Sebanyak 878 item atau buku ditemukan

Catatan dari Balik Gerbang Sekolah untuk Para Guru

Catatan dari balik gerbang sekolah untuk para guru Penulis : Mahir Martin Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-407-128-3 Terbit : Januari 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Bagi seorang guru, sekolah adalah rumah kedua tempatnya bernaung, bekerja, berkarya, dan berpikir merenungi segala peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan. Dari balik gerbang sekolah itu ada kesenangan, kegembiraan, kekhawatiran, dan bahkan kesedihan. Semua peristiwa memiliki kesan tersendiri yang terkadang begitu berharga untuk dipikirkan dan diambil hikmahnya. Hikmah yang mungkin bagi sebagian orang tak memiliki makna, tetapi bagi kita yang mencoba memahaminya akan memberikan warna baru dalam kehidupan. Buku yang berjudul "Catatan dari Balik Gerbang Sekolah untuk Para Guru" ini berisi kompilasi catatan refleksi penulis selama menjalani perannya sebagai seorang guru yang mencoba mendidik murid-muridnya dengan baik. Pada setiap catatan yang dituliskan, penulis mencoba merefleksikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di balik gerbang sekolah, baik dari dalam kelas maupun luar kelas. Setiap catatan dibumbui dengan opini, ulasan, dan penjelasan sehingga pembaca kelak akan lebih memahami apa sebenarnya hikmah yang bisa diambil dari setiap peristiwa tersebut. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Catatan dari balik gerbang sekolah untuk para guru Penulis : Mahir Martin Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-407-128-3 Terbit : Januari 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Bagi seorang guru, sekolah adalah rumah kedua tempatnya bernaung, ...

Implementasi Prinsip Perbaikan Berkesinambungan dalam Total Quality Management in Education

Implementasi Prinsip Perbaikan Berkesinambungan dalam Total Quality Management in Education Penulis : Haniifah, Edogawa Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-6410-29-5 Terbit : Juli 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Pengelolaan mutu menjadi agenda penting pada setiap lembaga pendidikan terlebih di era sekarang dimana perkembangan zaman cepat sekali berubah. Pengelolaan mutu pendidikan menjadi hal penting dalam pendidikan segala jenjang baik pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Banyak orang yang beranggapan bahwa mutu merupakan hal yang abstrak, sulit diukur dan membingungkan karena paradigma mutu antara satu kepala dengan kepala lain berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan kerena mutu selalu berkembang secara dinamis. Mutu adalah sebuah hal yang berhubungan dengan gairah dan harga diri, pengertian tersebut disampaikan oleh Peters dan Austin. Pendidikan pada abad ini mengharuskan adanya manajemen pendidikan yang modern, profesional serta bernuansa pendidikan. Pencapaian standar perbaikan sebuah lembaga membutuhkan manajemen komprehensif yang dapat diistilahkan dengan Total Quality Management (TQM) atau sering disebut dengan Manajemen Mutu Terpadu. Kata “Total” dalam TQM menegaskan bahwa setiap orang dalam lembaga harus terlibat dalam upaya peningkatan mutu secara terus menerus. Kata “Manajemen” dalam TQM berlaku bagi setiap orang karena masing-masing bagian dalam lembaga adalah manajer bagi tanggungjawabnya masing-masing. Buku ini hadir dengan pembahasan tentang pengelolaan mutu pendidikan khususnya dengan pola perbaikan berkesinambungan (Plan, Do, Check, Act) yang diambil dari salah satu prinsip Total Quality Management (TQM). Bukan hanya teori namun buku di hadapan pembaca ini berisi implementasi dari teori tersebut di lembaga pendidikan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Implementasi Prinsip Perbaikan Berkesinambungan dalam Total Quality Management in Education Penulis : Haniifah, Edogawa Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-6410-29-5 Terbit : Juli 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Pengelolaan mutu menjadi ...

Lesson Study: Sebuah Upaya membumikan pendidikan lingkungan

Buku ini berisi hasil observasi terkait pembelajaran dan lingkungan di Negara Jepang, khususnya di Kota Toyama. Juga upaya penerapan pendidikan lingkungan di Kota Tangerang Selatan, Bogor, dan Balikpapan. Buku ini merupakan karya pengabdian masyarakat kerjasama antara Program Studi Tadris Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Organisasi Nirlaba dari Jepang yaitu Indonesia Education Promoting Foundation. Buku merupakan pengalaman observasi dan penelitian selama tahun 2014-2021.

Tanggapan guru, pengawas, dan dosen dalam kegiatan ini sangat positif, tampak bahwa lesson study dapat dijadikan sebagai kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan. Pendapat bebas dari 20 orang guru yang pernah menjadi guru model dan ...

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA SUBTEMA BEKERJA SAMA MENCAPAI TUJUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARING

Penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 2 Subtema bekerja sama mencapai tujuan pada siswa kelas VI SDN 002 Bengkong tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil siklus II yang meningkat dari siklus I. Pada tahap pra siklus, hanya 14 anak mendapat nilai dengan kategori tinggi. Hal ini naik menjadi 24 anak mendapat kategori tinggi pada siklus I dengan presentasi ketuntasan klasikal sebesar 63,15% namun belum mencapai standar ketuntasan. Keberhasilan model problem based learning ditunjukkan dengan naiknya hasil belajar siswa pada siklus II. Pada siklus ini terdapat 35 anak mendapat kategori tinggi dengan presentase 92,10. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena tingkat keberhasilan ≥75%. Pembelajaran dengan metode problem based learning dapat berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada subtema bekerja sama mencapai tujuan.

2) Untuk memperbaiki pelajaran serta dalam rangka pengembangan kompetensi profesional dalam peningkatan mutu pembelajaran. b. Manfaat bagi Sekolah Memberikan kontribusi keilmuan mengenai pembelajaran oleh guru kelas, sebagai rujukan ...

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

perubahan kurikulum yang dilakukan pemerintah, merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan sekarang ini. Perubahan tersebut harus mendapat dukungan stakeholders, agar mencapai hasil yang optimal.

perubahan kurikulum yang dilakukan pemerintah, merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan sekarang ini. Perubahan tersebut harus mendapat dukungan stakeholders, agar mencapai hasil yang optimal.

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Guru Kelas SD

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Guru Kelas SD PENULIS: Taufik Hidayat Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-370-4 Terbit : Agustus 2020 Sinopsis: Sebentar lagi, Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk posisi Guru akan memasuki tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB). Tahapan terakhir CPNS ini dianggap paling menentukan jika diukur dari persentase nilainya karena banyak instansi pemerintahan pusat dan daerah yang menetapkan kontribusi tes SKB sebesar 60 persen dari total penilaian dan baru sisanya disumbang oleh tes SKD. Karena memiliki kontribusi terbesar penilaian yang menentukan kelulusan CPNS, para peserta tentunya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi SKB. Soal-soal Seleksi kompetensi bidang (SKB) mencakup wawasan seorang guru dalam bidang pengajaran dan juga mencakup wawasan seorang pendidik ataupun formasi lainnya dalam memberikan ilmu pengetahuan dan pendidikan terhadap anak didiknya, materi dalam Seleksi kompetensi bidang (SKB) ini berkaitan dengan kompetensi, kemampuan dan kecakapan seorang tenaga pengajar. Buku ini akan membantu dan mempermudah kalian yang akan menghadapi Tes SKB CPNS Guru Kelas SD karena berisi tentang Panduan Umum dan Kisi-Kisi Materi Guru Kelas, Soal Tes Pedagogik, Soal dan Kunci SKB Guru Kelas www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Guru Kelas SD PENULIS: Taufik Hidayat Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-370-4 Terbit : Agustus 2020 Sinopsis: Sebentar lagi, Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk ...

Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan

Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai situasi saat ini. Kurikulum tersebut mampu membuka jendela dunia melalui genggaman, contohnya dengan memanfaatkan internet of things (IOT). Di sisi lain pengajar juga memperoleh lebih banyak referensi dan metode pengajaran.

2.4 Tuntutan Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Guru Kompetensi guru profesional telah diatur dan dirumuskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Kependidikan bahwa kompetensi ...

Mengajar Tanpa Menggurui : Seni Menjadi Guru Menyenangkan, Disayang Siswa & Dikenang Sepanjang Hayat

Buku ini hadir untuk memberikan solusi atas berbagai problem pendidikan yang selama ini masih saja dirasakan oleh para guru, khususnya dalam hal pengajaran. Di dalamnya membahas tentang bagaimana menjadi guru yang disayang siswa, tidak terkesan menggurui, bahkan menjadi guru favorit yang dikenang sepanjang hayat. Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk menjadi guru yang mampu mengajar tanpa menggurui serta menyenangkan siswa. Buku ini senagaja disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami supaya para guru mudah mempraktikkannya dalam mengajar para siswa dan menjadi guru yang menyenangkan. Buku ini sangat direkomendasikan untuk para guru. Judul : MENGAJAR TANPA MENGGURUI Seni Menjadi Guru Menyenangkan, Disayang Siswa & Dikenang Sepanjang Hayat Penulis : Maswan Abdullah ISBN : 978-623-7910-30-5 Jumlah halaman : 240 Ukuran : 14x20.5cm Tahun : 2022

Judul : MENGAJAR TANPA MENGGURUI Seni Menjadi Guru Menyenangkan, Disayang Siswa & Dikenang Sepanjang Hayat Penulis : Maswan Abdullah ISBN : 978-623-7910-30-5 Jumlah halaman : 240 Ukuran : 14x20.5cm Tahun : 2022

JURNAL GURU PROFESIONAL 2021

Berisi artikel ilmiah pendidikan yang di publikasikan pada jurnal guru profesional ber ISSN 2579-5961

mau (5) Mengolah hasil penilaian berjumlah 4 guru dengan persentasi 66,4 %. Guru yang belum mampu mengolah nilai sebagian besar sama dengan guru yang tidak paham terhadap penyekoran pembobotan nilai. (6) Menganalisis hasil penilaian ...

Menjadi Guru Profesional dan Beretika

Pada dasarnya pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan akan membuat manusia mengembangkan potensi dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi akibat adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, masalah pendidikan perlu mendapat perhatian dan penanganan yang lebih baik yang menyangkut berbagai masalah yang berkaitan dengan kuantitas, kualitas dan relevansinya. Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan atau menuntut keahlian, menggunakan teknik-teknik, serta dedikasi yang tinggi. Ciri-ciri atau kriteria suatu profesi ialah adanya kode etik yang dijadikan sebagai satu pedoman perilaku anggota berserta sanksi yang jelas dan tegas terhadap pelanggar kode etik tersebut. Guru memiliki kode etik karena guru merupakan salah satu profesi yang ada di Indonesia berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Pasal 1). Dengan Kode Etik Guru Indonesia dapat menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang dilindungi undang-undang. Maka dari itu perlu sikap profesional dalam setiap sasaran. Masyarakat akan melihat bagaimana sikap dan perbuatan guru itu sehari-hari, apakah memang ada yang patut diteladani atau tidak. Di samping itu, bagaimana sikap guru terhadap peraturan perundang-undangan juga menjadi perhatian masyarakat luas. Apalagi saat ini pemerintah banyak mengeluarkan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Kebijaksanaan tersebut menjadi peraturan perundang-undangan yang wajib ditaati oleh guru, sebab guru merupakan unsur aparatur negara dan abdi Negara mutlak perlu mematuhi kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan. Maka tugas guru akan efektif jika memiliki derajat profesionalitas tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu atau norma etik tertentu.

Permasalahan-permasalahan yang dihadapi Guru Modal yang harus dimiliki oleh seorang guru agar menjadi harapan masa depan, yang unggul dan terdepan dalam perkembangan zaman dan tampil sempurna di depan peserta didik adalah sebagai ...