Sebanyak 348 item atau buku ditemukan

Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar

"Kemajuan ilmu dan teknologi serta teknologi informasi dan komunikasi menuntut sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis dan berkomunikasi dengan efektif. Untuk itu, diperlukan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan berbahasa, yang meliputi bahasa ibu (bahasa daerah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia), bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Bahasa ibu berfungsi untuk membangun kepribadian; bahasa Indonesia untuk menguasai ilmu, teknologi, dan seni serta mengukuhkan rasa nasionalisme; sementara bahasa asing berfungsi untuk pergaulan dan akses dunia internasional. Buku ini memberikan wawasan pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai sarana pikir, ekspresi, dan komunikasi yang efektif. Kaidah-kaidah kalimat dipaparkan secara induktif sehingga kaidah-kaidah itu lebih mudah dipahami. Sementara itu, keterampilan berbahasa disajikan dengan menguak permasalahan kalimat dengan memberikan bermacam pilihan pemecahannya secara kontrastif. Pengetahuan bermacam pilihan itu akan memberikan wawasan bagi penguasaan bermacam gaya. Ketepatan memilih gaya mencerminkan keluasan wawasan pengetahuan dan keteraturan berpikir dalam pengungkapan buah pikiran, baik secara lisan maupun secara tertulis secara efektif."

"Kemajuan ilmu dan teknologi serta teknologi informasi dan komunikasi menuntut sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis dan berkomunikasi dengan efektif.

BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) pada Perguruan Tinggi memiliki posisi strategis dalam melakukan transmisi pengetahuan dan transformasi sikap serta perilaku mahasiswa Indonesia melalui proses pembelajaran. Materi-materi yang disajikan dalam buku ini berusaha mengembangkan kepribadian dan sikap cinta tanah air mahasiswa, khususnya melalui kemahiran berbahasa Indonesia. Maka melalui buku ini diharapkan—selain memberikan wawasan mengenai kemahiran berbahasa Indonesia—dapat pula sebagai pemersatu sosial, budaya, dan bahasa yang beraneka ragam; penanda kepribadian berkomunikasi, baik komunikasi tulis maupun lisan; serta menambah kewibawaan dan keintelektualan. Buku ini berisi delapan bab materi utama dan satu bab pengayaan, serta dilengkapi soal-soal latihan. Melalui materi yang disajikan dari bab I hingga VIII, diharapkan mahasiswa mengetahui pentingnya berbahasa Indonesia serta memiliki bekal dalam berbahasa Indonesia, khususnya pada bidang tulis-menulis. Dalam buku ini juga diberikan materi pengayaan mengenai surat-menyurat, khususnya materi surat lamaran pekerjaan dan surat resmi. Materi ini diselipkan dalam buku ini karena ingin memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai surat yang mungkin nantinya akan berguna di dunia kerja.

Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) pada Perguruan Tinggi memiliki posisi strategis dalam melakukan transmisi pengetahuan dan transformasi sikap serta perilaku mahasiswa Indonesia melalui proses pembelajaran.

BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Mahasiswa perlu ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Hal ini mengingat bahasa Indonesia merupakan alat mengungkapkan diri baik secara lisan maupun tertulis, dari segi rasa, karsa, dan cipta, serta pikir, baik secara etis, estetis, maupun secara logis. Warga negara Indonesia yang mahir berbahasa Indonesia yang akan dapat menjadi warga negara yang mampu memenuhi kewajibannya di mana pun mereka berada di wilayah tanah air dan dengan siapa pun mereka bergaul di wilayah NKRI. Oleh sebab itu, kemahiran berbahasa Indonesia menjadi bagian dari kepribadian Indonesia. Kemahiran berbahasa Indonesia bagi mahasiswa Indonesia tercermin dalam tata pikir, tata ucap, tata tulis, dan tata laku berbahasa Indonesia dalam konteks ilmiah dan akademis. Oleh karena itu, bahasa Indonesia masuk ke dalam kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian mahasiswa, yang kelak sebagai insan terpelajar akan terjun ke dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pemimpin dalam lingkungannya masing-masing. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan kelak dapat menyebarkan pemikiran dan ilmunya, mereka diberi kesempatan melahirkan karya tulis ilmiah dalam berbagai bentuk dan menyajikannya dalam forum ilmiah. Kesempatan berlatih diri dalam menulis akan mengambil proporsi sebesar 70 persen dibandingkan dengan penyajian lisan. Jadi, praktik menggunakan bahasa Indonesia dalam dunia akademik/ilmiah mendapatkan perhatian sangat tinggi dalam perkuliahan ini. Kerja sama dalam meningkatkan kualitas karya tulis hendaknya dipadukan dalam strategi belajar bersama dalam bentuk saling menyunting karya ilmiahnya. Mahasiswa peserta kuliah perlu disadarkan tentang kenyataan ini dan ditimbulkan kebanggaannya terhadap bangsa nasional kita. Kemudian, mahasiswa hendaknya juga ditingkatkan kesadarannya akan kedudukan BI sebagai bahasa negara dan bahasa nasional, dan fungsi BI sebagai bahasa lingua franca yang berpotensi untuk mempersatukan seluruh bangsa. Untuk selanjutnya, mereka hendaknya diminta untuk mengidentifikasi implikasi dari semua butir tentang bahasa Indonesia tersebut bagi mereka sebagai warga negara yang bertanggung jawab. Penyadaran dicapai lewat kegiatan ceramah dan tanya jawab/diskusi, sedangkan identifikasi implikasi melalui diskusi kelompok.

Mahasiswa perlu ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.

BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Buku ini disusun sebagai salah satu bahan ajar dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, khususnya di Perguruan Tinggi Islam. Dalam buku ini disajikan materi pembelajaran Bahasa Indonesia dan telah disesuaikan dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Buku ini juga dilengkapi contoh dan tugas di setiap akhir topik pembahasan.

Buku ini disusun sebagai salah satu bahan ajar dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, khususnya di Perguruan Tinggi Islam.

Pengantar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi

Buku ini disusun secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam meningkatkan proses pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia di perguruan tinggi, sehingga mahasiswa dapat menguasai kompetensi kebahasaan yang diharapkan secara optimal. Kompetensi kebahasaan yang baik dan benar sangat diperlukan oleh mahasiswa dalam rangka mengerjakan tugas-tugas perkuliahan dan karya tulis ilmiah. Oleh sebab itu, buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan penunjang pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi, baik program bahasa maupun nonbahasa. Buku ini disusun dalam 12 bab yang dimulai dari materi sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, diksi, tanda baca, kalimat, paragraf dan pengembangannya, kutipan, bibliografi, makalah ilmiah, proposal penelitian, penulisan surat, diskusi, dan presentasi Ilmiah.

Buku Pengantar bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif

menulis ilmiah adalah suatu aktivitas produktif yang sangat berkaitan erat dengan dunia akademisi. Seorang yang berjiwa inovatif akan selalu mengembangkan ide dan pemikirannya melalui karya (tulisan). Menulis ilmiah pada dasarnya merupakan bagian dan aktivitas keilmuan secara komprehensif. Tujuan dari menulis ilmiah itu sendiri yaitu untuk memecahkan dan menganalisis sejumlah persoalan berdasarkan kerangka metode penulisan ilmiah. Buku ini memuat bahasan mengenai dasar-dasar menulis ilmiah, hingga implementatif dan praktisinya. Materi yang disajikan dalam buku ini sangat membantu pem-baca, khususnya bagi dosen, mahasiswa, guru, pelajar, ataupun peneliti dalam menerapkan teknik menulis ilmiah. Buku ini memberikan guide line pada pembelajaran aktif. Pembeda buku ini adalah adanya komponen yang disajikan secara sistematis, meli-puti: capaian pembelajaran, kemarnpuan akhir yang diharapkan, indikator, tujuan pembelajaran, peta konsep, materi pembelajaran, rangkuman, tugas, latihan, dan tindak lanjut. Tujuan dari penyajian komponen ini yaitu memu-dahkan pembaca dalam mengembangkan suasana, dialogis, interaktrf, dan menyenangkan. Materi-materi yang disajikan dalam buku ini yaitu: (1) Ragam bahasa ilmiah; (2) Ejaan bahasa Indonesia; (3) Pilihan kata (diksi); (4) Kalimat; (5) Paragraf; (6) Penyusunan karya ilmiah; (7) Teknik menulis esai; (8) Teknik menulis artikel ilmiah; (9) Teknik menulis makalah; (10) Teknik menulis artikel ilmiah; (11) Teknik menulis laporan hasil penelitian; (12) Teknik pengutipan; dan (13) Teknik presentasi ilmiah. Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup

menulis ilmiah adalah suatu aktivitas produktif yang sangat berkaitan erat dengan dunia akademisi.

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi

Secara ringkas buku ini membahas mengenai fungsi bahasa, ragam bahasa, dan pedoman umum ejaaan baku. Turut disinggung mengenai pedoman pengutipan, penulisan catatan kaki, bibliografi serta dibumbui dengan materi mengenai diksi, kemudian berlanjut pada kalimat efektif, dan berbagai hal mengenai paragraf. Selain itu, akan disinggung tentang penalaran, yaitu hakikat, jenis, dan hubungannya dengan penulisan ilmiah. Untuk pengayaan, dipaparkan pula perencanaan penulisan karangan serta konvensi naskah dan penyuntingan. Terakhir, dibahas pula mengenai seluk beluk resensi, teori penulisan, dan contoh resensi. Garudhawaca.

Secara ringkas buku ini membahas mengenai fungsi bahasa, ragam bahasa, dan pedoman umum ejaaan baku.