Sebanyak 3276 item atau buku ditemukan

KUALITAS LAYANAN RUMAH SAKIT Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien

Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit berbeda dengan pelayanan jasa, jasa berbeda denga barang. Salah satu cara mendeferensikan pelayanan jasa kesehatan termasuk pelayanan rawat jalan adalah dengan memberikan jasa pelayanan yang berkualitas, lebih tinggi dari pesaing secara konsisten. Kuncinya adalah dengan memenuhi atau melebihi harapan pasien tentang mutu pelayanan yang diterimanya. Untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik harus disesuaikan dengan asas - asas umu pemerintahan. Modul buku ini dapat memperluas wawasan pengertian kualitas layanan Rumah sakit, khususnya yang berkaitan dengan emosi dan kepuasan pasien.

Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit berbeda dengan pelayanan jasa, jasa berbeda denga barang.

Inovasi Banyuwangi: Jalan Terpendek Mencapai Layanan Publik Prima

Hanya dalam sepuluh tahun, Banyuwangi berhasil meningkatkan pendapatan per kapitanya hingga lebih dari dua kali lipat (dari 20,9 juta rupiah menjadi 48,8 juta rupiah). Kunjungan wisatawan naik sekitar sepuluh kali lipat (dari 12,5 ribu wisatawan menjadi 127 ribu wisatawan). Sementara tingkat kemiskinan mampu ditekan menjadi satu digit (dari 11,2% menjadi 7,8%). Bagaimana Banyuwangi bisa berkembang sedemikian pesat? Jawabannya adalah inovasi. Di Banyuwangi, inovasi menjadi Òdenyut jantungÓ keberhasilan berbagai bidang mulai dari ekonomi, sosial, lingkungan, kesehatan, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan, hingga tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Berbagai inovasi ini menjadikan Banyuwangi sebagai ÒKabupaten TerinovatifÓ pada 2018 dan 2019 dalam ajang penghargaan Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Inovasi Banyuwangi menjelaskan secara terperinci lima prinsip dan strategi inovasi yang senantiasa menjadi pegangan pemerintah Banyuwangi, serta lima puluh inovasi dari ratusan inovasi yang dilaksanakan di Banyuwangi.

Hanya dalam sepuluh tahun, Banyuwangi berhasil meningkatkan pendapatan per kapitanya hingga lebih dari dua kali lipat (dari 20,9 juta rupiah menjadi 48,8 juta rupiah).

Manajemen HR STIFIn

Buku ini disajikan untuk berbagai kalangan yang menggeluti atau yang berminat di bidang sumberdaya manusia. Bagi akademisi, buku ini bisa menjadi referensi untuk menjadi bahan kajian dan pengembangan konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia. Bagi praktisi dan konsultan HR, buku ini bisa menjadi panduan praktis atau skema pilihan untuk mengelola sumberdaya manusia di perusahaan dan untuk menjawab berbagai fenomena yang terjadi di seputar produktivitas karyawan, serta untuk menjawab kebuntuan-kebuntuan yang terjadi dalam mengelola sumberdaya manusia di perusahaan untuk menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi. Manajemen HR-STIFIn adalah pemodelan untuk mengoptimalisasi sumberdaya manusia berdasarkan skema mesin kecerdasan STIFIn, mulai dari kegiatan perencanaan tenaga kerja, perekrutan dan seleksi (recruitement & selection), penghargaan dan manajemen imbal jasa (reward management), manajemen kinerja (performance management), manajemen pelatihan dan pengembangan (training & development), manajemen dan pengembangan karir (career development), kepemimpinan (leadership), serta manajemen hubungan karyawan (employee relations) dan hubungan industrial (industrial relations). Konsep dasar HR-STIFIn tetap menggunakan konsep dan sistem sumberdaya manusia yang saat ini dikembangkan oleh para ahli dan praktisi manajemen dan HR, hanya pada tataran eksekusinya menggunakan skema STIFIn. Perbedaan fundamentalnya, pada HR-STIFIn, sumberdaya manusia adalah sebagai subyek penentu kinerja perusahaan dan dalam pengelolaannya memberikan keleluasaan setiap pribadi manusia di perusahaan untuk berkembang dan menemukan titik optimalnya dalam mencapai tingkat produktivitas terbaiknya di perusahaan.

Manajemen HR-STIFIn adalah pemodelan untuk mengoptimalisasi sumberdaya manusia berdasarkan skema mesin kecerdasan STIFIn, mulai dari kegiatan perencanaan tenaga kerja, perekrutan dan seleksi (recruitement & selection), penghargaan dan ...

Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi 4.0 menghadirkan tantangan baru dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang manajemen sumber daya manusia. Di masa sebelumnya sumber daya manusia hanya dianggap sebagai faktor produksi. Kini sumber daya manusia merupakan salah satu aset terpenting (human capital) yang mempengaruhi pencapaian tujuan dan perkembangan organisasi atau perusahaan di masa depan. Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor strategis bagi keunggulan kompetitif organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia harus disesuaikan dengan tantangan dan paradigma Revolusi Industri 4.0. Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Head and Heart: Nilai-Nilai Spiritual Dalam Manajemen

Ada banyak pendekatan manajemen, dan dalam buku ini saya memandangnya dari sisi spiritual. Mengapa? Karena setiap manusia memiliki sisi spiritual. Kita terbentuk dari unsur-unsur materi yang kompleks, namun yang lebih kompleks lagi adalah pikiran dan kesadaran kita. Setiap orang memiliki pikiran yang berbeda-beda, sehingga memiliki bakat, kecerdasan dan kompetensi yang beraneka ragam. Aspek-aspek nonmateri ini nyatanya sangat penting buat siapa pun yang ingin belajar bekerja dalam tim, atau minimal memimpin dirinya sendiri. Sudah ada banyak buku tentang pendekatan-pendekatan material dalam ilmu manajemen, dan saya kira sudah saatnya saya berangkat dari sisi lain. Selain karena saya tidak ingin menggarami lautan manajemen yang mahaluas, saya memang cenderung melihat kehidupan ini sebagai sebuah balance antara materi dan spiritual, logika dan rasa, kepala dan hati.

Ada banyak pendekatan manajemen, dan dalam buku ini saya memandangnya dari sisi spiritual.

Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Spiritualitas

Buku ini dapat dilihat sebagai upaya mengangkat kembali spiritualitas/religiositas yang sempat “hilang”. Di awal tulisan, Sujoko mengangkat bagaimana materialisme telah menjadi akar sifat yang melekat pada diri manusia, adalah suatu lingkaran setan yang akan menyebabkan manusia semakin terpuruk dalam individualisme dan kesedihan. Dapatkan versi cetak di www.penerbit.urup.or.id

Dengan kata lain, kesadaran tersebut membebaskan kita dari penjara masa lalu. Selain itu, kesadaran ini juga membebaskan kita dari penjara masa depan. Penjara masa depan adalah obsesi, kekuatiran dan ketakutan tentang sesuatu yang belum ...

Kajian Dan Solusi Manajemen Berbasis Riset Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah

Buku ini menjelaskan tentang kajian dan solusi manajemen berbasis riset bagi usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM). Permasalahan yang dihadapi seiring dengan berkembangnya usaha semakin banyak dan diperlukan solusi strategis yang tepat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan teori yang diaplikasikan berbasis riset sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang ada, sekaligus dapat meningkatkan dalam pencapaian kinerja usaha secara optimal. Kajian Dan Solusi Manajemen Berbasis Riset Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pengertian e-commerce yang disampaikan oleh Turban (2006), yaitu “The process of buying, selling, or exchanging products, services, or information via computer.” Pada prinsipnya kegiatan yang dilakukan dalam penjualan dan pemasaran ...

Manajemen Sumber Daya Manusia

Buku ini merupakan simbol semangat intelektual dalam mengakaji ilmu manajemen sumberdaya manusia yang terbit pada tahun 2021. Kontributor dari buku ini adalah para peneliti dan dosen dari berbagai kampus di Indonesia. Mereka memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Penulisan buku ini dilandasi atas pentingnya update penelitian terbaru tentang kajian manajemen sumberdaya manusia yang menjadi isu dan problematika saat ini. Buku ini terdiri dari 14 bab. Adapun upaya penyusunan buku ini dilakukan untuk mendokumentasikan karya-karya yang dihasilkan para penulis sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca secara lebih luas

Buku ini merupakan simbol semangat intelektual dalam mengakaji ilmu manajemen sumberdaya manusia yang terbit pada tahun 2021.

Manajemen Sumberdaya Manusia

Etika dan Standar Profesional Sektor Publik

Buku bacaan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia, Etika dan Standar Profesional Sektor Publik ini bertujuan mengungkap pemahaman-pemahaman dasar tentang manajemen sumberdaya manusia, etika dan standar profesional beserta latar belakangnya dikaitkan dengan kontek organisasi publik yakni birokrasi pemerintahan. Oleh karena itu pengertian ”publik” dalam tulisan ini lebih diartikan sebagai bidang (birokrasi) pemerintahan, yakni menyangkut aspek-aspek pengelolaan bidang pemerintahan, ekonomi, sosial dan budaya yang secara teknis tidak dapat ditangani oleh sektor swasta (private), sekaligus sebagai artikulasi kepentingan masyarakat yang dirumuskan dalam kebijakan publik. Dengan sistematika pembahasan yang ada, diharapkan buku ini mampu memberikan pengertian, pemahaman dan ilustrasi secara utuh mengenai fenomena manajemen sumberdaya manusia, etika dan standar profesional dalam teori maupun praktek. Penulis berharap dengan informasi pengetahuan semacam ini akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa di perguruan tinggi maupun para praktisi, khususnya bagi caloncalon pemimpin bangsa yang ingin menekuni bidang studi pembangunan sumberdaya manusia, etika, dan profesionalisme. Bukankah diantara kita semua ini adalah pemimpin, dan setiap pemimpin pasti akan di mintai pertanggungjawaban-Nya atas kepemimpinannya?

Buku bacaan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia, Etika dan Standar Profesional Sektor Publik ini bertujuan mengungkap pemahaman-pemahaman dasar tentang manajemen sumberdaya manusia, etika dan standar profesional beserta latar belakangnya ...