan tinggi, praktisi Humas (PR), dan masyarakat umum yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang Manajemen Kehumasan (Public Relations Management).

Humas perguruan tinggi tidak hanya sebagai fungsi administratif, tetapi lebih kepada fungsi manajerial untuk membantu pimpinan perguruan tinggi merangkul dan mendapatkan dukungan publik baik internal maupun eksternal, dengan cara membentuk ...

Pengantar Ilmu Manajemen

Manajemen merupakan sebuah disiplin ilmu yang cukup kompleks, dimana turunan dari setiao unsurnya akan membawa kepada kategori ilmu manajemen yang lain, seperti manajemen keorganisasian, manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen perbankan, manajemen komunikasi, dan lain sebagainya. Buku ini bertujuan untuk mengkaji berbagai konsep ilmu manajemen dasar agar nantinya pembaca dapat beranjak mempelajari cabang ilmu manajemen lain yang lebih kompleks.

Manajemen merupakan sebuah disiplin ilmu yang cukup kompleks, dimana turunan dari setiao unsurnya akan membawa kepada kategori ilmu manajemen yang lain, seperti manajemen keorganisasian, manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen ...

MANAJEMEN STRATEGIK (sebuah kajian dalam Pendidikan Islam)

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya. Dengan karya-karya semacam ini, yang tergabung dalam sistem keilmuan program studi MPI, kita dapat berharap secara bertahap stigma terhadap LPI sebagai lembaga pendidikan “yang tahan hidup, banyak masalah, dan tidak maju” itu dapat kita atasi.

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya.

Membangun Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

Berdasarkan ISO 21001: 2018

Sistem manajemen merupakan serangkaian acuan kerja terintegrasi bagi seluruh anggota organisasi dalam melaksanakan tugasnya di unit kerja masing-masing, mulai dari kebijakan, peraturan, prosedur, proses, dan petunjuk teknis dalam rangka mencapai kinerja organisasi. Di dalam sistem manajemen ini terkandung aspek pengelolaan organisasi secara strategis sampai operasional. ISO 21001:2018 telah memberikan syarat dan panduan bagi organisasi pendidikan yang ingin menyediakan produk dan layanan pendidikan yang mampu memenuhi persyaratan peserta didik dan stakeholder lainnya. Buku Membangun Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan berdasarkan ISO 21001:2018 ini ditulis sebagai acuan bagi para pembaca, khususnya mereka yang bekerja mengelola sistem manajemen atau sistem penjaminan mutu internal pada institusi pendidikan formal, seperti sekolah dan perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan non formal seperti lembaga pelatihan dan pengembangan. Buku ini ditulis berdasarkan pendekatan filosofis dan teoritis terkait sistem manajemen, juga terkait pendidikan, serta ditulis berdasarkan pengalaman metodis dan praktis dalam penerapan sistem manajemen organisasi pendidikan di beberapa institusi pendidikan.

... Pembelajaran ABC-05 Pengelolaan Implementasi Pembelajaran Marketing Principal Level Akademik Management Representative Teacher Manajemen Marketing Top Management School System Management IT Finance Finance Teacher Top Management Finance ABC ...

MANAJEMEN PEMASARAN HOLISTIK ERA 4.0

Konsep, Teori, dan Implementasi

Buku ini membahas tentang konsep, teori, dan implementasi dari pemasaran holistik di era 4.0. Pemasaran merupakan ujung tombak dalam suatu perusahaan. Konsep pemasaran holistik merupakan salah satu strategi pemasaran yang disusun atau dibuat dengan menggunakan keseluruhan unsur bisnis dalam sebuah perusahaan. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas karena pemasaran di era 4.0 menggabungkan sentuhan kepada konsumen secara manusiawi melalui kecanggihan teknologi dengan mengkombinasikan interaksi online dan offline yang terjadi antara penjual dan konsumen.

C. Kinerja Pemasaran: Studi E-Commerce Melesat jauhnya perkembangan teknologi informasi, internet dalam genggaman, meratanya pengetahuan dan penggunaan teknologi seolah membuat dunia terasa tidak lagi memiliki batasan.

Akuntansi Manajemen Strategis

Strategi dibutuhkan oleh sebuah organisasi dalam mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan. Penentuan indikator kinerja yang tepat, diharapkan organisasi mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Akuntan manajemen berperan dalam ranah informasi yang bersifat keuangan maupun non-keuangan untuk membantu manajer dalam mengambil keputusan strategis. Kondisi lingkungan eksternal yang terus mengalami perubahan akan memaksa organisasi untuk beradaptasi dan memanfaatkan analisis data yang tidak hanya bersifat kuantitatif tetapi juga bersifat kualitatif. Informasi yang dikumpulkan dari internal maupun eksternal akan diolah oleh akuntan manajemen melalui sebuah sistem akuntansi manajemen yang disertai dengan strategi dalam rangka menciptakan keunggulan kompetitif sebuah organisasi. Akuntansi manajemen strategis merupakan akuntansi manajemen yang menekankan pada informasi yang bersifat internal dan eksternal, sekaligus informasi yang bersifat non-keuangan. Akuntansi Manajemen Strategis menekankan hubungan antarindividu dalam suatu organisasi, hal ini yang membedakan dengan akuntansi manajemen tradisional. Teknik akuntansi manajemen kontemporer dibahas satu persatu, ABC, JIT, TQM, dan alat yang bermanfaat dalam ketidakpastian lingkungan, yaitu analisis profitabilitas pelanggan. Akuntansi pertanggungjawaban sosial dan pengukuran kinerja keuangan maupun nonkeuangan dengan pemberian bonus atau insentif juga diuraikan dalam buku ini. Pengukuran kinerja keuangan dan nonkeuangan, yaitu BSC dijelaskan sebelum bab terakhir, dan buku ini diakhiri dengan menguraikan konsep akuntansi manajemen strategis dalam bidang sektor publik. Secara keseluruhan Teknik akuntansi manajemen strategis yang sering dipergunakan dalam dunia bisnis telah diuraikan dalam buku ini. Buku akuntansi manajemen strategis ini merupakan pemahaman konsep dasar dan pengembangan bisa dilakukan oleh pembaca.

Buku akuntansi manajemen strategis ini merupakan pemahaman konsep dasar dan pengembangan bisa dilakukan oleh pembaca.

Aplikasi Sistem Pengurusan Kualiti dari Perspektif Islam (UUM Press)

Buku ini sesuai dijadikan panduan untuk pengurus kualiti mengaplikasikan sistem pengurusan kualiti kepada organisasi mereka. Secara khususnya buku ini mengandungi perbahasan tentang teori dan amalan sistem pengurusan kualiti pada masa kini yang meliputi Konsep Asas Kualiti, Definisi Kualiti, Budaya Kualiti, Prinsip-Prinsip Pengurusan Kualiti dan Program Anugerah Kualiti serta Sistem Pengurusan Kualiti. Kekuatan buku ini terletak pada perbincangan secara terperinci klausa atau elemen utama ISO 9001 dari perspektif Islam mengenai klausa tanggungjawab pengurusan, pengurusan sumber, penghasilan produk dan pengukuran, analisis dan penambahbaikan. Akhir sekali, buku ini mengemukakan satu ringkasan garis panduan untuk kegunaan organisasi bagi mengaplikasikan sistem pengurusan kualiti dari perspektif Islam berasaskan MS ISO 9001.

Kajian kepuasan pelanggan mesti merangkumi juga kajian persepsi pelanggan tentang sejauh mana organisasi melaksanakan tuntutan Syariah dalam operasi organisasi. (ii) Subklausa 8.2.2 Audit Dalaman berikut diberi: – Cadangan Islam yang ...

Membangun Bisnis dari Starting Menuju Running

Aplikasi pada Bisnis Otak-Otak Bandeng

Bisnis merupakan sebuah usaha yang memiliki visi misi dan sistem manajerial dan operasional yang lebih tertata. Membangun bisnis yang dimulai dari tahap starting memang membutuhkan pemahaman secara menyeluruh dan spesifik tentang konsumen, produk, dan distribusi. Pada tahap starting, pebisnis dituntut untuk memahami secara menyeluruh tentang konsep alur distribusi market (ditinjau dari psikologi market). Goal dari tahap starting ini adalah terjadinya transaksi pada bisnis tersebut. Setelah melewati tahap starting sebuah bisnis akan memasuki tahap running, pada tahap inilah yang membedakan antara usaha dengan bisnis. Di sini pebisnis mulai lebih merencanakan bisnisnya lebih dari sekedar terjadinya suatu transaksi. Terbentuknya visi, misi dan sistem manajerial bisnis adalah goal dari tahap running. Hal utama yang menjadi kekuatan dalam terbentuk dan terlaksananya sistem manajerial adalah SDM (sumber daya manusia), sehingga pada tahap ini sebuah bisnis akan lebih fokus membentuk SDM sesuai dengan skema yang sudah direncanakan, dimana nantinya SDM yang dibentuk itulah yang akan mengoperasikan bisnis tersebut. Buku yang berjudul Membangun Bisnis dari Starting menuju Running ini membahas tahap sebuah bisnis yang memang dari posisi nol (belum ada) hingga menuju pada tahap running yang menjadikan bisnis tersebut mampu berjalan berdasarkan sistem manajerial dan operasional bisnis yang telah dibuat. Pada masing-masing tahap juga telah dibahas contoh pengaplikasiannya secara riil, sehingga pembaca akan lebih mudah memahami dan menerapkan pada usaha yang dimiliki/akan dibuat oleh pembaca.

Buku yang berjudul Membangun Bisnis dari Starting menuju Running ini membahas tahap sebuah bisnis yang memang dari posisi nol (belum ada) hingga menuju pada tahap running yang menjadikan bisnis tersebut mampu berjalan berdasarkan sistem ...

EKONOMI PEMBANGUNAN TEORI DAN APLIKASI

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat, hidayah dan kasih sayangnya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan buku “EKONOMI PEMBANGUNAN: Teori dan Aplikasi”. Buku ini telah kami susun dengan semaksimal mungkin dan mendapatkan bantuan dan pertolongan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar dalam proses pembuatan buku ini. Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan terlibat dalam pembuatan buku ini. Terlepas dari semua itu, kami tentunya menyadari sepenuhnya bahwa masih terdapat banyak kekurangan, baik dari segi susunan kalimat ataupun kaidah penulisan. Oleh karena itu, kami dengan tangan terbuka menerima segala saran serta kritik dari para pembaca sehingga kami dapat memperbaiki buku ini. Demikian yang dapat kami sampaikan, akhir kata kami berharap semoga buku ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi bagi pembaca.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam kajian ekonomi Islam, persoalan pertumbuhan ekonomi telah menjadi perhatian ... (economic growth) merupakan bagian terpenting dalam kebijakan ekonomi di negara maupun sistem ekonomi manapun.

Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21

Penulisan buku ajar ini guna memenuhi kekurangan buku di UNIKA Santu Paulus Ruteng. Kebutuhan buku ajar maupun buku referensi bagi para dosen dan mahasiswa. Dengan munculnya berbagai fenomena pendidikan di abad 21, maka harus dijabarkan ke dalam konsep yang lebih sederhana dan dapat dirumuskan tingkat ketercapaiannya secara terukur. Ketercapaian tujuan pendidikan pada setiap jenjang juga harus dirumuskan dan dijabarkan secara rinci ke dalam materi ajar dengan menggunakan metodologi yang relevan agar keterkaitan antara tujuan dan cara pencapaiannya dapat tergambar jelas. Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*