
Manajemen Public Relations (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi)
Humas perguruan tinggi tidak hanya sebagai fungsi administratif, tetapi lebih kepada fungsi manajerial untuk membantu pimpinan perguruan tinggi merangkul dan mendapatkan dukungan publik baik internal maupun eksternal, dengan cara membentuk dan mempertahankan citra positif, goodwill, pesan persuasi, penyertaan informasi dan saluran komunikasi yang baik kepada publik, sehingga tujuan luhur penyelenggaraan pendidikan tinggi dapat terwujud melalui hubungan publik yang berkesinambungan dan saling menguntungkan. Meskipun demikian, masih banyak ditemukan di mana peran Humas perguruan tinggi masih belum difungsikan sebagaimana mestinya. Perannya sering diartikan hanya sebatas pengumpul dan “pengkliping” berita, juru foto, mendokumentasikan acara, menyusun naskah pidato sambutan pimpinan, menerima tamu, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadikan fungsinya dianggap tidak penting, sehingga cenderung diabaikan dan bahkan hanya sebagai pelengkap struktur organisasi. Buku ini menawarkan perspektif profesional Manajemen Kehumasan (Public Relations Management) yang dituangkan ke dalam organisasi pendidikan Perguruan Tinggi. Sebagaimana bagian dari judul buku ini, “Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi”, maka keistimewaan materi yang disajikan dalam buku ini juga tidak melulu hanya menjabarkan teori kontekstual Humas yang ideal, namun juga implementasi riil yang terjadi di lapangan, baik dari permasalahan yang dihadapi, penyusunan strategi, hingga eksekusi yang diambil oleh profesional dan praktisi Humas pendidikan tinggi. Berbagai materi komprehensif tersebut disajikan ke dalam 9 bab yang meliputi: Bab 1 – Public Relations dalam Perspektif Perguruan Tinggi Bab 2 – Konsep Manajemen Public Relations Perguruan Tinggi Bab 3 – Posisi Public Relations dalam Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Bab 4 – Kualifikasi dan Kompetensi Profesional Public Relations Perguruan Tinggi Bab 5 – Strategi Membangun Opini dan Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Bab 6 – Manajemen Reputasi, Komunikasi, dan Informasi Bab 7 – Strategi Pengelolaam Konflik, Isu, dan Penanganan Krisis Bab 8 – Program Kerja dan Aktivitas Public Relations Perguruan Tinggi Bab 9 – Contoh Feature, Advertorial, dan Press Release Humas Perguruan Tinggi di Media Cetak dan Portal Media Online Buku ini sangat direkomendasikan untuk dapat digunakan oleh para akademisi perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa) sebagai bahan referensi mata kuliah pada Jurusan Manajemen, Manajemen Pendidikan, dan Ilmu Komunikasi. Selain itu, materi dalam buku ini juga dapat menjadi referensi bacaan bagi pimpinan perguruan tinggi, praktisi Humas (PR), dan masyarakat umum yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang Manajemen Kehumasan (Public Relations Management).
- ISBN 13 : 6236477205
- ISBN 10 : 9786236477205
- Judul : Manajemen Public Relations (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi)
- Pengarang : Ahmad Bairizki,
- Kategori : Business & Economics
- Penerbit : Pustaka Aksara
- Bahasa : id
- Tahun : 2021
- Halaman : 242
- Google Book : https://play.google.com/store/books/details?id=NfFcEAAAQBAJ&source=gbs_api
-
Ketersediaan :
Humas perguruan tinggi tidak hanya sebagai fungsi administratif, tetapi lebih kepada fungsi manajerial untuk membantu pimpinan perguruan tinggi merangkul dan mendapatkan dukungan publik baik internal maupun eksternal, dengan cara membentuk ...