Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

Manajemen Public Relations (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi)

Humas perguruan tinggi tidak hanya sebagai fungsi administratif, tetapi lebih kepada fungsi manajerial untuk membantu pimpinan perguruan tinggi merangkul dan mendapatkan dukungan publik baik internal maupun eksternal, dengan cara membentuk dan mempertahankan citra positif, goodwill, pesan persuasi, penyertaan informasi dan saluran komunikasi yang baik kepada publik, sehingga tujuan luhur penyelenggaraan pendidikan tinggi dapat terwujud melalui hubungan publik yang berkesinambungan dan saling menguntungkan. Meskipun demikian, masih banyak ditemukan di mana peran Humas perguruan tinggi masih belum difungsikan sebagaimana mestinya. Perannya sering diartikan hanya sebatas pengumpul dan “pengkliping” berita, juru foto, mendokumentasikan acara, menyusun naskah pidato sambutan pimpinan, menerima tamu, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadikan fungsinya dianggap tidak penting, sehingga cenderung diabaikan dan bahkan hanya sebagai pelengkap struktur organisasi. Buku ini menawarkan perspektif profesional Manajemen Kehumasan (Public Relations Management) yang dituangkan ke dalam organisasi pendidikan Perguruan Tinggi. Sebagaimana bagian dari judul buku ini, “Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi”, maka keistimewaan materi yang disajikan dalam buku ini juga tidak melulu hanya menjabarkan teori kontekstual Humas yang ideal, namun juga implementasi riil yang terjadi di lapangan, baik dari permasalahan yang dihadapi, penyusunan strategi, hingga eksekusi yang diambil oleh profesional dan praktisi Humas pendidikan tinggi. Berbagai materi komprehensif tersebut disajikan ke dalam 9 bab yang meliputi: Bab 1 – Public Relations dalam Perspektif Perguruan Tinggi Bab 2 – Konsep Manajemen Public Relations Perguruan Tinggi Bab 3 – Posisi Public Relations dalam Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Bab 4 – Kualifikasi dan Kompetensi Profesional Public Relations Perguruan Tinggi Bab 5 – Strategi Membangun Opini dan Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Bab 6 – Manajemen Reputasi, Komunikasi, dan Informasi Bab 7 – Strategi Pengelolaam Konflik, Isu, dan Penanganan Krisis Bab 8 – Program Kerja dan Aktivitas Public Relations Perguruan Tinggi Bab 9 – Contoh Feature, Advertorial, dan Press Release Humas Perguruan Tinggi di Media Cetak dan Portal Media Online Buku ini sangat direkomendasikan untuk dapat digunakan oleh para akademisi perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa) sebagai bahan referensi mata kuliah pada Jurusan Manajemen, Manajemen Pendidikan, dan Ilmu Komunikasi. Selain itu, materi dalam buku ini juga dapat menjadi referensi bacaan bagi pimpinan perguruan tinggi, praktisi Humas (PR), dan masyarakat umum yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang Manajemen Kehumasan (Public Relations Management).

Humas perguruan tinggi tidak hanya sebagai fungsi administratif, tetapi lebih kepada fungsi manajerial untuk membantu pimpinan perguruan tinggi merangkul dan mendapatkan dukungan publik baik internal maupun eksternal, dengan cara membentuk ...

Fundamental Manajemen Keorganisasian (Pendekatan Dasar Teori Manajerial Multiaspek)

Kegiatan manajemen merupakan aspek kompleks yang tidak mungkin dapat dilakukan oleh individu seorang diri. Betapapun dirinya mahir dan menguasai berbagai peran, namun tetap saja membutuhkan kerjasama tim dalam mencapai tujuan. Itu sebabnya untuk menjadi seorang pemilik sekaligus manajer bisnis, maka perlu memiliki keterampilan dalam membentuk dan mengelola organisasi. Buku yang tengah Anda pegang saat ini merupakan salah satu sarana untuk memahami bagaimana mengimplemantasikan cara kerja manajemen tersebut. Dalam buku ini Anda akan disuguhi berbagai sudut pandang manajemen, dari persiapan memulai bisnis, membangun organisasi, mengelola SDM, hingga memahami cara bagaimana pelanggan mengambil suatu keputusan pembelian atau memilih untuk menggunakan produk bisnis Anda. Sesuai dengan judulnya, Fundamental Manajemen Keorganisasian (Pendekatan Dasar Teori Manajerial Multiaspek), maka buku ini memiliki anatomi isi dari berbagai aspek manajemen dasar yang terbagi ke dalam tiga bagian, antara lain: Bagian 1 – Membangun Organisasi Bisnis: (Kewirausahaan; Studi Kelayakan Bisnis; dan Manajemen Perubahan). Bagian 2 – SDM Strategis sebagai Aset Bisnis: (Manajemen Sumber Daya Manusia; dan Kinerja Karyawan). Bagian 3 – Mengelola Hubungan Bisnis: (Komunikasi Organisasi; Public Relations; Perilaku Organisasi; Hukum Ketenagakerjaan; dan Perilaku Konsumen). Kehadiran buku ini sangat bermanfaat bagi para akademisi untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan terkait dengan studi manajemen keorganisasian. Sedangkan bagi praktisi ahli dan profesional bisnis, materi yang tersaji dalam buku ini dapat menjadi acuan dasar dalam pengelolaan lingkungan organisasi dan pengembangan strategi bisnisnya.

... manajemen SDM yang berfungsi sebagai penyedia informasi atas kegiatan yang telah dilakukan di masa ... sistem Input Sub-sistem perencanaan tenaga kerja Sistem pemrosesan transaksi Sub-sistem Rekrutmen Sumbersumber internal Sub-sistem ...

Manajemen Sumber Daya Manusia (Tinjauan Strategis Berbasis Kompetensi) - Jilid 1

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan kegiatan manajemen yang sangat penting di dalam suatu organisasi. Dikatakan penting karena kegiatan ini mengacu pada serangkaian kebijakan, praktik dan berbagai sistem yang terdapat pada suatu organisasi (perusahaan) yang dapat mempengaruhi perilaku, sikap, dan kinerja karyawan. Oleh karenanya peran departemen SDM (Human Resource Department - HRD) dalam suatu perusahaan menjadi sangat vital, terlebih departemen ini harus dapat mencari solusi dari berbagai permasalahan yang terkait dengan para pekerja (karyawan) di dalamnya. Bukan hanya aspek tantangan yang datang dari luar organisasi, namun juga aspek internal yang harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang sehat, sehingga pada akhirnya tujuan dari organisasi tersebut dapat dicapai dengan baik. Buku ini menjelaskan materi ke HRD-an secara komprehensif kepada Pembaca, utamanya ditinjau dari aspek strategis perusahaan melalui pemberdayaan SDM yang berkompeten. Materi dalam buku ini disampaikan dari berbagai sisi perspektif, baik dari sisi perusahaan maupun para karyawan, sehingga menjadi sebuah kisi-kisi strategi yang aplikatif untuk diterapkan oleh masing-masing pihak. Selain itu, keistimewaan materi dalam buku ini juga tidak melulu hanya menjelaskan teori, namun juga menjelaskan berbagai teknik penting yang harus dikuasai oleh para praktisi HRD dan diketahui oleh para karyawan. Seperti halnya teknik menentukan jumlah karyawan yang ideal, proyeksi turnover karyawan, teknik dan strategi wawancara berbasis kompetensi, perangkat assesment center, penyusunan struktur dan skala upah, metode penilaian dan model pengukuran kinerja, serta masih banyak lagi berbagai kajian yang menarik di dalamnya. Berbagai materi komprehensif tersebut disajikan ke dalam 13 bab yang meliputi: Bab 1 – Peran Penting Manajemen SDM Bab 2 – Kompetensi Strategis dan Konsep Organisasi Pengetahuan Bab 3 – Perencanaan SDM Bab 4 – Strategi Rekrutmen Kandidat Terbaik Bab 5 – Seleksi dan Penentuan Kandidat Bab 6 – Manajemen Pelatihan Bab 7 – Pengembangan Karyawan Bab 8 – Pemberdayaan dan Pemeliharaan SDM Bab 9 – Manajemen Kinerja (Perspektif Penilaian dan Evaluasi) Bab 10 – Tinjauan Model Pengukuran Kinerja (Implementasi KPI Berbasis Balance Scorecard) Bab 11 – Manajemen Karier Bab 12 – Penghargaan SDM Melalui Kompensasi Bab 13 – Strategi Menetapkan Tingkat Kompensasi Buku ini sangat direkomendasikan untuk dapat digunakan oleh para akademisi perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa) pada Program Studi Manajemen, baik program Sarjana maupun Pasca Sarjana, khususnya pada mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategik). Selain itu, materi dalam buku ini juga dapat dijadikan referensi dan literasi bagi para praktisi SDM (HR), para karyawan, dan masyarakat umum yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang MSDM.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan kegiatan manajemen yang sangat penting di dalam suatu organisasi.

Manajemen Sumber Daya Manusia (Tinjauan Strategis Berbasis Kompetensi) - Jilid 2

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan kegiatan manajemen yang sangat penting di dalam suatu organisasi. Dikatakan penting karena kegiatan ini mengacu pada serangkaian kebijakan, praktik dan berbagai sistem yang terdapat pada suatu organisasi (perusahaan) yang dapat mempengaruhi perilaku, sikap, dan kinerja karyawan. Oleh karenanya peran departemen SDM (Human Resource Department - HRD) dalam suatu perusahaan menjadi sangat vital, terlebih departemen ini harus dapat mencari solusi dari berbagai permasalahan yang terkait dengan para pekerja (karyawan) di dalamnya. Bukan hanya aspek tantangan yang datang dari luar organisasi, namun juga aspek internal yang harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang sehat, sehingga pada akhirnya tujuan dari organisasi tersebut dapat dicapai dengan baik. Buku ini menjelaskan materi ke HRD-an secara komprehensif kepada Pembaca, utamanya ditinjau dari aspek strategis perusahaan melalui pemberdayaan SDM yang berkompeten. Materi dalam buku ini disampaikan dari berbagai sisi perspektif, baik dari sisi perusahaan maupun para karyawan, sehingga menjadi sebuah kisi-kisi strategi yang aplikatif untuk diterapkan oleh masing-masing pihak. Selain itu, keistimewaan materi dalam buku ini juga tidak melulu hanya menjelaskan teori, namun juga menjelaskan berbagai teknik penting yang harus dikuasai oleh para praktisi HRD dan diketahui oleh para karyawan. Seperti halnya teknik menentukan jumlah karyawan yang ideal, proyeksi turnover karyawan, teknik dan strategi wawancara berbasis kompetensi, perangkat assesment center, penyusunan struktur dan skala upah, metode penilaian dan model pengukuran kinerja, serta masih banyak lagi berbagai kajian yang menarik di dalamnya. Berbagai materi komprehensif tersebut disajikan ke dalam 13 bab yang meliputi: Bab 1 – Peran Penting Manajemen SDM Bab 2 – Kompetensi Strategis dan Konsep Organisasi Pengetahuan Bab 3 – Perencanaan SDM Bab 4 – Strategi Rekrutmen Kandidat Terbaik Bab 5 – Seleksi dan Penentuan Kandidat Bab 6 – Manajemen Pelatihan Bab 7 – Pengembangan Karyawan Bab 8 – Pemberdayaan dan Pemeliharaan SDM Bab 9 – Manajemen Kinerja (Perspektif Penilaian dan Evaluasi) Bab 10 – Tinjauan Model Pengukuran Kinerja (Implementasi KPI Berbasis Balance Scorecard) Bab 11 – Manajemen Karier Bab 12 – Penghargaan SDM Melalui Kompensasi Bab 13 – Strategi Menetapkan Tingkat Kompensasi Buku ini sangat direkomendasikan untuk dapat digunakan oleh para akademisi perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa) pada Program Studi Manajemen, baik program Sarjana maupun Pasca Sarjana, khususnya pada mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategik). Selain itu, materi dalam buku ini juga dapat dijadikan referensi dan literasi bagi para praktisi SDM (HR), para karyawan, dan masyarakat umum yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang MSDM.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan kegiatan manajemen yang sangat penting di dalam suatu organisasi.