Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.
Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus ...
Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.
Pembentukan karakter yang berbasis kearifan lokal bagi anak usai dini dapat diibaratkan menjadi binaragawan (body buyilder) yang memerlukan otot-otot akhlak yang harus ditempa secara terus menerus agar menjadi kuat dan kokoh baik secara ...
Karakter dipahami sebagai hal yang sangat mendasar bagi keberadaan suatu bangsa. Dengan pendidikan karakter, berbagai spirit dan nilai ideal suatu bangsa ditanamkan dan dikembangkan. Buku ini merupakan buku seri ke-2, sebagai kelanjutan dan pemerlengkap dari buku seri ke-1, yang hadir karena diilhami oleh pentingnya menanamkan dan menguatkan jati diri bangsa dengan nilai-nilai karakter luhur pada diri generasi muda. Isi buku ini didasarkan pada kajian teoretik dan penelitian lapangan dalam kerangka rekayasa sosial model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal dan civic virtue bagi penguatan sumber daya manusia dan daya saing bangsa di perguruan tinggi yang penulis lakukan secara intensif selama tiga tahun terakhir ini. Buku ini dimaksudkan juga sebagai pendeskripsian dan pemaknaan atas praktik pendidikan karakter di tiga perguruan tinggi di Indonesia. Pembahasan dan penguaraiannya berfokus pada persoalan landasan pengembangan, nilai yang dikembangkan, dan program/kegiatan yang dikembangkan dalam pendidikan karakter oleh ketiga perguruan tinggi tersebut, sebagai ANCANGAN DAN BEST PRACTICES. Buku ini layak dibaca bagi pemerhati dan pengembang pendidikan karakter. Bukan hanya yang berkecimpung di pendidikan tinggi. Pengembang pendidikan karakter di tingkat sekolah menengah dapat pula mengambil hikmah, tentu dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian secara proporsional dan kontekstual. Secara keseluruhan, buku ini bermanfaat menambah wawasansecara komprehensif, faktual, dan inspiratif dalam penguatan pendidikan karakter yang sedang aktual sekarang.
Model-Model Pembelajaran Penjas merupakan salah satu mata kuliah yang tercantum pada kurikulum Pendidikan Jasmani (Penjas). Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Model dan metode mengajar merupakan suatu alat atau strategi yang harus dimiliki oleh guru pendidikan jasmani dalam proses belajar mengajar. Sehingga tujuan yang hendak diinginkan oleh guru akan tercapai dengan baik. Dalam proses belajar-mengajar ada banyak faktor yang mempengaruhi tercapainya pembelajaran di antaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode serta media pembelajaran.
Buku ini menjelaskan tentang Pembelajaran Tipe Jigsaw, Contoh gambaran pelaksanaan pembelajaran, analisa keunggulan dua metode pembelajaran, pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Buku ini menjelaskan tentang Pembelajaran Tipe Jigsaw, Contoh gambaran pelaksanaan pembelajaran, analisa keunggulan dua metode pembelajaran, pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
The Chartbook conatins all the grammar charts in the fourth edition of Understanding and Using English Grammar. Packed with easy-to-understand explanations and clear examples, the Chartbook is the perfect reference tool for students and teachers alike. Understanding and Using English Grammar is a classic developmental skills text for intermediate to advanced English language learners
Saat ini, SPSS telah mengukuhkan diri sebagai software statistik paling populer di Indonesia. Dengan fasilitas metode statistik yang sangat lengkap, kemampuan membuat grafik-grafik statistik yang sophisticated, penggunaan yang user friendly, serta kompatibilitas dengan software populer seperti Microsoft Office, SPSS dapat digunakan oleh orang yang awam tentang statistik dan komputer sekalipun! Untuk memudahkan pemahaman materi, pada setiap topik disertai contoh kasus; mulai dari cara memasukkan data statistik ke dalam SPSS 25, bagaimana cara SPSS 25 mengolahnya dengan prosedur statistik tertentu, dan cara menafsir hasil output SPSS 25. Agar dapat dipahami dengan sistematis, materi dibagi menjadi tiga bagian besar: Bagian 1: Menjelaskan persiapan data statistik sebelum diproses dengan SPSS 25. Bagian 2: Menjelaskan penggunaan SPSS 25 untuk mengolah data dengan berbagai prosedur statistik. Bagian 3: Bagian ini bersifat pelengkap dua bagian di atas, berisi tips dan trik praktis dalam menggunakan SPSS 25. Buku ini ditujukan kepada para pengguna statistik yang tidak ingin direpotkan dengan perhitungan manual statistik yang melelahkan, namun tetap ingin memperoleh output statistik yang akurat dan dapat dimengerti. Para mahasiswa, peneliti, pengusaha dan pengguna awam yang terlibat dalam pengolahan data statistik merupakan kalangan yang tepat untuk memiliki dan menggunakan buku ini.
Statistika merupakan mata kuliah dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa karena mata kuliah ini adalah dasar dalam materi metode penelitian terutama digunakan dalam penyususnan tugas akhir. Perhitungan ilmu statistika secara manual membutuhkan waktu yang lama dan rumit. Untuk memudahkan pemahaman statistika maka dalam buku ini diuraikan secara detail bagaimana menghitung secara manual dilengkapi dengan rumus-rumusnya dan dilengkapi dengan program statitik SPSS. Dalam buku ini versi SPSS yang digunakan adalah versi 20. Secara tampilan versi SPSS ini tidak jauh beda dengan versi sebelumnya ataupun versi diatasnya. Para mahasiswa dan Dosen dapat menggunakan buku ini sebagai pelengkap kuliah dan prakteknya terutama dalam aplikasi SPSS. Isi materi dalam buku ini secara umum sudah disesuaikan dengan kurikulum statistika untuk perguruan tinggi. Kami menyadari masih terdapat kekurangan dalam buku ini untuk itu kritik dan saran terhadap penyempurnaan buku ini sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat memberi maanfaat bagi mahasiswa, dosen dan bagi semua pihak yang membutuhkan
Statistika merupakan mata kuliah dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa karena mata kuliah ini adalah dasar dalam materi metode penelitian terutama digunakan dalam penyususnan tugas akhir.
Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa agar mampu membuat desain penelitian dengan baik dan benar. Istilah desain penelitian mencakup keputusan tentang cara penelitian itu dikonseptualisasikan, cara pelaksanaannya, dan akhirnya, kontribusi yang dapat disumbangkan terhadap perkembangan ilmu di bidang tertentu. Buku ini menekankan pada tiga hal penting yang perlu dikembangkan dan diperhatikan oleh peneliti, yaitu pertimbangan teoretis, metodologis, dan etis yang relevan dengan proyek tertentu