Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

KONSEP PENGETAHUAN, SIKAP, PERILAKU, PERSEPSI, STRES, KECEMASAN, NYERI, DUKUNGAN SOSIAL, KEPATUHAN, MOTIVASI, KEPUASAN, PANDEMI COVID-19, AKSES LAYANAN KESEHATAN – LENGKAP DENGAN KONSEP TEORI, CARA MENGUKUR VARIABEL, DAN CONTOH KUESIONER

Penelitian menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bangsa sehingga penelitian adalah tuntutan bagi peneliti, baik mahasiswa, dosen, maupun profesi lainnya. Sebelum proposal penelitian disusun, peneliti wajb memahami tentang topik yang akan diteliti atau masalah yang diangkat dalam penelitian. Pemahaman tersebut sangat penting sebagai dasar dalam mengembangkan proposal penelitian sehingga pelaksanaan penelitian dapat berjalan dengan baik. Sering kali peneliti, terutama mahasiswa kebingungan dalam mencari sumber teori maupun konsep tentang topik atau masalah yang diangkat dalam penelitian. Selain itu, hal lain yang sering kali menyulitkan mahasiswa atau peneliti adalah cara mengukur variabel dan instrumen penelitian yang akan digunakan dalam. penelitian. Oleh karena itu, penulis sangat mempertimbangkan semua hal tersebut dengan menyusun buku ini, yang dilengkapi dengan topik-topik yang banyak diangkat oleh mahasiswa atau peneliti dalam melakukan penelitian, baik bidang kesehatan maupun sosial. Harapannya, kehadiran buku ini dapat membantu mahasiswa maupun peneliti dalam menyusun proposal penelitian. Buku ini banyak mengulas tentang konsep, pengukuran variabel, dan contoh-contoh kuesioner dani variabel penelitian yang terangkum dalam 13 bab, yaitu: Bab I Konsep Pengetahuan Bab lI Konsep Sikap Bab lI Konsep Perilaku Bab IV Konsep Persepsi Bab V Konsep Stres Bab VI Konsep Kecemasan Bab VIl Konsep Nyeri Bab VIll Konsep Dukungan Sosial Bab IX Konsep Kepatuhan Bab X Konsep Motivasi Bab XI Konsep Kepuasan Bab Xl Konsep Pandemi Covid-19 Bab XIll Konsep Akses Pelayanan Kesehatan

Penelitian menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bangsa sehingga penelitian adalah tuntutan bagi peneliti, baik mahasiswa, dosen, maupun profesi lainnya.

Perkembangan Sosial AUD Berbasis Karakter

E-modul bahan ajar perkembangan sosial AUD berbasis karakterberbasis karakter ini merupakan pelengkap dari buku Perkembangan Sosial AUD pada rumpun mata kuliah wajib Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Dharmas Indonesia. E-modul bahan ajar ini dirancang dengan tujuan agar mahasiswa dapat mempelajari dan memahami uraian materi yang disajikan tersebut dengan baik dan mahasiswa dapat menampilkan karakternya dengan baik pula sehingga mencerminkan calon guru yang dapat diteladani. Dalam E-modul ini berisi skenario pelaksanaan pembelajaran, uraian materi dan evaluatif yang harus dilalui. Pembelajaran Perkembang Sosial AUD yang disajikan dalam E-modul Perkembang Sosial AUD pada rumpun mata kuliah wajib Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Dharmas Indonesia ini merupakan mata kuliah yang harus dikuasai oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Dharmas Indonesia. Hal ini dikarenakan mata kuliah Perkembang Sosial AUD menjadi dasar pengetahuan mahasiswa untuk mengetahui dan memahami tumbuh kembang anak usia dini dari segi sosialnya. Pada umumnya, penyajian materi dalam e-modul ini dimulai dari tujuan pembelajaran, indikator capaian, skenario pelaksanaan pembelajaran, peta konsep, uraian materi, kesimpulan, evaluatif dan penutup. E-modul ini adalah pelengkap dari buku-buku yang pernah ada tentang Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Semester 4 (Genap) dengan tujuan akhir agar mahasiswa dapat mempelajari materi dengan baik.

E-modul bahan ajar perkembangan sosial AUD berbasis karakterberbasis karakter ini merupakan pelengkap dari buku Perkembangan Sosial AUD pada rumpun mata kuliah wajib Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas ...

STRATEGI PENGEMBANGAN TALENTA INOVASI DAN KECERDASAN ANAK

Buku ini dipaparan berbagai strategi mengembangkan talenta inovasi dan kecerdasan anak. Strategi yang dimaksud adalah pertama, pembudayaan talenta disiplin. Pembudayaan talenta disiplin: (1) melalui pembelajaran tematik, (2) melalui penerapan VCT (Value Clarification Technique), (3) melalui keteladanan guru. Kedua, pengembangan talenta tanggung jawab. Pengembangan kecerdasan dapat dilakukan dengan berapa strtegi untuk beberapa jenis kecerdasan. Kecerdasan yang dikembangkan dan dipaparkan dalam buku ini adalah kecerdasan spiritual, sosial, dan kecedasan kognitif. Strategi pengembangan kecerdasan spirtual yang dilakukan adalah pelaksanaan pembelajaran agama, strategi keteladanan dan strategi pembiasaan guru. Strategi pengembangan kecerdasan sosial dilakukan dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Strategi pengembangan kecerdasan kognitif ditempuh dengan menerapkan aplikasi kahoot dalam pembelajaran.

Menurut Wulandari (2014:3) kompetensi sosial mengacu pada keterampilan sosial, emosional, kognitif serta kemampuan beradaptasi dengan situasi di sekitarnya. Teori tersebut sesuai dengan hasil temuan pada aspek ini, misalnya pada materi ...

PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN

Pengembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai dengan Menggunakan Cat Air Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci : Motorik Halus Mewarnai Dengan Cat Air Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Perkembangan motorik halus ialah meningkatkan perkoordinasian gerak tubuh yang melibatkan otot dan syaraf-syaraf yang jauh lebih kecil atau detail. Kegiatan mewarnai dengan cat air ini adalah dimana anak menggoreskan warna, menggunakan ibu jari dan telunjuk serta menggerakkan pergelangan tangan, dari gerakan-gerakan motorik halus menggores dan menggerakkan pergelangan tangan anak akan mengalami perkembangan. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di taman kanak-kanak Islam Ambulu yang menerapkan motorik halus melalui kegiatan mewarnai dengan meggunakan cat air pada masa pandemi covid-19.

9 Banyak hal yang dapat dikembangkan dalam diri anak diantaranya nilai agama dan moral, kognitif, sosial emosional, bahasa, seni dan fisik motorik. Salah satu yang dapat dikembangkan melalui sebuah lembaga taman kanak-kanak adalah ...

PENGEMBANGAN MODEL E-LEARNING: Studi Analisis Kebutuhan & Uji Kelayakan

Cakupan dalam buku membahas terkait; studi pengembangan mobile learning, model dan format instrumen preview media berbasis TIK, strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran, model dan format analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis TIK, studi pengembangan e-learning, integrasi TIK dalam pembelajaran, model elearning sebagai pembelajaran mandiri.

Cakupan dalam buku membahas terkait; studi pengembangan mobile learning, model dan format instrumen preview media berbasis TIK, strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran, model dan format analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis ...

STUDI TEMATIK NARASI PENDIDIKAN (Kajian Analisis Filosofis)

Buku ini mencoba menjelaskan realitas bahwa pendidikan bukanlah dapat dipandang dalam satu perspektif saja, melainkan memiliki ragam sudut pandang namun memiliki satu kesatuan yang saling mendukung. Antara pendidikan ilmu dunia dan ilmu akhirat misalnya, meskipun keduanya memiliki keterkaitan, namun dalam substansinya tetap saja memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Pada buku ini akan dijabarkan tentang bagaimana varasi ilmu itu harus dipahami secara kompleks bukan satu pandangan belaka.

Konsep Pendidikan Ibn Miskawaih membangun konsep pendidikannya yang bertumpu pada pendidikan akhlak. Karena dasar pendidikan Ibn Miskawaih dalam bidang akhlak, maka konsep pendidikan yang dibangun adalah pendidikan akhlak yang meliputi: ...

Monograf Sarjana Pendidikan Agama Buddha Sebagai Misionari Buddhis (Studi Kasus pada Lulusan PTKB di Provinsi Sumatera Utara)

Teknik Pengumpulan Data Penulis melalukan teknik observasi (pengamatan), wawancara mendalam, kajian dokumen dengan mencari foto, naskah naskah yang terkait dan lain sebagainya, sehingga bisa memperoleh informasi yang akurat yang dapat ...

Model Mitigasi Learning Loss Era Covid 19: Studi pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, learning loss adalah hilangnya kesempatan belajar karena berkurangnya intensitas interaksi dengan pendidik saat proses pembelajaran yang mengakibatkan penurunan penguasaan kompetensi peserta didik. Sedangkan The Education and Development Forum (2020) menyebutkan learning loss adalah situasi di mana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik umum atau khusus atau kemunduran secara akademis yang terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau ketidakberlangsungannya proses pendidikan. Berdasarkan pemahaman ini, permasalahan yang paling utama dalam learing loss adalah penurunan bahkan hilangnya penguasaan kompetensi peserta didik yang diakibatkan oleh berkurangnya intensitas interaksi dengan pendidik. Learning loss menjadi sangat memungkinkan terjadi akibat tidak maksimalnya pembelajaran yang dilakukan secara daring. Learning loss menjadi kerugian jangka panjang terhadap pembelajaran anak-anak akibat penutupan sekolah sementara di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Penulisan buku ini sangat penting di tengah adanya kekhawatiran terjadinya learning loss dalam sistem pendidikan di negeri ini. Pandemi covid 19 memang tidak bisa diatasi dengan mudah. Akan tetapi learning loss yang bisa saja terjadi pada sistem pendidikan kita harus diantisipasi dengan baik. Terbitnya buku ini adalah bagian dari upaya untuk mengantisipasi terjadinya learning loss dalam sistem pendidikan kita.

Berdasarkan pembahasan pada latar belakang, maka dapat dirumuskan bagaimana model pembelajaran mitigasi learning loss dampak pendidikan jarak jauh era covid 19 pada pendidikan nonformal dengan fokus sebagai berikut.

Teknik Pembentukan Mata Kuliah pada Kurikulum Program Studi Kefarmasian

Penyusunan dan pembentukan mata kuliah bukan sekedar membuat daftar nama-nama mata kuliah yang sekiranya pantas disusun dalam kurikulum. Namun, koherensi rumusan visi dan misi institusi perguruan tinggi-prodi, rumusan profil lulusan, rumusan capaian pembelajaran, dan rasionalisasi implementasi sangat menentukan keberlanjutan yang terukur dari pengembangan suatu prodi.

Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi, 2014, Direktorat Pendidikan Tinggi. Naskah Capaian Pembelajaran Lulusan, Asosiasi Pendidikan Tinggi Indonesia, 2021, Sasongko dkk, ITB Press. Standar Nasional Pendidikan ...

Technology Literacy Applications in Learning Environments

"This book discusses the efficacy of instructional technology in various, global learning environments"--Provided by publisher.

"This book discusses the efficacy of instructional technology in various, global learning environments"--Provided by publisher.