Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

RISET OPERASI MANAJEMEN TRANSPORTASI

Bismillahi rohamni rahiim Assalamu alaikum waroh matulohi wabarakatuh Dengan puji syukur ke hadirat Allah SWT bahwasannya kita masih diberikan kesehatan selama ini. Penyusun menguraikan buku teori ini bermaksud untuk memudahkan para pembaca memahami permasalahan transportasi logistik memudahkan belajar pada arah topik yang dituju terutama dalam masalah sistem transportasi logistik. Penyusun dengan senang hati dapat menyelesaikan Buku Teori Riset Operasi Manajemen Transportasi ini walaupun banyak yang perlu diperbarui, terutama sesuai dengan situasi permasalahan sistem transportasi masa kini. Buku ini disusun berdasarkan materi selama satu semester. Secara substansi terdiri dari permasalahan transportasi dengan menggunakan metode matematis programa linier. Setiap buku terdiri dari teori-teori, kemudian diterapkan pada studi kasus transportasi logistik, lalu disertakan pula soal latihan responsi sehingga dapat dipahami dari berbagai sisi. Praktikum disusun pada buku praktikum terpisah dari buku ini. Subtansi dari buku teori riset operasi ini terdiri dari: (1) Sejarah dan isu permasalahan transportasi masa lalu, kini, dan masa depan. (2) Programa linier dengan grafis, (3) Programa linier dengan matematis (metode simpleks), (4) Metode big M, (5) Metode dua fase, (6) Metode dualitas (7) Analisis sensitivitas. (8) Model Transportasi (solusi awal): Dummy & Balance Problem, Linier Programming Method, Northwest Corner Method (NCM), dan Minimum/Least Cost Method (LCM). (9) Model Transportasi (solusi Perbaikan): Stepping Stone Method (SSM), dan Modified Distribution Method (MODI), (10) Model Penugasan (Assignment) : Metode Hungarian (11) Model Terminal Antara (Transhipment), (12) Model Jaringan: Shortest Route Method, Spanning Tree Method, Maximum Flow Problem, (13) Manajemen Proyek I : Perencanaan Proyek, (14) Manajemen Proyek II : konsep Crushing Method. Seluruh buku dapat berubah sesuai dengan situasi permasalahan transportasi masa kini terjadi. Buku ini tentu jauh dari kesempurnaaan. Penyusun menerima saran dan kritik. Akhirul Kalam, Wassalamualaikum Waromatulohi Wabarakatuh.

Ilmu riset operasi yaitu ilmu untuk melakukan penyelidikan terhadap operasional
suatu masalah dengan formulasi model gambar d. Ilmu riset operasi yaitu ilmu
yang mengkaji hanya pada masalah manajemen transportasi saja. e. Ilmu riset ...

PENELITIAN OPERASIONAL

Buku ini terdiri dari 7 bab antara lain membahas tentang bab 1. Sejarah Penelitian Operasional; 2. Metode Linier Model Grafis; 3. Metode Linier Model Simplek; 4. Dualitas; 5. Big-M; 6. Model Transtportasi dan Penugasan; dan 7. Jaringan Kerja (Network). Prinsipnya pada mata kuliah ini membahas tentang optimalisasi untuk menyelesaikan permasalaha-permasalahan suatu kegiatan/usaha.

Buku ini terdiri dari 7 bab antara lain membahas tentang bab 1. Sejarah Penelitian Operasional; 2. Metode Linier Model Grafis; 3. Metode Linier Model Simplek; 4. Dualitas; 5. Big-M; 6. Model Transtportasi dan Penugasan; dan 7.

BUKU AJAR PSIKOLOGI KONSELING

Internet-mediated psychotherapy: Are we ready for the ethical challenges? Indian
Journal of Medical Ethics, 12(4), 220–227. https://doi.org/10.20529/ijme.
2015.058 Wibowo, N. C. H. (2016). Bimbingan Konseling Online. Jurnal Ilmu
Dakwah, ...

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Risalah Syaikh Masyhur Hasan Salman, Ad-Dakwah ilaa Allah baina alwahy wa-
al-Fikr), dalam AdzDzakhiiroh al-Islamiyyah, Vol. 6 no 9, edisi 41, 1429. 17 Yazid
Bin Abdul Qadir Jawwaz, Syarah Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah Jakarta: ...

Penyusunan Skala Psikologi

Bagaimana langkah-langkah penyusunan skala psikologi? Bagaimana cara memahami atribut psikologi dan variabel psikologi serta memiliki konsep teori sebagai dasar penyusunan skala psikologi? Bagaimana merumuskan indikator keperilakuan berdasarkan aspek keperilakuan? Apa itu validitas dan reliabilitas? Lalu, bagaimana caranya mencapai validitas dan reliabilitas skala psikologi yang baik? Berapa sampel yang diperlukan ketika uji coba skala psikologi? Bagaimana startegi merumuskan aitem psikologi serta menganalisisnya agar menghasilkan daya beda yang tinggi? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali muncul ketika seseorang menyusun skala psikologi. Buku ini disusun dengan pembahasan secara runtut dan memuat jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dimulai dengan pembahasan tentang karakteristik skala psikologi, jenis-jenis skala psikologi beserta cara pemberian skor, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai cara merumuskan indikator keperilakuan dan aitem dalam skala psikologi, tahapan menghitung validitas dan reliabilitas yang benar serta memilih validitas dan reliabilitas yang sesuai, cara menguji coba skala psikologi dan menganalisis aitem, membuat kategorisasi dan norma, kemudian diakhiri dengan perakitan skala psikologi dengan tampilan yang baik. Penulis mencoba menyajikan berbagai pendapat di setiap permasalahan dalam penyusunan skala psikologi. Selain itu, penulis menyajikan berbagai data dalam barcode sebagai sarana latihan bagi para pembaca, penulis juga menuliskan tahapan-tahapan di setiap analisis data. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Seseorang menduduki tempat duduk prioritas dalam fasilitas umum sedangkan ada ibu hamil yang berdiri di dekatnya. a. Saya tegur dan ingatkan bahwa ibu hamil ...

Dunia Industri

Perspektif Psikologi Tenaga Kerja

Buku ini berjudul Dunia Industri; Perspektif Psikologi Tenaga Kerja Sebuah Studi Perkembangan Dalam Dunia Industri yang merupakan satu kajian referensi untuk meningkatkan kesadaran jiwa dan manajemen potensi diri, dimana diharapkan menjadi pemandu dalam mendapatkan jati diri yang berkualitas, unggul dan berdaya saing yang kompetitif. Dalam buku ini di ulas secara komprehensif dengan komposisi 10 Bab, yakni : BAB I Pengertian dan Wawasan Psikologi Industri BAB II Sejarah Perkembangan Psikologi BAB III Motivasi dan Teori-Teori Motivasi BAB IV Kepuasan Kerja dan Teorinya BAB V Stres, Penyebab dan Strategi Menghadapi Stres Kerja BAB VI Kepemimpinan dan Teori-Teori Tentang Kepemimpinan BAB VII Kelompok dan Dinamikanya dalam Dunia Industri BAB VIII Manajemen Konflik dan Konflik Organisasi dalam Industri BAB IX Negosiasi dan Aplikasinya BAB X Komunikasi dalam Industri dan Organisasi Semoga Buku ini bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat secara umum. Penulis memohon kearifan pembaca untuk memakluminya atas kekurangan dan kekeliruan. Akhirnya saran konstruktif senantiasa kami nanti dan harapkan, semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya, Isyhadu bianna muslimun. Wallahu waliyyut Taufik Wal Hidayah Makassar, September 2019 Penulis

Buku ini berjudul Dunia Industri; Perspektif Psikologi Tenaga Kerja Sebuah Studi Perkembangan Dalam Dunia Industri yang merupakan satu kajian referensi untuk meningkatkan kesadaran jiwa dan manajemen potensi diri, dimana diharapkan menjadi ...

EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DISKUSI

Eksperimen ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran demonstrasi diskusi terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa SMP. Indonesia Keterampilan menulis teks diskusi dilihat berdasarkan keterampilan menulis orientasi isu, pendapat mendukung, pendapat menolak, dan simpulan/saran. Keterampilan menulis teks diskusi penting dikuasai karena mengarahkan siswa untuk berpikir kritis dan peka terhadap isu/permasalahan di masyarakat.

Eksperimen ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran demonstrasi diskusi terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa SMP.

Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh

Kajian Teoritis dan Inovasi

Buku online learning edisi pertama ini diberi judul Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh, kajian teoritis dan Inovasi buku ini diperuntukan oleh pemimpin dan inovator pendidikan. Yang dimaksud dengan pemimpin di sini adalah setiap pendidik, pihak yang memegang posisi sebagai pembuat keputusan yang berpengaruh terhadap pihak lain termasuk terhadap peserta didik yang diajarnya. Yang dimaksud dengan inovator di sini adalah individu atau kelompok individu yang menciptakan pembaharuan dan pelopor dalam proses pembaruan pendidikan. Dalam buku ini diuraikan suatu proses model pembelajaran terbuka jarak jauh (online learning) secara teoritis dan inovatif. Proses tersebut biasanya dilakukan oleh dosen, guru, widyaiswara, dan lainnya, sebagai tenaga pengajar di lembaga pendidikan. Akhir kata penulis mengucapkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa. Karena hanya dengan rahmat dan hidayah-Nya buku ini dapat diselesaikan. Ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada kedua orang tua Almarhum ayahanda Abdul Kadir Tubagus dan Almarhuma Hj. Mahani Masloman serta istri dan kedua anakku yang tercinta Amriah Amir, ST., MM. Adlan Safaraz Tubagus, Fauzan Aljibra Tubagus dengan tulus telah memberikan dukungan, doa, pengorbanan sehingga penulis dapat menyelesaikan buku ini.

DePorter Bobby dan Hernacki Mike, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Bandung: Mizan Publika, ... Rethinking University Teaching: A Conversational Framework for The Effective Use of Learning Technologies.

ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DENGAN SELF ASSESMENT

Koneksi matematis adalah interrelasi antara situasi, masalah, dan ide-ide matematis dan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam menyelesaikan masalah yang satu dengan masalah lainnya. Kemampuan koneksi matematis siswa dipengaruhi oleh gaya belajar siswa. Penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori dan kinestetik) mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Self assessment membantu mengembangkan kemampuan siswa untuk memeriksa dan berpikir kritis mengenai proses pembelajaran yang siswa jalani. Buku ini disusun untuk menganalisis kualitas pembelajaran VAK dengan self assessment terhadap kemampuan koneksi matematis dan menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran VAK dengan self assessment. Penelitian ini menggunakan jenis mixed method dengan desain concurent embedded. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 9 Semarang. Pengambilan data gaya belajar menggunakan kuesioner, pengambilan data kemampuan koneksi matematis menggunakan tes dan pengambilan data self assessment menggunakan lembar penilaian. Kualitas pembelajaran secara kualitatif dinilai dari tahap perencanaan, pelakasanaan, dan penilaian. Hasil tes kemampuan koneksi matematis dianalisis secara kuantitatif dengan uji rata-rata, uji kutantasan, uji beda rata-rata, dan uji proporsi beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VAK berkualitas baik secara kualitatif dan kuantitatif. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan koneksi matematis yang paling tinggi, siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan koneksi matematis sedang, dan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan koneksi matematis paling rendah.

“Pembelajaran matematika model quantum teaching Dengan modalitas visual, auditori, dan kinestetik Berbantuan software autocad”. Journal of Educational Research and Evaluation, 2 (1): 37-41. Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran.

MODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI KITAB NEGARAKRETAGAMA

Buku panduan ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan peserta didik tentang sumber pembelajaran sejarah yang berasal peninggalan karya sastra masa Kerajaan Majapahit. Buku panduan ini disusun untuk memenuhi kualifikasi mata pelajaran sejarah Indonesia yang diajarkan di kelas X dengan kompetensi dasar “Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini”.

Buku panduan ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan peserta didik tentang sumber pembelajaran sejarah yang berasal peninggalan karya sastra masa Kerajaan Majapahit.