Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an

Buku ini berisi tentang penilaian autentik berikut penjelasannya, pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasannya, penilaian autentik pada pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasanya dan disertai dengan format rekapitulasi nilai.

Buku ini berisi tentang penilaian autentik berikut penjelasannya, pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasannya, penilaian autentik pada pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasanya dan disertai dengan format rekapitulasi nilai.

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Problem Based Learning yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat sasaran. Dikatakan tepat sasaran karena model pembelajaran ini langsung menukik pada permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dengan pendekatan ini, maka anak didik diajak langsung untuk terlibat dalam kondisi real sosiologis yang terjadi di tengah-tengah lingkungan mereka. Dengan demikian melatih pula rasa kepedulian anak didik untuk mengetahui persoalan-persoalan yang terjadi dan terlibat langsung dalam memberikan solusi-solusi atas permasalahan tersebut secara kontekstual.

Problem Based Learning yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat sasaran.

Pengantar Pelaksanaan Praktik Pengajaran Di Sekolah Bimbingan Dan Konseling Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

Buku Pengantar Pelaksanaan Praktik Pengajaran di Sekolah Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi ‘Coronavirus Disease’ 2019 (COVID-19), disusun dalam rangka memenuhi kebutuhan pelaksanaan Praktik Pengajaran di Sekolah bagi mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lambung Mangkurat pada masa pandemi COVID-19. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bersama bahwa pada tahun 2020 terjadi perubahan mendasar pelaksanaan praktik pengajaran di sekolah bimbingan dan konseling, karena lebih menekankan pelaksanaan daring dengan memperhatikan keberadaan sekolah pada zona tertentu mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah. Kondisi di masa pandemi sangat beragam dan sangat fluktuatif sehingga diperlukan upaya yang cermat dan tepat. Keluwesan dan ketangkasan mahasiswa peserta praktik pengajaran di sekolah bimbingan dan konseling diperlukan untuk menghadapi kondisi yang seperti ini. Pengantar Pelaksanaan Praktik Pengajaran Di Sekolah Bimbingan Dan Konseling Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Indikator Kompetensi Kepribadian Berkembang dalam PPL BK 1. ... Pendidikan Sekolah Menengah Pemahaman dasar dari karakter konseli/peserta didik diambil dari Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling baik di SMP, SMA, ...

Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21

Perkembangan teknologi mengubah orientasi belajar dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran digital. Perubahan ini seiring dengan integrasi strategi pembelajaran dengan Information and Communication Technologies (ICT). Penyajian serba digital pada perkembangan pembelajaran abad 21 akan berdampak terhadap stategi pembelajaran seperti halnya konten pembelajaran. Konten pembelajaran berbasis digital dapat dibuat dalam bentuk e-book atau e-modul. Buku ini terdiri dari enam bab utama beserta subbab dengan pembahasan yang telah disesuaikan dengan kerangka kajian pengembangan yang sederhana. Dengan diterbitkannya buku ini maka diharapkan dapat menjadi sumber kajian pengembangan e-modul untuk para pengajar dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan naskah digital guna memaksimalkan literasi digital

Perkembangan teknologi mengubah orientasi belajar dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran digital.

Pengembangan Proses Belajar Peserta Didik dalam Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Pengajar

Buku ini memuat kumpulan artikel tentang : Profesi Guru dan Perubahan Perilaku Maysarakat dalam Era Globalisasi; Peran Orang Tua sebagai Pendamping dalam Belajar Anak; Tinjauan Teoritik tentang Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Lembaga Pendidikan Tenagat Kependidikan (LPTK); Paket Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi; Penegakan Kode Etik Profesional Guru Indonesia; Mengenal Kepemimpinan Pendidikan; Manajemen Kelas dan Usaha Mengembangkan Profesi Dosen dalam Bidangnya; Metode Kualitatif dalam Penelitian di Bidang Pengajaran; Metode Kualitatif dalam Penelitian di Bidang Pengajaran; Pengembangan Kurikulum sebagai Upaya Peningkatan Mutu Proses Belaajr Mengajar di Perguruan Tinggi; Pendidikan Prasekolah Menurut UUSPN tahun 1989 dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990; Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian; Komunikasi Dosen Wali dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi; Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa; Validitas dan Reliabilitas Tes Sine Qua Non Pengukuran Hasil Belajar Mahasiswa; Hadiah dan Hukuman sebagai Alat Pendidikan.

Buku ini memuat kumpulan artikel tentang : Profesi Guru dan Perubahan Perilaku Maysarakat dalam Era Globalisasi; Peran Orang Tua sebagai Pendamping dalam Belajar Anak; Tinjauan Teoritik tentang Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Lembaga ...

PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK APLIKASI UNTUK PEMBELAJARAN GRAMMAR

Sebuah Telaah Berbasis Temuan Riset

Buku ini memuat kajian komparatif tentang penggunaan perangkat lunak aplikasi NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL pada pembelajaran grammar di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP PGRI Pasuruan. Di bab pertama, tim menyajikan deskripsi komparatif antara menu dan fitur yang dimiliki oleh NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Dengan mengetahui deskripsi ini, tim penulis berharap pembaca akan dapat menginisiasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan juga sesuai dengan kegunaan menu serta fitur yang terdapat di NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Oleh karena itu, di bab kedua, tim menjabarkan penerapan strategi dalam proses pembelajaran grammar dengan menggunakan NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Bab ketiga menjelaskan tentang capaian yang dihasilkan dari proses proses pembelajaran grammar dengan menggunakan NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Bab ketiga ini terdiri dari tiga sub bab yang membahas capaian mahasiswa secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada bab terakhir, tim menyajikan fenomena unik yang terungkap pasca pelaksanaan pembelajaran grammar dengan menggunakan NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Fenomena ini adalah grammar berdasarkan feeling yang tentu memiliki dimensi beragam terkait sebab dan klasifikasi jenisnya.

Buku ini memuat kajian komparatif tentang penggunaan perangkat lunak aplikasi NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL pada pembelajaran grammar di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP PGRI Pasuruan.

Pendidikan Dan Perubahan Sosial

(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih)

Bismillah, segala puji bagi Allah, salam sejahtera tercurah kepada para nabi dan manusia pilihan-Nya. Buku yang berada di tangan anda ini adalah buku untuk memenuhi literatur mahasiswa dan steakholders pengelola pendidikan, misalnya pada mata kuliah Ilmu Pendidikan, Manajemen Pendidikan (Islam), Pengantar Pendidikan (Islam), Pengembangan Kurikulum—juga untuk khalayak, sebagai bahan bacaan dan semakin melengkapi khazanah keilmuan tentang Ilmu Pendidikan (Islam), Pendidikan dan problem yang dihadapinya dalam berselancar dengan era digital dan revolusi industry 4.0. yang memerlukan pemberdayaan sumber daya manusia yang tidak merasa selalu berada di zona aman—sebagaimana yang diungkapkan oleh Prof. Rhenald Kasali, dengan selalu melakukan inovasi. Pada tulisan saya di salah satu surat kabar ―Pendidikan bukan Kuburan Massal, ada yang menarik ketika menurut Paulo Freire bahwa pendidikan sama dengan pembacaan kritis dan mengamati fenomena perkembangan pendidikan kita sekarang ini. Ketika kemudian paradigma pendidikan bergeser dari sekolah formal ke sekolah non-formal. Pandangan bahwa sekolah formal memandang potensi semua anak sama—bahkan ada yang berpandangan cenderung mematikan potensi anak menjadi kuburan massal, harus sama kecerdasan intelektualnya. Padahal penemuan terbaru adanya kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh setiap anak dan berpotensi sukses dengan potensinya masing-masing, jika kemudian dikembangkan dan didorong lebih maksimal. Sekolah alam, home schooling, sekolah sepak bola, sekolah seni, sekolah wirausaha modern dan semacamnya saat ini berkembang dengan cepat. Bahkan sekarang di era disrupsi—ada semacam konsorsium yang membutuhkan tenaga kerja tanpa mempersyaratkan ijazah, yang penting memiliki skill dan kompetensi di bidang IT dan digitalisasi untuk secara online melayani konsumen/pelanggan. Maka ini harus disikapi dengan bijak, kritis dan radikal tentang model dan implementasi pendidikan yang lebih diarahkan pada pemberdayaan peserta didik dan pemberdayaan sosialnya. Mekanisasi‘ peserta didik dalam pembelajaran adalah sebuah proses dehumanisi yang sangat berbahaya dalam kelangsungan kehidupan anak untuk mencapai kedewasaannya. Ungkapan school is mirror society (sekolah/lembaga pendidikan adalah cermin masyarakat) seyogyanya benar-benar mewarnai pendidikan yang sedang berlangsung. Sebagai konsekuensinya, lembaga pendidikan harus ikut berperan aktif dalam memecahkan problem social. Oleh karena itu—tentu harapan kita, kepada para pemimpin— pendidikan harus terus diberdayakan, prosesnya harus terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), maka diharapkan pemerintah bersama kalangan swasta terus berupaya mewujudkan amanat tersebut melalui berbagai usaha pembangunan pendidikan yang lebih berkualitas. Hal ini ditujukan antara lain melalui pengembangan dan perbaikan kurikulum dan sistem evaluasi. Perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, serta pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Meski usaha tersebut telah dilakukan, pada kenyataannya upaya pemerintah belum cukup berarti dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam perspektif/kerangka sekolah sebagai ujung tombak pembangunan pendidikan, merupakan sesuatu prioritas yang harus dipikirkan dalam merencanakan formula reformasi pendidikan oleh para pemimpin kita. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan merupakan lembaga strategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Sekolah mau tidak mau akan menjadi pusat perhatian seluruh elemen bangsa untuk dikaji kembali. Kajian dimaksud dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasannya yang lebih efektif dan efisien. Berangkat dari konteks ini, maka buku ini dihadirkan kepada para pembaca, pegiat pendidikan, praktisi dan simpatisan pendidikan— walaupun dimodif dari penelitian karya ilmiah—mudah-mudahan bermanfaat dan menginspirasi dalam melakukan human invesmant yang tentu butuh waktu lama—satu bahkan dua generasi—yang berbeda dengan membangun infrastruktur. Wal akhir, tidak lupa penulis ingin mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu diterbitkannya buku ini. Bapak H. Duryat (almarhum) dan ibu Hj. Jaetun—yang sudah memberikan jalan dengan ikhlas dan sabar mendidik kami, kakak dan adik, juga Dra. Hj. Nadiroh Nuryaman, M. Pd. I—istri tersayang, anak-anak kami tercinta— Ahmad Fikri Aziz M., dan Naufal Bahrul Ilmi M., Civitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan sahabat-sahabat di Prodi MPI yang setia membantu terselesaikannya buku ini, berdiskusi— sharing—yang tidak bisa disebut satu persatu; seluruh civitas academika STIT/STKIP al-Amin Indramayu, maupun teman-teman di SMA Islam At- Taqwa Kandanghaur dan terima kasih juga saya sampaikan kepada pihak penerbit yang telah berkenan mencetak dan menerbitkan buku ini. Hanya kepada Allah kita memohon taufik dan hidayah-Nya, semoga bermanfaat. Billahi fi sabili al-haq Indramayu, 12 Januari 2020 Penulis

Bapak H. Duryat (almarhum) dan ibu Hj. Jaetun—yang sudah memberikan jalan dengan ikhlas dan sabar mendidik kami, kakak dan adik, juga Dra.

Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali

Dunia pendidikan dalam keadaan serius. Tidak hanya serius dalam melaksanakan pelayanan dengan kualitas terbaik namun juga pendidikan memerlukan pemikiran dan upaya yang seirus terkait keberlangsungan pendidikan itu sendiri terutama masa pandemi ataupun disebut masa adaptasi kebiasaan baru saat ini membuat kompleksitas problem pendidikan semakin lengkap. Pada modern sekarang yakni era revolusi industri 4.0 masyarakat kita telah bersahabat dengan teknologi, hal ini tampak pada pemanfaatan yang mulai merata di kalangan masyarakat terkait dunia digital dalam bidang ekonomi hingga praktik pendidikannya. Akan tetapi pada tahun 2019 lalu kita dikejutkan dengan peresmian society 5.0 yang diinisiasi oleh Jepang, sebagai solusi revolusi industri 4 yang dikhawatirkan akan meniadakan peran manusia dalam dunia pendidikan khususnya karena semua aktivitas pelayanan pendidikan dilakukan oleh robot dan sebaliknya masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang dapat memberikan solusi penyelesaikan setiap problem dan tantangan sosial dengan memanfaatkan hasil inovasi yang terlahir pada masa revolusi industri 4.0 yaitu diantaranya internet (internet on things), data dengan jumlah besar (big data), kecerdasan buatan (artificial intelligence), serta robot guna menaikkan kualitas kehidupan manusia. Ini artinya, komponen utama yang dimanfaatkan masyarakat 4.0 adalah lebih kepada kecerdasan buatan untuk menyelesaikan problemnya, kemudian pada 5.0 ini masyarakat beralih menjadi masyarakat yang berprinsip tetap menggunakan teknologi sebagai alat, sedangkan pelaku utamanya adalah manusia. Sehingga yang semula hanya menjadikan internet sebagai sarana berbagi informasi lalu menjadikan internet sebagai perantara menjalani kehidupan. Adapun posisi buku ini yaitu memberikan orientasi untuk menentukan sikap dan peran Pendidikan Agama Islam dalam pembekalan hidup dalam bermasyarakat era 5.0 dengan berpedomankan kitab Ayyuhal Al-Walad karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan cakupan buku ini pada bagian Pertama, menjelaskan, Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Kedua, Ilmu dan Amal Pegangan Utama Masyarakat 5.0, Ketiga, Sholat sebagai Kendaraan Tercanggih Masyarakat 5.0, Keempat, Macam-macam Perilaku Masyarakat 5.0, Kelima, Pendidikan dalam Masyarakat 5.0, Keenam, Obat Hati Masyarakat 5.0, Ketujuh, Perilaku Yang Harus Dihindari Masyarakat 5.0 , dan Kedelapan, Kunci Sukses Masyarakat 5.0.

Dunia pendidikan dalam keadaan serius.