Sebanyak 52 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Pendidikan

Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi)

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi. Materi buku ini luas dan dilengkapi dengan contoh metode, simpulan, dan pertanyaan yang bisa dikembangkan untuk masing-masing keperluan. Masing-masing bab membahas tentang fondasi penelitian; struktur organisasi; studi kepustakaan; teknik sampling; rencana penelitian; analisis data; kesimpulan, implikasi, dan saran; evaluasi laporan penelitian; instrumen penelitian; macam-macam instrumen pengukuran; penelitian deskriptif; penelitian ex-postfacto; penelitian eksperimen; penelitian survei; penelitian sejarah; dan penelitian tindakan.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi.

Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah

Ilmu maju berkembang berkat penelitian. Begitu juga Ilmu Pendidikan. Ilmu Pendidikan maju berkembang berkat penelitian pendidikan. Kelompok yang memajukan ilmu pendidikan dan ilmu pengajaran di antaranya adalah guru, yang melakukannya lewat penelitian. Penelitian yang dilakukan guru sekaligus merupakan bagian dari pengembangan profesi dan kariernya. Pada umumnya jenis penelitian yang digunakan guru dalam melaksanakan tugas penelitiannya ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama penulisan buku ini adalah untuk membantu guru dan calon guru dalam menyusun karya ilmiah dan melaksanakan penelitian, khususnya penelitian pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Oleh karena itu, isi buku ini disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami dan kompatibel untuk kepentingan praktis. Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

Buku dengan judul Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Paradigma dan Karakteristik Penelitian Positivistik/Kuantitatif & Interpretatif/Kualitatif, 2) Desain Penelitian Eksperimen, 3) Desain Penelitian Korelasional, 4) Desain Penelitian Survei, 5) Desain Penelitian Etnografi, 6) Desain Penelitian Grounded Theory, 7) Desain Penelitian Tindakan Kelas, 8) Desain Penelitian Evaluatif, 9) Desain Penelitian Teks.

Buku dengan judul Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika

Penelitian Pengembangan dan desain riset dalam pembelajaran Matematika

Berdasarkan pengalaman dalam mengajar metodologi penelitian pendidikan, membimbing dan menguji mahasiswa tingkat akhir; penulis melihat hampir sebagian besar penguasaan dibidang metodologi masih rendah. Hal ini mudah dipahami karena penguasaan metodologi penelitian pendidikan tidak cukup hanya dengan mendapatkan kuliah satu semester untuk mahasiswa. Memahami metodologi penelitian dan dapat mengaplikasikannya dalam meneliti masalah memerlukan pembelajaran yang lama dan latihan yang cukup banyak. Disamping itu, penguasaan metodologi penelitian pendidikan memerlukan banyak referensi yang relevan (prasyarat) dengan bidang ilmu lain seperti satistika, evaluasi pembelajaran matematika, dan media pembelajaran. Titik berat pada buku ajar ini ialah membahas komponen-komponen penelitian juga mengkaji secara mendalam tentang jenis penelitian dan pengembangan, jenis penelitian desain riset pembelajaran masih dianggap baru dalam dunia penelitian pendidikan serta dilengkapi dengan aktivitas berpikir guna merangsang kemampuan berpikir mahasiswa, soal latihan dan tugas guna mengembangkan konsep mahasiswa lebih luas dan mendalam. Diharapkan mahasiswa dapat memahami jenis penelitian dan menemukan solusi untuk masalah yang mereka temukan di sekolah.

Disamping itu, penguasaan metodologi penelitian pendidikan memerlukan banyak referensi yang relevan (prasyarat) dengan bidang ilmu lain seperti satistika, evaluasi pembelajaran matematika, dan media pembelajaran.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0. Sejalan dengan modernisasi pendidikan serta kemajuan teknologi yang menyertainya, buku ini dapat dijadikan solusi terbaik sehingga tujuan dan manfaat dapat dicapai dengan maksimal. Secara detail pembahasan buku ini meliputi: Bab 1 Hakikat Penelitian Pendidikan dan Paradigma Penelitian Bab 2 Ruang Lingkup dan Kontribusi Penelitian Terhadap Pengetahuan dan Pendidikan Bab 3 Etika, Legalitas dan Hubungan Manusia dalam Penelitian Bab 4 Klasifikasi Jenis-Jenis Penelitian Bab 5 Judul, Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian Bab 6 Review Literatur dan Hipotesis Penelitian Bab 7 Variabel, Data, Populasi, Sampel dan Setting Penelitian Bab 8 Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Bab 9 Metode atau Teknik Analisa Data Penelitian Kesembilan materi pokok tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami metodologi-metodologi penelitian pendidikan terkini dengan baik dan benar secara utuh.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa agar mampu membuat desain penelitian dengan baik dan benar. Istilah desain penelitian mencakup keputusan tentang cara penelitian itu dikonseptualisasikan, cara pelaksanaannya, dan akhirnya, kontribusi yang dapat disumbangkan terhadap perkembangan ilmu di bidang tertentu. Buku ini menekankan pada tiga hal penting yang perlu dikembangkan dan diperhatikan oleh peneliti, yaitu pertimbangan teoretis, metodologis, dan etis yang relevan dengan proyek tertentu

Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa agar mampu membuat desain penelitian dengan baik dan benar.

Dasar-dasar Penelitian Pendidikan

Buku ini masih bersifat dasar-dasar penelitian pendidikan karena belum memberikan gambaran yang detail mengenai pelaksanan kegiatan penelitian pendidikan, diharapkan para pembaca mulai tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai apa, mengapa, dan bagaimana melakukan penelitian pendidikan, oleh karena itu penulis merasa penting untuk membuat suatu karya ilmiah yang secara praktis untuk melakukan penelitian di bidang pendidikan.

Buku ini masih bersifat dasar-dasar penelitian pendidikan karena belum memberikan gambaran yang detail mengenai pelaksanan kegiatan penelitian pendidikan, diharapkan para pembaca mulai tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai apa, ...

Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani

Statistik menurut Susetyo (2010:3) adalah sekumpulan data, yang berupa bilangan atau bukan bilangan disusun dalam bentuk tabel, diagram atau grafik yang menggambarkan suatu persoalan. Misalnya saja gambaran suatu keadaan atau persoalan di lingkungan kita, mengenai statistik angka kelahiran pertahun, angka kematian, jumlah penduduk yang memiliki kualifikasi pendidikan S-1 dan lain sebagainya. Data tersebut bisa digambarkan melalui diagram atau grafik sehingga bisa memberikan kejelasan data kepada yang melihat atau yang membaca. Sejalan dengan pendapat Sudjana (1996:3) bahwa statistik dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sesuatu hal. Data-data tersebut bisa berupa fakta, benda, manusia atau lainnya. Statistik didefinisikan dari American Statistic Association (ASA) oleh Ben-Zvi, Makar, & Garfield (2018:6) adalah ilmu pengetahuan tentang belajar suatu data, pengukuran, pengontrolan dan komunikasi terhadap hal-hal yang belum pasti. Artinya ilmu yang mempelajari tentang pengambilan suatu data hingga menyimpulkan hal-hal yang masih perlu pembuktian. Buku Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya..

Buku Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penelitian pendidikan. Mengawali pembahasan penelitian pendidikan sesuai dengan judul buku, pada bagian pendahuluan diuraikan tentang sejarah munculnya berpikir dengan menggunakan metode ilmiah (Scientific method), sebagai titik tolak munculnya penelitian ilmiah (research), dilanjutkan dengan uraian tentang jenis-jenis penelitian pendidikan baik penelitian dasar (pure research), penelitian terapan (applied research); penelitian kuantitatif dan kualitatif (Quantitative and qualitative research) disertai contoh penerapannya dalam bidang pendidikan dan metode penelitian campuran (Mix method), beserta model-modelnya yang merupakan metode penelitian pendidikan yang cenderung saat ini banyak digunakan oleh para peneliti dalam bidang pendidikan. Sebagai bukti bahwa begitu banyak dan kompleksnya penelitian ilmiah yang dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, pada bagian awal pembahasan buku ini pun diuraikan tentang area atau wilayah bidang pendidikan yang dapat dikaji melalui penelitian ilmiah. Buku persembahan Prenada Media Group.

Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penelitian pendidikan.