Penalaran Matematika, Pengantar Logika, Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear, Relasi Dan Fungsi, Pertidaksamaan Kuadrat, Pola Bilangan Dan Barisan Bilangan, Deret Bilangan, Geometri, Geometri Transformasi, Permutasi Dan Kombinasi,Peluang, Pengolahan Data Dan Pemecahan Masalah
DAFTAR PUSTAKA Dhoruri, A. (2009) Barisan Aritmetika dan deret aritmetika. Dwiningrum, S. (2018) Handout Materi Pola Bilangan. Istiqomah (2020) Matematika Umum Kelas XI. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Buku ini mencoba menjelaskan realitas bahwa pendidikan bukanlah dapat dipandang dalam satu perspektif saja, melainkan memiliki ragam sudut pandang namun memiliki satu kesatuan yang saling mendukung. Antara pendidikan ilmu dunia dan ilmu akhirat misalnya, meskipun keduanya memiliki keterkaitan, namun dalam substansinya tetap saja memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Pada buku ini akan dijabarkan tentang bagaimana varasi ilmu itu harus dipahami secara kompleks bukan satu pandangan belaka.
Konsep Pendidikan Ibn Miskawaih membangun konsep pendidikannya yang bertumpu pada pendidikan akhlak. Karena dasar pendidikan Ibn Miskawaih dalam bidang akhlak, maka konsep pendidikan yang dibangun adalah pendidikan akhlak yang meliputi: ...
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang melibatkan beberapa pelajaran (bahkan lintas rumpun mata pelajaran) yang diikat dalam tema-tema tertentu. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya. Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA & anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Trianto.
Buku Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para mahasiswa dalam memahami apa saja yang harus dipedomani dalam pelaksanaan pembelajaran matematika untuk anak usia dini. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Kami sadar bahwa penulisan buku ini bukan merupakan buah hasil kerja keras kami sendiri. Ada banyak pihak yang sudah berjasa dalam membantu kami di dalam menyelesaikan buku ini, seperti pengambilan data, pemilihan materi, soal, dan lain-lain. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada kami sebelum maupun ketika menulis buku ini.
Integrasi kurikulum misal menggunakan projek tematik yang menggabungkan matematika, sains, membaca dan menulis. anak, Peran guru dalam pembelajaran konstruktivisme adalah bukan memberikan jawaban akhir atas pertanyaan melainkan ...
Buku ini berisi hasil penelitian pengembangan bahan ajar digital menggunakan Canva. Tujuan umum buku ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar digital dengan menggunakan media Canva pada materi matriks. Sedangkan secara khusus buku ini bertujuan untuk dapat mengetahui nilai kelayakan dari produk bahan ajar digital menggunakan Canva pada materi matriks sebagai suatu kebaruan dalam bahan ajar digital matematika. Kebaharuan penelitian dalam buku ini juga yaitu menghasilkan produk bahan ajar digital dengan berbantuan media canva yang memuat bahan ajar serta konten-konten yang menarik di dalamnya serta dapat di tampilkan melalui komputer maupun smartphone. Sehingga peserta didik lebih mudah untuk mempelajari bahan ajar digital tersebut. Buku ini memberikan tahapan pembuatan bahan ajar digital melalui Canva serta dalam penyusunananya menggunakan pendekatan kualitatif metode penelitian dan pengembangan serta desain ADDIE (Analyst, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data yang diperoleh yaitu dari hasil validasi ahli. Modul di uji validasi kepada ahli media dan ahli materi dan bertujuan untuk menguji kelayakan bahan ajar digital yang dibuat. Proses pembuatan bahan ajar digital ini diolah dan didukung dengan beberapa software yaitu, Microsoft Office, VideoScribe, Filmora, BandiCam, dan Googleform.
Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba yang dikembangkan. Buku ini diharapkan akan memberikan alternatif solusi kepada praktisi pendidikan dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Dengan demikian, kurikulum 2013 beserta perangkatnya tidak lagi menjadi beban bagi guru dan siswa untuk dilaksanakan dalam pembelajaran. Selain itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi ide bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mirip sehingga pembelajaran di kelas lebih bervariasi.
Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran ...
Buku ini dapat memberikan gambaran secara umum bagaimana membelajarkan materi muatan matematika di sekolah dasar dengan menerapkan berbagai model pembelajaran. Setelah membaca ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman terkait: 1) konsep pembelajaran matematika di SD, 2) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Snowball Throwing (ST), 3) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Jigsaw, 4) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Inside Outside Circle (IOC), 5) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Numbered Head Together (NHT), 6) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Stay Two Stray (TSTS), dan 7) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Think Pair Share (TPS).
Buku ini dapat memberikan gambaran secara umum bagaimana membelajarkan materi muatan matematika di sekolah dasar dengan menerapkan berbagai model pembelajaran.